cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Automotive Engineering Education Journals
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Online Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Jurnal ini merupakan salah satu media untuk mempublikasikan hasil karya mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif UNP berupa tulisan ilmiah yang disarikan dari karya akhir mahasiswa. Sebagai salah satu syarat kelulusan jenjang pendidikan S1.
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN/SERVIS TRANSMISI DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN Chaniago, Candra P; Maksum, Hasan; Basri, Irma Yulia
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih banyaknya siswa yang mendapatkan nilai hasil belajar yang rendah, menurut informasi dari kantor tata usaha SMK Negeri 2 Panyabungan, terdapat sekitar 42 % siswa pada mata diklat Pemeliharaan/servis Transmisi yang tidak lulus KKM. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis di sekolah tersebut diperoleh gambaran tentang cara belajar siswa yang kurang efektif, dan siswa hanya mau belajar saat menjelang ujian, untuk melihat kemungkinan hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa maka dilakukan suatu penelitian berbentuk korelasional. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Pemeliharaan/servis Transmisi di SMK Negeri 2 Panyabungan. Hipotesis penelitian ini adalah tedapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer berupa cara belajar yang diperoleh melalui hasil pengamatan (observasi) kepada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan sebagai responden penelitian, sedangkan data sekunder berupa arsip nilai rapor siswa yang diperoleh dari tata usaha SMK Negeri 2 Panyabungan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Otomotif SMK Negeri 2 Panyabungan yang berjumlah 95 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 49 orang yang ditentukan dengan teknik  random sampling. Semua data primer dikumpulkan melalui hasil pengamatan (observasi) yang dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Instrumen dianalisis dengan menggunakan program Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS (Statistic Product And Service Solution) versi 16,0. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien hubungan yang diperoleh antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat Pemeliharaan/servis Transmisi sebesar rhitung = 0,317. Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 49 pada taraf signifikan 5% = 0,281, sehingga diperoleh rhitung > rtabel (0,292 > 0,281). Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat pemeliharaan/servis transmisi di SMK Negeri 2 Panyabungan. Kata Kunci : Cara Belajar dan Hasil Belajar Siswa------------------------------------------------------------This study originated from the fact at school that there are many students who scored low learning outcomes, according to information from the administrative office of SMK Negeri 2 Panyabungan, contained about 42% of the students in the diklat Pemeliharaan/servis Transmisi that do not pass the KKM. Based on observations made by author at the school obtained a description of how student learning is less effective, and the student will learn the eve of the exam, to look at possible connections between learning with the learning outcomes of students then performed a correlational study form. Seeing these symptoms can be formulated problem in this study is whether there is a significant relationship between way of learning with student learning outcomes in diklat Pemeliharaan/servis transmisi in SMK Negeri 2 Panyabungan. The hypothesis of this research is already produced a significant relationship between way of learning with student learning outcomes. The study used a correlational approach to examine the relationship between learning with student learning outcomes. The types of data used in this study is primary data and secondary data. Primary data in the form of learning gained through the observations (observation) to class XI student of SMK Negeri 2 Panyabungan as respondents of the study, while secondary data archive student grades obtained from administrative SMK Negeri 2 Panyabungan. The population of this research is all class XI student majoring in Automotive SMK Negeri 2 Panyabungan totaling 95 people. The sample as many as 49 people were determined by random sampling technique. All primary data collected through observation (observation) conducted three meetings. Instruments were analyzed using Microsoft Office Excel 2007 and SPSS (Statistic Product And Service Solution) version 16.0. From the analysis of the data showed that the correlation coefficients were obtained between way of learning with a class XI student learning outcomes in diklat Pemeliharaan/servis Transmisi of rcount = 0.317. These results rtable consulted with N = 49 at the 5% significance level = 0.281, in order to obtain rcount> rtable (0.292> 0.281). Thus the hypothesis of this study are accepted and verified. This indicates a significant relationship between way of learning with a class XI student learning outcomes in diklat Pemeliharaan/servis Transmisi  in SMK Negeri 2 Panyabungan. Key Word : Way Of Leaning and Student Learning Outcomes
HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMKN 1 TARUSAN Asyto, Bambang Premi
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Fenomena dilapangan terlihat bahwa hasil belajar siswa masih rendah dalam hal ini masih banyak siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran sesuai dengan KKM yang telah ditentukan, tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan oleh siswa secara sungguh-sungguh, masih ada sebagian siswa yang menyalin tugas teman, Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeksripsikan hubungan pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik sepeda motor di SMKN I Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional, Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa  kelas XI di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan jumlah 49 orang. Teknik menentukan sampel dengan proposional random sampling didapatkan sampel sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angket berdasarkan skala likert yang sudah diuji kefaliditasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ha diterima, sedangkan Ho ditolak karena terdapat hubungan antara pemberian tugas dengan hasil belajar Teknik Sepeda Motor rhitung > rtabel (0,368 > 0,344). Hasil analisis r2 menunjukkan bahwa 13,5% variabel pemberian tugas berhubungan dengan hasil belajar Teknik Sepeda Motor di SMKN 1 Tarusan, sedangkan sisanya 86,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.
HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR LISTRIK ELEKTRONIKA OTOMOTIF MAHASISWA JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG Toppriady, Andrico; Darman, Darman; Martias, Martias
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Background this study was still awaited the students who did not complete the courses of Listrik Elektronika Otomotif and the utilization of the library as a learning resource that is not optimal. This research aims to find out, is there a relationship of utilization of the internet as a source of studying with the results of learning Listrik Elektronika Otomotif. Type of this research is descriptive research with korelasional approach because it aims to describe the relationship between two variables. The population in this study are students majoring in Automotive Engineering force 2010 as much as 215 students. The number of samples was determined by using the formula of Taro Yamane and retrieved samples as much as 68 students. Sampling technique used was Proportional Random Sampling, while using question form data retrieval techniques questionnaire and documentation. Results of the study suggested that there is a relationship between the use of the internet as a source of studying with the results of learning Listrik Elektronika Otomotif. Keyword: Internet, Learning Resources, Results Of Learning
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 5 PADANG Kurniawan, Adek Putra; Nasrun, Nasrun; Fernandez, Donny
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Rendahnya Motivasi Belajar, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor psikis. Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Perannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang, semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 40 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 19 November 2012. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,38325 > 0,312) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,5578 > 1,6892) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang.
DESKRIPSI INTERPERSONAL GURU PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 PADANG Andesri, Deki; Ismet, Faisal; Basri, Irma Yulia
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari dari masalah yang penulis amati tentang interpersonal guru produktif. Guru merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, tanpa seorang guru tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Namun diduga interpersonal guru yang terjalin dalam kategori rendah. Berdasarkan masalah diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah hubungan interpersonal guru produktif di SMK N 1 Padang sudah berjalan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru-guru produktif yang mengajar di SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 83 orang. Teknik penarikan sampel adalah Proportional Stratified Ramdom Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan indikator interpersonal yaitu “saling menghargai” mendapatkan hasil sebesar 14,528% yang tergolong sangat tinggi. Pada indikator “ empati ” mendapatkan hasil 11,950% dengan kategori tinggi. Pada indikator “ keterbukaan ” didapatkan hasil sebesar 18,411% yang tergolong pada kategori tinggi. Pada indikator “ kepercayaan ” didapatkan hasi sebesar 23,853% dengan kategori sangat tinggi, dan pada indikator “ keadilan” didapatkan hasil sebesar 11,649% dengan ketegori sangat tinggi. Maka jumlah dari keseluruhan indikator sebesar 80,391% yang tergolong tinggi dan berada pada rentang (67,00% - 83,00%).
KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN SISWA KELAS XI TO SMK NEGERI 2 BATUSANGKAR DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA Winosri, Delvi; Martias, Martias; Andrizal, Andrizal
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 2 Batusangkar.Kurangnya kesiapan lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Disiplin belajar adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Disiplin belajar yang baik dalam belajar akan memperlancar proses belajar praktikum dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh disiplin belajar dan seberapa kuat hubungannya terhadap kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja  maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat kontribusi disiplin belajar terhadap kesiapan siswa kelas XI TO SMK Negeri 2 Batusangkar dalam memasuki dunia kerja”. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara disiplin belajar terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Batusangkar yang berjumlah 63 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 39 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Data disiplin belajar dan kesiapan siswa memasuki dunia kerja diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 16 Juli 2012 sampai dengan tanggal 21 Mei 2012 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,415 > 0,325) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,772 > 1,697) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap kesiapan siswa kelas XI TO SMK Negeri 2 Batusangkar dalam memasuki dunia kerja. Kata Kunci : Disiplin belajar, Kesiapan siswa, Kontribusi
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG INTERAKSI GURU DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGGUNAKAN ALAT - ALAT UKUR KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 PADANG Vernando, Deno; Martias, Martias; Maksum, Hasan
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat menggunakan alat-alat ukur kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional, menggunakan metode deskriptif  kolerasional. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,6737 > 0,279) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (8,546 > 1,678) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan persepsi siswa tentang interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat menggunakan alat-alat ukur kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Padang. --------------------------------------------------------------- The purpose of this study was to determine the relationship of students perceptions of teachers’ interactions with students’ learning outcomes in the using a measuring instrument training class X vehicle engineering at SMK Negeri 1 Padang. This research is correlational, descriptive method kolerasional. From the analysis of the research data obtained by calculating the correlation coefficient r> r table (0,6737 > 0,279) and to test the significance of correlation obtained t count> t table (8,546 > 1,678) at the 5% significance level. It can be concluded that there is a positive and significant relationship between students perceptions of teachers’ interactions with students’ learning outcomes in the using a measuring instrument training class X vehicle engineering at SMK Negeri 1 Padang. Kata Kunci : Persepsi, interaksi dan hasil belajar 
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTEK LAS DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK LAS SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KARANG BARU PROVINSI ACEH Hajar, Ibnu; Martias, Martias; Nasir, M
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek las dengan hasil belajar praktek las siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Karang Baru Provinsi Aceh. Penelitian ini bersifat korelasional, menggunakan metode deskriptif  kolerasional. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,5464 > 0,312) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (4,022 > 2,025) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek las dengan hasil belajar praktek las siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Karang Baru Provinsi Aceh.------------------------------------------------------------------- The purpose of this study was to determine the relationship of students perceptions of the implementation of the practice welding with welding practice learning outcomes of class X students majoring in engineering light vehicle SMK Negeri 2 New Reefs of Aceh province. This research is correlational, descriptive method kolerasional. From the analysis of the research data obtained by calculating the correlation coefficient r> r table (0.5464> 0.312) and to test the significance of correlation obtained t count> t table (4.022> 2.025) at the 5% significance level. It can be concluded that there is a positive and significant relationship between students perceptions of the implementation of the practice welding with welding practice learning outcomes of class X students majoring in engineering light vehicle SMK Negeri 2 New Coral Aceh ProvinceKata Kunci : Persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek las Dengan Hasil Belajar praktek las 
HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 LINTAU BUO Pajri, Mamad Leonard; Ismet, Faisal; Amin, Bahrul
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang penulis lakukan) di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya baik faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor internalnya adalah gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa adalah bagai mana cara, kemampuan siswa untuk menyerap, mengelola, dan mengatur informasi dangan mudah. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI komptensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo yang berjumlah 59 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 37 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 29November 2012. Data gaya belajar diperoleh dariangket dalam bentuk skala likert sebanyak 60 item. Untuk uji validitas butir angket menggunakan rumus product moment dimana terdapat 44 item yang valid dan 16 item yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas angket menggunakan metode Alpha Crobach dimanatingkat reliabilitas instrumen dalam kategori sangat kuat. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata rapor semester genaptahun ajaran 2011/2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel (0,495> 0,32) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (3,372> 1,6905) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI kompetensikeahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri Llintau Buo
HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN/SERVIS ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG PASAMAN BARAT Maryudani, Maryudani; Martias, Martias; Basri, Irma Yulia
Automotive Engineering Education Journals Vol 1, No 1 (2013): Education series
Publisher : Jurusann Teknik Otomotif FT UNP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.5 KB)

Abstract

This research is aimed a trevealing correlation relationship between attitudes Learning with Learning Outcomes Maintenance/Service Engine and Components of Grade XI Light Vehicle Engineering Department at SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. The population in this studyis the Class XI student Light Vehicle Engineering Department at SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat TA 2012/2013 as many as 27 people. Sampling in this study is the total sampling. Data obtained from the spread of learning attitude questionnaire. Questionnaire used was a questionnaire that has been declared valid and reliable. The test questionnaire and questionnaire study was beginning from 22 November 2012 until the date of December 22, 2012. Learning out comes data eye training Maintenance/Service Engine and the components were obtained from semester grades TA 2012/2013. From the analysis of the research data obtained by calculating the correlation coefficient r hitung > r table (0.383674 > 0.381) and to test the significance of correlation obtained t hitung > t table (2.07735 > 2.060) at the 5% significance level. It can be concluded that there is a positive and significant relationship between students attitudes to learning outcomes Maintenance / Service Engine and Its Components class XI Light Vehicle Engineering Department at SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat.Keyword: Sikap Belajar Siswa dan Hasil Belajar

Page 1 of 4 | Total Record : 38