cover
Contact Name
Safira Permata Dewi
Contact Email
saphire2687@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpb@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557192     EISSN : 26139936     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 articles for each issue. We accept scientific articles for the field of Biology Education and Biological Studies in learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2014)" : 10 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG Novpridey, Betrin Jayu; Zen, Djunaidah; Huzaifah, Siti
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 dengan jumlah siswa masing-masing 43 dan 41 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Nilai rata-rata pretest, posttest, gain dan  n-gain kelas eksperimen secara berurutan adalah 33,95; 84,6; 50,31 dan 0,76 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 39,59; 65,45; 25,85 dan 0,42. Ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen 100% dan  kelas kontrol 82,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung>ttabel (16,39>1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), hasil belajar
PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL DOSEN DAN HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSRI Pend. Biologi FKIP, Lektor Kepala
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa penerapan LS dapat meningkatkan profesional dosen dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif, karena melaporkan hasil observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan PBM pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pada pelaksanaannya berkolaborasi dengan dosen – dosen Pendidikan MIPA, khususnya Pendidikan Biologi, yaitu pada saat plan, do dan see. Subjek penelitian ini adalah dosen pengasuh mata kuliah PH dan mahasiswa semester V tahun ajaran 2011/2012 kelas Indralaya dengan jumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1. Pengamatan LS terakhir seluruh kegiatan PBM yang difokuskan pada pemahaman konsep oleh mahasiswa sudah baik. Artinya sudah terjadi peningkatan PBM menjadi lebih baik, peningkatan kompetensi padegogik dosen model seperti perbaikan perangkat pembelajaran, ppt, LKM, dan bahan ajar serta menemukan langkah pembelajaran yang tepat. 2. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada LS pertama, kedua dan  ketiga masing – masing sebesar 45,67, 65,12 dan 77,00 dan terjadi ketuntasan belajar mahasiswa, yaitu lebih dari 85 % mendapat skor di atas 56.   Kata Kunci: Lesson Study, Dosen Profesional, Hasil Belajar dan Perkembangan Hewan
IDENTIFIKASI MATERI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS BIOLOGI SMP DI KABUPATEN MUARA ENIM Pradietha, Ekapty Tyas; Meilinda, Meilinda; Nazip, Khoiron
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purposes of this study was to find out the information about local material covered local wisdoms, local potentials, and environmental local problems of Muara Enim regency as a requirements to fill the learning sources of Biology course in junior high schools. This study has been conducted in Muara Enim regency and involved five subdistricts that have been choosen based on its topography condition. Ujan Mas and Lawang kidul represented the lowland. Tanjung Agung, Semende darat Tengah and Semende Darat Ulu represented the highland. Descriptive method was applied in this study and the information about local material was found out through observation, interview and related literature. The result of this study showed that there were 15 local materials that has been identified and can be used as the learning sources covered local wisdom, there were people that were accustomed to live in rumah panggung; saving the agriculture outcome in tengkiang; and people habit to keep tebat mandian as a place that used for saving clean water. Meanwhile, for the local potentials, there were freshwater fish cultivation, tree nurseries in PT Bukit Asam (Persero) Tbk; variety plants around Curup Tenang Bedegung waterfall ; fish cultivation in fish seed center; rice field; and waste processing in PT Bukit asam (Persero) Tbk. In addition, for the environmental local problems were air pollutions that caused by rubber production in a rubber factory; burning and producing process of brick; bathing process and domestic waste in the river; vast growing of water hyacinth; the effect of sand and river stone mining; and the effect of coals mining that damage the ecosystem. The significant of this study hopefully can be used as the reference for the teachers doing biology teaching and learning process in junior high school and also can be used for developing the learning material of local material in Muara Enim regency. Key words : local material, learning sources, science learning, Muara Enim
PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERSUMBER DARI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU SERAWAI BENGKULU SELATAN Wahono, Bevo; Hariyadi, Slamet
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai-nilai karakter di dalam  kearifan lokal masyarakat suku serawai khususnya tentang etika pembukaan lahan baru. Etika-etika tersebut antara lain Ulu Tulung Buntu, Sepelancar Perahu, Kijang Ngulangi Tai, Macan Merunggu, Sepit Panggang, Bapak Menunggu Anak, Nunggu Sangkup. Nilai karakter yang teridentifikasi dari etika tersebut antara lain religius, toleransi, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, komunikatif, cinta damai, kerja keras dan kreatif. Nilai-nilai ini dapat diformat dalam pembelajaran dengan menganalogkan etika-etika yang telah menjadi nilai budaya di suku Serawai. Diharapkan penggalian nilai-nilai kearifan lokal pada suku-suku lain di Indonesia agar pendidikan karakter dalam terinternalisasi dengan baik dan akseleratif pada siswa tanpa tercabut dari akar budayanya. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Suku Serawai, Etika Pembukaan Lahan, Pendidikan Karakter,
IDENTIFIKASI MATERI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS BIOLOGI SMP DI KOTA PALEMBANG Yastuti, Heni Indri; Meilinda, Meilinda; Nazip, Khoiron
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrac: This study aimed to obtain information about local materials on Palembang covering local wisdom, local potential and local environmental problems that qualify as learning resources of biology science for junior high school. The experiment was conducted in Palembang with sample location includes Kecamatan Bukit Kecil, Ilir Barat I, Gandus, Sukarami, Kalidoni, Seberang Ulu I, Seberang Ulu II dan Kertapati, runs from February to May 2014 method used is descriptive and information regarding the material locally obtained through observation, in-depth interviews and related literature. The results showed that there are many local materials on Palembang is qualified as biology learning resource for junior high school consisting of local wisdom, local potential, and local environmental problems. On local wisdom include myths around the garden tombs Bukit Siguntang towards the preservation of ecosystems and habits of the people living in Rumah Panggung. At the local potential include the Musi River ecosystem; natural park ecosystems Punti Kayu; utilization of Kambang Iwak Besar as a place of sports; waste into a product that does not damage the environment; cultivation of fish in fish breeding centers; interaction pattern formed on the fields; cultivation butterflies in the butterfly garden; and diversity of living things in the area Agropolitan. On local environmental problems include changes in water quality from the disposal of liquid dye songket; silting up of rivers due to sand mining; water hyacinth population explosion as a result of fish farming cages; over the land of swamps to residential areas; and the impact of air pollution from vehicle fumes, factory smoke fertilizers, as well as a rubber factory smoke. The results of this study can be used as a reference for teachers in implementing the science learning biology for junir high school and in the development of teaching materials sourced locally on the material in Palembang.  
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT Sugio, Sugio
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode diskusi dengan media pembelajaran power point pada KD. 3.1, 3.2, dan 3.3. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang yang terdiri atas 34 orang. Prosedur yang ditempuh terdiri atas 3 siklus, yang terdiri dari siklus I sebanyak 2 kali pertemuan, siklus II sebanyak 2 kali pertemuan, dan siklus III sebanyak 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan tingkat keaktifan siswa, siklus I sampai dengan III telah mencapai kategori cukup aktif dan sangat aktif. Nilai post tes yang dicapai oleh siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklus baik. Sebelum tindakan, nilai ulangan harian 1,2, dan 3 hanya mencapai ketuntasan klasikal 54,8. Setelah tindakan menunjukkan peningkatan berturut-turut dari siklus I: 79,38 siklus II: 74,38, dan siklus III: 95,41. Sebelum tindakan persentase KKM ulangan harian adalah: 49,33%. Setelah tindakan persentase siswa yang mencapai KKM (mendapatkan nilai ≥75) meningkat,  siklus I: 100%, siklus II: 64,70 %, dan siklus III juga 100%. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kelompok, mengerjakan tugas-tugas, berpikir bersama, dan menjawab soal post tes. Hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang meningkat dan  respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik atau positif. Kata-kata kunci:  power point, aktivitas, dan hasil belajar.
PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI PENCEMARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN RESPON SISWA DI KELAS VII.4 SMPN 1 TANJUNG BATU Kidan, Ardius Ahmad
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT: Learning on curriculum in 2013 applying scientific learning with student-centered learning. Teaching and learning activities (KBM) were carried out every day, is the life of a class. Most of the learning process gurulah more active than the students, and yet we find that many students who are the subject of learning, more responding in the presentation phase (core) in the form of responses asking, answering the questions we ask, or also responding from questions her classmates, while learning the curriculum in 2013 students are required to seek out their own learning materials. To improve the response of students on teaching and learning activities, as well as a supporting instrument in the assessment of attitudes in the curriculum in 2013, the researchers applied learning model example non example in the presentation of material contamination in this study. This type of research is Classroom Action Research with the research procedure as follows: implementation of action plan of action → reflection → → → observation action planning next cycle. Objectives to be achieved through this research are to: determine the response improvement in grade VII.4 SMPN1 TanjungBatu on the application of material contamination with non exsampelexsampel learning model. The research instrument used in this study are: Observation sheet contains five aspects of student responses were observed, namely: 1.mengajukan question, 2.menjawab question, according 3.Mengemukakan topics discussed ideas, ideas 4.menangapi polite manner, 5. Providing solutions. Data were analyzed quantitatively, to measure the percentage increase in student responses for each indicator and the average percentage of the response of the fifth aspect of the response in each cycle. The results of data analysis are then presented in the form of descriptive description. Indicators of successful action is if the average percentage of the value of the five aspects of attitude response ≥ 75% (Good). Based on research data obtained from the second cycle the average value of the attitude of the student responses from the five aspects of attitude response assessed was 77.02%. Based on these results, we conclude that the cooperative learning model through the example of non example in the matter of pollution can increase response VII.4 junior high school students in grade 1 Tanjung Batu. Keywords: Cooperative Learning Model Type Non Example Example, student response
EFEKTIVITAS DAYA ANTI JAMUR DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM W) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANS DAN SUMBANGANNYA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA Angraini, Mery; Nazip, Khoiron; Meilinda, Meilinda
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: A studi about effect of Syzygium polyanthum W. leaves on Candida albicans was done. The objective of this experiment to know methanol S. polyanthum extract for impeding C. albicans growth as in vitro. The experiment used method of Completely Randomized Design (CRD) and analytical examination using F test by 6 treatments that are concentration of 1%, 2%, 3%, 4%, 5%, and 6% with 4 repetition. Pharameter was used namely transparant zone at aroung of papper disc. The result showed that methanol  S. polyanthum extract can impede C. albicans growth for concentration of 1%, 2% and 3% and the most active showed for concentration of 3%. Result also showed that methanol S. polyanthum extract can inhibi the growth of C. albicans with minimum inhibition concentration 1%. The conclusion that methanol S. polyanthum was potential as an antifungal toward C. albicans. Key words: Syzygium polyanthum W. leaves, antifungal, Candida albicans
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM EKSKESI MANUSIA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS Rodiah, RA Risaiyah; Huzaifah, Siti; Santoso, Lucia Maria
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan multimedia interaktif pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI SMA telah dilakukan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research/ DR) menurut Akker dengan melalui tiga tahap utama, yaitu analisis, perancangan, dan evaluasi. Evaluasi multimedia interaktif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian evaluasi adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Palembang semester ganjil tahun ajaran 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik dokumentasi, wawancara, validasi pakar (walkthrough), dan angket. Data yang berhasil dikumpulkan adalah (1) hasil data dokumetasi dan wawancara diketahui bahwa sistem ekskresi manusia merupakan salah satu meteri pelajaran biologi yang sulit dipahami, sehingga multimedia interaktif yang dikembangkan bertujuan untuk menjelaskan materi pelajaran sistem ekskresi manusia, (2) hasil data validasi pakar (walkthrough) diketahui bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinilai valid oleh validator baik dari segi isi maupun konstruk, (3) hasil data angket diketahui bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan praktis oleh para peserta didik yang telah mengisi lembar angket. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis dalam bentuk software setelah melalui tahap analisis, perancangan, dan evaluasi.   Kata kunci : Penelitian pengembangan, multimedia interaktif, valid, praktis
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Roy, Novaria; Zen, Djunaidah; Nazip, Khoiron
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : fkip unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 11 Palembang  pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar  rata - rata  sebesar 31,92 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai  90,83%. Berdasarkan hasil uji –t menunjukkan  bahwa nilai pretest dan posttest berbeda nyata, dimana nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kelas  X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan.   Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10