cover
Contact Name
Hafidh 'Aziz
Contact Email
jurnal.goldenage@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.goldenage@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
ISSN : 25023519     EISSN : 24774715     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (JGA) Online ISSN: 2502-3519 is a periodically scientific journal published by the Study Program of Islamic Education for Early Childhood the Faculty of Tarbiyah and Education Science State Islamic Universty Sunan Kalijaga Yogyakarta. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Early Childhood education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal. This Journal is published every June and December annually.
Arjuna Subject : -
Articles 52 Documents
Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak Febriana, Erma; 'Aziz, Hafidh
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.553 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran sentra bermain peran sebagai salah satu upaya dalam menanamkan nilai moral anak, mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran sentra bermain peran dalam menanamkan nilai moral anak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif didasarkan atas pertimbangan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan moral melibatkan berbagai aspek yang harus digali secara mendalam dan komperehensif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B2 (usia 5-7 tahun) di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sentra bermain peran kelas B2 RA Tiara Chandra Yogyakarta telah berhasil dalam menanamkan nilai moral anak. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator yang ditetapkan oleh RA Tiara Chandra berdasarkan standar tingkat pencapaian anak mengacu pada kurikulum 2013. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak: latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, metode atau program yang tepat, pendidik yang telah dibekali LVEP dan menerapkannya secara konsisten, fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak adalah : latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang kurang baik, ruang sentra yang kurang kondusif, kompetensi pendidik.
Parenting Education sebagai Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Keluarga Rohinah, Rohinah
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.119 KB)

Abstract

Character education is an effort that should involve all parties, both the household and the family, the school and the school environment, and the wider community. A child will grow and develop optimally when the basic needs of the children's rights are met. But in reality often violent behavior and discrimination that actually carried out by her own parents. Violent behavior and racial discrimination by parents of children often occurs due to the psychological impact of the workload and the demands of a career outside the home or it could be due to a lack of knowledge about how to educate and assist children in the home. Hence, early childhood institutions "KB Ceria" is located in a residential Pendowo Asri, Village Pendowoharjo, Sewon, Bantul has the attention and concern for the development of character-based early childhood family. This is evidenced by the role that institutions not only provide education for young protege, but also provide education and insight about assistance to parents (parenting education) and then this organization called the Group Meeting with Parents (KPO).
Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak Hasanah, Fitria Fauziah; Munastiwi, Erni
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.202 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.35-46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi  Hasil penelitian pengelolaan pendidikan karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisaisan, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan diantaranya adalah : Pertama, membaca iqra sebelum masuk kelas di pagi hari,; Kedua, membaca doa sebelum belajar,  Ketiga, membaca shalawat bani hasyim, Keempat, membaca doa setalah belajar. Faktor Pendukung  dalam pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya diantaranya adalah adanya kerjasama antar pendidik, adanya kerjasama antara pendidik dengan orangtua, kondisi lokasi TK yang mendukung, sarana dan prasarana yang memadai, adanya semangat belajar dari anak, terdapat peran dari masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu kondisi pekerjaan orangtua, kondisi kepala sekolah yang kurang sehat, dan sumber daya manusia yang belum memenuhi standar kelulusan pendidikan.
Kemampuan Empati Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Dan Pendidikan Orang Tua: Studi Terhadap Mahasiswa Prodi PGRA Ichsan, Ichsan
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/jga.2017.22-02

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu : Pertama, untuk  mengetahui perbedaan kemampuan empati mahasiswa  antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA )  dan Sekolah Menengah Umum (SMA/SMK). Kedua, untuk mengetahui perbedaan kemampuan empati mahasiswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua mahasiswa. Hipotesis penelitian yang diajukan : Petama, tidak ada  perbedaan kemampuan empati mahasiswa  antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA)  dan Sekolah Menengah Umum. Kedua, Tidak ada perbedaan kemampuan empati mahasiswa dari  pendidikan orang tua mahasiswa yang rendah, menengah dan tinggi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PGRA angkatan 2013/2014 , 2014/2015, dan angkatan 2015/2016 dengan jumlah 213 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi : angket (skala Empati) yang diadoposi dari C. Asri Budiningsih, angket Tingkat Pendidikan Orang Tua, dan dokumen. Dari hasil uji komparasi dengan menggunakan analisis varians (Anova) dua jalur diperoleh nilai F :  0,908  dengan p : 0,342  ( p  > 0,05) untuk hipoesis pertama, dan nilai F : 0,166  dengan p : 0,847 ( p ˃ 0,05) untuk hipotesis kedua. dengan hasil uji statistik dapat diambil kesimpulan : pertama, Tidak ada perbedaan kemampuan empati antara mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan sekolah umum (SMA/SMK ). Kedua, tidak ada perbedaan kemampuan empati mahasiswa yang memiliki orang tua (ayah) dengan tingkat pendidikan rendah, menengah dan tinggi.
Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Simulasi Lalu Lintas Susiyah, Susiyah; Subawi, Subawi
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.456 KB)

Abstract

This study aims to determine the discipline of children at KB Puri Siwi Tamansari Academic Year 2016/2017 and find out the improvement of children's discipline through playing traffic simulations at KB Puri Siwi Tamansari Academic Year 2016/2017. This research method uses a type of classroom action research. This research was conducted in two stages, namely cycle I and cycle II. The subjects of this study were Puri Siwi Play Group students aged 3-4 years Tamansari Tlogowungu Pati as many as 16 students. The results of this study indicate that traffic simulations to improve child discipline are carried out with two cycles, the first cycle is carried out by simulating traffic signs with micro equipment, sikus II is carried out by simulating traffic signs with macro equipment. The results of data analysis and observations through traffic simulations showed an increase from the pre-cycle of 30% of children who completed their discipline, rising in the first cycle to 56.7%. That is, an increase of 24%. And in the second cycle increased to 81% and an increase of 25%. The results achieved in the second cycle had met the intended completeness target, namely 80% of all children scored with a complete category of 85. This increase in the average value proved the success of traffic simulations can improve children's discipline.
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta Kurniati, Rya; Zubaedah, Siti
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.217 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.259-268

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teknik menguji mengkaji lebih mendalam mengenai upaya yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kinerja guru di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul belum sepenuhnya baik, masih terdapat beberapa guru yang kinerja nya belum maksimal dan masih perlu bimbingan dan dorongan dari kepala sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara meningkatkan spiritual agama guru, meningkatkan kedisiplinan, mengadakan pelatihan dan seminar, rapat evaluasi akhir pekan, pemberian motivasi, dan kekeluargaan. Factor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: factor pendukung antara lain dukungan dari yayasan, factor semangat guru, orangtua murid dan diri sendiri, factor penghambat antara lain waktu yang terbatas dan SDM atau guru baru.
Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi Aziz, Jamil Abdul
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.075 KB)

Abstract

Education is a means to continue to pursue the formation of human character fundamentally, bring individual changes to the roots. However, the problem to this day there are still many gaps between expectations and the reality in the world of education. Therefore, need to be implemented by the efforts of educational institutions to participate in preventing the growth of a negative character in the self-learners. In this case, Roudhotul Athfal Jamiatul Qurra wal Huffadz, Cimahi, West-Java create memorization program (Tahfidz) al-Quran for all students. Where Tahfidz program is believed to be very helpful in shaping the character of students. In this study, researchers used a correlational analysis method, with quantitative approach. Author correlating the results of a questionnaire about the program Tahfidz al-Quran (Variable X) with character formation of students' (variable Y). The population studied were all students of class B totaling 100 students. So the authors took a sample of 24% of the total population of 24 students. As for the data processing after data from the questionnaire obtained. Researchers using the formula 'r' Product Moment, researchers get results from the value of 'r' desirable is 0, 5560. The authors correlate the results of the robservation with rtable at 1% significance level of 0, 5560> 0, 515, and correlate well robservation with the rtable at the 5% significance level = 0, 5560> 0, 404. Because ro is greater than rt the null hypothesis which was rejected and the alternative hypothesis proposed by the researchers received. This means that there was an effect or a positive correlation between the program Tahfidz al-Quran (Variable X) with character formation of students' (variable Y).
Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi Ana Sari, Irma Oktaviani; Aziz, Hafidh
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 3 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.008 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.191-204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak dalam hal mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) di TK Pertiwi 39 Trimulyo, mengetahui pelaksanaan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo, dan mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan motorik halus pra tindakan kategori berkembang sesuai harapan 7,7%. (2) penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, hal ini dapat dilihat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I mencapai 50,00% dengan kategori berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 85,70% kategori berkembang sangat baik.
KAMPUNG RAMAH ANAH GENDENG SEBAGAI ALTERNATIF PEMENUHAN HAK BERKEMBANG PADA ANAK USIA DINI Jazariyah, Jazariyah
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.991 KB)

Abstract

This article is intented to uncover the importance of environmental explroration for children. One example is child-friendly environment which is also a special effort from government. They set out in minister of women’s empowerment Republic of Indonesia with PP No 2 Tahun 2009 about child-friendly city (CFC). The result shows that Kampung Ramah Anak Gendeng is one of community efforts to fulfill the right of grow and develop on early childhood. Many programs that held on Kampung Ramah Anak Gendeng, such as children community, bimbingan belajar and TPA (Taman Pendidikan AL Qur’an). Factors that support child-friendly environment on Gendeng are Public awareness about the importance of early childhood development and continuity on socializing the importance of early childhood development. Barrier Factors on implementasion of child-friendly environment on Gendeng are lack of fund to held the program of Kampung Ramah Anak on Gendeng and lack of monev (monitoring and evaluation) from government.
Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Saintifik di Ra Ar Rafif Kalasan Sleman Sumartin, Sumartin
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to knowthescientific-based learning process applied in Raudhatul Athfal (RA).In more detail, the purpose of this research are to describe the management of scientific-based learning process in RA, describes the advantages and disadvantages of scientific-based learning process in RA and describe the impact of scientific-based learning process in RA. Methodology of this reseacrh was qualitative descriptive. The technique of data collecting are through observation, interview, and documentation. The technique of data analysis was through data reduction, data presentation,  verified and  deduced. The validation tests were research triangulation, method, theory and data source. The results show that: (1) the implementation of scientific-based learning process include: activities to observe, ask, explore (collecting information), associates, and communicate (2) the advantages and disadvantages scientific-based learning process can be seen from the pre learning, learning process and learning evaluation activities (3) the impact of this scientific-based learning process can be perceived by the various parties include teachers, students and the general society.