cover
Contact Name
Rizqi Putri Nourma Budiarti
Contact Email
rizqi.putri.nb@unusa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
atcsj2018@unusa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Applied Technology and Computing Science Journal
ISSN : 26214458     EISSN : 26214474     DOI : -
Applied Technology and Computing Science Journal ( ISSN 2621-4458, E-ISSN 2621-4474) is a journal on all aspect of applied technology natural science that published online by Faculty of Engineering – University of Nahdlatul Ulama Surabaya. This journal published periodically twice in a year (on June and December) to accommodate the researcher from all over the world who want to publish the results of their research and contribution with all variety topics related to Engineering, Applied Computer Modelling and Simulation, Information System, Computer Science, Forecasting, Computer Applications, Expert System, E-Government, E-Business, E-Commerce, Information Security, Big Data, Intelligent System, Data Analysis, Data Mining, Smart City.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
APLIKASI DETEKSI DINI PLAGIARISME JUDUL TUGAS AKHIR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YAYASAN RS. ISLAM SURABAYA DENGAN ALGORITMA RABIN-KARP Uji Cahyono, Drajad
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.544 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.3

Abstract

Di zaman modern yang serba instan dan cepat, dimana semakin mudahnya pertukaran informasi dewasa ini tidak hanya membawa dampak positif bagi kemajuan teknologi, tetapi juga membawa dampak negatif yang hampir tidak dapat dihindari yaitu plagiarisme. Praktek plagiarisme ini sangat sering dilakukan terutama di kalangan akademisi baik di tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi. Alhasil, tindakan plagiarisme ini dapat berdampak pada penurunan kreatifitas siswa maupun mahasiswa. Berbagai cara persuasif oleh perguruan tinggi diupayakan bagi mahasiswa untuk mencegah kemungkinan dilakukannya kegiatan plagiarisme. Berdasarkan permasalahan tersebut maka, skripsi ini ditujukan untuk membuat suatu Aplikasi Deteksi Dini Plagiarisme Judul Tugas Akhir Mahasiswa STIKES Yayasan RS. Islam Surabaya dengan Algoritma Rabin-Karp. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu dengan membandingkan kemiripan judul tugas akhir yang telah ada di database dengan judul tugas akhir yang tengah diajukan oleh mahasiswa. Dengan adanya aplikasi ini sekumpulan judul tugas akhir dapat diuji apakah antar judul tugas akhir memiliki kesamaan atau tidak. Berdasarkan hasil evaluasi uji coba sistem dapat diketahui bahwa performa hasil persentase similaritas dari algoritma Rabin-Karp memiliki ketergantungan dengan nilai K-gram yang diberikan. Berikutnya, hasil pengujian akurasi pada pendeteksian similaritas judul tugas akhir diperoleh hasil rata-rata akurasi similaritas adalah sebesar 63,19 %. Algoritma Rabin-Karp masih cukup layak untuk digunakan sebagai suatu metode sederhana untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya plagiarisme. Meski begitu, aplikasi ini belum dapat digunakan secara sempurna untuk memastikan kemungkinan akan terjadinya tindakan plagiarisme tugas akhir. Tujuan akhir yang diharapkan adalah dengan adanya aplikasi ini kemungkinan akan dilakukannya praktek plagiarisme dapat dideteksi dan dicegah sedini mungkin
PERANCANGAN PROGRAM PENENTUAN HISTOGRAM CITRA DENGAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) Kurniastuti, Ima; Andini, Ary
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.829 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.4

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan perancangan program penentuan histogram citra yang dilengkapi dengan Graphical User Interface (GUI) sehingga pengguna lebih mudah dalam mengoperasikan program. Perancangan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap perancangan desain GUI, perancangan GUI, perancangan program dan testing program. Perancangan desain GUI bertujuan untuk menghasilkan desain GUI yang akan mempermudah programmer dalam merancang GUI program. GUI program merupakan tampilan yang akan muncul saat pengguna mengoperasikan program. Tahap perancangan program berfungsi untuk membuat source code yang berisi perintah-perintah dalam program. Tahap terakhir yang dilakukan dalam penelitian ini adalah testing program dengan menggunakan sebuah citra. Dari hasil testing program dapat disimpulkan bahwa program penentuan histogram citra berjalan dengan baik.
RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR GELOMBANG PERMUKAAN LAUT PRESISI TINGGI (A PROTOTYPE DESIGN) Sri Suharyo, Okol
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.586 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.6

Abstract

Gelombang permukaan laut adalah salah satu fenomena yang sangat kompleks dan mudah berubah dibandingkan dengan arus dan pasang surut, sehingga untuk memahami secara menyeluruh tentang perilaku dan karakteristik gelombang permukaan laut merupakan hal yang sulit. Gelombang tersebut pada hakekatnya adalah gelombang acak yang terbentuk karena berbagai macam jenis gelombang dengan frekuensi tertentu yang bersuperposisi satu sama lainnya. Sumber pembangkit gelombang tersebut terutama adalah angin, sehingga sering disebut dengan Gelombang Angin (Wind Waves).Secara teoritis, terdapat metode analisis gelombang berdasarkan ketersediaan data dalam suatu perairan, yaitu metode Analisa Gelombang Kurun Waktu Pendek (Short Term Wave Analysis (STWA)) dan metode Analisa Gelombang Kurun Waktu Panjang (Long Term Wave Analysis (LTWA)). Metode STWA adalah melakukan analisa berdasar data gelombang yang pendek, sedangkan metode LTWA dilakukan dengan menggunakan data dalam kurun waktu panjang dan umumnya lebih dari 1 (satu) tahun. Terutama LTWA sangat dibutuhkan untuk mengetahui gelombang yang dipengaruhi oleh musim di Indonesia. Sampai saat ini belum ada data panjang atau kajian gelombang di Indonesia yang menggunakan data panjang karena keterbatasan data detail yang sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis tersebut.Untuk mendapatkan data gelombang acak dari berbagai sumber pembangkit gelombang memerlukan alat yang memadai untuk memperoleh datanya. Pada dasarnya ada beberapa jenis alat yang dapat dipergunakan baik di dalam dan di luar untuk memenuhi kebutuhan data tersebut, namun umumnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sering terjadi bahwa alat yang diperlukan tidaklah sekompleks keperluan untuk pengadaan suatu penelitian yang sederhana, hanya membutuhkan satu atau dua parameter, misalkan untuk mencari data gelombang diperlukan parameter data berupa tinggi air dan waktu, oleh karena itu desain dan alat yang sederhana namun memenuhi kebutuhan untuk pemenuhan data sangatlah membantu dan dapat mengurangi beban biaya penelitian. Pada riset ini diusulkan desain dan pembuatan alat dan sistem gelombang presisi tinggi, dimana diharapkan dalam hitungan detik dapat diperoleh beberapa data gelombang berupa tinggi permukaan air dan waktu pengambilan datanya secara real time dan up to date.
STUDI HASIL RUNNING MODEL ARUS PERMUKAAN DENGAN SOFTWARE NUMERIK MIKE 21/3 (GUNA PENENTUAN LOKASI PENEMPATAN STASIUN ENERGI ARUS SELAT LOMBOK-NUSAPENIDA) Sri Suharyo, Okol; Adrianto, Dian
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.239 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.8

Abstract

Untuk kepentingan penentuan lokasi penempatan energi listrik berbasis energi arus di sekitar Selat Lombok-Pulau Nusapenida diperlukan kajian awal terhadap bakal lokasi berupa parameter metode yang meliputi kondisi kedalaman, pasang surut dan arus serta parameter geografis kemasyarakatan yang meliputi kondisi sosial kemasyarakatan sekitar lokasi guna pemenuhan aktifitas pembangunan, monitoring dan pemeliharaan.Kajian parameter metode dilakukan dengan membuat simulasi model numerik dengan menggunakan Marine Modelling System Mike 21/3 yang dibuat dengan domain model area selat Lombok dan domain kajian sekitar P.Nusapenida dengan pembangkit pasang surut, yang di validasi dengan data arus. Untuk keperluan input model dan validasi digunakan peta Bathymetri terbitan Dishidros TNI AL no 29/2008 dan 262/2005, data pasang surut tanggal 22Juni – 19Juli 2016 dan data arus permukaan 23 Juni – 22 Juli 2016. Kajian parameter geografis kemasyarakatan dilakukan dengan bantuan peta google earth untuk mengetahui kondisi geografi serta lokasi pemukiman dekat tempat lokasi alat.Keluaran dari kajian yang dilakukan berupa rekomendasi lokasi alternatif alat yang paling mungkin berdasarkan kajian dua parameter di atas yaitu direkomendasikan bahwa lokasi yang paling tepat adalah pada lokasi perairan antara Pulau Nusapenida dan pulau Ceningan
SISTEM KENDALI POSISI MAGNETIC LEVITATION BALL MENGGUNAKAN METODE SLIDING MODE CONTROL (SMC) Priyanto, Agus
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.238 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.9

Abstract

Sistem Magnetic Levitation Ball memiliki peranan yang penting dalam dunia industri diantaranya sebagai sistem yang diaplikasikan pada kereta api yang bergerak melayang diatas rel dengan kecepatan tinggi ( kereta MAGLEV ),serta model sistem torowongan angin yang melayang . Permasalahan umum yang sering dihadapi sistem pengendali Magnetic Levitation Ball adalah munculnya gangguan tak pasti yang berasal dari dalam maupun luar sistem. Sliding Mode Control (SMC) merupakan salah satu metode kontrol yang bersifat sangat robust, sehingga mampu bekerja dengan baik pada sistem yang mempunyai ketidakpastian model atau parameter. Dari hasil diperoleh kesimpulan bahwa rancangan sistem pengendali dynamic SMC pada Magnetic Levitation Ball telah dapat diterapkan untuk mengendalikan posisi bola agar tetap stabil, secara umum pengendali dynamic SMC robust terhadap gangguan eksternal baik bernilai kecil maupun besar, serta terhadap gangguan internal baik dalam pengurangan maupun penambahan parameter dibanding dengan static SMC. Demikian pula pada pengendali dynamic SMC tidak memiliki osilasi yang berlebihan serta memiliki waktu respon yang cepat sehingga dapat memaksimalkan kinerja dari sistem posisi Magnetic Levitation Ball. Namun selain memiliki kelebihan, terdapat pula kekurangan pada metode ini, yaitu tidak dapat diterapkan pada jenis gangguan impulse besar.
Pemanfaatan Expert System Untuk Penentuan Kegawatdaruratan Pasien Balita Di IGD Jatmiko, Andik; Santoso, Joan; Armanto, Hendrawan
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/atcsj.v1i2.854

Abstract

Triage merupakan suatu suatu prosedur yang dilakukan petugas di instalasi gawat darurat untuk menentukan tingkat kegawatan pasien, dalam hal ini seorang petugas medis senior yang di tunjuk bertugas memilah dan menentukan urutan pasien yang terlebih dahulu dilayani. Namun kenyataan di lapangan tidak semua petugas menguasai keahlian dalam menentukan tingkat kegawatan pasien. Kurangnya petugas senior yang mempunyai keahlian tersebut berakibat kecepatan pelayanan kurang maksimal, terlebih kasus balita yang mana merupakan kasus yang memerlukan perhatian khusus karena sistem kekebalaan dan daya tahan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Dari beberapa faktor tersebut penulis ingin melalukan pemanfaatan expert system untuk penentuan kegawatdaruratan pasien balita di IGD Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Pemanfaatan sistem pakar ini dilakukan dengan menggunakan mesin inferensi backward chaining yang artinya proses pencarian dimulai dari fakta-fakta untuk selanjutnya menuju pada suatu kesimpulan. Manfaat penelitian ini adalah untuk meringankan kerja petugas medis dan bagi keluarga pasien dalam mengakses informasi tentang tingkat kegawatan pasien. Dalam implementasinya menggunakan metode backward chaining dengan menggunakan DBMS MySQL dan bahasa pemograman PHP.
PERENCANAAN AWAL TATA LETAK GALANGAN KAPAL DI DAERAH KAWASAN LAHAN TERBUKA Soetardjo, Meitha; Mehta Wardhana, Ede; Bisri, Ahmad
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.579 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i1.10

Abstract

Selama beberapa dekade, negara-negara Asia seperti Korea, Jepang dan China telah memimpin industri pembuatan kapal sejak kemunduran di Eropa dan Amerika. Namun, beberapa negara berkembang seperti Indonesia, India, Brazil, dan lain-lain akan masuk juga ke industri perkapalan.Negara-negara berkembang ini menemukan mitra teknis atau penyedia informasi karena mereka berada dalam situasi pengalaman dan teknologi kecil. Kini, perusahaan pengembang galangan kapal dari negara-negara maju pembuatan kapal mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis rekayasa melawan negara-negara berkembang tersebut......seperti rencana pemodelan klaster industri perkapalan di Surabaya dan sekitarnya.Titik awal dari model bisnis ini adalah untuk pembangunan galangan kapal baru. Model bisnis ini diawali dengan desain layout galangan kapal. Untuk pelaksanaan desain tata letak galangan kapal, dibutuhkan empat jenis komponen rekayasa.Komponen tersebut adalah teknik sipil, teknik bangunan, rekayasa utilitas dan teknik tata letak produksi. Di antara bagian-bagian ini, teknik tata letak produksi paling penting karena hasilnya adalah pondasi dari bagian teknik lainnya dan ini menentukan kapasitas galangan kapal selama siklus operasi kapalUntuk desain tata letak galangan kapal berada di luar jangkauan persyaratan bisnis karena sebagian besar kasus penelitian hanya ada sedikit pertimbangan tentang perkapalan yang nyata.Dalam tulisan ini, desain tata letak galangan kapal untuk tahap awal dilakukan untuk target galangan kapal yang baru direncanakan dengan metode terpadu yang mampu menangani data master aktual dari galangan kapal.Tulisan / penelitian, metode perancangan tata letak ini dibedakan dari penelitian terdahulu karena data produk aktual dari kapal dan data operasi pembuatan kapal aktual digunakan untuk estimasi area.
Kajian Poliploidi Ikan Sepat (Trichogaster trichopterus) pada Tiga Ketinggian Tempat Berbeda di Daerah Banyuwangi, Malang, dan Batu dengan Metode Penghitungan Nukleolus Kundariati, Maisuna; Wulan, Rosi Cahyaning; Sudrajat, Ahmad Kamal
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.449 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i2.855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tiga tempat ketinggian yang berbeda di daerah Banyuwangi, Malang, dan Batu terhadap tingkat poliploidi ikan Trichogaster trichopterus. Poliploidi yang diamati adalah 3n dan 4n. Metode yang digunakan adalah analisis penghitungan nukleolus menggunakan teknik pewarnaan perak nitrat (AgNO3). Jaringan yang digunakan untuk menghitung jumlah nukleolus adalah sirip ekor ikan. Sampel menggunakan 30 ikan Trichogaster trichopterus di tiga tempat berbeda dengan 10 ikan berbeda dari Banyuwangi (99 mdpl), 10 ikan dari Malang (982 mdpl), dan 10 ikan dari Batu (1668 mdpl). Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis dan untuk mengetahui hubungan di setiap ketinggian digunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketinggian tempat berpengaruh terhadap tingkat poliploidi Trichogaster trichopterus. Ketinggian rendah tidak berbeda secara signifikan dari ketinggian sedang, tetapi ketinggian sedang secara signifikan berbeda dari ketinggian tinggi.
Perancangan Sistem Pakar untuk Penentuan Kesesuaian Jenis Palawija dan Kondisi Lahan Sulistiyani, Endang
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.828 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i2.856

Abstract

Peningkatan kualitas dan kuantitas komoditas pertanian dapat dilakukan dengan menghindari ketidaksesuaian pengolahan lahan dengan karakteristik lahan. Akan tetapi, tidak jarang petani mengalamai kesulitan dalam menentukan kesesuaian lahan. Hal ini dikarenakan pengetahuan dan pemahaman petani terkait karakteristik lahan yang akan diolah dan jenis tanaman yang ditanam masih kurang dan data yang benar terkait karakteristik lahan sulit diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pakar. Sistem dikembangkan dalam tiga langkah. Pertama, penggalian kebutuhan sistem pakar, kedua pembangunan sistem, dan terakhir pengujian sistem. Terdapat 5 faktor terkait karakteristik lahan, yaitu ketinggian tempat, temperatur udara, tekstur tanah, pH tanah, dan juga curah hujan untuk menentukan kesesuian jenis tanaman yang akan ditanam. Sistem ini memiliki 1080 aturan dengan 216 aturan untuk setiap tipe tanaman, dan 3 kemungkinan kesimpulan kesesuaian, yaitu sesuai, kurang sesuai, dan tidak sesuai. Hasil validasi untuk sistem ini berupa nilai rata-rata untuk masing-masing kategori yang menunjukkan bahwa responden setuju, baik terhadap fungsionalitas sistem bernilai 2,8. Keakuratan hasil kesimpulan yang dihasilkan oleh sistem bernilai 2,9 untuk hasil sesuai dengan kenyataan dan bernilai sebesar 3,0 untuk hasil membantu pengguna, serta untuk kepuasan dari responden untuk keseluruhan sistem pakar bernilai 2,9. Sementara untuk tampilan dari sistem pakar masih terlalu standar dan kurang menarik bernilai 2,6.
Aplikasi DIY Smart Trash berbasis IoT Open Platform Budiarti, Rizqi Putri Nourma; Maulana, Jordan; Sukaridhoto, Sritrusta
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Unusa Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.156 KB) | DOI: 10.33086/atcsj.v1i2.857

Abstract

Sampah merupakan hal yang tidak asing lagi bagi manusia saat ini. Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan berfikir bahwa sampah dapat dibuang dimana saja, bahkan ada yang meletakkan sampah dengan mudahnya sambil meninggalkan sampah tersebut secara sembarangan tanpa berpikir bahwa ada tempat sampah yang layak dan sesuai dengan peruntukannya. Ketidaksadaran dalam membuang sampah secara sembarangan inilah yang dapat merusak pemandangan di area sekitar tempat itu. Saat ini, sangat banyak produk-produk sampah yang pintar di pasaran dalam memecahkan permasalahan sampah bahkan memudahkan pemiliknya. Namun, produknya sangat mahal dan biasanya setiap orang sudah menyediakan tempat sampahnya sendiri dirumah. Oleh karena itu, kami mengusulkan sebuah aplikasi DIY (Do It Yourself) Smart Trash berbasis IoT (Internet of Things) Open Platform. Aplikasi DIY Smart Trash dengan IoT Open Platform ini terdiri dari platform terbuka yang menyediakan monitoring web dan visualisasi interaktif yang ditampilkan dalam dashboard, layanan MQTT (MQ Telemetry Transport), Kafka, database untuk menerima data dan push notification untuk dapat memberitahukan kepada pengguna. Kami juga mnggunakan sistem embedded dan menyediakan source code untuk Arduino, Redbear, Raspberry Pi3 dan Raspberry Pi Zero W untuk membangun DIY Smart Trash. Dengan menggunakan aplikasi DIY Smart Trash, secara tidak langsung dapat mengurangi biaya manajemen sampah di setiap rumah. Selain itu dari segi harga, DIY Smart Trash memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 11