cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Academy of Education Journal
ISSN : 19072341     EISSN : 26854031     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memuat kajian-kajian dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan). Diterbitkan oleh LPPM bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal" : 7 Documents clear
SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS READING GUIDE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MTs UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikamdu Karanganyar tahun 2013 melalui penerapan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan penelitian dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Hasil penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui satu tahap. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013 dapat meningkat minimal 80% dari 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sikap positif kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran PKn sebelum diadakan penelitian adalah 5 siswa (22,7%), kemudian hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (70) adalah 8 siswa (36,3%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat menjadi 19 siswa (86,3%). Sedangkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 20 siswa (90,9%). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Small group Discussion berbasis Reading Guide mampu Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Sikap Positif terhadap Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia pada Kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
UPAYA LEMBAGA RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan hambatan-hambatan Lembaga Rifka Annisa Women’s Crisis Center dalam menangani korban kekerasan terhadap perempuan. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian adalah purposive. Subjek penelitian ini adalah Ketua Lembaga Rifka Annisa Women’s Crisis Center, dua staf divisi pendampingan, satu staf divisi pendidikan dan pelatihan, satu staf divisi pendampingan, dan satu staf divisi hubungan masyarakat. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan teknik cross check, dengan membandingkan atau mengecek data hasil wawancara dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Adapun langkah-langkahnya, yaitu reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data dan terakhir pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Lembaga Rifka Annisa Women’s Crisis Center dalam upaya menangani korban kekerasan terhadap perempuan melakukan 2 upaya, yang pertama adalah upaya preventif yaitu: (1) Diskusi-diskusi tentang KTP. (2) Traning penanganan perempuan korban kekerasan bagi TP-PKK, (3) Kumpulan catatan/position paper, (4) Pengembangan konsep RPK, (5) Pandangan mengenai persepsi gender/ Survey persepsi gender pembuat kebijakan, (6) Pemantauan tinadakan litigatif yang dijalani oleh perempuan korban kekerasan dan perumusan kebijakan praktek aparat hukum/policy brief, (7) Program jaringan, (8) Penertiban, (9) Kolom tetap di majalah Manggala dan Harian Kompas, (10) Program radio dengan talkshow “Swaranisa”, (11) Pemutaran dan diskusi film, (12) Pengolaan perpustakaan, dan (13) Program pantau keluarga. Upaya yang kedua adalah upaya represif yaitu: (1) Pendampingan/konseling, (2) Pendampingan hukum/Litigasi, (3) Mengelola rumah singgah sementara/shelter, (4) Pendampingan medis, (5) Kunjungan ke rumah korban/ home visit dan monitoring. Hambatan-hambatan yang dialami Lembaga Rifka Annisa Women’s Crisis Center dalam upaya menangani korban kekerasan terhadap perempuan adalah respon korban diam, menyembunyikan informasi, berbohong tentang sesuatu hal, padahal hal tersebut penting untuk diinformasikan, korban tipe orang yang penakut dan ragu, korban suka bertahan pada opininya, korban tipe orang yang penakut dan ragu, korban suka bertahan pada opininya, korban menuntut hak-haknya untuk ke pengadilan, sementara bukti-bukti dan saksi belum mencukupi.
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PKn DI SD GIRISUKO PANGGUNG GUNUNG KIDUL UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing sabagai metode pembelajaran PKn serta untuk mengetahui kendala dalam penerapan metode role playing di sekolah dasar negeri girisuko. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru PKn 6 orang dari kelas I sampai dengan kelas VI sekolah dasar negeri Girisuko kecamatan Panggang. Cara pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Sedang untuk menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan tri anggulasi. Hasil penelitian bahwa semua guru berusaha menerapkan metode role playing sebagai salah satu variasi metode belajar sehingga siswa tidak bosan dan jenuh. Tingkat intensitas yang masih kurang dikarenakan waktu yang kurang. Cara mengatasinya yaitu dengan menugaskan guru mengikuti seminar, diklat dan karya wisata.
MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN “UNGGAH UNGGUH” DI SEKOLAH UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemerotan moral mendera bangsa kita saat ini, antara lain tingginya tingkat kriminalitas, kasus korupsi, kolusi dan penegakan hukum yang sepertinya masih jauh dari harapan nilai keadilan. Kejadian tersebut memberi kesan seakan-akan bangsa kita sedang mengalami krisis etika dan krisis kepercayaan diri yang berkepanjangan. Berdasarkan kenyataan tersebut, pendidikan nilai/moral memang sangat diperlukan atas dasar argumen adanya kebutuhan nyata dan mendesak. Dalam Permendiknas N0.45/2006 setiap rumusan SKL secara implisit dan eksplisit termuat substansi nilai/karakter. Pendidikan unggah-ungguh di sekolah diberikan merupakan pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya. Pendidikan unggah-ungguh diberikan karena keunikan, kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan siswa, yang terletak pada pemberian pengalaman etik dan estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi. Prinsip dan Pendekatan Pendidikan Karakter terintegrasi kedalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Oleh karena itu, guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP, silabus dan RPP). Prinsip ini membawa peserta didik belajar melalui proses berpikir, bersikap, dan berbuat. Dengan demikian membangun karakter siswa dengan pembelajaran unggah ungguh dapat dilaksanakan melalui kegiatan sekolah dan proses pembelajaran di kelas, sehingga pembelajaran unggah ungguh di sekolah dapat sebagai sarana membangun karakter siswa untuk membentuk insan yang berkualitas.
IDENTIFIKASI KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMA PATRIA KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru PKn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Kabupaten Bantul, permasalahan yang hendak diangkat pada penelitian ini adalah apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Identifikasi kesulitan guru dalam proses pembelajaran Pkn adalah mengidentifikasi atau proses mencari dan menemukan hal atau permasalahan yang menjadi penghambat guru kegiatan belajar mengajar dikelas dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang biasa ditemui guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta adalah apabila ada anak yang tidak masuk sekolah, sebab siswa tersebut akan kesulitan memahami materi yang disampaikan, selain itu kurang antusia siswa dalam belajar, kemungkinan karena kompleksitas permasalahn yang dihadapi siswa baik dirumah atau disekolah , dan kesulitan lebih kepada pengukuran keberhasilan siswa, yaitu benar tidaknya siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru dikelas, kesulitan juga dihadapi guru pada pemilihan metode pembelajaran, serta terbatasnya buku penunjang pembelajaran.
PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VII SMP BHINA KARYA RONGKOP UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Bhina Karya Rongkop dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Bhina Karya Rongkop. Dengan metode penelitian menggunakan diskriptif kwantitatif dengan persentase digambarkan menurut kriteria yang dilaksanakan dengan 2 siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus pertama dengan metode ceramah dari hasil evaluasi belajar diperoleh 60% siswa yang dinyatakan sukses dengan nilai rata-rata 54. Pada siklus ke-2 menggunakan pendekatan PAIKEM dari 20 siswa mendapat nilai diatas 75 dan yang mendapat nilai 45 ada 2 siswa dan belum memenui ketuntasan belajar, dikarenakan siswa bersangkutan mengalami gangguan pendengaran.
PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 2 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan indeks prestasi kumulatif mahasiswa UCY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif (IPK) dan data kualitatif yang dikuantifikasi (keaktifan berorganisasi), dilakukan di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, sejak Mei sampai bulan Juni 2015. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 dengan teknik snowballing sampling. Data diperoleh dari kuesioner kemudian diolah dengan teknik analisis regresi sederhana dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan: Analisis statistik menghasilkan persamaan regresi Y = 3,579 + -0,018X, artinya jika nilai keaktifan berorganisasi (X) meningkat 1 satuan maka nilai IPK (Y) akan meningkat sebesar (-0,018) satuan dengan nilai konstanta 3,579. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel independen keaktifan berorganisasi terbukti tidak signifikan mempengaruhi variabel dependen IPK. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,028 (2,8 %), artinya variabel keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh kontribusi sebesar 2,8% terhadap variabel IPK dan 97,2 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel keaktifan berorganisasi yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7