JURNAL BIOEDUCATION
ISSN : 23564210     EISSN : 25276522
Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik pendidikan biologi.
Articles 36 Documents
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI

Muldayanti, Nuri Dewi

JURNAL BIOEDUCATION Vol 3, No 2 (2016): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.797 KB) | DOI: 10.29406/195

Abstract

Pembelajaran IPA terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan di jenjang pendi­dikan dasar yaitu SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran generatif berbasis lesson study di harapkan dapat membantu gugu-guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Se Kabupaten Kubu Raya dari bulan April-Agustus  2015. Sampel dalam penelitian yaitu SMP N 3 Sungai Kakap dan SMPN 2 Sungai Raya. Metode penelitian menggunakan action research (tindakan kelas) dengan 2 siklus yang meliputi langkah-langkah perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan di SMP N 3 Sungai Kakap pada siklus 1 persentase ketuntasan 43,75% meningkat menjadi 81,11 % dan di SMP N 2 Sungai Raya pada siklus 1 persentase ketuntasan 57,14% meningkat menjadi 88,57%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya tanggapan yang positif dan antusias terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran generative berbasis lesson study yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran generatif, Lesson Study, IPA 

METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs RAUDLATUL FIRDAUS KUBU RAYA

Dewi, Kartika, Qurbaniah, Mahwar

JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Bioeducation
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.661 KB) | DOI: 10.29406/bio.v5i2.1072

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian tahun 2015/2016 dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa  kelas VIII antara yang diajarkan dengan metode The Power of Two dengan metode konvensional  pada materi sistem pencernaan manusia, besarnya pengaruh penggunaan metode The Power of Two dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatul Firdaus Kubu Raya pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui efektifitas metode The Power of Two berdasarkan hasil belajar siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji U Mann-Whitney data gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan Effect Size, metode The Power of Two menggunakan memberikan pengaruh terhadap persentase peningkatanhasil belajar sebesar 79.40%. Hal ini menunjukkan metode The Power of Two lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dan memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.Kata Kunci : hasil belajar, The Power of Two,  sistem pencernaan manusia.

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X DI MAN FILIAL PONTIANAK

Riandi, Dirga Mahardika, Rahayu, Hanum Mukti, Kurniawan, Arif Didik

JURNAL BIOEDUCATION Vol 3, No 2 (2016): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.699 KB) | DOI: 10.29406/181

Abstract

Materi kingdom animalia merupakan salah satu materi yang diajarkan di MAN Filial Pontianak yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM (75). Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa pada materi kingdom animalia dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh penggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan model konvensional ceramah terhadap hasil belajar siswa pada materi kingdom animalia kelas X di MAN Filial Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan bentuk Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney nilai hasil belajar siswa diperoleh  angka signifikan sebesar 0,024 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional ceramah. Sedangkan perhitungan pengaruh menggunakan Effect Size diperoleh sebesar 0,6 atau sebesar38,2% berdasarkan tabel interpretasi cohen’s dengan kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar.  Katakunci:Jigsaw, Konvensional, Flash, Materi Kingdom Animalia, Hasil belajar.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

Yanti, Evi Eka

JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 2 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.742 KB) | DOI: 10.29406/664

Abstract

Guru di SMAN 1 Sui Raya memerlukan media interaktif untuk pembelajaran biologi. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis adobe flash pada materi sel. Penelitian ini menggunakan metode R&D model 4-D, yaitu tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), dan develop (Pengembangan), tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash memiliki tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 85,93% (sangat valid), dan aspek media sebesar 88,97% (sangat valid). Uji coba skala kecil pada 15 siswa, 80,5% (sangat kuat) memberi respon positif dan uji coba skala besar dengan  siswa berjumlah 30 orang, 87,42% (sangat kuat) memberi respon positif. Disimpulkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa dalam pembelajaran biologi materi pembelahan sel. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, adobe flash, pembelahan sel

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK VIDEO SAINS PADA MATERI SEL KELAS XI SMAN 5 PONTIANAK

., Yuliantini, Muldayanti, Nuri Dewi, Qurbaniah, Mahwar

JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 1 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.765 KB) | DOI: 10.29406/520

Abstract

ABSTRAKMedia lagu yang digunakan guru biologi SMAN 5 Pontianak, perlu dikembangkan lagi agar menjadi media yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran musik video sains materi sel yang layak digunakan. Pengembangan media pembelajaran musik video sains ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan pada aspek materi sebesar 83% (sangat valid), bahasa sebesar 83 % (sangat valid), dan aspek media sebesar 84 % (sangat valid). Berdasarkan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, respon siswa terhadap media pembelajaran musik video sains positif, sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan media pembelajaran diperoleh berdasarkan nilai postest. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 89% dan ketuntasan klasikal kelas kontrol sebesar 72%, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran musik video sains materi sel dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa media pembelajaran musik video sains layak digunakan untuk siswa dalam pembelajaran biologi materi sel.Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, musik video sains, sel ABSTRACT Using music as a teaching media in Biology class has been commonly done by the Biology teachers of SMAN 5 Pontianak. However, it needs to be improved, so that the teaching learning processbecomes more interesting. This study aimed at developing the valid science music video-based learning in Cells material. R&D of 4D (define, design, develop, disseminate) model was used in this study.The study revealed that material aspect (84%), language aspect (83%), and media aspect (84%) were strongly valid. Similarly, the try out showed that the students had positive response to the use of this media. The effectiveness of the product is gathered from the post test. The completeness of the experimental classical class was 89% and the completeness of control class was 72%. From the findings, science music video-based learning is considered valid and effective to be used in Cells material.Keywords: Developing, learning media, science music video, Celles. 

EFEKTIVITAS MODUL TAKSONOMI VERTEBRATA BERBASIS SPESIMEN TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

setiadi, anandita eka, suryamiati, witriani witriyani

JURNAL BIOEDUCATION Vol 6, No 1 (2019): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (976.998 KB) | DOI: 10.29406/bio.v6i1.1190

Abstract

Pada penelitian sebelumnya, telah dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis spesimen untuk mata kuliah Taksonomi Vertebrata yang dinilai valid oleh validator ahli dan mendapat respon positif dari mahasiswa. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menguji efektivitas penggunaan modul berbasis spesimen terhadap pemahaman mahasiswa pendidikan biologi, FKIP, Unmuh Pontianak dalam mencapai kompetensi mata kuliah Taksonomi Vertebrata. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemahaman mahasiswa yang diajar menggunakan modul Taksonomi Vertebrata berbasis spesimen. (2) Menentukan efektivitas penggunaan modul Taksonomi Vertebrata berbasis spesimen terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif, jenis Quasi Eksperimen, bentuk rancangan time series design. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Berdasarkan hasil pengukuran, pada ulangan pertama, nilai rata-rata nilai rata-rata posttest (70,35) lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest (28,08). Begitu pula pada ulangan kedua dan ketiga, berturut turut, nilai rata-rata posttest (70,15 dan 74,65) lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pretest (30,49 dan 45,15). Persentase pemahaman mahasiswa pada kategori tinggi dan sangat tinggi pada ulangan 1,2 dan 3 berturut-turut 52,9%, 50,0%, dan 67,6%. Indikator keefektifan yang dapat tercapai adalah nilai rata-rata postest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest lebih dari atau sama dengan 70. Sedangkan indikator yang tidak tercapai adalah persentase klasikal untuk pemahaman kategori tinggi dan sangat tinggi lebih dari atau sama dengan 75%. Disimpulkan, penggunaan modul berbasis spesimen belum sepenuhnya efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Taksonomi Vertebrata.

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SUBMATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SELIMBAU

Saputri, Libras Asa, Muldayanti, Nuri Dewi, Setiadi, Anandita Eka

JURNAL BIOEDUCATION Vol 3, No 2 (2016): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.018 KB) | DOI: 10.29406/186

Abstract

Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran biologi. Akan tetapi, siswa seringkali memahami konsep yang salah sehingga menyebabkan terhambatnya proses penerimaan pengetahuan baru dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi siswapada submateri sistem saraf. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 orang. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik sampling jenuh. Miskonsepsi dianalisis dengan menggunakan teknik Certainty Of Response Index (CRI). Wawancara dilakukan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor penyebab miskonsepsi pada submateri sistem saraf. Hasil analisis data dengan CRImenunjukkan dari29 orang siswa,24,71%termasuk ke dalam kategori tahu konsep, 38,39% mengalami miskonsepsi, dan 36,9% tidak tahu konsep. Hasil wawancara menunjukkansiswa mengalami miskonsepsipada deskripsineuron, struktur dendrit dan akson, fungsi neuron sensorik dengan motorik, istilah lain dari neuron aferen, eferen, dan interneuron, penjalaran impuls pada gerak sadar, dan penjalaran impuls yang relatif cepat pada gerak sadar. Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa adalah cakupan materi yang luas, rumit, banyak menggunakan istilah-istilah asing,pengetahuan dari pengalaman siswa, kemampuan dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, serta pemakaian buku teks yang kurang maksimal.Kata kunci:  Certainty Of Response Index (CRI), Miskonsepsi, Submateri sistem saraf  

KOMPARASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI TULANG SMA N 2 SUNGAI RAYA

FITRIANI, YESI, Qurbaniah, Mahwar

JURNAL BIOEDUCATION Vol 5, No 1 (2018): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.078 KB) | DOI: 10.29406/999

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM (<75), khususnya pada materi Sistem gerak pada manusia dengan persentase ketuntasan 61,76%, perlu dilakukan penelitian untuk mencari model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar 2) menentukan model yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi tulang kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (Picture And Picture) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (Example Non Example). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Hasil uji U Mann Whitney diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas Picture And Picture dan Example Non Example. Nilai N-Gain kelas Picture And Picture dan Example Non Example berturut-turut 0,76 dan 0,59, berarti model Picture And Picture yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas Picture and Picture dan Example and Example. Model pembelajaran Picture And Picture merupakan model yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.Kata kunci :Picture And Picture, Example Non Example, Hasil  belajar, sub materi tulang.

MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MACROMEDIA FLASH BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SUNGAI RAYA

., Rimalastari, Kurniawan, Arif Didik, Kahar, Adi Pasah

JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 1 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.8 KB) | DOI: 10.29406/525

Abstract

ABSTRAKModel pembelajaran yang digunakan guru biologi selama ini adalah model konvensional dengan metode ceramah.Penelitian ini bertujuan mengetahuiperbedaan dan pengaruh model pembelajaran SAVI berbantu macromediaflash berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Raya. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancanganNonequivalent Control Group Design.Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji-t data signifikansi yaitu 0,034 < 0,05menunjukan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu macromedia flash dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan macromediaflash. Berdasarkan perhitungan Effect Size, model pembelajaran SAVIberbantu  macromedia flash berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi rangka dan otot memberikan kontribusi terhadap persentasi peningkatan motivasi belajar sebesar 79,4 %. Hal ini menunjukan model pembelajaraan SAVI berbantu macromedia flashberbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Rayadengan nilai Effect Size (ES) 1,9  (kategori tinggi).Kata Kunci: SAVI, macromedia flash, lesson study, motivasi belajar. ABSTRACTBiology teacher still used conventional model and method in learning process.The aims of this research to difference and determined the effect of SAVIteaching modelassisted by MacromediaFlash-based lesson study on eighth grade of SMP (junior high school) N 7 Sungai Raya students motivation to learn.The research design used experiment design with nonequivalent control group design. Sampledetermination used purposive sampling technique. T-test results of significance is 0,034 < 0,05 showed that there were differences ofstudents' learning motivation that taught by using SAVIteaching model assisted by macromedia flash with the students taught by using lecturing method assisted macromedia flash.Based on the calculation of effect size, SAVI teaching model assisted by Macromedia Flash-based lesson study on the students’ learning motivationin science subjects onskeletonand muscles material; it had contributed to increase the percentage of the students’ learning motivation which was79.4%. It indicated that SAVI- learning method assisted by Macromedia Flash-based lesson study onstudents learning motivation of in science subjects for eighth grade students of SMP N 7 Sungai Raya with the value of the effect size (ES) 1.9 (high category).Key words: SAVI, Macromedia Flash, Lesson Study, Learning Motivation  

REMEDIASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BOOKLET PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 01 KUBU RAYA

Rahmah, Adnin, Rahayu, Hanum Mukti, Sunandar, Ari

JURNAL BIOEDUCATION Vol 4, No 1 (2017): JURNAL BIOEDUCATION
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.494 KB) | DOI: 10.29406/513

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan pengaruh pembelajaran remediasi dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning(CTL)berbantuan Media Bookletterhadap hasil belajar siswa. Hasil uji statistik T-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Sedangkan hasil perhitungan gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,58 (kategori sedang). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran remediasi dengan menggunakan model contextual teaching and learning(CTL) berbantuan media booklet.Kata kunci:Remediasi, CTL, Booklet, hasil belajar siswa, sistem pernapasan manusia.ABSTRACT The aims of study was to determine difference and effect of remediation learning used contextual teaching and learning (CTL) model with bookleton student learning outcomes. T-testresult show significance value (0,000 ˂ 0.05), and average gainvalue at 0,58 (medium category). The conclution of this study had difference and influences learning outcomes in remediation lerning used contextual teaching and learning (CTL) model with booklet.Keywords: Remediation, CTL, booklets, student learning outcomes, the human respiratory system 

Page 1 of 4 | Total Record : 36