cover
Contact Name
Ari Sunandar
Contact Email
arisunandar031@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioeducation@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL BIOEDUCATION
ISSN : 23564210     EISSN : 25276522     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik pendidikan biologi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION" : 5 Documents clear
KOMPARASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI TULANG SMA N 2 SUNGAI RAYA FITRIANI, YESI; Qurbaniah, Mahwar
JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.078 KB) | DOI: 10.29406/999

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM (<75), khususnya pada materi Sistem gerak pada manusia dengan persentase ketuntasan 61,76%, perlu dilakukan penelitian untuk mencari model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar 2) menentukan model yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi tulang kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (Picture And Picture) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (Example Non Example). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Hasil uji U Mann Whitney diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas Picture And Picture dan Example Non Example. Nilai N-Gain kelas Picture And Picture dan Example Non Example berturut-turut 0,76 dan 0,59, berarti model Picture And Picture yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas Picture and Picture dan Example and Example. Model pembelajaran Picture And Picture merupakan model yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.Kata kunci :Picture And Picture, Example Non Example, Hasil  belajar, sub materi tulang.
PENGARUH PENGGUNAAN WAHANA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF C1-C3 PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA Permatasari, Yulita; Aprilia, Nani
JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.54 KB) | DOI: 10.29406/705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Edmodo terhadap hasil belajar C1-C3 pada materi Kingdom Animalia kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Kuasi Eksperimen (Quasi Eksperimen). Teknik sampel dalam penelitian adalah teknik purposive sample. Sampel penelitian berjumlah 51. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes hasil belajar kognitif (pre-test dan post-test), dengan tipe pilihan ganda (multiple choice item test). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif inferensial dengan menggunakan uji prasyarat uji normalitas liliefors dan uji hipotesis uji wilcoxon dengan menggunakan nilai Z.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai hasil belajar kognitif C1-C3. Rata-rata hasil belajar kognitif C1-C3 siswa adalah 6,04 kelas kontrol dan 7,59 kelas eksperimenAnalisis data dilakukan menggunakan program penghitung statistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh │Z│> Zα/2 atau 4,485 > 1,96 dengan α = 0,025 sehingga hipotesis yang diperoleh adalah H0 ditolak dan H1 diterima berarti Penggunaan Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif C1-C3 siswa pada materi Kingdom Animalia kelas X di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakata 
Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Mts. Raudlatul Firdaus NURFITRI, .; Muldayanti, Nuri Dewi
JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.987 KB) | DOI: 10.29406/1000

Abstract

Hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Raudlatul Firdaus mengindikasikan bahwa siswa mengalami kecemasan saat menghadapi ujian akhir semester, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai analisis tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian akhir semester pada mata pelajaran IPA Kelas VIII MTs. Raudhlatul Firdaus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor penyebab kecemasan siswa dalam menghadapi ujian akhir semester pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII Mts. Raudlatul Firdaus. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 siswa, 42 siswa mengalami kecemasan ringan dan 14 siswa mengalami kecemasan sedang, dan faktor penyebab tingkat kecemasan siswa yaitu tingkat kesulitan materi, kurangnya kepercayaan diri, tuntutan orang tua, persepsi siswa tentang mata pelajaran IPA yang dianggap sulit dan waktu yang terbatas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian akhir semester berada pada tingkat kecemasan ringan dan faktor penyebab tingkat kecemasan siswa yaitu persepsi siswa tentang mata pelajaran IPA yang dianggap sulit dan waktu yang terbatas.Kata kunci: kecemasan siswa,mata pelajaran IPA, UAS 
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART PADA MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGI SMA KEMALA BHAYANGKARI Herditiya, Herditiya; Rahayu, Hanum Mukti
JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.777 KB) | DOI: 10.29406/903

Abstract

Penggunaan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum dapat mengaktifkan siswa, diharapkan dengan media flipchart pada model learning cycle dapat membantu siswa untuk aktif dan memperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X materi Fungi SMA Kemala Bhayangkari. Bentuk penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sehingga ditetapkan kelas X IIS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 7 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa menggunakan media flipchart pada model learning cycle. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, media flipchart memberikan pengaruh hasil belajar siswa sebesar 55,4% (tergolong besar) dan mempengaruhi aktivitas belajar siswa sebesar 77,4% (tergolong besar). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan media flipchart dan LKS, serta terdapat pengaruh penggunaan media flipchart pada model learning cycle terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa.
MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI EVOLUSI KELAS XII IPA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA Dina, Utin; Setiadi, Anandita Eka
JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.575 KB) | DOI: 10.29406/998

Abstract

Wawancara pra penelitian menunjukan, Madrasah Aliyah di Kabupaten Kubu Raya masih ada yang terindikasi mengalami miskonsepsi pada materi evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi evolusi kelas XII IPA Madrasah Aliyah di Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA yang berjumlah 76 orang. Subjek penelitian berasal di  MAN 1 Kubu Raya dan MA Al-Mustaqim di Kabupaten Kubu Raya. Pengumpulan data menggunakan three tier test dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui dan penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukan 40,46% siswa termasuk dalam kategori miskonsepsi, 37,83% siswa paham konsep, 14,47% siswa lack of knowledge, dan 7,24% siswa error. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab miskonsepsi pada materi evolusi adalah pengetahuan yang berasal dari siswa itu sendiri, teman diskusi, bahan ajar dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Kata kunci: Evolusi, Miskonsepsi, Tes tiga tingkat

Page 1 of 1 | Total Record : 5