cover
Contact Name
Lesy Luzyawati
Contact Email
lesyahmed@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mangiferaedu@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mangifera Edu
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25279939     EISSN : 26223384     DOI : -
Mangifera Edu journal is a scientific papers on the results of biology and biology education wich managed by Biology education departement, FKIP Wiralodra University. This journal published since 2016 with p-ISSN 2527-9939 and avaliable electronic journal since 2018 with number e-ISSN 2622-3384. The journal published twice a year on Juli and January.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP NEGERI 1 Balongan Indramayu Ratnasari, Anilia ; Maulidah, Risti
Mangifera Edu Vol 3 No 1 (2018): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.409 KB)

Abstract

Generic science skills of students are still rarely measured by teachers and learning models Learning Cycle 7E was still rarely applied by teachers as a model of learning in schools, then conducted research with the aim to determine the effect of learning cycle model 7E on generic skills science students on environmental pollution material in SMP Negeri 1 Balongan Indramayu. This research was a quantitative research using True-Experimental Design design with Posttest-Only Control Group design. The population in this study is the entire class VII SMP Negeri 1 Balongan indramayu consisting of 11 classes with a total of 352 students. Sampling technique using Probability Sampling technique Cluster Random Sampling type obtained grade VII H as experimental group and grade VII A as control group. Instrument in this research in the form of test of skill of generic science skill student which amounted to 5 problem. Based on the research result, it was found that the average in the experimental class is 74 and the control class is 63,75. With a significant level (α) = 0.05 and degrees of freedom (db) 62 obtained tcount = 28.29 and ttable = 2,000. Because tcount> ttable, then reject Ho. This means that the 7E learning cycle model influences the generic skills of students' science on environmental pollution material in SMP Negeri 1 Balongan Indramayu.
Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) dengan Menggunakan Pancing Tonda di Perairan Teluk Maumere Erfin, Erfin
Mangifera Edu Vol 3 No 1 (2018): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.708 KB)

Abstract

Salah satu perikanan tangkap tradisional di perairan laut Teluk Maumere adalah perikanan pancing tonda (trolling line), memiliki konstruksi sederhana dengan metode pengoperasian yang mudah serta tidak memerlukan modal yang besar, dimana masyarakat yang selama ini menggunakan pancing tonda dengan 1 jenis mata pancing dalam 1 kapal tidak efektif, sehingga peneliti mencoba menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan tiga perahu jukung dimana masing-masing perahu mewakili setiap perlakuan yaitu 2 mata pancing, 6 mata pancing dan 10 mata pancing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis produktifitas pancing tonda dengan jumlah mata pancing yang berbeda. Penelitian menggunakan metode eksperimental fishing dengan Fishing base Pulau Pemana-Desa Pemana dimana pengambilan sampel/ulangan dilakukan sebanyak 60 kali pemancingan (trip) pada pagi hari kemudian hasil tangkapan dari trip dikelompokan berdasarkan ketiga perlakuan (2 MP, 6 MP dan 10 MP). Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis H1 ditolak artinya tidak ada perbedaan jumlah (ekor), berat (kg) dan panjang (cm) dari hasil tangkapan ikan cakalang di Teluk Maumere menggunakan Trolling Line dengan jumlah mata pancing yang berbeda (2 MP, 6 MP dan 10 MP). Pengukuran parameter oseanografi di lokasi penelitian, menunjukkan suhu pada pagi hari berkisar antara 24 - 25 °C dengan kadar salinitas 33 - 34 o/oo serta kecepatan arus 0,039 meter/detik.
Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA Ipin, Aripin
Mangifera Edu Vol 3 No 1 (2018): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.033 KB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik untuk dapat bersaing di abad 21.Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran serta alat evaluasi keterampilan berpikir kritis yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan termodifikasi, yaitu dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yang meliputi penentuan tujuan penelitian, penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan draft soal, uji validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2, hasil dari uji coba lapangan 2 itulah didapatkan soal produk. Populasi dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa kelas XI SMA semester II yang telah memperoleh materi tentang sistem regulasi manusia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan atau purposif sampling pada 84 siswa dari kelas XI Semester II di SMAN 1 Beber dan SMAN 1 Jamblang. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan softwere ANATES pada uji coba terbatas menghasilkan soal valid sebanyak 23 soal, pada uji coba lapangan 1 menghasilkan 16 soal yang valid, pada uji coba lapangan 2 menghasilkan 11 soal yang valid dengan konsistensi realibilitas tes keseluruhan sebesar 0,81 (tinggi). Dapat disimpulkan produk soal tes kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan memiliki keandalan yang baik dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem regulasi manusia untuk tingkat SMA.
Sikap Wirausaha Mahasiswa pada Perkuliahan Bioteknologi Bermuatan Bioenterpreneurship Natadiwijaya, Ismail Fikri; Rahmat, Adi
Mangifera Edu Vol 3 No 1 (2018): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.053 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap wirausaha mahasiswa pada program perkuliahan bioteknologi bermuatan bioentrepreneurship. Satu kelompok diberi perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Satu kelas mahasiswa yang mengontrak mata kuliah bioteknologi semester genap 2016/2017 terlibat sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah 50 item angket sikap wirausaha yang kemudian diberi skor serta dihitung nilai total rata-ratanya, dan penilaian sosialisasi produk, dimana kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan kemudian didokumentasikan, lalu dinilai dengan cara pemberian skor berdasarkan kriteria pada rubrik yang telah ada. Pada penelitian ini didapatkan nilai sikap wirausaha mahasiswa yang dijaring melalui instrumen termasuk kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap wirausaha mahasiswa juga dapat memiliki nilai yang tinggi apabila dilatih melalui program bioteknologi bermuatan bioentrepreneurship.Secara umum nilai yang ada telah menunjukkan bahwa sikap wirausaha mahasiswa telah mencukupi sebagai bagi mereka menjadi guru biologi yang berjiwa wirausaha. Melalui angket respon, kebanyakan mahasiswa menyatakan bahwa perkuliahan Bioteknologi bermuatan bioentrepreneurship dapat membuat mereka memiliki sikap wirausaha yang baik, lebih menyadari besarnya kaitan antara bioteknologi dengan kewirausahaan, mampu membuat produk dan mensosialisasikannya, serta dapat meningkatkan minat terhadap bioteknologi.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diajukan beberapa saran, yaitu diperlukannya pendampingan supaya produk-produk yang dihasilkan dapat terjual. Produk yang terjual tersebut dapat memberikan manfaat finansial bagi mahasiswa sehingga diharapkan dapat menjaga atau bahkan meningkatkan sikap wirausaha mahasiswa ke depannya.
Pemodelan dan Rekonstruksi Metabolisme: Tinjauan dari Perkembangan Sistem Biologi Yustiningsih, Maria
Mangifera Edu Vol 3 No 1 (2018): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.427 KB)

Abstract

Metabolisme merupakan salah satu proses yang sangat penting pada makhluk hidup. Proses rangkaian reaksi antara substrat, enzim, protein ini berjalan simultan tanpa kesalahan karena diregulasi oleh DNA pada setiap level gen (genomic) dan dapat menghasilkan ekspresi gen berbeda yang dipengaruhi oleh proses penterjemahan RNA (transkriptomic) dari nucleus; namun demikian proses ini belum menentukan nasib dan arah produk (ekspresi) gen yang dihasilkan (proteomic). Interaksi proteomic dalam membangun suatu network yang saling berhubungan dan berjalan simultan belum dapat dideskripsikan karena masih terbatasnya pemahaman tentang interaksi antar protein tersebut dan perannya dalam metabolisme (metabolomic). Searah dengan perkembangan sistem biologi, maka proses ini kemudian dikuantifikasi menggunakan pemodelan metabolisme regulatory network (MRN) yang menggabungkan perspektif matematika, kimia dan biologi (genomic). Salah satu contoh MRN adalah rekonstruksi metabolisme E.coli yang melibatkan 95 reaksi, mengkatalisis transformasi 72 metabolit yaitu glikolisis, TCA cycle, jalur penthosa fosfat, jalur secondary pathway glukoneogenesis dan anapleurotic reaction. Keberhasilan identifikasi proses metabolisme yang kompleks pada tiap level ini selanjutnya dapat menghasilkan reaksi yang terkendali dengan hasil hasil yang diinginkan. Pengembangan aplikasi MRN di masa depan dapat digunakan dalam metabolic enginering, penyempurnaan alogaritma ORF enzim dan prediksi evaluasi fenotip organisme.
Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Anggis, Eka Vasia
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.683 KB)

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran ilmu alam yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Pembelajaran biologi tergolong ke dalam IPA di Sekolah Menengah Pertama. Namun, masih ada pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, kurang efektifnya pembelajaran, suasana kelas yang kurang hidup sehingga kurang mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bioologi dengan PBI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Indramayu. Jenis penelitian merupakan deskripsi kualitatif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yaitu lembar keterlaksanaan PBI, Lembar obserservasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan bebeberapa catatan observer dari keterlaksanaan PBI. Motivasi belajar siswa meningkat  dari siklus sebelumnya dan lebih baik dari pembelajaran sebelum diberikan tindakan kelas.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem di SMA dengan Penugasan Presentasi Poster Rahman, Dwi Fauzi
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.452 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan praktis dalam penerapannya di sekolah serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Losarang Kab. Indramayu. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan soal evaluasi. Hasil validasi konstruk perangkat pembelajaran ini valid yang telah divalidasi oleh pakar dengan nilai validasi silabus 4,0; RPP 4,1; bahan ajar 4,0; LKS 4,1; Evaluasi pembelajaran/soal-soal evaluasi 3,8 dari nilai maksimal penelitian 5,0. Penelitian ini efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar karena ketuntasan belajar (KKM) mencapai 85%. Motivasi belajar siswa meningkat mencapai 83,5%, dan Keterlaksanaan pembelajaran 3,9 dari nilai maksimal 5,0 dengan kategori praktis. Simpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Ekosistem Di SMA Dengan Penugasan Presentasi Poster valid, efektif dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Eksplanasi Ilmiah dampak El Nino La Nina Rosmiati
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.01 KB)

Abstract

            Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pulau pulau besar dan kecil berada di daerah tropis, menerima radiasi matahari paling banyak serta dipengaruhi oleh berbagai fenomena atmosfer menyebabkan wilayah ini rentan terhadap variabilitas dan perubahan iklim. Iklim di Indonesia tidak akan selalu berjalan secara normal setiap tahunnya, ada suatu saat terjadi penurunan curah hujan namun di saat yang lain terjadi curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa terjadinya banjir dan kemarau panjang diakibatkan oleh dosa-dosa manusia, diantaranya adanya berjudi, membunuh, merampok dll. Hal ini memerlukan Eksplanasi Ilmiah agar dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tentang adanya penyebab penurunan curah hujan atau terjadi nya kekeringan dan terjadinya curah hujan atau bencana banjir di Indonesia. Sesuatu dieksplanasi secara ilmiah jika memenuhi dua syarat, yaitu syarat relevan eksplantori dan syarat testabilitas, syarat pertama eksplanasi ilmiah dapat terpenuhi dengan menggunakan penjelasan dan pengertian El Nino dan La Nina yang merupakan salah satu bentuk penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut di daerah katulistiwa bagian tengah dan timur, Sedangkan La Nina sebaliknya dari El Nino. Dengan penjelasan dan pengertian El Nino dan La Nina yang memenuhi syarat kedua eksplanasi ilmiah yaitu dampak El Nino adalah terjadinya kekeringan dan dampak El Nina adalah terjadinya musim hujan. Hal ini sesuai dengan hakikat pembuktian keilmuan adalah kepercayaan bahwa suatu pernyataan dan pengertian mempunyai peluang besar untuk terbukti ataubenar.
E-Learning Berbasis Moodle pada Pembelajaran IPA di Sekolah Sugiarti
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.72 KB)

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji pembelajaran e-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdampak besar terhadap segala bidang, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk paradigma  baru  dalam  sistem  pendidikan  adalah dalam bentuk e-learning. Media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penunjang adalah dalam bentuk e-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah. Siswa dapat belajar dari mana saja melakukan pencarian, penyelidikan, serta melakukan percobaan secara virtual melalui e-learning. E-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja antar pengajar dan siswa. Serta dapat menjangkau peserta didikdalam cakupan yang luas, mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.
Ensiklopedia Fauna, Inkuiri Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Filum Invertebrata Bunga, Yohanes N.
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Mangifera Edu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.107 KB)

Abstract

Proses pembelajaran filum invertebrata yang terbatas pada media dan metode tertentu berakibat pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan ensiklopedia fauna sebagai media pembelajaran. Dalam penggunaannya guru berinovasi dengan menyusun lembar kerja siswa. Metode inkuiri terbimbing dipakai untuk menyelesaikan lembar kerja yang disiapkan. Kolaborasi ensiklopedia fauna, lembar kerja siswa dan penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai bekal untuk proses pendidikan selanjutnya dan dapat menjawab tuntutan kehidupan sehari-hari.

Page 1 of 3 | Total Record : 22