cover
Contact Name
Syarif Rizalia
Contact Email
syarif.rizal.albar@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
syarif.rizal.albar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Al-MUNZIR
ISSN : 19794894     EISSN : 2620326X     DOI : -
Journal Al- Munzir (p-ISSN: 1979-4894; e-ISSN: 2620-326X) is a journal that publishes scientific papers, articles in the form of thought study and research results. Al-Munzir received articles from academics, researchers, journalists and national and international students in the fields of communication science, Islamic broadcasting communications, da'wah science, Journalism, Public Relations, and Islamic Counseling Counseling. Articles published in the journal Al-Munzir include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or criticisms of previous studies that already exist. Al Munzir's journal is published twice a year by Ushuluddin Adab Faculty and IAIN Kendari Da'wah.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013" : 15 Documents clear
CINTA DALAM PANDANGAN SUFISME Rahmawati, Rahmawati
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.067 KB)

Abstract

Absrak: Cinta adalah sifat fitri manusia yangdianugerahkan Allah Swt., sehingga ia merupakan halyang universal dalam pandangan manusia.Dalam pandangan sufisme, bahwa di samping cintamerupakan naluri keindahan dalam diri manusia, namuncinta sesungguhnya dan itulah semulia dan agungnyacinta adalah cinta kepada yang menciptakan cinta dalamdiri manusia yakni Allah Swt. Seindah-indahnya cintaadalah cinta kepada Allah (mahabbah ilahi). Selanjutnyadalam makalah ini penulis mencoba mengangkat konsepatau ajaran cinta dalam perspektif sufisme denganmengacu kepada pandangan tokoh-tokoh sufi dansumber syar’i: al-Quran dan al-hadist.Kata Kunci: cinta, sufisme
TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PELUANG DAN TANTANGAN DAKWAH Rahman, Abd
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.545 KB)

Abstract

Abstrak: Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologikhususnya informasi tidak selamanya membuatkehidupan manusia semakin membahagiakan, ternyataada segi-segi yang kurang menguntungkan akibatperadaban yang ditimbulkan seperti terhadap posisiagama yang merupakan tantangan dakwah antara lainseperti; terjadinya despritualisasi akibat faham danbudaya materialistis yang mendominasi kehidupanmasyarakat, eliminasi nilai-nilai moral agama digantidengan nilai moral dari ciptaan masyarakat.Merajalelanya alkoholisme dan narkotika, terjadinyatindakan sadis dan kriminalitas yang melanda kehidupanbaik di kota-kota besar maupun di pelosok pedesaan, danterakhir adalah terjadinya dekadensi moral ataukemerosotan akhlak di kalangan remaja dan sebagainya.Untuk menyikapi tercapainya tujuan dakwah, maka perluadanya perencanaan dakwah sebagai fungsi organikmasyarakat dalam upaya menegakkan amar ma’ruf nahimungkar. Sehingga Islam tetap jaya di bumi Allah ini.Kata Kunci: Teknologi informasi, peluang, tantangan,sistem dakwah.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK YANG MENYENANGKAN PADA SMA NEGERI 4 KOTA KENDARI Musthan, Zulkifli
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.912 KB)

Abstract

Abstrak: Fokus masalah penelitian ini adalahpengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIKyang valid dan menyenangkan pada SMA Negeri 4 KotaKendari. Model pembelajaran PAI berbasis TIK inimemiliki sintaks dengan lima fase, yakni: a)menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkansiswa terarah jelas dalam program moodle yang telahdiformat sedemikian rupa, b) mendemonstrasikanpengetahuan atau keterampilan (siswa membaca danmempelajari dengan seksama materi yang telah disiapkandalam program moodle, c) membimbing pelatihan(guru/pengajar membimbing siswa jika mengalamikesulitan dalam memahami materi, baik melalui bimbinganlangsung maupun melalui forum diskusi yang telahdisiapkan dalam program moodle, d) mengecekpemahaman dan memberikan umpan balik (siswamengerjakan kuis dan uji kompetensi yang ada pada ematerimasing-masing KD), e) memberikan kesempatanuntuk pelatihan lanjutan dan penerapan.Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah adanyakesungguhan dan keantusiasan siswa dalam belajar PAIdengan program moodle yang tertera dalam website SMANegeri 4 Kota Kendari, dan seluruh siswa pada uji I dan IImenyatakan senang mempelajari PAI berbasis TIK.Kata Kunci: Model Pembelajaran PAI, TeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK).
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM DAKWAH Basri, Hasan
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.715 KB)

Abstract

Abstrak: Jika inti manajemen adalah kepemimpinan,dan inti kepemimpinan adalah human relations, makainti human relations adalah men, yakni manusia-manusiayang berkualitas tinggi. Dalam menjalankan aktivitasdakwah berjamaah, maka sumber daya dai adalah palingmenentukan keberhasilan dakwah.Dai yang berkualitas adalah dai yang memiliki sejumlahkarakter yang menunjukkan bahwa dirinya memilikikepribadian Islam, yakni pemikiran dan kejiwaan yangmenjadikan Islam yang didakwahkan itu sebagai satusatunyastandar.Untuk membina dai yang memiliki kepribadian Islam,tidak cukup dengan melakukan training, atau upgradingdai saja. Pembinaan yang sangat menentukan adalahmelalui pembinaan halqah. Dalam pembinaan modelhalqah akan terjadi proses talaqqiyan fikriyan danperolehan ṡaqafah Islam untuk dipahami, diyakini dandiamalkan.Kata Kunci: pembinaan dai, kepribadian Islam, halqah
ISLAM DAN PSIKOTERAPI Mayasari, Ros
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.178 KB)

Abstract

Abstrak: Islam menyumbangkan aspek spiritual dalampsikoterapi yaitu sebuah psikoterapi yang memodifikasiperilaku manusia berdasarkan hubungan manusia denganAllah SWT. Manusia merupakan totalitas jasmanaiah,nafsani dan rohani. Sementara itu keyakinan dankeimanan manusia dalam psikologi berada pada dimensiafektif, kognitif dan motorik, sehingga pendekatanterhadap mereka yang mengalami masalah psikologistentunya harus memahami manusia sebagai totalitas.Keunikan psikoterapi Islam adalah keberadaannya sangatsubyektif dan teosentris. Dalam melakukan terapi,masing-masing individu memiliki tingkat kualitas yangberbeda seiring pengetahuan, pengalaman, danpengamalan yang dimiliki.Kata Kunci: Psikoterapi, Islam dan psikologi.
STRATEGI DAN METODE DAKWAH MUHAMMAD IBN ABDUL WAHAB Sukardi, Ahmad
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.884 KB)

Abstract

Abstrak: Dinasti yang pertama kali berhasil merebutkekuasaan Turki Usman di Hijaz pada awal abad ke-19 Madalah dinasti Saudi yang mempunyai sejarah yang cukuppanjang dalam hubungannya dengan Hijaz. Komplikantara dua hubungan ini bukan saja di bidang poitik, tetapijuga dalam bidang keagamaan, karena kebangkitan dinastiSaudi tidak dapat dipisahkan dari gerakan reformasikeagamaan yang dikenal dengan gerakan Wahabi.Muhammad ibn Abdul Wahab adalah seorang tokohreformasi dan sangat berpengaruh bagi perkembangandakwah di Jazirah Arab sekitar abad ke-19. Dalammenjalankan dakwahnya, ia menggunakan strategi dakwahdengan mencurahkan perhatian kepada tauhid, berdakwahdi lingkungan sendiri, menyusun kekuatan dakwahbersama pemerintah dengan cara bijaksana, lisan, tulisan,ia juga pernah melakukan penyerangan terhadap orangorangyang berusaha untuk mencela syariat Islam secaraterang-terangan. Sasarannya adalah memberantas bid’ahdengan tujuan mengembalikan masyarakat kepada ajaranIslam yang murni yaitu al-Quran dan hadis.Kata Kunci: Strategi dakwah, Muhammad bin AbdulWahab.
PENDEKATAN, LANDASAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Nur, Jabal
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.527 KB)

Abstract

Abstrak: Bahasa Arab memiliki karakteristik dankesulitan yang tinggi. Oleh sebab itu perlu pendekatan,landasan dan model pembelajaran yang mumpuni.Tulisan ini mengetengahkan berbagai pendekatan dalampembelajaran bahasa Arab. Diasumsikan bahwa bahasaitu harus dikomunikasikan secara aktif, untuk itu siswadiberi kesempatan yang luas untuk mengekpresikanperasaannya melalui ungkapan bahasa arab. Disampingitu perlu ada landasan untuk meramu metodepembelajaran yang tepat, sehingga kita dapatmempetakan materi prioritas, akurasi, gradasi, motivasidan pemantapan. Hal penting yang lain adalah modelpembelajaran yang variatif dan inovatif untuk mencapaiempat kemahiran berbahasa yaitu: mendengar, berbicara,membaca dan menulis.Kata Kunci: Pendekatan, landasan, modelpembelajaran, pembelajaran aktif.
KONSEP ILMU PENGETAHUAN MENURUT AL-GAZALI Analisis Epistimologi Islam Samrin, Samrin
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.293 KB)

Abstract

Abstrak: Dalam dekade terakhir ini, usaha pengkajiandan pengembangan ilmu pengetahuan dari waktu kewaktu semakin bertambah meningkat, terutama karenaadanya kaitan dengan kecenderungan yang semakintumbuh terhadap pemahaman dan penafsiran ajaranIslam secara rasional. Selain itu juga karena adanyakeinginan untuk lebih memperkenalkan khazanahinteketual dan spiritual para cendekawan muslim masalampau sebagai suatu sisi lain dari pusaka budaya yangmereka wariskan. Salah satu di antaranya adalah Imamal-Gazali yang dikenal dengan gelar hujjatul Islam,seorang ulama dan pemikir besar dalam dunia Islamyang sangat produktif dalam menulis. Kitab-kitab yangditulis oleh al-Gazali meliputi berbagai bidang ilmu padazaman itu, seperti al-Qur’an, akidah, ilmu kalam usulfikh, fikh, tasawuf mantik, falsafah, kebatinan(bathiniyyah) dan lain-lain. Adapun Karya yang sangatmonumental dan sekaligus membuatnya sangat dominanpengaruhnya dalam pemikiran umat adalah Tahafut al-Falasifah, Ihya’ ‘Ulumu ad-Diin dan al-Munqidz mina’Dh-dhalal.Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan, al-Gazali.
DAKWAH TEORETIS DAN HISTORIS Aminuddin, Aminuddin
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.38 KB)

Abstract

Abstrak: Aktivitas dakwah di Indonesia mulanya sejakIslam masuk dan yang berkembang baru sebatas dakwahkonvensional, yakni dakwah secara praktis yang meliputitabligh keagamaan, propaganda politik, aplikasi ajaranIslam secara indivuduil, dan teladan hidup para da'i yangdapat dikatakan sebagai metode tradisional. Setelahbeberapa abad kemudian, lahirlah disiplin Ilmu Dakwahyang diprakarsai oleh Perguruan Tinggi Islam diIndonesia (PTAIN) pada tahun 1960 yang membukaprogram studi Dakwah seperti di Fakultas Dakwah IAINBanda Aceh.Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi yang kianberkembang begitu pesat, tentu hal ini berdampak danmelanda berbagai bidang, baik di bidang sosial, ekonomi,budaya, politik dan sebagainya. Bahkan di bidangkeagamaan sendiri, sebagai salah satu efek kemajuan yangada, juga mengalami problem yang tidak ringan.Berkaitan dengan ini, maka para da’i perlu memahamiberbagai hal berkaitan dengan dakwah, misalnya ilmudakwah baik dari aspek teoretis maupun historis, danmateri, metode maupun media dakwah.Kata kunci : Dakwah, teoretis dan histories
NILAI-NILAI PEMBANGUN KARAKTER (STUDI DI SDIT AL-QALAM KENDARI TAHUN 2013) Karim, Nurdin
Al-MUNZIR No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.208 KB)

Abstract

Abstrak: Pendidikan karakter dewasa ini merupakansalah satu tema manarik, terutama dalam duniapendidikan. Berbagai macam permasalahan yangtimbul dalam masyarakat terutama yang berkaitandengan sikap, mental dan perilaku manusia tidakterlepas dari persoalan karakter. Menyoal tentangkarakter tentu saja objek utamanya adalah manusia.Manusia adalah sebagai subjek sekaligus menjadiobjek. Ketika manusia menjadi subjek makamanusialah yang menjadi pembentuk karakter.Karakter manusia secara garis besar dapat dibentukoleh pendidikan dan lingkungan. Pendidikan danlingkungan sangat berperan besar terhadappembentukan karakter, baik pendidikan formalmaupun non formal. Sekolah merupakan lembagapendidikan yang diharapkan dapat membentukkarakter peserta didik melalui pembelajaran agamamaupun pendidikan moral. Demikian juga denganpendidikan non formal dan lingkungan.Peran orang tuadi rumah merupakan pendidikan pertama dan utamayang diperoleh anak sejak dia lahir. Oleh karena itutulisan ini akan menjelaskan nilai-nilai pembangunkarakter yang dibangun oleh sekolah dan lingkunganpeserta didik.Kata Kunci: agama, lingkungan, karakter

Page 1 of 2 | Total Record : 15