cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isema : Islamic Educational Management
ISSN : 2541383X     EISSN : 225417088     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 54 Documents
BALANCED SCORECARD PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Supendi, Pepen
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v1i1.4983

Abstract

Balanced Scorecard adalah metoda yang dikembangkan Robert S. Kaplan dan David P. Norton untuk mengukur setiap aktivitas yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam rangka merealisasikan tujuan organisasi tersebut. Balanced Scorecard semula merupakan aktivitas tersendiri yang terkait dengan penentuan sasaran, tetapi kemudian diintegrasikan dengan sistem manajemen strategis. Balanced Scorecard bahkan dikembangkan lebih lanjut sebagai sarana untuk berkomunkasi dari berbagai unit dalam suatu organisasi. Balanced Scorecard juga dikembangkan sebagai alat bagi organisasi untuk berfokus pada strategi. Penilaian kinerja dengan Balance Scorecard diterjemahkan dalam empat perspektif yaitu: (1) perspektif finansial, (2) perspektif konsumen, (3) perspektif bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Bagaimana Balanced Scorecard diterapkan di lembaga pendidikan Islam merupakan tujuan dari penulisan ini.
MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIK DI MADRASAH Masitoh, Siti; Khoiruddin, Heri
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v2i2.4999

Abstract

Manajemen pengendalian mutu pendidik Madrasah Tsanawiyah Jatinangor dilaksanakan secara komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik dan meningkatkan keprofesionalan pendidik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang, manajemen pengendalian mutu pendidik,  meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dang penghambat, serta keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan manajemen pengendalian mutu pendidik di Madrasah Tsanawiyah Jatinangor Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan utinitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, cek teman sejawat, analisis kasus negative, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci dan auditing. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan (1) berdirinya Madrasah Tsanawiyah dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat akan sekolah keagamaan, dan untuk itu diperlukan pendidik yang bermutu agar memperoleh output yang berkualitas. (2) perencanaan manajemen pengendalian mutu pendidik dengan program IHT guna meningkatkan kualitas pendidik, (3) dalam pelaksanaanya melalui program MGMP serta tidak terlepas dari pengawasan langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah dan pengawas (4) evaluasi yang dilakukan oleh pihak pengawas kemenag dengan kelas visit dan PKG. (5) faktor pendukung meliputi kebijakan pemerintah yang mendukung guru agar dapat meningkatkan mutu sesuai kualifikasi, kebijakan kepala sekolah, tunjangan dari sekolah dan dari pemerintah bagi guru berprestasi. Penghambatnya meliputi waktu yang terbatas, sarana prasarana, dan biaya pribadi tidak terkendali. (6) Keberhasilan yang dicapai yaitu: Akreditasi madrasah bagus, mutu pendidik menjadi terkendali, dan para guru menjadi kompeten dalam melaksanakan tugasnya di sekolah serta tingkat sertifikasi guru bertambah. Sedangkan hasil untuk siswa yaitu, kualitas pembelajaran, tingkat kedisiplinan siswa, dan terampil dalam pembelajaran.
TOTAL QUALITY MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN MUTU MADRASAH Priatna, Tedi
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v3i1.3316

Abstract

Fokus utama naskah ini adalah gagasan tentang penterapan Total Quality Manajemen untuk peningaktan mutu madrasah. Pembahasan menggunakan analitis kritis sebagai pengembangan dari metode deskriptif. Objek kajian adalah gagasan atau ide. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah book survey atau library research. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah, salah satunya melalui penterapan manajerial berbasis peningkatan mutu. Implementasi Total Quality Manajemen untuk peningkatan mutu madrasah dapat diidentifikasi dari karakteristik TQM di madrasah meliputi Efektifitas proses belajar mengajar tinggi; kepemimpinan madrasah kuat; pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif; madrasah memiliki budaya mutu; madrasah memiliki teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis; madrasah memiliki kemandirian; partisipasi warga madrasah; madrasah memiliki transparansi menejemen; madrasah memiliki kemauan untuk berkembang; madrasah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan; madrasah responsip dan antisipatif terhadap kebutuhan; madrasah memiliki akuntabilitas. Adapun strategi penterapan TQM di madrasah dapat diidentifikasi melalui kesatuan tujuan, concern pada kualitas, fokus pada peserta didik, komitmen jangka panjang, kerjasama tim (teamwork), perbaikan sistem secara berkesinambungan dan adanya pelibatan dan pemberdayaan seluruh SDM.
MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS ZAKAT Nurzaman, Aris; Uwes, Sanusi; Jahari, Jaja
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v2i1.4994

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami manajemen pembiayaan pendidikan berbasis zakat di SMP Juara Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Perencanaan pembiayaan pendidikan di SMP Juara Kota Bandung dimulai dengan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah yang nanti dikirimkan ke Rumah Zakat melalui Indonesia Juara Foundation, penyusunan ini dillakasanakan setiap awal tahun ajaran baru. Dalam pelaksanaannya, pembiayaan ini dialokasikan untuk setiap operasional sekolah, fasilitas-fasilitas, dan kegiatan-kegiatan peserta didik dengan menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran. Pengawasan, Evaluasi dan pemeriksaan pembiayaan dilakukan oleh kepala sekolah dan Rumah Zakat melalui Indonesia Juara Foundation dengan melihat bukti tertulis dan bukti penggunaan dana. Faktor pendukungangnya adalah adanya dukungan yang kuat dari masyarakat sekitar dengan mendermakan hartanya secara langsung bagi mustahik di SMP Juara Kota Bandung, sedangkan faktor penghambatnya ialah dalam hal pencairan dana dari Rumah Zakat, terkadang dana yang dicairkan dari Rumah Zakat tidak tepat waktu sesuai yang direncanakan.
MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN Suryana, Yaya; Dian, Dian; Nuraeni, Siti
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Islamic Educational Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v3i2.5014

Abstract

Pondok Pesantren Assalam melakukan integrasi program Tahfidz Al-dengan pendidikan madrasah.Dengan terintegrasinya program Tahfidz Al-Quran, maka diperlukannya pengelolaan program Tahfidz Al-Quran agar tujuan program Tahfidz Al-Quran tercapai serta berjalan secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian untuk mengetahui : hasil yang dicapai dalam manajemen program Tahfidz Al Quran di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Assalaam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan menyalin. Manajemen program Tahfidz Al-Quran dilakukan mulai perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, pengawasan dan evaluasi program sehingga program Tahfidz Al-Quran dapat berjalan secara efektif dan efesien. Pembenahan dalam pembelajaran, sumber daya manusia dan sarana prasarana pun terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Program Tahfidz Al-Quran di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Assalaam menghasilkan santri yang berprestasi, mandiri dan berakhlak mulia.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU Septiani, Novia
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v1i2.4989

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui manajemen pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan cara penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung mendukung pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dengan merencanakan program kualifikasi pendidikan pendidik, program sertifikasi, program pemberdayaan MGMP, program pengembangan keprofesian berkelanjutan, program supervisi pendidikan, IHT (In House Training), seminar, workshop, USAID, rapat guru, Lesson Study. Program-program tersebut terlaksana secara efektif dan efisien hal ini terbukti dengan hasil pengembangan profesionalisme guru MTs. Ar-Rosyidiyah yaitu dengan diraihnya sejumlah prestasi oleh pendidik, peserta didik, dan lembaga MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK Jahari, Jaja; Khoiruddin, Heri; Nurjanah, Hany
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Islamic Educational Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v3i2.5009

Abstract

Manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pada madrasah. Peserta didik dikelola dengan baik dan benar supaya dapat di ukur keberhasilannya prestasi peserta didik pada lembaga pendidikan.Manajemen peserta didik merupakan usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan lulus sekolah, adapun kegiatan dari manajemen peserta didik adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh simpulan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung didirikan selama 25 tahun menciptakan peserta didik yang unggul dengan konsep manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah al-Mursyid melalui kegiatan perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, dan mutasi.Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Madrasah
MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Munazat, Imam; Nurmila, Nina
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v1i1.4984

Abstract

Pada zaman sekarang, kemajuan lembaga pendidikan sangat dituntut oleh adanya arus kuat persaingan antar lembaga pendidikan. SMP Plus Al-Istiqomah, ditemukan beberapa perubahan diantaranya: perubahan etika guru dan perubahan sarana sekolah. Manajemen perubahan menurut Lewin terdiri dari proses Unfreezing (mengenal perlunya perubahan), Changing (berusaha menciptakan kondisi baru, Rerfeezing (menggabungkan, menciptakan dan memelihara perubahan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi di lapangan. Adapun sumber data utama adalah kepala sekolah sebagai key informant yang dilanjutkan dengan snowball process. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tahapan dalam manajemen perubahan. Pada tahap perencanaan, manajemen perubahan tersebut meliputi: mengkaji kebutuhan perubahan, mengemas substansi perubahan, mengidentifikasi faktor perubahan, dan menetapkan rencana operasional perubahan. Sementara pada tahap pelaksanaan manajemen perubahan meliputi: komunikasi perubahan, menjaga perubahan, pelaksanaan perubahan, dan keterlibatan seluruh pihak. Pada tahap pengendalian manajemen perubahan meliputi: penyesuaian rencana dan penguatan perubahan. Adapun faktor penunjang dalam perubahan terdiri dari: lingkungan, mutu sekolah, citra yang lebih baik, dan lingkungan. Faktor penghambatnya meliputi: lingkungan, dan keterbatasan dana.
MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK Deniyati, Nia
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v2i2.5000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupas masalah-masalah tentang definisi, dan indikator manajemen rekrutmen peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan utinitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, cek teman sejawat, analisis kasus negative, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci dan auditing. Dalam langkah penelitian ini dijelaskan tahapan langkah yang dilakukan dalam proses penelitian yang meliputi (1) jenis data (2) sumber data (3) metode dan teknik pengumpulan data (4) langkah analisis data, dan (5) teknik pengumpulan uji abash data. Metode tersebut digunakan dengan cara mencari beberapa literatur yang sesuai dengan pembahasan.
MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH Sanusi, Hary Priatna; Astuti, Astuti
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v3i1.3288

Abstract

Model Kepemimpin Visioner merupakan kemampuan pemimpin untuk mencetuskan ide atau gagasan suatu visi selanjutnya melalui dialog yang kritis dengan unsur pimpinan lainnya merumuskan masa depan organisasi yang dicita-citakan yang harus dicapai melalui komitmen semua anggota organisasi melalui proses sosialisasi transformasi, implementasi gagasan-gagasan ideal oleh pemimpin organisasi.  Dalam mengimplementasikan model tersebut kepala MAS Mu’allimin Manba’ul Huda Kota Bandung memiliki cara tersendiri, diantaranya menciptakan pola komunikasi yang baik dengan semua pihak, menjalin kerjasama dengan stakeholder, terjun langsung kelapangan untuk memotivasi bawahan dan peserta didik serta mencari tahu dan mengasah kemampuan yang dimiliki peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif-analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan menyalin dokumen dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang sarana prasarna, dan tata usaha, bahwa implementasi model kepemimpinan kepala madrasah MAS Mu’allimin Manba’ul Huda sesuai dengan visi madrasah yaitu unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah, serta bermanfaat bagi masyarakat. Konsep kepemimpinan yang digunakan oleh kepala MAS Mu’allimin Manba’ul Huda adalah menerapkan kepemimpinan persfektif Islam yaitu bersifat sidik, tabligh, amanah, dan fathanah.