ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
ISSN : 24776092     EISSN : 26203391
Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhan Batu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun.
Articles 132 Documents
PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NPK MUTIARA DI UD.BARELANG TANI JAYA BATAM

Hakim, Lukmanul, Saragih, Rinjani

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 6, No 2 (2019): Volume 6 No.2 TAHUN 2019
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya Batam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey yang terdiri dari variabel Citra Merek (X1), Persepsi Harga (X2), Kualitas Produk (X3) dan Keputusan Pembelian (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Pernyataan diberikan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan melalui teknik  Random Sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Data yang terkumpul melalui kuesioner diolah dengan menggunakan aplikasi Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk variabel citra merek sebesar 9,962 dan tingkat signifikan 0,000, nilai t hitung untuk variabel persepsi harga sebesar 52,693 dan tingkat signifikan 0,000 sementara nilai t hitung untuk variabel kualitas produk sebesar 40,089 dengan tingkat signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dalam penggunaan Uji Parsial (T), terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Persepsi Harga (X2), hal ini dikarenakan nilai t hitung 52,693 > t tabel 1,672 dan tingkat signifikannya adalah 0,000 < 0,05. Jadi terdapat hasil yang positif dan signifikan dari variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya Batam dan ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang besar dalam keputusan pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya batam.

POWER OF LANGUAGE IN EDUCATION

Nasution, Meisa Fitri

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 5, No 1 (2018): VOLUME 5 NO.1 TAHUN 2018
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.681 KB)

Abstract

When we speak or write, we “tailor” what we say to fit the particular situation in which we are communicating and, at the same time, how we speak or write creates that very situation. We fit our language to a situation or context that our language, in turn, helped to create in the first place’ (Gee, 1999: 11). Furthermore, it seems that we always build and rebuild reality not just by dint of the language we employ but through language as discourse, i.e., language used in tandem with non-linguistic cues and symbol systems, tools, actions, interactions, technologies, and particular ways of thinking, feeling, or believing (ibid.). In looking at how power is exercised through language, the capability to refer to real examples that is found, and explained texts. But have a theoretical approach that will enable to interpret language data is presented with in an exam. Among other things, one should look at pragmatics and speech act theory, lexis and semantics (forms and meanings), forms that include or exclude (insiders or outsiders), structures (at phrase, clause and discourse level), forms of address, phatic tokens, as well as structural features of speech, which may be used to exercise or establish power. And in some contexts, one will need to be able to show how rhetorical devices are used to influence an audience

PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN (CUSTOMER EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN KULINER JAWA RANTAUPRAPAT

Dewi, Ira Triyana, Hasibuan, Muhammad Irwansyah

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 3, No 1 (2016): Volume 3 No. 1 Tahun 2016
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.164 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman pelanggan (customer experience) terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Kuliner Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Rumah Makan Kuliner Jawa selama waktu penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Peneliti mengambil 96 orang pelanggan sebagai sampel. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisien determinasi. Pada pengujian secara serempak (uji F) diketahui bahwa pengalaman pelanggan (customer experience) yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel Sense, Feel, dan Think secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Act dan Relate berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,562 berarti 56,2% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh pengalaman pelanggan (customer experience) yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate, sedangkan sisanya 43,8% dapat dijelaskan oleh variabel lainn yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

PENGARUH KESEMPATAN PROMOSI, PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. RUBBER HOCK LIE RANTAUPRAPAT

Nasution, Siti Lam'ah

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 No. 1 Tahun 2017
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.354 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesempatan Promosi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pelaksana PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proporsionate random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS 20.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesempatan promosi (X1), pelatihan (X2) dan lingkungan kerja (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial dapat dilihat bahwa variabel kesempatan promosi (X1) dan lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat, sedangkan variabel pelatihan (X2) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Nilai Adjusted R Square = 0,614, yang berarti 61,4% variabel terikat dijelaskan oleh variabel bebas sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel lain yang diluar penelitian ini.

ANALISIS DETERMINAN PENDAPATAN USAHA KECIL DI KABUPATEN LABUHANBATU

Nasution, Zulkarnain

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No. 1 Tahun 2014
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.845 KB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau membedakan faktor-faktor yang mempengaruhi pedagang kecil di Kabupaten Labuhanbatu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari lapangan. Sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengambil 150 responden dari total populasi pedagang kecil yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ekonometrik dan metode yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS). Koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa semua variabel seperti modal kerja, tingkat pendidikan, jumlah pengusaha dan jam kerja dapat menggambarkan semua variasi pendapatan yang diterima pedagang kecil sebesar 67 persen, sedangkan 33 persen bukan modelnya. Oleh karena itu, uji F (all over test) menunjukkan bahwa semua variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal kerja berpengaruh signifikan terhadap total pendapatan yang diterima pedagang kecil pada tingkat α = 5%. Sementara itu, jumlah pengusaha, jam kerja, tingkat pendidikan signifikan pada α = 10%.

PENGARUH PROSES PEMBERIAN KREDIT TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KANTOR CABANG KOMPLEK TASBI MEDAN

Pristiyono, Pristiyono

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 2, No 2 (2015): Volume 2 No. 2 Tahun 2015
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.292 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pemberian kredit terhadap minat nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Tasbi Medan. Populasi dalam penelitian adalah nasabah kredit aktif PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Komplek Tasbi Medan yang berjumlah 11.578 orang pada bulan April 2014. Dalam penelitian ini ukuran sampel ditentukan oleh bentuk uji statistika dengan menggunakan rumus Taro Yamane yang dikutip oleh Riduwan (2004), maka sampel dalam penelitian ini adalah 99.14 responden atau dapat dibulatkan menjadi 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan model analisis jalur dengan software AMOS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persyaratan kredit berpengaruh langsung terhadap minat nasabah, variabel tingkat bunga kredit tidak berpengaruh langsung terhadap minat nasabah dan variabel jangka waktu kredit berpengaruh langsung terhadap minat nasabah. Kata Kunci: Persyaratan Kredit, Tingkat Bunga Kredit, Jangka Waktu Kredit.

PERANAN PAJAK DAERAH TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI KABUPATEN LABUHANBATU

Siregar, Nurintan Asyiah

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2014): Volume 1 No. 2 Tahun 2014
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.397 KB)

Abstract

Pajak merupakan kontribusi orang ke kas negara terhadap hukum (bisa dipaksakan) dengan tidak bisa menyeimbangkan pendapatan. Yang memiliki tujuan dan digunakan untuk pemukiman umum. Seperti kita ketahui bahwa pajak memiliki bagian dari peningkatan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi merupakan proses yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat percapita untuk program jangka panjang. Dalam hal ini, penulis menganalisis bagian pajak daerah pembangunan ekonomi di Labuhanbatu. Alasan memilih pajak daerah sebagai variabel bebas karena pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di Labuhanbatu. Perkiraan dari model regresi pembangunan ekonomi (PDRB) dengan pajak daerah sebagai variabel independen dengan menggunakan eviews 4.1 program, kita mengetahui bahwa pajak daerah berpengaruh signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Labuhanbatu.

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI MELALUI PROGRAM PELATIHAN

Hasibuan, Muhammad Irwansyah

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 5, No 1 (2018): VOLUME 5 NO.1 TAHUN 2018
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.651 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada perusahaan mengenai strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan bisnis perusahaan yang terus mengalami perubahan sesuai tuntutan zaman. Salah satu langkah tepatnya adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya unggul tetapi mampu menjawab perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal perusahaan. Pengembangan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi. Metode penelitian ini deskriptif yaitu, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Hasil Penelitian yang dilakukan mengenai pengembangan sumberdaya manusia bergantung pada pelatihan yang diterapkan perusahaan atau organisasi. Kata kunci:   Pengembangan,Pelatihan. 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH PT.BRI SIMPANG ENAM RANTAUPRAPAT

Pristiyono, Pristiyono

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 No. 1 Tahun 2017
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.303 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung pelayanan terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung produk terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung citra terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung teknologi terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung lokasi terhadap kepuasan nasabah dan untuk mengetahui pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kuantitatif. Selanjutnya data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data sekunder yaitu dengan melakukan studi literatur yang mencakup kajian teori, penelitian sebelumnya dan model yang berkaitan dengan masalah yang diperoleh dari perpustakaan dan internet. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dari 100 (seratus) responden yang merupakan nasabah Bank Rakyat Indonesia Simpang Enam Rantauprapat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis jalur (path analysis) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel produk berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel citra berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel teknologi berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel lokasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan dan variabel kepuasan berpengaruh langsung terhadap loyalitas.

PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN BINTANG IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO PADA CV. INDAKO TRADING CO RANTAUPRAPAT

Bhakti, Surya, Nasution, Muda Pardamean

ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No. 1 Tahun 2014
Publisher : STIE Labuhan Batu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.812 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat, baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 86 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Variabel yang peling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen adalah kredibilitas perusahaan. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat mempu dijelaskan oleh  kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan sebesar 45,9%, sementara sisanya sebesar 54,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, misalnya harga, kualitas produk, desain, dan lain sebagainya.

Page 1 of 14 | Total Record : 132