cover
Contact Name
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Contact Email
albidayahjurnal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
anditarbiyah@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : -
AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam ISSN Print: 2085-0034; ISSN Online: 2549-3388 adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia. Fokus penerbitan AL-BIDAYAH yaitu mengenai berbagai isu yang terdapat dalam bidang Pendidikan Dasar Islam, baik sebagai obyek material dan atau sebagai obyek formal. Kami mengundang para ilmuwan, akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerhati bidang Pendidikan Dasar Islam untuk menerbitkan hasil penelitiannya pada jurnal kami. AL-BIDAYAH telah terindeks oleh CrossRef, Moraref, Mendeley, IPI, dan Google Scholar. Sejak tahun 2017, AL-BIDAYAH telah menjadi anggota CrossRef. AL-BIDAYAH terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 167 Documents
Peran Penting Belajar Berdasar Regulasi Diri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Latipah, Eva
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i1.99

Abstract

Kajian tentang prestasi belajar sudah banyak dilakukan oleh para ahli. Ini dikarenakan peranannya terhadap banyak aspek kehidupan seperti pekerjaan, medis, sosial,  budaya, dan sebagainya. Namun demikian dalam kehidupan sehari-hari masih banyak ditemui rendahnya prestasi belajar pada kalangan pelajar. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor,  diantaranya adalah karena rendahnya tingkat belajar berdasar regulasi diri yaitu sebuah strategi belajar yang menuntut peserta didik untuk mandiri dan bertanggungjawab atas belajar mereka. Banyak hasil penelitian telah menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi belajar berdasar regulasi diri peserta didik terbukti meningkat prestasi belajarnya. Belajar berdasar regulasi diri terbukti tidak hanya meningkatkan prestasi belajar, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang.
Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dan Syair dengan Model Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas V MI Ma’arif Candran Godean Isniarni, Isniarni
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v10i1.132

Abstract

Penggunaan metode, strategi dan pendekatan yang relevan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, termasuk penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam peningkatan keterampilan menulis pantun dan syair siswa kelas V di MI Ma’arif Candran Godean tahun pelajaran 2016-2017.Penggunaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki potensi untuk mengembangkan ranah pengetahuan dan keterampilan proses dan mengembangkan sikap, nilai serta kreativitas siswa dalam memecahkan masalah yang terkait dengan kehidupan mereka sehari-hari, melalui interaksi dengan sesama teman dan juga mengembangkan keterampilan sosial.Hambatan-hambatan pembelajaran melalui model kontekstual dalam menulis pantun diantaranya siswa kesulitan dalam menyusun kalimat dalam baris pantun baik yang berupa sampiran maupun isi yang sesuai tema, dalam bekerja kelompok hanya didominasi oleh siswa yang mempunyai keterampilan menulis yang potensi lebih tinggi, siswa kurang berani mengeluarkan pendapat dalam menanggapi pembacaan pantun dan syair.Gambaran pelaksanaan pembelajaran menulis pantun dan syair yaitu proses pembelajarannya menekankan pada kegiatan siswa dalam mengembangkan pemikiran anak dengan cara bekerja sendiri, mengembangkan sifat ingin tahu, menemukan sendiri, mengkontruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan oleh siswa melalui latihan-latihan untuk memecahkan suatu masalah dapat teratasi.
Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur'an: Kajian Tafsir Tarbawi pada Surat Luqman Hatta, Jauhar
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4, No 2 (2012)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v4i2.36

Abstract

Al-Qur 'an merupakan petunjuk bagi umat man usia bagi keselamatan dan kebahagiaan mereka di dunia hingga kelak ke akhirat. Salah satu bagian dari masalah kehidupan manusia adalah pendidikan, terutama pendidikan anak usia dini. Dari pembahasan ini diketahui bahwa dalam Surat Luqman terdapat firman Allah SWT yang menjelaskan tentang pendidikan anak usia dini dalam kisah Luqman al-Hakim bersama anaknya. Dalam kisah tersebut terdapat prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini yang bisa diterapkan, seperti prinsip kebutuhan anak dalam hidup, prinsip belajar sambil bermain, prinsip lingkungan yang kondusif, prinsip pembelajaran yang terpadu dan prinsip berulang-ulang dalam pembelajaran. Dari tafsir tarbawi ini, bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan kependidikan bagi umat Islam agar senantiasa tidak melepaskan dari kitab suci Al-Qur'an sebagai kitab tarbiyah.
Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta) Utami, Nurhidayah Eko Budi
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 10, No 2 (2018)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v10i2.164

Abstract

SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah yang berbasis inklusi. Sekolah tersebut memiliki beberapa golongan siswa berkebutuhan khusus, termasuk slow learner di dalamnya. Siswa slow learner yang ada di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan salah satu siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah yang cukup besar. Siswa slow learner tersebut belajar berdampingan dengan siswa normal dan siswa dengan kebutuhan khusus lainnya. Hal tersebut menjadikan peneliti ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah tersebut.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk menggali data tentang layanan yang diberikan guru kelas kepada siswa slow learner di sekolah inklusi. Objek dari penelitian tesis ini adalah layanan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah inklusi. Sedangkan subjeknya adalah guru kelas yang berjumlah lima orang. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik triangulasi data.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian layanan oleh guru kelas bagi siswa slow learner di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta yang mencakup 3 hal, yaitu modifikasi alokasi waktu, modifikasi isi atau materi, dan modifikasi proses pembelajaran sudah terlaksana. Selain itu, ditemukan juga adanya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Layanan yang diberikan oleh guru kelas belum terlaksana dengan maksimal, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa slow learner. Selain itu, belum adanya program pebelajaran individu bagi siswa slow learner. 
Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 Di MI Yogyakarta Fatonah, Siti
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v8i2.67

Abstract

Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13) yang diberlakukan di beberapa sekolah di Yogyakarta, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI), tidak semuanya berjalan dengan lancar.Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar penilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan peserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses dan hasil pembelajaran, serta meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran di MIN Jejeran Bantul, MIN Yogyakarta I dan MIN Yogyakarta II, meliputi; 1) perencanaan asesmen otentik; 2) implementasi asesmen otentik dalam proses pembelajaran; 3) kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik, dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Perencanaan penilaian autentik dilakukan pada saat pembuatan RPP. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penilaian autentik adalah observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, jurnal, tes lisan, tes tertulis, penugasan, dan unjuk kerja. Proses penilaian autentik dilaksanakan terintegrasi dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain, adanya buku panduan guru, workshop dan diklat terkait kurikulum 2013, dan kerjasama yang baik antar guru. Sementara itu faktor penghambatnya yakni, terlalu banyaknya ranah yang dinilai, banyaknya jenis evaluasi, sulit didapatkannya buku tematik, dan guru merasa ada kesulitan tersendiri saat mereka memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD nya. Faktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit didapat dan terlambatnya buku tematik, serta adanya kesulitan tersendiri yang dialami oleh guru saat memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD
Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Motivasi Belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Yuliawati, Fitri
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 8, No 1 (2016)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v8i1.90

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925 > 1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Evitalisasi Pendidikan Humanis Religius di Sekolah Dasar Widodo, Hendro
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 5, No 2 (2013)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v5i2.122

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk membantu peserta didik agar berkembang menjadi manusia yang potensial secara intelektual melalui proses transfer of knowledge, dan potensial secara spiritual melalui proses transfer of values. Muatan upaya yang dibawa dalam proses pendidikan merupakan proses yang padu dan komprehensif, tidak direduksi menjadi pemenuhan kebutuhan praktis sesaat. Dimensi humanis akan mengarah pada pendidikan yang berakar pada nilai-nilai kemanusian, dimensi religius akan membawa ke pendidikan yang berpihak pada religiusitas manusia. Tugas sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan adalah melakukan revitalisasi/penguatan kembali pendidikan humanis religius agar dapat mengembalikan pendidikan pada dimensi yang hakiki.
Urgensi Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Al-Karim Bagi Proses Pembelajaran PAI Pada MI/SD Hatta, Jauhar
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1, No 1 (2009)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v1i1.24

Abstract

Kisah-kisah umat terdahulu merupakan bagian dari isi kitab suci al-Qur'an. Pada periode awal turunnya al-Qur'an mayoritas masyarakat Makkah tidak percaya pada risalah yang dibawa Rasulullah SAW. Mereka justeru menganggap bahwa al-Qur'an itu hanyalah dongeng masa lalu (asdthir al-awwalin). Meski demikian, realitas yang terjadi semakin lama mereka mendengar ayat-ayat al-Qur'an justeru semakin banyak yang beriman. Kisah-kisah dalam al-Qur'an yang banyak diturunkan pada saat Nabi SAW di Makkah justeru menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Dari sini nampak metode pembelajaran yang mengutamakan kisah-kisah patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam mengajarkan PAI di kalangan pemula. 
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match Suratiyem, Suratiyem
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v7i1.156

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi be/ajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil be/ajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode make· a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi,praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA.
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Alam Kitab Al-Akhlaq Lil Banln Jilid I Karyaal-Ustaz 'Umar Binahmad Baraja' dan Relevansinya bagi Siswa MI Izzah, Faiq Nurul; Hidayat, Nur
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 5, No 1 (2013)
Publisher : Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v5i1.58

Abstract

Penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Al-akhlaq Lil Ban in jilid I karya A l-Ust adz 'Umar Bin Ahmad Baraja' dan relevansinya bagi siswa MI. Hasil penelitian: (1). Karakter Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam kitab Al-akhlaq Lil Banin jilid I adalah Religius (Akhlak Kepada Allah, Akhlaq Kepada Rasulullah, Amanah), disip/in,·menepatijanji, peduli lingkungan, cinta kebersihan, peduli sosial (sopan santun, menghormati orang lain, menghormati kedua orang· tua, saudara, kerabat, pembantu, tetangga, guru, ternan, adab berjalan, dan adab di sekolah), dan toleransi. (2). Nilai~nilai ini relevan dengan kondisi (karakter) siswa Ml saat ini.

Page 1 of 17 | Total Record : 167