cover
Contact Name
Riawan Yudi Purwoko
Contact Email
riawanyudi@umpwr.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@umpwr.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
ISSN : 2477829X     EISSN : 25414070     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATA KULIAH MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS SD UNTUK MAHASISWA S1 PGSD Hardiman, Hardiman
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.288 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) megembangkan software PBK pada mata kuliah materi dan pembelajaran tutorial yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah belajar tutee trutama modul sebagai sumber belajar dalam rangka mencapai efektifitas, efisiensi dan daya tarik (2) mengungkapkan kelayakan produk ini digunakan untuk pembelajaran tutorial. Jenis data yang digali dalam penelitian adalah ketepatan rancangan dan media, ketepatan isi bahan ajar, dan kemenarikan bahan ajar. Data dikumpulkan dengan cara pemberian ceklis dan review seorang ahli materi dan ahli media, pemberian angket kepada tutee individu, kelompok kecil, ujicoba lapangan. Analisis data dengan menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi program PBK dirancang sesuai dengan silabus mata kuliah materi dan pembelajaran IPS SD. Oleh karena itu, dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah materi dan pembelajaran IPS SD. Sebagai bagian dan strategi model pencapaian model interaktif dan sumber-sumber pembelajaran PIPS, isi pembelajaran tutorial. PTBK  merupakan bagian dari strategi dan model pencapaian isi pembelajaran tutorial yang sangat efisien dengan terbatasnya tutor, alokasi waktu dan sumber belajar atau modul dalam mata kuliah dan pembelajaran IPS SD. PBK sebagai bagian dari strategi dan model pencapaian isi pembelajaran memiliki daya tarik tinggi.   Kata kunci : pembelajaran, komputer, sekolah dasar
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA SMP Susanto, Dwijo
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.059 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan melibatkan subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 40 Purworejo berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pemilihan kelas ini dilakukan karena keterlibatan siswa dalam proses rendah disbanding kelas yang lain.Berdasarkan analisis data disimpulkan pembelajaran menggunakan model two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018.   Kata kunci : keaktifan siswa, model pembelajaran TSTS, hasil belajar siswa
PENDIDIKAN DAN REKONSTRUKSI BUDAYA Djamal, M.
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.375 KB)

Abstract

Riset ini dilakukan untuk mengetahui peran pendidikan dalam merekontruksi kebudayaan khususnya  masyarakat Indonesia. Kebudayaan masyarakat tidak selalu mampu menyerap unsur-unsur baru yang berkembang di era global saat ini. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu megambil peran lebih banyak untuk  mendorong melahirkan kebudayaan yang unggul sesuai dengan tuntutan  perkembangan jaman. Mentalitas masyarakat seperti rendah diri, hipokret, tidak menghargai mutu dan sebagainya perlu diperbaiki melalui pendidikan yang bermutu. Untuk membahas permasalahan tersebut digunakan metode deduktif dengan pendekatan teori kritis. Teori ini berasumsi bahwa untuk mencapai masyarakat yang maju harus ditumbuhkan sikap kritis terhadap struktur sosial  dan budaya. Kesimpulan dari riset ini ialah bahwa pendidikan dapat menjalankan fungsi rekonstruksi budaya apabila mau mengubah praktek-praktek pendidikan yang kurang baik selama ini seperti penekanan hanya pada aspek kognitif, proses  belajar tidak interaktif,  sikap kritis siswa tidak dikembangkan dan lain-lain. Untuk itu, pendidikan harus dimaknai sebagai proses pembebasan, humanisasi dan proses pembudayaan. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, perlu waktu,  kerja keras serta political will dari semua pihak.Kata Kunci: Pendidikan, Rekonstruksi, Budaya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA SMA Sunaryo, Sunaryo
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.204 KB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking secara signifikan  siswa SMA Negeri 11 Purworejo dengan model pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), khususnya kelas X-4 bisa mencapai nilai diatas KKM minimal 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat diketahui adanya peningkatan proses yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata 69,17 dan yang tuntas 11 siswa dari 30 siswa (36,67%), pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 72,17 dan yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa (46,67%), dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,83 yang tuntas menjadi 28 siswa atau meningkat menjadi 93,33%, sehingga peningkatan 46,66% untuk ketuntasannya. Sedangkan rata-rata hasil pengamatan terhadap aspek afektif (sikap dan nilai yang meliputi perilaku siswa) dan psikomotorik (keterampilan atau kemampuan bertindak setelah siswa menerima pembelajaran)  siswa meningkat, yaitu afektif dari 76  pada siklus I menjadi 84 pada siklus II dan psikomotorik dari 77 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Begitu juga pengamatan pada aktivitas guru persentase tertinggi dari rata-rata hasil pengamatan 18,51 % dalam katagori baik sekali, 70,387% aspek-aspek proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru berkategori baik, dan 11,11% dikatagorikan cukup. Artinya bahwa penampilan mengajar guru dari siklus I   ada perubahan positif pada siklus II dan dapat dikatagorikan baik berdasarkan aspek-aspek dalam perencanaan pembelajaran, kegiatan utama, dan pemantapannya. Kata kunci : kemampuan speaking, pendekatan CTL, hasil belajar siswa
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA TEKSTIL MAPEL BATIK DI SMK Herlina, Sri; Widoyoko, S. Eko Putro
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.171 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena banyaknya guru yang mengalami kesulitan menyusun instrumen penilaian autentik, khususnya dalam Desain dan Produksi Kriya Tekstil  Mapel Batik di SMK. Hasil akhir penelitian ini adalah dihasilkannya instrumen penilaian autentik  untuk Desain dan Produksi Kriya Tekstil  Mapel Batik di SMK. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Plomp yang  dikombinasikan dengan model Borg & Gall. Metode pengumpulan data menggunakan FGD dan Delphi. Analisis data menggunakan  analisis deskriptif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa instrumen penilaian: 1) membuat rencana gambar motif batik cap, 2) memola motif batik di atas kain, 3) membuat gambar motif batik, 4) membuat karya batik cap, 5) membuat karya batik tulis klasik, dan 6) membuat karya batik tulis modern, merupakan instrumen penilaian autentik yang layak digunakan untuk  menilai Desain dan Produksi Kriya Tekstil  Mapel Batik di SMK. Kata kunci : penilaian autentik, rubric, focus group discussion, delphi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDIO PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Suyitno, Suyitno; Syakirun, Syakirun
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.661 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) perosedur pengembangan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018 dan 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.  Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran motor bakar 4 langkah meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) media pembelajaran motor bakar 4 langkah yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X TKR, di SMK Puspajati. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 80% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 80% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 10.631 dan p = 0,000) pada siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2018. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 80% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 81.70% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media motor bensin 4 langkah dan yang menggunakan media motor bensin 4 langkah. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,241 dengan p = 0.840, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 10.631 > 1.708. Dengan demikian media pembelajaran motor bensin 4 langkah telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motor Bakar 4 Langkah, Hasil Belajar
NEEDS ANALYSIS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-KOMIC UNTUK SISWA SMP Astuti, Erni Puji; Yuzianah, Dita; Purwoko, Riawan Yudi
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.525 KB)

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran matematika SMP diperlukan di tengah krisis budaya yang semakin memprihatinkan. Pembelajaran matematika juga masih berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang memperhatikan budaya lokal sebagai nilai luhur dan sumber belajar khususnya di Kabupaten Purworejo. Tujuan awal dari kegiatan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, kegiatan ini merupakan rangkaian dari pengembangan produk utama berupa e-komic sebagai pendukung pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah suvey dengan teknik wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan siswa tentang budaya sangat kurang dan sikap unggah-ungguh siswa dalam berperilaku masih kurang yang mengakibatkan krisis budaya terjadi di kalangan siswa. Selain itu media pembelajaran berupa komik perlu dikembangkan karena berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa 83,33% menyukai komik.  Materi bangun ruang sisi datar yang dianggap sulit karena membutuhkan media untuk penunjang pembelajaran. Kata kunci: Matematika, Media, E-Komik
PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Rahman, Yurni
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.375 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan manajemen Pembelajaran full day school di SDN Ipilo Gorontalo; (2) Tingkat motivasi belajar siswa dalam   mengikuti pembelajaran full day school SDN 63 Gorontalo,; (3) Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar siswa di SDN Ipilo Gorontalo. Teknik yang digunakan adalah stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket, selanjutnya dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier sederhana. Manajemen pembelajaran full day school di SDN Ipilo Gorontalo tergolong sangat baik, motivasi belajar siswa di SDN Ipilo Gorontalo tergolong tinggi, berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana diperoleh hasil ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pembelajaran full day school dan motivasi belajar siswa SDN Ipilo Gorontalo. Hal ini disebabkan oleh Full Day School (FDS) yang merupakan siswa bersekolah sehari penuh. Dengan itu maka, sekolah dapat mengatur jadwal pelajaran dengan leluasa, disesuaikan dengan bobot mata pelajaran dan ditambah dengan pendalaman materi. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi pihak sekolah menyelenggarakan program full day school yakni para orang tua berkeinginan memasukkan anaknya ke Full Day School (FDS), karena orang tua merasa terjamin anaknya erada dilingkungan sekolah dimana orang tuanya masih sibuk bekerja untuk mencari nafkah.Kata Kunci :  manajemen pembelajaran, full day school, motivasi belajar siswa
PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP Astuti, Erni Puji
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.619 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Data yang dikumpulkan yaitu hasil pekerjaan siswa. Snowball sampling sebagai teknik pengambilan subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 2 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenalaran matematis subjek S1 dan subjek S2, mempunyai penalaran matematis yang baik karena memenuhi semua indikator penalaran matematis. Hal ini menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa SMP baik.
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Widoyoko, S. Eko Putro; Kustilah, Sri
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.422 KB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi  kelas XI IPS di SMA Kabupaten Purworejo Tahun 2016/2017 ditinjau dari  tingkat kesulitan, daya pembeda, dan  efektivitas pengecoh. Populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Kabupaten Purworejo yang berasal dari 23 SMA.  Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster  random sampling. Sampel berjumlah 511 siswa yang berasal 8 SMA negeri dan swasta. Berdasarkan kurikulum yang digunakan dibedakan menjadi SMA yang menggunakan Kurtilas dan KTSP. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA yang menggunakan Kurtilas : a) 8 butir soal (20%) merupakan butir soal yang sangat baik dan dapat disimpan di bank soal untuk dapat digunakan kembali. Sisanya 80% (32 butir soal) merupakan butir soal yang kurang baik dan perlu direvisi apabila akan digunakan lagi. b) Secara keseluruhan soal UAS gasal 2016/2017 termasuk instrumen dengan kategori yang baik. Hal ini didukung dengan reliabilitas yang  tinggi yaitu 0,908. Bagi SMA yang menggunakan KTSP : a) 12 butir soal (30%) merupakan butir soal yang sangat baik dan dapat disimpan di bank soal untuk dapat digunakan kembali. Sisanya 70% (28 butir soal) merupakan butir soal yang kurang baik dan perlu direvisi apabila akan digunakan lagi. b) Secara keseluruhan soal UAS gasal 2016/2017 termasuk instrumen dengan kategori yang baik. Hal ini didukung dengan reliabilitas yang  tinggi yaitu 0,704.