cover
Contact Name
La Ode Achmad Suherman
Contact Email
ldasuherman91@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asrulnazar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
ISSN : 24605697     EISSN : 26552906     DOI : -
Sang Pencerah adalah jurnal Universitas Muhammadiyah Buton. Penerbitan jurnal tersebut, atas dasar untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah baik dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Buton maupun dosen-dosen di luar lingkup Universitas Muhammadiyah Buton.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton" : 7 Documents clear
GEJALA MAKNA PREFIKS BAHASA KEPULAUAN TUKANG BESI DIALEK KALEDUPA Nazar, Asrul
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.266 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.284

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Gejala Makna Prefiks Bahasa Kepulauan Tukang Besi Dialek Kaledupa Kaledupa. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahasa Kepulauan Tukang Besi dialek Kaledupa terdapat beberapa macam prefiks yang dapat mengubah makna ketika ditambahkan kata dasar yaitu; no- dan po-. Prefiks no- yang dibentuk dari bentuk kata dasar yang berupa verba, maka hasil perubahan maknanya melalui prefiks no- tetap menjadi verba yang mengacu pada suatu tindakan. Prefiks po- jika digabungkan dengan bentuk kata dasar yang berupa, verba, nomina dan adjektiva maka hasil perubahan maknanya melalui prefiks po- akan menjadi verba tetap menjadi verba tetapi mengalami perubahan makna yang mengacu pada suatu aktivitas atau kegiatan.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGHASILAN TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP NEGERI 7 BAUBAU, KECAMATAN MURHUM KOTA BAUBAU Muda, La
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.037 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh tingkat pendidikan dan penghasilan  secara simultan  terhadap motivasi kerja guru, (2) pengaruh tingkat pendidikan terhadap motivasi kerja guru (3) pengaruh penghasilan terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri 7 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru-guru yang bekerja di SMP Negeri 7 Baubau yang berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus atau sampel jenuh dengan mengambil keseluruhan populasi, sehingga diperoleh 47 orang sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa  tingkat pendidikan dan penghasilan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai Signifikansi  sebesar 0,000  lebih kecil dari taraf kepercayaan 5% atau 0,05. Besanya persentase pengaruh tingkat penddidikan dan penghasilan secara simultan terhadap motivasi kerja guru sebesar 55,4% dan 44,6% dipengaruhi oleh faktor yang lain di luar variabel yang diteliti. Secara parsial  variabel tingkat pendidikan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dan variabel penghasilan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja  guru. Variabel penghasilan merupakan variabel yang dominan berpengaruh signifikan  terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri  7 Baubau.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI BELAJAR SERTA KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X-1 SMA NEGERI 3 BAUBAU mujurimi, Mujurimi
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.808 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.287

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa, untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan motivasi dan partisifasi belajar sehingga dapat merubah paradigma belajar dari teacher centered ke student centered. Secara tidak langsung metode ini berhasil juga meningkatkan hasil atau prestasi belajar serta kreativitas siswa dalam belajar.
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BAUBAU Taherong, Rosmawati; Hidayati, Nur
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.107 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefektifan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku merokok siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Baubau. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah keefektifan konseling kelompok Rasional Emotif Behavior Terapi untuk mengurangi perilaku merokok siswa. Metode penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian  ini  menghasilkan : 1) Pengumpulan data menggunakan skala likert di SMP dan Analisis  data  menggunakan  Program Komputer SPSS 16.00; 2) profil perilaku merokok siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau Tahun Ajaran 2017/2018; 3) perilaku merokok yang mulanya tinggi pre-test dengan presentase 49.81%, setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menurun menjadi  kategori rendah atau post-test dengan presentase 35.02%; 4) Program layanan konseling kelompok yang diberikan terbukti efektif dalam uji singnifikan P= 0,004 lebih kecil dari P=0,005 yang berarti efektif meningkatkan kebiasaan belajar. Adapun hasil rekomendasi penelitian ini bagi pihak sekolah, siswa, guru bimbingan dan konseling, dan penelitian selanjutnya.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN SERTA ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI I BAUBAU KECAMATAN WOLIO KOTA BAUBAU sadafin, Sadafin
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.811 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar  dan peran serta orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh peran serta orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII, IX SMP Negeri 1 Baubau. Pengambilan sampel dengan teknik claster random (sampling klaster) dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa  motivasi belajar dan peran serta orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 36,5%. Demikian pula secara parsial motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan peran serta orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau. Variabel motivasi belajar diperoleh nilai t= 3,414 dan variabel peran serta orang tua diperoleh nilai t = 3,253. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  variabel motivasi belajar merupakan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau.
ANALISIS DEIKSIS DIALEK KULISUSU MASYARAKAT DESA RANTE GOLA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA Stofiana, Tofan
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.609 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Deiksis Dialek Kulisusu Masyarakat Desa Rante Gola Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan tidak mengutamakan angka-angka, tetapi mengutamakan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antara konsep yang sedang dikaji secara impiris. Berdasarkan hasil penelitian ini Deiksis Dialek Kulisusu Masyarakat Desa Rante Gola Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara yaitu: Dieksis Orang atau Persona, Dieksis Tempat, Dieksis Waktu, Dieksis Wacana, Dieksis Sosial, Dieksis Penunjuk.
PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MIND MAP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MEMECAHAKAN MASALAH PADA SMK NEGERI 2 MAKASSAR Kurniawan, Unhaluddin T
Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.444 KB) | DOI: 10.35326/pencerah.v4i1.291

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest–posttest. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa secara random. Pengumpulan data menggunakan skala dan dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan siswa mencapai rata – rata skor 75,067 dan setelah perlakuan mencapai rata–rata 75,53 sehingga peningkatan terjadi sebesar 0,643. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7