cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Pena Literasi
ISSN : -     EISSN : 26148226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SMPN 118 JAKARTA Hafizah, Hafizah Hafizah
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.376 KB)

Abstract

                                            ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 118 Jakarta selama semester genap tahun ajaran 2016/2017, dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretes-Postes Control Group Design pada dua kelompok. Pengambilan data penelitian dilakukan sebanyak empat kali, yaitu dua kali di kelas eksperimen dan dua kali di kelas control. Hasil uji analisis terhadap sampel dari kedua kelas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dengan L0 (0,0926) < Lt (0,1497) pada saat eksperimen dan L0 (0,1231) < Lt (0,157) pada saat kelas kontrol dengan taraf signifikan pada dua kelas α = 0,05. Selain itu, hasil uji homogenitas memiliki data yang bersifat homogen. Hal ini ditandai dengan diperolehnya x²tabel = 43,8 > x²hitung = 15,42 dengan derajat kebebasan (dk) 35+32-2 = 65. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan menggunakan Uji-t ditemukan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 118 Jakarta. Hal ini ditandai dengan terdapatnya thitung = 3,463 > ttabel = 1,67 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training melalui penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi kelas VIII SMP Negeri 118 Jakarta, (Hi), diterima . Dengan kata lain, model pembelajaran inquiry training dan media audiovisual mampu mempercepat proses pemahaman siswa terhadap isi pembelajaran.Kata Kunci: Model pembelajaran inquiry training, keterampilan menulis puisi, penelitian eksperimen
PENGEMBANGAN KAMUS PEMELAJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING TINGKAT DASAR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA Ahmad FAdly, Ahmad Fadly
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.654 KB)

Abstract

Pengenalan kosakata dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)Tingkat Dasar seringkali menghadapi kendala meski upaya itu penting sebagai landasan pengajaran pada tingkat selanjutnya. Kendala itu, yang juga dihadapi oleh di lembaga BIPA Universitas Muhammadiyah Jakarta, terutama berkaitan dengan ketiadaan kamus khusus pemelajar BIPA. Untuk itu, pengembangan kamus pemelajar BIPA merupakan suatu keniscayaan. Dengan pengumpulan korpus dan pendefinisian yang tepat, pengembangan kamus itu memudahkan pemelajar BIPA, khususnya tingkat dasar, untuk berkomunikasi dalam kebutuhan sintas. Selain itu, uji validasi oleh ahli dan uji coba oleh pengguna semakin menyempurnakan kamus tersebut. Pengembangan kamus itu diharapkan bermanfaat, baik bagi pemelajar BIPA maupun pengajar BIPA dalam mengenalkan kosakata yang sarat dengan kekayaan budaya Indonesia. Kata kunci: kamus pemelajar, BIPA, Tingkat Dasar
PERBANDINGAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL SALAH ASUHAN KARYA ABDOEL MOEIS DAN BELENGGU KARYA ARMIN PANE Ernis, Poni
Pena Literasi Vol 1, No 1 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.962 KB)

Abstract

Penulis tertarik meneliti kedua novel ini karena ingin mengetahui bagaimanakah perbandingan karakter tokoh utama dan persamaan maupun perbedaan dari kedua novel tersebut. Alasan membandingkan dua novel dari penerbit yang berbeda karena 1) beda penerbit dan 2) beda karakter, balai pustaka menerbitkan novel yang bertema kawin paksa dan adat, sedangkan pujangga baru bersifat masyarakat modern. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini novel adalah Salah Asuhan dan Belenggu. Instrumen peneliti sendiri dan istrumen tambahan seperti pena dan buku. Langkah-langkahpengumpulan data sebagai berikut 1) membaca dan memahami isi kedua novel yang akan diteliti 2) menginventarisasi dan mengklasifikasikan data tokoh dan karakter tokoh utama berdasarkan aspek karakter tokoh dengan menggunakan format 4) menganalisis data yang telah diklasifikasikan 5) membahas dan membandingkan karakter tokoh utama yang meliputi sifat, sikap, dan tingkah laku 6) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian tentang perbandingan karakter tokoh utama novel Salah Asuhan dan Belenggu terdapat 106 data, dalam novel Salah Asuhan terdapat 49 data terdiri atas 23 data sifat, 12 data sikap, dan 14 data tingkah laku. Novel Belenggu terdapat 57 data terdiri atas 22 data sifat, 20 data sikap, dan 15 data tingkah laku.
PENERAPAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA X MIPA3 SMAN 87 JAKARTA Khaerunisa, Khaerunisa
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.319 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMAN 87 Jakarta pada mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penerapan media musikalisasi puisi. Subjek penelitian yang yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA3 SMAN 87 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media musikalisasi puisi dilaksanakan satu kali pertemuan. Siklus II menggunakan desain yang sama seperti desain pembelajaran yang dilakukan pada siklus I. Pada setiap siklus lebih menekankan pada aspek-aspek yang membangun musikalisasi dalam apresiasi. Setelah siklus I dan II dilaksanakan, diadakan posttest. Posttest dilaksanakan untuk membandingkan hasil pembelajaran dengan media musikalisasi puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan apresiasi puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil prasiklus, siklus I dan siklus II. Pertama, berdasrkan prasiklus di peroleh hasil dengan nilai rata-rata 43,4. Kedua, berdasarkan siklus I diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 74,4. Ketiga, berdasarkan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,25. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan apresiasi siswa setelah dilaksanakan media musikalisasi puisi.Kata Kunci: Apresiasi, Puisi, dan Media Musikalisasi
KAJIAN SEMIOTIK DAN ETNOPEDAGOGI DALAM RUMPAKA TEMBANG SUNDA CIANJURAN D Nurfajrin Ningsih, D Nurfajrin Ningsih
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.029 KB)

Abstract

Kearifan budaya lokal dapat dijadikan sebagai landasan pendidikan karakter, maka sekiranya kearifan budaya lokal dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Tembang Sunda Cianjuran merupakan kearifan budaya lokal Cianjur yang memiliki nilai estetis, dan dapat dijadikan sebagai tuntunan pendidikan. Menurunnya eksistensi tembang Sunda Cianjuran khususnya di lingkungan generasi remaja saat ini dikhawatirkan dapat memberi pengaruh negatif. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian semiotik dan etnopedagogi dalam rumpaka tembang Sunda Cianjuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Teknikyang digunakan untuk memperoleh data yaitu teknik dokumentasi dengan instrumen kartu data. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Keseluruhan makna yang diperoleh dari kajian semiotik dengan cara pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutika dalam tembang Maskumambang dan tembang  Panambih Nimang adalah nasihat bagi seorang anak untuk menyayangi, menghormati dan berbakti terhadap orang tua khususnya kepada ibu; (2)Rumpaka tembang Maskumambang dan tembang  Panambih Nimang mengandung nilai-nilai etnopedagogi yang berasal dari nilai budaya Sunda meliputi: Catur Jatidiri Insan, Moral Kemanusiaan,Gapura Panca Waluya dan Prilaku Nyunda Tri-silas.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMAN 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH Walef, Sri Mures
Pena Literasi Vol 1, No 1 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.901 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang disengaja diberi seperangkat perlakuan dengan menerapkan metode pengeboran sedangkan kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Analisis data menunjukkan bahwa metode pengeboran mempengaruhi pembelajaran penulisan naratif pada keterampilan menulis bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai siswa, yang pada saat prenting rata-rata / mean adalah 68,16. Setelah metode kolaboratif diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascatest dengan nilai rata-rata 82,60. Sedangkan metode konvensional juga berpengaruh dalam pembelajaran menulis naratif esai tentang subjek bahasa Indonesia di kelas kontrol. Terbukti dengan kenaikan nilai siswa, waktu rata-rata nilai mean adalah 67,72. Setelah metode konvensional diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascates dengan nilai rata-rata 71.40. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil narasi yang dipelajari. menulis antara metode bor dan metode konvensional. Hal ini terlihat pada perbandingan t hitung dengan t tabel (3.820> 2.021), karena jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel maka Ha (Alternative Hypotesis) diterima. Ini, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dipuji oleh metode bor lebih baik daripada siswa mengendalikan hasil belajar kelas tanpa menggunakan metode konvensional. Kata kunci : metode drill, metode konvensional, menulis karangan narasi.
STRATEGI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA Fatimah, Fatimah; Kartikasari, Ratna Dewi
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.297 KB)

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa dapat memberikan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi belajar, strategi pembelajaran, serta strategi keterampilan bahasa meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Semua aspek tersebut memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Dengan adanya strategi belajar dan pembelajaran diharapkan proses belajar maupun pembelajaran bahasa dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam berbahasa. Keterampilan berbahasa yang baik dapat mempermudah individu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Seiring perkembangan teknologi dan zaman, hal tersebut juga menjadi motivasi agar Bahasa Indonesia dapat diperkenalkan dan dikembangkan ke seluruh dunia. Kata kunci: Strategi pembelajaran, bahasa Indonesia.
Idioms in the National News Rubric Category of Education on cnnindonesia.com Pratiwi, Heppy Atma
Pena Literasi Vol 1, No 1 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.325 KB)

Abstract

Idioms are basically often used by speakers of language in communicating with the wider community. The use of idiom is intentionally done primarily to declare something indirectly to the other person. Many idiom words are often found both in print media, electronic media, and online media that has not understood its meaning. Society only review a little of the meaning he read without deepening the intent and content of the reading read. The idiom’s word is very difficult to understand cognitively because it requires a broad understanding in a sense of its own. This study aims to determine the form of idiom and meaning of idiom used in the national news section of the news column of the type and form of idiom in cnnindonesia.com. This research is descriptive which describes the description of object and result of study in narrative form. Based on the type of idiom, the use of a full idiom of 18 with a percentage of 40% while the idiom partially as much as 27 with a percentage of 60%. In this case, news writers are more likely to use a partial type of idiom.Keyword: idioms, news, education, online media
EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PUISI Devi, Wika Soviana
Pena Literasi Vol 1, No 1 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.743 KB)

Abstract

Penulisan jurnal ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui Efektivitas Metode Outdoor Study dengan Musik Klasik terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 87 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan True Eksperimental Design. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Outdoor Study dengan musik klasik terhadap kemampuan menganalisis unsur puisi siswa dibandingkan dengan tidak menggunakan metode Outdoor Study dengan Musik Klasik.   Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas X SMA Negeri 87 Jakarta yang berjumlah 215 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa, dengan 36 kelas eksperimen dan 36 kelas kontrol. Setelah divalidasi instrumen didapatkan valid data berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis menunjukan thitung sebesar 17,70 lebih besar dari  ttabel  sebesar 1,99 (thitung > ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Outdoor Study dengan musik klasik terhadap kemampuan menganalisis unsur  puisi siswa lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan metode Outdoor Study dengan musik klasik.Kata Kunci: Outdoor Study, Musik Klasik, Unsur Pembangun Puisi.
PENGARUH PENGGUNAAN WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN Nuratikah, Nuratikah
Pena Literasi Vol 1, No 2 (2018): Pena Literasi
Publisher : Pena Literasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.157 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menulis pantun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan Posttest-Only Control Design, dengan hipotesis terdapat pengaruh penggunaan  Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun di kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitungsebesar 5, 732 lebih besar dari pada ttabelsebesar 2,00856. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Webtoon memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti selanjutnya.Kata kunci: Webtoon, menulis pantun,  hasil belajar 

Page 1 of 3 | Total Record : 21