Prologia
ISSN : -     EISSN : 25980777
Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Prologia published twice a year.
Articles 194 Documents
Strategi Perencanaan Komunikasi Pemasaran melalui Media Instagram (Studi Kasus Frozbanana) Fujianto, Jerry
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1386

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi perencanaan komunikasi pemasaran produk Frozbanana melalui media instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dan teori strategi perencanaan komunikasi pemasaran. Metodologi dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik dari frozbanana dan data sekunder berupa media sosial (internet) instagram Frozbanana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Frozbanana meliputi deskripsi produk, evaluasi persaingan, penafsiran target pasar, dan tujuan pemasaran yang diimplementasikan melalui media sosial instagram.
Bentuk Komunikasi Pemasaran PT. Home Center Indonesia Dalam Pengembangan Program Informa Custom Furniture Viby, Priscilla; Paramita, Sinta
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2403

Abstract

Pada penelitian ini peneliti memiliki tiga identifikasi masalah yaitu; Banyaknya industri properti furniture di Indonesia, membuat perusahaan tersebut harus memiiki strategi yang tepat, Viral Marketing saat ini menjadi strategi komunikasi pemasaran saat ini dan produk Informa Furnishing’s berhasil dalam melakukan Event Marketing melalui viral marketing dalam program Opening Informa Custom Furniture. Rumusan masalah yang muncul adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Home Center Indonesia dalam pengembangan program Informa Custom Furniture?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif yang bertujuan mengambarkan suatu gejala, fakta atau realita. Teknik pengumpulan juga menggunakan data primer yang diantara nya adalah wawncara serta observasi dan data sekunder diantaranya studi kepustakaan serta data online. Mengenai pembahasan pemasaran yang sudah dijelaskan dan diuraikan, hal ini menjadikan pemasaran yang efektif yaitu Viral Marketing.
Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab and Shop untuk Menarik Konsumen Theresiana, Leanora; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.754 KB) | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3717

Abstract

Perkembangan bisnis di Indonesia semakin berkembang terlebih di bidang Kuliner. Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak Restoran dan Kafe yang ada di sekitar kita. Pebisnis berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang unik untuk menarik perhatian pelanggannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Guten Morgen Coffee Lab and Shop untuk menarik konsumen. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran. Dalam menganalisis data terhadap penelitian ini menggunakan analisis data interaktif. Selain menggunakan observasi dan studi pustaka, peneliti juga melalukan wawancara tidak terstruktur dengan pemilik dari kedai kopi dan konsumen untuk mendukung data penelitan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa kedai kopi ini dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya dengan memilih target pasar  masyarakat menengah ke atas dengan menyajikan kopi yang berkualitas yakni menggunakan kopi robusta yang memiliki rasa lebih pahit daripada kopi lainnya. Dalam kegiatan promosi, kedai kopi ini memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosinya, kemudian sangat terbantu oleh peran media televisi yang melakukan peliputan mengenai kedai kopi ini.
Analisis Semiotik Hiperealitas Dalam Iklan Shopee Versi Sepedanya Mana Yulitasari, Yulitasari; Paramita, Sinta
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1999

Abstract

Periklanan merupakan bentuk dari gejala sosial yang memiliki peran penting bagi masyarakat dalam era globalisasi karena diyakini memiliki kekuatan untuk memacu minat konsumsi konsumen untuk kesekian kalinya dalam arti lain, periklanan berperan dalam merangsang minat pembelian produk maupun jasa konsumen.Hiperealitas merupakan gejala dimana realitas palsu maupun buatan bertebaran dan tidak sesuai dengan realitas asli, iklan ini menggambarkan dengan kontras kondisi-kondisi dimana dunia semu menyatu dengan kenyataan sehingga mampu menghilangkan citra asli.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif ini memiliki sifat deskriptif  dimana data-data yang akan dikumpulkan adalah kata-kata ataupun gambar dan buka angka-angka. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menyoroti isu atau masalah saat ini melalui proses pengumpulan data yang memungkinkan mereka untuk menggambarkan situasi secara lebih lengkap untuk menemukan fakta-fakta baru. Hasil penelitian memaparkan bahwa, Iklan Shopee versi Sepedanya Mana memiliki banyak simulasi-simulasi hiperealitas, dalam iklan tersebut dengan jalan cerita mengilustrasikan berbelanja di Shopee maka Produk maupun Barang yang diinginkan Customer akan segara menjadi wujud nyata dengan proses sekali menyentuh ikon produk maupun barang dininginkan tanpa adanya proses seperti Marketplace kompetitornya yang terkesan terlalu melewati batas kenyataan.
Pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals Dalam Iklan Top Coffee Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang Kristianto, Aditya
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1402

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, yang menghasilkan dua jenis kopi Arabica dan Robusta yang memiliki karakter khas dan berbeda. Dengan meningkatnya perkembangan iklan, Wings Foods sebagai produsen Top Coffee berlomba untuk mencari cara berpromosi. Salah satu cara promosi adalah dengan menggunakan selebriti sebagai brand ambassador. Metodologi penelitian ini merupakan metodologi kuantitatif yang menggunakan paradigma klasik dengan penelitian eksplanatif kausal dimana akan dijelaskan pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen dan metode survei. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 70 responden, yaitu para pengunjung ibu rumah tangga di Pasar Modern  Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang yang selalu mengkonsumsi kopi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sample. Penggunaan bintang iklan Iwan Fals dalam iklan Top Coffee, dikarenakan Iwan Fals memiliki kelebihan, yaitu sebagai penyanyi yang melegenda dan mudah dikenal oleh semua kalangan serta memiliki penggemar spesial. Penelitian ini menggunakan model TEARS untuk membahas variabel brand ambassador yang terdiri dari trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan  brand ambassador terhadap minat beli konsumen produk Top Coffee. Hal ini dapat dikatakan terdapat pengaruh yang kuat antara penggunaan artis Brand Ambassador Iwan Fals dengan minat beli konsumen. Sehingga dalam penelitian ini ternyata terdapat pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals dalam iklan Top Coffee terhadap minat beli ibu rumah tangga  di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang. 
Pengaruh Terpaan Media Line Webtoon Wonderwall terhadap Opini Pembaca Mengenai Isu Kesehatan Mental Haliem, Putri Oktavia; Rusdi, Farid; Utami, Budi
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.755 KB) | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3730

Abstract

Naver Webtoon adalah sebuah media komik online yang didirikan oleh Kim Jun Koo pada tanggal 23 Juni 2004 di Korea. Diluncurkan secara global sebagai Line Webtoon pada tahun 2014, dan memiliki 17 Juta pengguna per bulannya. Line Webtoon juga menyediakan Webtoon dalam berbagai Bahasa, salah satunya adalah Indonesia. Beberapa judul Webtoon yang tersedia dalam Bahasa Indonesia yang cukup terkenal adalah Line Webtoon ‘Wonderwall’ yang menjadi objek dari penelitian ini. Line Webtoon ‘Wonderwall’ sendiri bergenre romantis dan menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Jessy, dan kehidupan sekolahnya, kisah asmara dengan anak laki–laki yang ditakuti oleh anak sekolah yang mengandung konten yang mengarah ke isu kesehatan mental seperti trauma, suka menyayat tangan, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan dasar teori terpaan media, dan opini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Hal ini akan diuji dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, dan uji t. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. 
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kepuasan Komunikasi (Studi Kasus Di PT. Wahana Solusi Manajemen) Michael, Michael; Widayatmoko, Widayatmoko
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2412

Abstract

Perusahaan adalah sebuah institusi yang sangat kompleks dimana terdapat banyak individu yang memiliki pemikiran berbeda dan dibatasi dengan hirarki  dan jabatan tertentu (Sherly, Widayatmoko & M.Adi Pribadi 2012). Di dalam perusahaan terdapat pemimpin dan pengikut yang saling membutuhkan satu sama lain dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori kepemimpinan transformasional menurut Burns (dNorthouse, 2013) dengan 4 dimensi yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual, dan pertimbangan yang diadaptasi. Serta teori kepemimpinan transaksional menurut Burns (Northouse, 2013) dengan 2 dimensi yaitu  imbalan kondisional dan manajemen dengan pengecualian. Teori kepuasan komunikasi menurut Pace & F.Faules (Mulyana, 2006) dengan 8 dimensi yaitu Informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, kecukupan informasi, kemampuan untuk menyarankan perbaikan, efisiensi berbagai saluran komunikasi ke bawah, kualitas media, cara sejawat berkomunikasi, informasi tentang organisasi secara keseluruan dan integrasi organisasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan PT.Wahana Solusi Management  sebanyak 22 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode sensus dan menggunakan metode survey. Berdasarkan Hasil Penelitian adalah bahwa  persamaan regresi linear berganda Y = 26,642 + (-0,236) X1 + 0,996 (X2) yang menyatakan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,189 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,000. Dari hasil uji F (Annova) dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi dengan nilai sig. sebesar 0,000.
Fungsi Marketing Public Relation (MPR) dalam Membangun Brand Awareness pada PT. Compro Kotak Inovasi Jessica, Jessica; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1964

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada kegiatan- kegiatan marketing public relations yang terjadi pada PT. Compro Kotak Inovasi yang dilaksanakan dan dibuat dengan sengaja demi membangun Brand Awareness atau kesadaran merek pada konsumen dan calon konsumen serta masyarakat luas. Maksud dari penelitian ini adalah penulis akan menunjukkan apa saja kegiatan MPR yang terjadi dan juga peran atau fungsi dari MPR dalam membangun Brand Awareness tersebut. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah MPR dan Brand Awareness. Subyek dari penelitian ini adalah fungsi kegiatan MPR, dan obyek dari penelitian ini adalah PT. Compro Kotak Inovasi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil penelitian ini adalah bahwa MPR dan kegiatan MPR sangatlah penting dilakukan demi membangun Brand Awareness perusahaan. Divisi PR/MPR walaupun dapat dijalankan oleh divisi lain, akan lebih baik jika terdapat divisi PR sendiri agar lebih fokus melaksanakan fungsi PR. Kegiatan yang dilakukan adalah publikasi (terbitan), acara-acara, kegiatan layanan masyarakat, dan media identitas. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan demi membangun kesadaran merek pada perusahaan, dan sudah terlaksana dengan tepat, sehingga kesadaran merek mulai terbangun.
Implementasi Komunikasi Internal Dalam Membangun Kinerja Perusahaan PT. Oto Citra Sentosa Andry, Andry; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1934

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana komunikasi internal yang ada didalam PT. Oto Citra Sentosa didalam perusahaan tersebut. Didalam komunikasi internal setiap anggota memiliki ikatan komunikasi antara sesama atau dengan pimpinannya.  Komunikasi yang dilakukan di PT. Oto Citra Sentosa yaitu dilakukan dengan cara komunikasi vertikal dan horizontal. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Komunikasi internal perusahaan PT. Oto Citra Sentosa menerapkan sistem komunikasi yang terstruktur, tujuannya agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik disetiap anggota perusahaan.
Peran Kementerian Pariwisata Dalam Mengkampanyekan Taman Nasional Komodo Melalui Brand Pesona Indonesia Lukita, Andre; Sunarto, Sunarto
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1330

Abstract

 Berwisata merupakan kegiatan yang menjadi minat banyak orang untuk menikmati liburan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Target Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak Wisatawan Nusantara berlibur ke Taman Nasional Komodo sesuai dengan target dari Brand Pesona Indonesia menargetkan kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Nasional Komodo. Penelitian ini mengulas seputar kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Teori yang digunakan  dalam  penelitian  ini meliputi teori kegiatan Kampanye menggunakan Kampanye Public Relations, Media Massa dan Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Sumber  data  yang  didapatkan  untuk  penelitian  ini  berasal  dari  wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kementerian Pariwisata melaksanakan peran yang sama dengan public relations dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui brand Pesona Indonesia dengan menggunakan Media Massa, Media Sosial dan Kampanye Public Relation. Pada saat ini Kementrian Pariwisata lebih memusatkan aktifitas penggunaan Media Sosial dan publikasi melalui travel blogger untuk mengkampanyekan Taman Nasional Komodo untuk  memberikan informasi dan mempersuasif para masyarakat Indonesia untuk menjadi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Page 1 of 20 | Total Record : 194