cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Academy of Education Journal
ISSN : 19072341     EISSN : 26854031     DOI : -
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memuat kajian-kajian dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan). Diterbitkan oleh LPPM bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal" : 7 Documents clear
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV DAN V SD SD NEGERI PANDEYANYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Psikologi pendidikan dan konsep diri dalam dunia pendidikan sangatlah penting baik dalam pembelajaran maupun bagi pendidik yang harus bisa memahami perilaku dirinya maupun perilaku peserta didik. Begitu pentingnya konsep diri dalam pendidikan akan berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi belajar. Siswa dengan konsep diri positif akan memiliki prestasi belajar yang baik. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai pendidik harus melakukan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan konsep diri siswa. Subyek penelitian ini adalah konsep diri dan prestasi belajar siswa SD N Pandeyan dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa dalam waktu penelitian antara bulan Mei- Juni. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan metode kuesioner untuk mendapatkan data tentang konsep diri dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Dengan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui konsep diri dan prestasi belajar siswa . Untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dilakukan dengan ujiregresi sederhana karena hanya ada satu variabel independen dan satu variabel dependen. Hasil pengujian regresi tunggal adalah koefisien regresi 0,942 dan R2=0,698 dengan arti bahwa konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar sebanyak 69,8% sedangakan 30,2% dipengaruhi faktor dari luar penelitian.
PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SOKORINI KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG MENURUT TEORILAWRENCE KOHLBERG UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini Magelang menurul Lawrence Kohlberg. Dengan demikian permasalahan yang akan dipecahkan adalah pada tahap apakah perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini yang sesuai dengan tahapan pada teori Lawrence Kohlberg. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif,pengumpulan data melalui kuesioner, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI, analisis data dengan analisis kualitatif melalui tahap-tahap reduksi data, display, conclusions drawing and veifying, triangulasi dan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini berada pada thapan pra konvensional dimana pada tahap ini siswa memiliki ketaatan terhadap hokuman dan kepatuhan, anak taat pada peraturan. Patuh terhadap peraturan untuk menghindari hukuman. Disamping itu pada tahap ini siswa melakukan tindakan perbuatan baik bukan karena masalah keikhlasan tetapi lebih karena mengharap suatu balasan atau hadiah.
KRITIKAN PERKAWINAN BEDA AGAMA DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkawinan beda Agama di lihat dari sisi anak pastinya akan muncul suatu kebingungan dalam menentukan aqidah anak di masa depan, hal ini mungkin terjadi ketika dia perbedaan Agama orang tuanya, padahal ada kewajiban bagi setiap orang tua untuk memberikan pelajaran dan pendidikan Agama sedini mungkin kepada anak terutama dalam islam sendiri dan dilain hal untuk mendapatkan pendidikan agama adalah hak anak. Hal yang paling mungkin timbul adalah kebingungan si anak dalam menentukan pilihan agamanya walaupun ada alasan setelah dewasa dia akan memilih sendiri, tapi bagaimana selama dia belum dianggap dewasa, apakah dapat mencampuradukkan dua agama berbeda menjadi hal yang wajar dan tidak menjadi masalah bagi setiap agama yang bersangkutan. Di sisi lain juga ada kemaslahatan bagi setiap umat muslim sendiri dalam menjaga kemurnian dari ajaran agama islam yang akan di jalannkan dalam kehidupan pribadi dan keluarganya kelak, memang banyak bukti bahwa perkawinan beda agama langgeng dan tidak masalah dengan berbagai contoh para artis di Indonesia namun apakah hal tersebut dapat dijadikan tolak ukur ? Kemaslahatan bagi umat islam sendiri adalah bagaimana menjaga kepentingan-kepentingan atas keberlangsungan agama islam melalui pilar utama kehidupan yaitu rumah tangga dapat terjaga dengan baik dan dari dua pemikiran di atas dengan pertimbangan kemaslahatan dari diri sendiri dan juga anak kelak sebaiknya pernikahan beda agama di kalangan umat islam harus dilarang. Selain itu ketika melihat sisi hukum positif Indonesia keberadaan KHI pasal 40 C memang tetap harus ada tetapi dengan berdasarkan atas kemajemukan di Indonesia maka untuk unifikasi hukum perkawinan di Indonesia di harapkan ada tujuan yang cukup fundamental dengan tentunya melihat dasar-dasar umum tujuan dan maksud dari perkawiinan yang dilihat dari setiap agama yang tentunya juga harus ada kejelasan hukum jika perkawinan beda agama di larang dengan lebih memperjelas ketentuan dari pasal 2 ayat (1) dan (2) yang menjadika tidak ada alasan lagi bahwa pernikahan selain melalui peraturan agama masing- masing dan harus di catatkan di kantor pencatat perkawinan dianggap sah walaupun dengan alasan perbedaan kewarganegaraan sekalipun asalkan tetap mengacu kepada syarat seusia dengan agama masing-masing dan di catatkan dalam lembar negara.
BUNGA BANK DALAM PERSPEKTIF ISLAM UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bunga bank adalah prestasi yang harus diberikan oleh kreditor pada debitor, dan besarnya dikaitkan pada kesepakatan dan waktu peminjaman. Bunga bank bersifat mengikat dan memaksa.Bunga hutang pada dasarnya hukumnya riba. Hutang pada dasarnya tidak boleh memberikan prestasi atas kerjasama para pihak, yang hasilnya mengikat semua para pihak.keuntungan bagi si pemberi hutang, karena setiap hutang yang membawa keuntungan hukumnya riba. Hal ini terjadi jika salah satunya mensyaratkan atau menjanjikan penambahan. Hutang piutang harus menguntungkan bagi kedua pihak. Bagi peminjam lebih bersifat kegiatan sosial kemanusiaan dan bagi penerima pinjaman merupakan bentuk bantuan dari sesama yang harus dipergunakan secara baik dan dkembalikan tepat waktu. Bunga bank dapat diperbolehkan apabila esensi dasarnya diubah sebagai prestasi atas hasil kerjasama para pihak dan bersifat mengikat para pihak. Dengan kata lain pihak bank dapat jugha rugi apabila hasil kerjasama ternyata hasilnya rugi tidak hanya untung saja ( dengan menjual jaminan).
PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR GANDOK TIMBULHARJO SEWON BANTUL UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan potensi budaya lokal yang dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Gandok Timbulharjo Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas partisipasif. Desain penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis & Taggart. Penelitian dilakukan di SD Gandok Timbulharjo Sewon Bantul dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang siswa. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dengan cara kualitatif melalui langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi serta disajikan menggunakan tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan potensi budaya lokal selama dua siklus penelitian mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SD Gandok Timbulharjo Sewon Bantul. Peningkatan kualitas pembelajaran tampak dari peningkatan proses pembelajaran guru pada setiap siklus mulai dari pra pembelajaran, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran. Pemanfaatan potensi budaya lokal juga tampak dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas ataupun di luar kelas yaitu di Rumah Budaya Tembi Bantul. Peningkatan kualitas pembelajaran siswa terlihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan sejumlah 75% siswa sudah baik mencapai KKM yaitu 75. Dengan demikian peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui pemanfaatan potensi budaya lokal seperti sego wiwit dan uborampenya, lesung-alu, kenthongan, serta gerobag sapi menjadi sumber belajar yang bermakna bagi siswa dalam pembelajaran telah berhasil dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas IV SD Gandok Timbulharjo Sewon Bantul.
APLICATION OF TRADITIONAL GAMES DAKON (ATGD) SEBAGAI LANGKAH UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK KREATIF PRIMAGAMA TERBAN UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk nilai karakter yang unggul pada anak usia dini di TK Kreatif Primagama Terban Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam permainan tradisional ini yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disaat siklus pertama siswa masih sulit untuk dikondisikan serta diarahkan, terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam bermain dakon, tim peneliti segera memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa tersebut. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang terlihat antusias dengan mengikuti jalannya permainan dakon. Pada siklus pertama para siswa asyik dengan dakonnya tersebut, hingga ada siswa yang tidak mau bergantian dengan lawan mainnya, ada yang menangis dan saling berebut isi dakon (congklak). Selanjutnya di siklus kedua dan ke tiga mengalami perubahan yang signifikan, siswa yang bersangkutan sudah bisa memahami nilai-nilai karakter misalnya nilai kesabaran, menghormati antar sesama, dan rasa peduli dengan karakter mereka yang masih anak-anak. Kemudian tim peneliti menambahkan penjelasan karakter yang mereka pahami tersebut dengan bahasa yang dapat mereka mengerti. Dengan adanya permainan tradisional dakon ini harapannya dapat diterapkan dalam media pembelajaran sekolah khususnya pada pendidikan anak usia dini.
PENTINGNYA ORGANISASI DALAM MENCAPAI SEBUAH TUJUAN UCY, FKIP
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Vol 5 No 1 (2014): Academy of Education Journal
Publisher : LPPM_UCY

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan sebuah organisasi tentu tidak dapat terlepas dari sebuah tujuan tertentu. Ada sebuah korelasi yang tidak dapat terpisahkan antara keduanya. Namun tidaklah mudah untuk mencapai tujuan sebuah organisasi yang baik tanpa disertai keterlibatan dan hubungan komponen pendukung lainnya. Diawali dari perumusan tujuan dan kepentingan, pemilihan pemimpin yang dapat mengelola organisasi tersebut, manajemen dan pengelolaan organisisasi maupun evaluasi atas keberhasilan dari manajemen organisasi tersebut. Dalam menjalankan sebuah organisasi dibutuhkan pengelola yang memiliki kompetensi dan kredibilitas serta perfoma yang memadai agar dapat menjalankan kemudi organisasi dengan sebaik-baiknya. Diawali dengan memilih calon pemimpin organisasi serta mempertimbangkan kemampuan pengelolaannya hal itu hendaknya menjadi pertimbangan yang serius bagi sebuah organisasi. Setelah memilih pemimpin yang baik, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kebersamaan dan kekompakan semua komponen dan personil yang terlibat dalam organisasi tersebut dalam hal ini antara lain persamaan persepsi semua personil yang ada, semangat, dedikasi dan loyalitasnya terhadap organisasi juga menjadi sesuatu yang amat penting demi tercapainya tujuan organisasi. Dengan kebersamaan dan kekompakan niscaya akan tercipta suasana kerja yang baik, aman dan nyaman, maka hal itu akan mempermudah pula sebuah organisasi itu mencapai tujuan yang telah dirumuskannya.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7