cover
Contact Name
Safira Permata Dewi
Contact Email
saphire2687@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpb@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557192     EISSN : 26139936     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 articles for each issue. We accept scientific articles for the field of Biology Education and Biological Studies in learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) dan Kekerabatannya di Kawasan Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Apriyanti, Nurleli; Santri, Didi Jaya; Madang, Kodri
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.229 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) dan kekerabatannya di kawasan wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2014 sampai dengan Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan teknik jelajah yaitu dengan batasan pengambilan sampel 200 meter di sebelah kanan (Barat Laut) dan sebelah kiri (Utara) air terjun.  Hasil penelitian ditemukan 12 jenis tumbuhan paku, yang tergolong ke dalam 11 marga dan 6 suku. Jenis yang berhasil ditemukan yaitu Selaginella plana (Desv.) Hieron., Drymoglossum pilloselloides (L.) Presl., Pyrrosia angustata, Pityrogramma calomelanos L. Link., Drynaria sparsisora (Desv.) T. Moore., Lygodium flexuosum (L.) Sw., Asplenium nidus L., Adiantum tenerum Sw., Pteris vittata L., Nephrolepis bisserata (Sw.) Schott., Nephrolepis falcata (Cav.) C. Chr., dan Elaphoglossum angulatum (BI) T. Moore. Hubungan kekerabatan paling dekat yaitu Nephrolepis bisserata (Sw.) Schott. dan Nephrolepis falcata (Cav.) C. Chr., sedangkan kekerabatan paling jauh yaitu Selaginella plana Hieron. Kata kunci : Pteridophyta, kekerabatan, air terjun Curup Tenang Bedegung,  Muara Enim
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Lestari, Yuni; Anwar, Yenny; Madang, Kodri
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.192 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aimed to find out information about the effect of applying 7E Learning Cycle Model with LKPD on the student's concepts understanding in class XI SMAN 1 Indralaya. This research used quasi-experimental method with Nonequivalent Control Group Design. The data collection of concept comprehension tests was done in class XI IPA 1 as an experimental group and class XI IPA 4 as the control group. The sampling technique was done with random sampling technique. Results of hypothesis testing data analysis using SPSS application obtained t-calculated of 4,031 while t-table at a significance level of 5% with 63 df is 2.00. The results of this study showed that t-calculated > t-table is 4,031 > 2.00. T-test showed that there were significant differences from the second sample at the 95% confidence level. The average value of student's concept understanding in the experimental group was higher than the control group. This was proven by the average value and standard deviation of the test understanding of concepts acquired in the experimental group amounted to 78,64 ± 9,62, while the control group was 65,78 ± 15,35, so Ho is rejected, which means that there were significant implementation of 7E Learning Cycle Model with LKPD to student’s concept understanding of human circulation system topic in XI class of SMA Negeri 1 Indralaya.Keywords : Concept, 7E Learning Cycle Model, LKPD, Human Circulation System
Jenis-Jenis Protista di Danau Teluk Gelam Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan Hariyani, Devi; Slamet, Adeng; Santri, Didi Jaya
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.609 KB)

Abstract

Penelitian mengenai jenis-jenis protista di Danau Teluk Gelam Kabupaten OKI dan sumbangannya pada pembelajaran Biologi SMA telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis protista pada tipe ekosistem perairan air tawar di Danau Teluk Gelam Kabupaten OKI dan membuat deskripsi. Sampel protista diambil dari lima titik sampling pada pagi, siang dan sore hari kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini telah ditemukan 35 jenis protista. Protista mirip hewan sebanyak 15 jenis tergolong dalam tujuh bangsa delapan suku dan 11 marga. Protista mirip tumbuhan sebanyak 20 jenis tergolong dalam tujuh bangsa sepuluh suku dan 19 marga. Kata-kata kunci: Protista, Pembelajaran Biologi SMA, Danau Teluk Gelam
ANALISIS CAPAIAN SISWA KELAS VIII DI PALEMBANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS 2011 Dewi, Safira Permata; Rustaman, Nuryani; Sriyati, Siti
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.868 KB)

Abstract

ABSTRAK: Telah dilakukan penelitian untuk mendapatkan gambaran riil mengenai capaian siswa kelas VIII SMP di Palembang dalam menyelesaikan soal-soal Biologi TIMSS 2011. Sampel pada penelitian ini berjumlah 336 siswa yang berasal dari 11 sekolah di Kota Palembang. Penentuan sekolah didasarkan pada lokasi sekolah, status sekolah, dan akreditasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Data kemudian dikaji dengan metode deskriptif. Instrument penelitian ini menggunakan soal-soal Biologi TIMSS 2011 baik tipe pengetahuan, pengaplikasian maupun penalaran. Hasil penelitian menunjukkan capaian siswa kelas VIII di Kota Palembang masih terkonsentrasi pada capaian rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan penekanan pengembangan kemampuan siswa. Kata kunci: Capaian Siswa, Kelas VIII, Soal Biologi TIMSS 2011, Kota Palembang
Implementasi Pendidikan Karakter oleh Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Muara Enim Maya, Atira Elpariska; Huzaifah, Siti; Madang, Kodri
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.651 KB)

Abstract

This research aims to describe the understanding, implementation and difficulties faced by Biology teachers of State Senior High School in Muara Enim district about character education. The research subjects consisted of three biology teachers which determined by purposive sampling technique. Data collection using interview techniques, audiovisual materials and documents it is analyzed by transcription, coding and verification of data. The results showed by three aspects that are: 1) Understanding Biology teacher of State Senior High School in Muara Enim Regency about character education is an effort to instill character through habituation and exemplary to form a good attitude of students. Character education consists of 18 values. Biology teacher plans character education by identifying the value of character education that will be implanted. Learning implementation conducted according to the lesson plan. Then, to measure student’s character abilities the teacher using character measurement instrument sheet with a character assessment section. 2) Implementation of character education by Biology teachers of State Senior High School in Muara Enim Regency consist of planning and implementation aspect. Values designed and implemented by teachers Biology consists of discipline, curiosity, joy of reading, and responsibility. Value that is designed but not implemented is discipline, creative value, curiosity value, and joy of reading. Value that is not designed but implemented is discipline, hard work, joy of reading, and responsibility. General, Biology teachers carry out the value of character education through the use of words and have not utilized the learning materials to develop the value. 3) The difficulties encountered that is facing by Biology teachers include identifying the value of character education and performing individual character assessments.Keywords : Implementation, Character Education, Biology Teacher
Pengaruh Aplikasi Pupuk Hayati terhadap Pertumbuhan Setek Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr.) dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA Rizky, Mauliddina Septa; Susanti, Rahmi; Nazip, Khoiron
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research on the influence of biological fertilizer application on the growth of cuttings of green grass jelly (Premna oblongifolia Merr.) has been done. The research was conducted in Sekarjaya village, Ogan Komering Ulu, South Sumatra on December 2016 to January 2017. The method used was the experimental method with completely randomized design which consists of five treatments and five replications. The treatment includes 0,05% (P1), 0,10% (P2), 0,15% (P3), 0,20 (P4) and 0% (P0) as a control. The data were analyzed by ANAVA and BJND test. The results showed that giving biological fertilizer influenced the growth of green grass jelly. The difference in concentration of biological fertilizer gave real effect on a few of growth parameters which were the shoot length and root dry weight. 0.10% concentration of biological fertilizer was a treatment which recommended to increase the growth of green grass jelly, because it gave significantly different results from the control treatment on the growth of green grass jelly. The information of this study hopefully can be an alternative of contextual example on Biology lesson grade twelve, Semester 1 on Basic Competence of 3.1 and Basic Competence of 4.1.Keywords :biofertilizer, green grass jelly, growth
Analisis Kemampuan Pck (Pedagogical Content Knowledge) Guru Mata Pelajaran Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman Pratiwi, Cici Hema; Anwar, Yenny; Slamet, Adeng
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.446 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) gurumatapelajaranbiologi SMA di Kecamatan Babat Toman. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah semua guru biologi yang ada di Kecamatan Babat Toman dengan jumlah empat orang. Materi yang dipilih yaitu materi sistem saraf. Data dikumpulkan dari Content Representasi (CoRe)danPedagogical and Experience Repertoire (PaP-eRs), RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, wawancara serta dokumentasi yang digunakanuntukmengukurkategorikemampuan PCK guru yaituPra-PCK, Growing PCKdanMaturing PCK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis RPP rata-rata nilai yang diperoleh yakni 81,81 maka secara umum dalam penyusunan RPP guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh yakni 74,40 termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis data CoRe nilai rata-rata yang diperoleh yakni 76,16 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan PaP-eRs guru memperoleh rata-rata nilai 85,41 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan kategori PCK yang ditetapkan dapatdisimpulkanbahwa guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk dalam kategori Pra-PCk danGrowing PCK. Tiga guru termasuk Growing PCK dan satu guru termasuk Pra-PCK. Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge, kemampuan guru, pembelajaran biologi
Pengaruh Pemberian Perlakuan Suara Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Amaranthus gangeticus Linn.) Aprilia, Yeni; Puspita, Tasmania; Susanti, Rahmi
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.155 KB)

Abstract

Penelitian dengan menggunakan suara musik dari beberapa jenis (dangdut, klasik, pop, dan rock) telah dilakukan untuk mengetahui respons terhadap pertumbuhan pada tanaman bayam merah (Amaranthus gangeticus Linn.). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan lima  ulangan  dengan  menggunakan  teknologi  sonic  bloom.  Penelitian  ini  terdiri  dari perlakuan kontrol (tanpa pemberian musik) dan dengan pemberian musik berupa musik dangdut, klasik, pop, dan rock. Data dianalisis dengan perhitungan ANAVA dan Uji Beda Jarak Nyata Duncan (BJND). Perbedaan jenis musik memberikan pengaruh nyata terhadap beberapa parameter pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian perlakuan musik berpengaruh terhadap pertumbuhan bayam merah seperti tinggi, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman. Perlakuan dengan jenis musik klasik dianjurkan untuk pertumbuhan    bayam    merah,    karena   memberikan    perbedaan    hasil                         yang       signifikan dibandingkan perlakuan kontrol. Berdasarkan hasil percobaan, dapat disimpulkan bahwa pemberian musik berpengaruh terhadap pertumbuhan bayam merah. Kata Kunci: Amaranthus gangeticus Linn., Sonic Bloom, Pertumbuhan, Musik
Studi Morfologi Musuh Alami Aphis gossypii (Glover) (Hemiptera: Aphididae) Hamid, Riyanto
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.407 KB)

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk menambah informasi tentang deskripsi morfologi serangga-serangga predator yang memangsa Aphis gossypii (Glover) (Hemiptera: Aphididae). 1) Kumbang coccinellid. Imago coccinellid berukuran antara 0,25-1,5 cm, bentuk seperti diskus, oval sampai bulat dan dorsal cembung. Pada permukaan dorsal tubuh berwarna cerah kuning, oranye, kemerahan dengan bercak-bercak hitam, sedangkan permukaan ventral rata. Telur kumbang coccinellid berwarna kuning-oranye diletakkan mengelompok. Larva kumbang coccinellid berbentuk panjang, pipih dan sebagai predator. Pupa kumbang coccinellid melekat pada jaringan tumbuhan. Contoh spesies kumbang coccinelid adalah C. sexmaculata (Fabricius), Coccinella repanda (Thunberg), Chilocorus melanophthalmus (Mulsant), C. ruber (Weise), C. arcuata (Fabricius) dan Curinus coeruleus (Mulsant). 2) Larva Cryptolaemus sp. Larva Cryptolaemus sp. mirip alligator, panjang mencapai 1,3 cm dan tubuh ditutupi oleh rambut-rambut putih berlilin. Pupa terbungkus kokon dalam batang.  Telur C. montrouzieri berwarna kuning. 3) Kumbang kalajengking (Philonthus sp.). Philonthus sp. atau kumbang kalajengking mempunyai elitra pendek atau setengah abdomen. Tubuh langsing, memanjang, aktif, lari atau terbang dengan cepat.  Pada saat berlari mengangkat abdomen seperti yang dilakukan kalajengking. Kumbang kalajengking mempunyai mandibula sangat panjang, langsing, tajam dan berwarna coklat atau hitam. 4) Lalat syrphid. Tubuh larva lalat syrphid mirip peluru gotri, hijau pucat sampai kuning, panjang 10-15 mm, ada titik coklat dan tidak ada kepala atau tungkai. Pupa lalat syrphid membentuk puparium mengeras dan diapause.  Imago lalat syrphid memiliki beragam ukuran, warna dan bentuk atau menyerupai lebah. 5) Mantis sp. Mantis sp. memiliki mata majemuk berkembang baik, kepala segitiga, sayap depan menebal disebut tegmina, sayap belakang berbentuk membrane. Tungkai depan untuk menangkap mangsa atau raptorial dengan femur dan tibia berduri serta protoraks memanjang. 6) Lalat Chamaemyiidae. Imago Chamaemyiid adalah lalat berukuran kecil berwarna keabu-abuan dan mempunyai bintik hitam pada abdomen.  Kata Kunci: Morfologi, Serangga Predator, Musuh Alami dan Aphis gossypii (Glover)
Penerapan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Dalam Penguasaan Konsep Sistem Indera Pada Pembelajaran Biologi di SMA Damayanti, Tuti; Slamet, Adeng; Zen, Djunaidah
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.881 KB)

Abstract

This study aims to determine students mastery of concepts  on the material of the sensory system after implementation strategies PDEODE in class XI SMAN 3 Palembang. The population in this study were all students of class XI SMAN 3 Palembang academic year   2015/2016. The research sample is drawn using purposive sampling techniques, in order to obtain class XI MIPA 7 as classrooms sample. The method used is Pre-Experimental Design to design a one- group pretest-posttest design. Data taken the form of student learning outcomes. Data analysis is the t-test, the results of this study showed the average value at KD3.10 class creative. The results of study showed an average increase of 48,03 in order to obtain an index gain of 0,69 with the medium category. T-test results showed that the implementation of the strategy PDEODE significant effect on student learning outcomes XI MIPA 7 SMAN 3 Palembang. Value study of the activity of students in class XI MIPA 7 SMAN 3 Palembang during the implementation of strategies PDEODE in very active category. Keywords: Students activities, mastery of concepts and PDEODE strategy.

Page 1 of 1 | Total Record : 10