Academy of Education Journal
ISSN : 19072341     EISSN : 26854031
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memuat kajian-kajian dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan). Diterbitkan oleh LPPM bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal" : 7 Documents clear
Pengembangan Model Pembelajaran PPKn Quantum Teaching Berbasis Lingkungan melalui Cooperative Learning di SMA Negeri kota Yogyakarta UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.052 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran, kurang memaksimalkan model, dan sumber belajar. Maka tujuan pendidikan tidak tercapai. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi akademik melalui pengembangan model pembelajaran PPKn quantum teaching berbasis lingkungan di SMA Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian adalah research and development eksperimen. Subjek ujicoba adalah kelas XI sebanyak 6 kelas. Langkah-langkah model meliputi a) pendahuluan, b) penyajian materi, c) mengajukan, membandingkan dan menjelaskan analogi, d) pengujian analogi tim, e) test individu, f) perayaan, g) penutup. Dapat diketahui bahwa, terdapat peningkatan pemahaman konsep dan prestasi akademik melalui implementasi model pembelajaran PPKn quantum teaching berbasis lingkungan melalui cooperative learning.
Birokrasi sebagai Sentralisasi Kekuasaan Politik-Ekonomi di Indonesia UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.226 KB)

Abstract

Integrasi suatu negara dengan sistem ekonomi internasional yang kapitalis menyebabkan sistem ekonomi nasional negara menjadi subordinasi dari internasional ekonomi karena teori ini melihat dunia terbagi menjadi dua kelompok, yaitu : negara pusat, negara yang dapat dikatakan sebagai negara yang memiliki sistem kapitalisme modern (misalnya : negara-negara G7) dan kelompok negara satelit (bekas negara koloni). Suatu hal menarik dari teori ini adanya pembagian kerja internasional di mana negara- negara metropol adalah negara yang memproses bahan-bahan mentah yang disediakan oleh negara-negara satelit menjadi produk-produk industri yang kemudian dijual kembali sebagai produk industrial di negara-negara yang sedang berkembang. Dalam hal ini sektor ekonomi tradisional mendapat fungsi baru yaitu sebagai penyedia tenaga yang murah dan lahan yang murah untuk kepentingan pengembangan sektor modern yang merupakan wakil kapitalisme modern. Akibatnya muncul kelompok birokrat politik sebagai sebagai pusat kekuasaan, birokrasi sebagai penunjang kebijakan-kebijakan ekonomi. Jadi negara dengan aparatnya oleh pendekatan ini dianggap sebagai Comprador : kelompok yang memberikan fasilitas utama bagi kepentingan- kepentingan modal asing dengan memperoleh bayaran tertentu. Ia juga merupakan kelompok yang menyebarluaskan prinsip-prinsip dasar kapitalisme itu sendiri, karena industrialisasi mula muncul di negara-negara yang sedang berkembang.
Membangun Moralitas dalam Hubungan Anak dan Orang Tua UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.807 KB)

Abstract

Sebagaimana kita ketahui, bahwa manusia lahir di dunia ini tidaklah dapat lepas dari keberadaan orang tua kita masing-masing. Ketika Allah telah membuat satu ketentuan bahwa Manusia dilahirkan adalah dijadikan sebagai khalifah Nya di muka bumi, maka terkandung konsekuensi bahwa manusia harus diperkembang-biakkan.Maka dalam hubungan kodrati ini akan timbul pula hubungan antara yang lahir dengan yang dilahirkan. Dalam hal ini disebut dengan anak dan orang tua. Dari hubungan antara keduanya ini akhirnya melekat pula hubungan hak dan kewajiban antara keduanya. Berbakti kepada orang tua merupakan perbuatan yang mulia dan termasuk kewajiban seorang anak. Tanpa orang tua tak mungkin kita bisa hadir di dunia ini. Sejak di dalam kandungan seorang anak telah merepotkan orang tuanya. Begitu pula disaat kelahiran, ibunya telah mempertaruhkan myawanya demi kelahiran sang buah hati di dunia ini dengan selamat, bahkan ia lebih rela kehilangan nyawanya asalkan anaknya selamat. Setelah lahir, seiring dengan masa pertumbuhannya, kedua orang tua memelihara dan merawat dengan segenap kasih sayangnya. Dengan senang hati kedua orang tua mengasuh dan menafkahi agar anaknya dapat tumbuh sehat sehingga dapat berkembang secara layak sebagaimana manusia yang lain. Waktu, tenaga, pikiran , nafkah hidup diprioritaskan untuk sang buah hati. Hal seperti itu mereka curahkan hingga anaknya benar-benar dewasa dan dapat hidup mandiri, berkarya dan selanjutnya mampu memenuhi kebutuhannya sebagai manusia dewasa. Untuk mengingatkan hubungan kodrati tersebut, maka perlu kiranya dibentuk keluarga yang sarat dengan moralitas.
Dana Talangan Haji: Antara Kebutuhan dan Ironi UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.782 KB)

Abstract

Untuk lembaga keuangan syariah agar menerapkan fatwa DSN dan tidak keluar dari fatwa, yaitu menarik biaya admnistrasi yang nyata-nyata diperlukan dengan besaran biaya tetap, tidak berdasarkan besarnya pinjaman. Jika ini dilanggar, maka akan menyebabkan terjaruh ke dalam praktik riba. Untuk DSN, selain mengeluarkan fatwa diharapkan dapat memberikan sanksi bagi lembaga-lembaga yang menerapkan produk tidak sesuai dengan yang difatwakan melalui Dewan Pengawas Syariah yang terdapat di setiap bank syariah. Untuk masyarakat yang mendaftar haji jangan sampai terjebak dalam produk ini karena mengandung syubhat riba yang berakibat terhadap kemabruran hajinya karena berangkat menggunakan harta yang diperoleh dengan cara riba. Hendaklah ia membayar tunai sebanyak Rp 20 juta agar bisa mendapatkan kepastian seat (nomor urut) untuk tahun keberangkatan, dan jangan menggunakan dana talangan bank.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.767 KB)

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta yang berjumlah 215 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 78 responden, diambil dengan metode random samplingpada siswa kelas VII.Sedangkan Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta.Penggunaan analisis regresi berganda dikarenakan dalam penelitian ini beberapa variabel bebas (kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual) dan satu variabel terikat (prestasi belajar mata pelajaran PKn). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar adalah kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual.Sedangkankecerdasan emosional tidak menunjukkan pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini disebabkan karena tingkat signifikansi uji t di atas 0,05.
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas X SMK Bhina Karya Rongkop Gunung Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015 UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.203 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penilaian portofolio siswa kelas X SMK Bhina Karya, Rongkop, Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas X SMK Bhina Karya, Rongkop, Gunungkidul. Untuk mendapatkan data digunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kualitatif digunakan untuk menganalisa data yang berupa keterangan-keterangan, dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisa data perubahan jumlah atau frekuensi dari hasil pekerjaan siswa, selanjutnya dianalisa dengan rumus persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan penilaian portofolio bagi guru merupakan model yang efektif, tidak membebani dan dapat dilaksanakan secara baik. Bagi siswa merasa diperhatikan oleh guru dan hubungan guru dengan siswa terjalin secara baik.
Pembelajaran Tematik pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di SD Mendongan Playen Gunung Kidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 6 No 2 (2015): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.521 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tematik dan proses pembelajaran tematik serta evaluasi pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi subyek adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul tahun 2014/2015 dengan jumlah siswa 16 ( L=11 dan P=5 ). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini, di antaranya: (1) Guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul belum melakukan perencanaan tematik sebagaimana mestinya seperti tidak merumuskan tema untuk pembelajaran selama satu semester tapi sudah melakukan perencanaan pembelajaran secara umum seperti pembuatan RPP dan lain-lain; (2) Evaluasi yang dilaksanakan di sesuaikan dengan konsep KTSP yaitu evaluasi dari seluruh aspek yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; dan (3) Hambatan-hambatan yang dialami guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul yaitu kesulitan dalam pengelolaan kelas, kesulitan dalam penyatuan tema serta belum bisa melaksanakan pembelajaran tematik yang sesungguhnya yaitu mengintegralkan bidang studi dalam satu tema.

Page 1 of 1 | Total Record : 7