cover
Filter by Year

Analysis
Automotive Engineering Education Journals
Jurnal Online Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Jurnal ini merupakan salah satu media untuk mempublikasikan hasil karya mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif UNP berupa tulisan ilmiah yang disarikan dari karya akhir mahasiswa. Sebagai salah satu syarat kelulusan jenjang pendidikan S1.
Articles
38
Articles
STUDI TENTANG MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 BANGKINANG

Derisman, Aken

Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian Ini merupakan penelitian Deskriptif yang bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 1 Bangkinang yang berjumlah 1030 orang. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui kusioner yang berkaitan dengan Minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Bangkinang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa Minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Bangkinang sudah tergolong tinggi dengan persentase 77,44%, hal ini dapat diketahui setelah dikonsultasikan dengan tabel Interval persentase yang berada pada rentang 67,00% - 83,00%.This Research is kind of descriptive experiment that have purpose to know how much the interesting of Students in SMKN 1 Bangkinang to develope their Entrepreuner spirit. The population in this research is all of the students in SMKN 1 Bangkinang totally about 1030 students. Random Sampling is technique that used to get sample in this research. Amount of sample in this research is 103 students. Primary data is used in this research, where this data come from qoutioner that given to the sample. The qoutioner has relation with the interesting of the students in SMKN 1 Bangkinang to develope their entrepreuner spirit. In this research, descriptive analysis is used to data analysis technique. Based from data analysis, the spirit of students entrepreuner can be classified in high persentation with value 77,44 % ; this result can be known after looking at percentage interval table that have value in range 67,00% - 83,00%. 

HUBUNGAN MINAT BEKERJA DI DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 PADANG

Andryvo, Andryvo, Martias, Martias, Andrizal, Andrizal

Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan saat Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 5 Padang. Masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran kompetensi produktif, tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah faktor psikis yaitu minat bekerja di Dunia Usaha/Dunia Industri  (DUDI) nantinya. Minat bekerja  merupakan salah satu faktor psikis yang bersifat non intelektual. Peranannya dalam hal pemberi semangat, merasa senang dalam  melakukan sesuatu, dan penumbuh perhatian semangat untuk belajar yang  itu semua adalah untuk bekerja di DUDI. Siswa yang memiliki minat bekerja yang kuat akan punya semangat tinggi untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat bekerja  dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan antara minat bekerja dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi yang awalnya berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane, namun menjadi 33 orang karena terdapat 2 orang sampel yang melakukan pengisian data secara tidak benar dalam mengisi instrumen.  Data minat bekerja  diperoleh dari penyebaran angket sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari kantor jurusan teknik otomotif. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 16 Februari 2013 sampai dengan tanggal 6 Maret 2013. Dari analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,3937 > 0,344) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,5941 > 2,042) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat bekerja  dengan hasil belajar mata pelajaran produktif  siswa kelas XII TeknikKendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang.

HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TKR SMK NEGERI I LEMBAH MELINTANG

Rahmad, Taufik, Ismet, Faisal, Fernandez, Donny

Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Rendahnya hasil belajar siswa mata diklat gambar teknik kelas X jurusan TKR SMK Negeri 1 Lembah Melintang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya baik faktor eksternal maupun internal. Untuk melihat hubungan dan seberapa kuat hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan fasilitaas belajar dengan hasil belajar pada mata diklat gamabar teknik siswa kelas X jurusan TKR SMK Negeri 1 Lembah Melintang”.Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TKR SMK Negeri 1 Lembah Melintang yang berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 29 November 2012. Data fasilitas belajar diperoleh dari angket dalam bentuk skala likert sebanyak 51 item. Untuk uji validitas butir angket menggunakan rumus product moment dimana terdapat 40 item yang valid dan 11 item yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas angket menggunakan metode Alpha Cronbach dimana tingkat reliabilitas instrumen dalam kategori sangat kuat. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata rapor semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel (0,6140 > 0,329) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (4,536 > 2,042) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar pada mata diklat gambar teknik siswa kelas X Jurusan TKR SMK Negeri I Lembah Melintang.Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Hubungan

PENGARUH PENGGUNAAN GAS ELEKTROLISA AIR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL

Khairat, Khaznel, Maksum, Hasan, Martias, Martias

Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Cadangan bahan bakar minyak semakin menipis. Sedangkan konsumsinya selalu meningkat. Bahan baku yang melimpah di alam seperti air, belum termanfaatkan secara optimal. Padahal penguraian unsur air akan menghasilkan zat yang mendukung pembakaran yang diharapkan dapat menjadi sebagai sumber energi. Penguraian itu dapat dilakukan dengan elektrolisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan gas elektrolisa air berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar motor diesel. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dengan cara mengukur konsumsi bahan bakar motor diesel tanpa penggunaan gas elektrolisa air, kemudian diukur pula konsumsi bahan bakar motor diesel dengan penggunaan gas elektrolisa air. Lalu dilihat perbedaannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh thitung labih besar dari ttabel. Hipotesis yang digunakan adalah terdapat pengaruh penggunaan gas elektrolisa air terhadap konsumsi bahan bakar motor diesel, diterima pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Elektrolisa, air, konsumsi, bahan bakar.

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PERBAIKAN SISTIM REM TEKNIK MEKANIK OTOMOTIFD DI KELAS XI SMK N. 1 GUGUK TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Herman, Herman, Darman, Darman, Maksum, Hasan

Automotive Engineering Education Journals Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran perbaikan sistem rem siswa kelas XI Otomotif SMKN 1 Guguk. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu kebiasaan belajar sebagai variabel X dan hasil belajar perbaikan sistem rem siswa sebagai variabel Y. Untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa digunakan beberapa dimensi yang dapat menjabarkan kedua variabel tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk menginterprestasikan data dan menghitung besar korelasi yang dimilikinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif SMKN 1 Guguk yang berjumlah 62 orang. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan pendapat Surakhmad (1994) sehingga diperoleh sampel 32 orang. Uji coba instrumen dilakukan terhadap siswa Kelas XI Otomotif 1 SMKN 1 Guguk yang berjumlah sebanyak 32 orang, untuk menentukan validitas angket digunakan rumus Product Moment dengan bantuan program SPSS versi.15 sehingga diperoleh pernyataan tidak valid nomor 10, 16, 20, 25, 27, dan 34. Untuk menentukan reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbbach yang di bantu menggunakan program SPSS versi.15 diperoleh harga rhitung 0,925 dengan rtabel = 0,349 artinya instrumen penelitian sangat reliabel. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,442 dimana harga rtabel = 0,369, karena rtabel < rhitung maka dapat disimpulkan  bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar perbaikan sistem rem siswa kelas XI Otomotif 1 SMKN 1 Guguk, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang. Kata Kunci   : motivasi, kebiasaan belajar,  hasil belajar, matapelajaran chasis, siswa SMK

HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MPB BIDANG KEPENDIDIKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF ANGKATAN 2008 FT UNP

Arif, Ahmad, Maksum, Hasan, Martias, Martias

Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2012): Automotive Engineering Education Journal
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah MPB bidang kependidikan yang belum maksimal dan 14% diantaranya belum tuntas. Jenis penelitian bersifat deskriptif yang berbentuk korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat mahasiswa menjadi guru dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah MPB bidang kependidikan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2008 FT UNP yang terdaftar pada semester Januari–Juni 2012. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat menjadi guru dengan hasil belajar mata kuliah MPB bidang kependidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2008 FT UNP.-------------------------------------------------------------------The research is based on by the results study of students in courses that still produce field MPB which is not maximum and 14%  among them havent’t reached the target. Type of this research is a descriptive with correlation form, that aims to know whether or not there is a relationship between interests students as a teacher with the result student in the field of education MPB courses. Sampling using a proportional random sampling technique with the subject is all students Programme Automotive Engineering Education the 2008 FT UNP are registered on the semester January–June 2012. The technique of data collection through the dissemination of the question form and documentation. The research showed that there is a positive and significant relationship between interest students as a teacher with the result student in the field of education MPB courses  Programme Automotive Engineering education the 2008 FT UNP.Kata kunci: minat menjadi guru, hasil belajar, mata kuliah MPB bidang kependidikan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN/SERVIS TRANSMISI MANUAL KELAS II DI SMKN 1 KEC. GUGUAK

Gunawan, Ari, Jama, Jalius, Alwi, Erzeddin

Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2012): Automotive Engineering Education Journal
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Diklat Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Jurusan Teknik Otomotif di SMK N 1 Kec. Guguak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kecendrungan hasil belajar siswa terhadap mata Diklat Pemeliharaan/Servis transmisi Manual, 2) untuk mengetahui Minat belajar siswa pada mata Diklat Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual, 3) untuk mengetahui Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat pemeliharaan/servis transmisi manual siswa jurusan teknik otomotif di SMK N 1 Kec. Guguak. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Hasil hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini Ha diterima, Ho ditolak karena terdapat hubungan minat belajar terhadap hasil belajar mata diklat pemeliharaan/servis tranmisi manual t hitung> t tabel (2,076 > 1,684). Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat Ha diterima pada taraf kepercayaan 5%.-------------------------------------------------------------------The problem in this study low student learning outcomes in the eyes of Training Maintenance / Service Manual Transmission Automotive Engineering Department at SMK N 1 district. Guguak. The objectives in this study were 1) to determine the level of students tendency to eye training Maintenance / Service Manual transmission, 2) to assess student interest in the eyes of Training Maintenance / Service Manual Transmission, 3) to determine the relationship Interests Against Learning student Results in Eye Training of maintenance / servicing manual transmission automotive engineering students at SMK N 1 district. Guguak. The results of this study revealed that the results of the proposed hypothesis in this study received Ha, Ho is rejected because there is interest in studying the relationship of the learning outcomes of the training eye care / service manual tranmission t count> t table (2.076> 1.684). Thus the previously proposed hypothesis Ha accepted at 5% confidence level.

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

Candra, Marta Eka, Amin, Bahrul, Nasir, M

Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2012): Automotive Engineering Education Journal
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis di SMK Negeri 2 Payakumbuh, masalah dalam  penelitian ini adalah motivasi belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung lebih banyak muncul aktivitas negatif dari siswa seperti bercanda dengan teman, tidur, dan banyak siswa yang sering keluar masuk kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Listrik Otomotif Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI  TKR SMK Negeri 2 Payakumbuh tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 49 orang. Dari analisis data diperoleh angka koefisien korelasi sebesar (r) = 0,444 berarti korelasinya cukup kuat  dan besarnya kekuatan hubungan dari kedua variabel adalah (t) = 3,785. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi siswa dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang berarti dan motivasi merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar.--------------------------------------------------------------------This study originated from the observation and the observation author at SMK Negeri 2 Payakumbuh, the problem in this study was students motivation is low, it is seen as the learning takes place over many appear negative activity of the students like to joke with friends, sleeping, and many students are often in and out of the classroom. This study aims to reveal the relationship of motivation to learn the results of student learning in Competency Standard Automotive Electrical Technical Skills Competency Class XI Light Vehicle SMK Negeri 2 Payakumbuh. Types of quantitative research methods Ex Post Facto. The population in this study was a class XI student of SMK Negeri 2 Payakumbuh TKR academic year 2011/2012 as many as 49 people. From the analysis of the data obtained by the correlation coefficient (r) = 0.444 means that the correlation is strong enough and the amount of strength of the relationship of the two variables are (t) = 3.785. Based on these results, we can conclude that the relationship with the learning outcomes of students motivation students have meaningful relationships and motivation are important factors that can influence learning outcomes.Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, listrik otomotif.

PERSEPSI GURU TENTANG PELAKSAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK NEGERI 1 PADANG

Muslimin, Muslimin, Nasir, M, Maksum, Hasan

Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2012): Automotive Engineering Education Journal
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The phenomena occurs is not all teachers are able to develop and implement the KTSP in the learning process in the classroom, teachers’ the lack seriousness in responding freely KTSP inovation develiping and implementing the curriculum in clasroom.  The purpose of this study was 1) to describe the implementation of the curriculum unit level of education in SMK Negeri 1 Padang, 2) to know the constraints faced by teachers in implementing curriculum unit level of ducation in SMK Negeri 1 Padang. This research is a descriptive study, this research will be conducted in March-April 2012. The population in this study all teachers who teach in SMK Negeri 1 Padang, amounting to 150 people. Sample using random sampling techniques in getting a sample of 34 people. The results illustrate that 1) the nature of KTSP in learning spring category, the analysis of the overall ideal score obtained 75.3% of respondents agree with the KTSP, 2) the development of KTSP the teachers at both schools were categorized by level of achievement respondent 79, 9%, 3) preparation of the SBC with the level of performance with 81.7% of respondents either category, 4) how Syllabus Development Based on SBC teacher SMK Padang city include both categories, 5) how to prepare lesson plans include both categories (83.8%), in this case the teacher SMK Padang city category in both the implementation of the lesson plan, 6) KTSP based learning and assessment can be done either by the teacher SMK Padang City with a score of 80.2%, including both categories, 7) many obstacles are found teachers in making learning implementation plan based curriculum unit level education with a score of 60.6% in the category of pretty.Kata Kunci : Persepsi Guru Tentang Pelaksaan Kurikulum

HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK TEKNOLOGI PLUS PADANG

Rizkhi, Novi, Jama, Jalius, Nasir, M

Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2012): Automotive Engineering Education Journal
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelajaran di SMK Teknologi Plus Padang tidak hanya membekali peserta didiknya di dalam sekolah melalaui praktik dan teori, namun dibekali pula Praktik Kerja Industri yaitu terjun langsung di Dunia Industri agar siswa dapat berlatih mempraktikkan keahlian serta menambah keahlian baru yang dapat menjadi bekal nantinya bekerja maupun berwirausaha. Ini dikarenakan Menyempitnya Lapangan pekerjaan Serta Kesempatan Bekerja dengan orang yang mencari Pekerjaan berbanding terbalik/lebih banyak orang yang mencari kerja. Maka Penelitian dalam skripsi ini bertujuan : 1) untuk mengetahui prestasi praktik kerja industri siswa, 2) untuk mengetahui minat berwirausaha siswa, 3) Untuk mengetahui hubungan prestasi praktik kerja industri siswa, 4) dan untuk mengetahui apakah nilai prestasi praktik kerja industri yang berbeda menunjukan minat berwirausaha yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Teknologi Plus  Padang Tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 66 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling.Hasil dari analisis data diperoleh bahwa minat berwirausaha siswa Teknik Otomotif SMK Teknologi Plus Padang temasuk kateguri baik, dimana 19 orang (57,6%) siswa mnyatakan minat berwirausaha baik dan 14 orang (42,4%) siswa menyatakan minat berwirausaha cukup. Sedangkan prestasi belajar kerja industri siswa SMK Teknologi Plus Padang termasuk tinggi dimana, 10 orang (30,3%) siswa dengan prestasi belajar kerja industri sangat tinggi dan 23 orang (69,7%) siswa dengan hasil belajar baik. Kemudian korelasi antara minat berwirausaha dengan prestasi belajar kerja industri sebesar (r) 0,458 dan koefisien determinasinya sebesar 20,98%. Untuk menghitung keberartian korelasi menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung 3,227 ≥ t­tabel 2,455, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis menyatakan terdapat hubungan yang siknifikan antara minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kerja industri siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK Teknologi Plus Padang.-----------------------------------------------------------------Teaching learning processes in SMK Teknologi Plus Padang not just explain the material with practive and theory ways, but they are also supplied with industry working practice; that the students learning in industry or a company directly, for practice and increase the students skills that they get as a supplied in working or be an entrepreneur later. It is caused by the small of job opportunity and also the change of job opportunity is not suitable with the people that want to get the job. So, the purpose of the research in the thesis are: first, to know the students skills in industry working practice.  Second, to know students talent in entrepreneur. Third, to know the correlation of students industry working practice with the students skill. Fourth, to know is the industry working practice mark that different as result of the different talent. The design of the reasech that used was the quantitative reasech with  Ex Post Facto method. The population in this research was the students at XI grade of otomotif technique program in SMK Teknologi Plus Padang at 2011/2012 was 66 students. The sample technique in this reasech was proportional Random Sampling.The result of data analysis was the students otomotif technique talent in entrepreneur in SMK Teknologi Plus Padang was very good, that 19 students (57,6%) that have  an excellent entrepneur talent and 14 students (42,4%) have good an entrepneur talent. Therefore the students skill working industry was high,10 students (30,3%) get the excellent mark and 23 students (67,7%) get a good mamrk. After that the correlation between the entrepreneur talent with the student skill in studying working industry was 0,458 (r), and determine coefisien around 20,98% to count the corelation. The correlation writer used t method. The result of this method was tcant 3,227 ≥ ttable 2,455, so Ho was refused and Ha was accepted. So that the result of the hypothesis was that have a significant correclation between entrepreneur talent with the students skill in studying working industry of Otomotif Technique Program in SMK Teknologi Plus Padang.Kata kunci: minat berwirausaha ,  prestasi belajar, praktik kerja industri  siswa