cover
Contact Name
Ari Sunandar
Contact Email
arisunandar031@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioeducation@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL BIOEDUCATION
ISSN : 23564210     EISSN : 25276522     DOI : -
Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik pendidikan biologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA Yanti, Evi Eka
JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.743 KB) | DOI: 10.29406/664

Abstract

Guru di SMAN 1 Sui Raya memerlukan media interaktif untuk pembelajaran biologi. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis adobe flash pada materi sel. Penelitian ini menggunakan metode R&D model 4-D, yaitu tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), dan develop (Pengembangan), tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash memiliki tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 85,93% (sangat valid), dan aspek media sebesar 88,97% (sangat valid). Uji coba skala kecil pada 15 siswa, 80,5% (sangat kuat) memberi respon positif dan uji coba skala besar dengan  siswa berjumlah 30 orang, 87,42% (sangat kuat) memberi respon positif. Disimpulkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa dalam pembelajaran biologi materi pembelahan sel. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, adobe flash, pembelahan sel
STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN QUESTIONS STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MAN KUBU RAYA Giyanti, Giyanti
JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.51 KB) | DOI: 10.29406/662

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MAN KUBU RAYA antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dan strategi Questions Students Have (QSH), 2) untuk melihat strategi yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil uji U-Mann Withney diperoleh nilai signifikasi 0,000< 0,05. Sedangkan hasil perhitungan N-gain di Kelas Learning Start With A Question (LSQ) sebesar 0,81 dan kelas Questions Students Have (QSH) sebesar 0,65. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dan strategi Questions Students Have (QSH). Strategi Learning Start With A Question (LSQ) merupakan strategi yang paling efektif dibandingkan strategi Questions Students Have (QSH).Kata kunci: Learning Start With A Question (LSQ), Questions Students Have (QSH) Hasil belajar, Jaringan Tumbuhan
Pemanfaatan Media Narik Layang Nutrient Agar Ekstrak Daging Ikan Layang (Decapterus russelli) Pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Materi Bakteri Taharu, Fahmil Ikhsan
JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.124 KB) | DOI: 10.29406/622

Abstract

Sekolah seringkali tidak dapat melaksanakan praktikum inokulasi pada materi bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis praktikum dengan pemanfaatan media pertumbuhan bakteri “NARIK LAYANG” pada praktikum inokulasi bakteri dalam pembelajaran biologi materi bakteri. Penelitian ini menggunakan rancangan metode campuran dengan menggabungkan data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 bertempat di SMA Negeri 2 Baubau Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 60 orang siswa yang duduk di kelas X IPA 5 dan X IPA 6. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes dan lembar tes unjuk kerja, serta angket respon siswa dan transkrip wawancara. Data kuantitatif dan kualitatif kemudian direduksi, disajikan dan kemudian kesimpulan ditarik untuk memaknai data kuantitatif dan kualitatif tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil tes siswa pada materi bakteri telah memenuhi ketuntasan klasikal dengan persentase sebanyak 81.67% siswa memenuhi KKM; (2)  rerata persentase unjuk kerja siswa secara klasikal sebanyak 95%; dan (3) siswa merespon secara positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum menggunakan media “NARIK LAYANG” efektif dalam pembelajaran biologi materi bakteri.Kata kunci: Media “NARIK LAYANG”, Media Pertumbuhan Bakteri,  Pembelajaran Berbasis Praktikum
Perbandingan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle dengan Modified Free Inqury Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di Mts. Al-Mustaqim 1 Arang Limbung Fitriani, Nur
JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.8 KB) | DOI: 10.29406/627

Abstract

ABSTRAKHasil belajar siswa kelas VIII di MTs. Al-Mustaqim 1 Arang Limbung pada mata materi sistem pernapasan manusia masih di bawah KKM (<75) dengan persentase ketuntasan 42,60%. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle dengan Modified Free Inqury di kelas VIII di MTs. Al-Mustaqim 1 Arang Limbung. 2) untuk melihat metode yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia kelas VIII MTs. Al-Mustaqim 1 Arang Limbung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan quasi experimental research dengan rancangan nonquivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas Pictorial Riddle berbeda dengan kelas Modified Free Inqury berdasarkan hasil uji U-Mann Withney diperoleh nilai signifikasi 0,000< 0,05. Keefektifan penggunaan metode dilihat dari hasil perhitungan N-Gain di kelas Pictorial Riddle sebesar 0,75 dan kelas Modified Free Inqury sebesar 0,62. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Pictorial Riddle dan Modified Free Inqury. Metode pembelajaran Pictorial Riddle merupakan metode yang lebih efektif ditunjukkan dari nilai perhitungan N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi.viKata Kunci : Hasil belajar, materi sistem pernapasan manusia, Modified Free Inqury, Pictorial Riddle.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MAS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA 2 Herlina, Lina
JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.406 KB) | DOI: 10.29406/663

Abstract

Siswa belum mampu untuk memberikan gagasan, sebagian siswa merasa malu untuk mengemukakan idenya pada saat proses pembelajaran berlangsung, perlu adanya analisis kemampuan berpikir kreatif siswa untuk mengoptimalkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir  kreatif siswa kelas XA pada matari virus  di MAS AL–MUSTAQIM Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA. Pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data yang diperoleh  bahwa dari 29 siswa 4 siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif sangat tinggi, dengan  persentase 13,79%, 7 orang siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan persentase 24,13%. 11 orang memiliki kemampuan berpikir kreatif cukup tinggi dengan persentase 37,93% dan 7 orang siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan persentase 24,13%. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 55,28% maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XA MAS AL-MUSTAQIM Sungai Raya memiliki kemampuan berpikir kreatif cukup tinggi.Kata kunci:  berpikir kreatif, materi virus

Page 1 of 1 | Total Record : 5