cover
Contact Name
Aulia Novemy Dhita
Contact Email
aulianovemydhita@unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aulianovemydhita@unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 19788673     EISSN : 26569620     DOI : -
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali setahun (Februari dan Agustus).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI KOTA LUBUKLINGGAU TAHUN 2001-2016 (SUMBANGAN MATERI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU) dika, diki jayan; RWD, Farida; Hasan, Yunani
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Perkembangan Sosial Ekonomi Kota Lubuklinggau Tahun 2001-2016 (Sumbangan Materi Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lubuklinggau)”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan sosial Kota Lubuklinggau tahun 2001-2016 dan bagaimana perkembangan ekonomi Kota Lubuklinggau tahun 2001-2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial Kota Lubuklinggau tahun 2001-2016 dan untuk mengetahui perkembangan ekonomi Kota Lubuklinggau tahun 2001-2016. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan langkah-langkah: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Kota Lubuklinggau menjadi kota madya pada tahun 2001 setelah sebelumnya menjadi kota administratif dari Kabupaten Musi Rawas. Pada bidang sosial yang diteliti penulis mencakup pada bidang pendidikan, agama, kesehatan, kemiskinan, keamanan, dan ekonomi. Peningkatan terjadi yakni pada bidang pendidikan, agama, kesehatan dan keamanan dan penurunan terjadi pada bidang kemiskina. Sedangkan pada bidang ekonomi, terjadi peningkatan baik pendapaatan daerah regional bruto (PDRB) maupun pendapatan perkapita Kota Lubuklinggau.Kata kunci : Kota Lubuklinggau, Sosial, Ekonomi
PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN MARGA DI UJAN MAS KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 1975-1983 Adelia, Mareta; hasan, yunani; sair, alian
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Perkembangan Pemerintahan Marga di Ujan Mas Kabupaten Muara Enim Tahun 1975-1983”. Penelitian ini menggunakan metode historis, dengan menggunakan langkah-langkah heuristik, kritik sumber, interprestasi, dan historiografi yang dilakukan melalui penelusuran studi pustaka dan metode penelitian wawancara. Penelitiaan ini membahas tentang perubahan sistem pemerintahan marga yang berubah menjadi sistem pemerintahan desa, perubahan ini seiring dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 5 tahun 1979 tentang pemerintahan daerah. Maka dengan Undang-Undang tersebut, Sumatera Selatan mengeluarkan Surat Keputusan Guberner Nomor 142/KPTS/III/1983 yang menyatakan dihapuskannya pemerintahan marga di Sumatera Selatan. Berubahnya sistem pemerintahan marga ke pemerintahan desa, maka berubah pula struktur terhadap pemerintahan marga yang merupakan organisasi terendah menjadi dusun yang merupakan bagian dari marga sebelumnya dan menjadi lingkup organisasi pemerintahan terendah bukan marga. Perubahan ini juga terjadi pada struktur pemerintahan yang menjalankan pemerintahan daerah di kecamatan Ujan Mas.Kata kunci : Perkembangan, Pemerintahan Marga, Pemerintahan desa
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG inah, mutmainah; ida, hudaidah; yusuf, syafruddin
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penilitian ini berjudul ”Pengaruh Media Pembelajaran Quipper School terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palembang”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah pengaruh penerapan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah 2 Model Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, sehingga terpilih kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 45 orang. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji regresi. Diketahui Fhitung 42,61 sedangkan Ftabel 4,07. Karena Fhitung > dari Ftabel maka tolak H0 dan terima Ha, artinya menerapkan media Quipper School memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palembang.Kata Kunci: Quipper School, media pembelajaran, hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ardiyanti, Wendy; safitri, sani; Susanti, LR Retno
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Windows Movie Maker Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Sekolah Menengah Atas”. Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran sejarah yang valid dan efektivitas.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran sejarah yang valid dan efektif SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip meliputi : planning, design, dan development. Kevalidan media termasuk dalam kategori valid dengan rerata nilai sebesar 3,87, kevalidan materi termasuk dalam kategori valid dengan nilai rerata 3,92, kevalidan desain pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai rerata 4,6. Dampak potensial media pembelajaran menggunakan windows movie maker terlihat dari peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Nilai rerata pretest yang diperoleh sebesar 42,33 yang termasuk dalam kategori rendah sedangkan nilai postes yang diperoleh sebesar 83,33. Hal ini menunjukkan media pembelajaran menggunakan windows movie maker dengan materi peristiwa gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia ini memiliki nilai valid dan efektivitas.Kata Kunci : pengembangan, media pembelajaran, kevalidan, dan windows movie maker.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BANYUASIN 1 suhendra, Desky; pri, supriyanto; safitri, sani
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Banyuasin 1”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rumusan masalah yang diteliti yaitu berpengaruh atau tidak penggunaan media video terhadap hasil belajar dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 April sampai dengan 14 Mei 2018 selama empat kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Banyuasin 1. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Variabel penelitian ini yaitu media video (variabel bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis adalah uji T dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa ada pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyuasin 1. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel atau 3,71 > 1,671.Kata Kunci : Pengaruh, Media Video Sejarah, Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5