Jurnal Madani
ISSN : 26151995     EISSN : 26150654
JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi peningkatan kompetensi dosen dan juga sebagai alternatif bagi masyarakat umum dalam mempublikasikan hasil-hasil karyanya. Kami berharap Jurnal ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
Articles 38 Documents
PANDANGAN HUKUM TATA NEGARA TERHADAP PENERAPAN HUKUM JINᾹYᾹT DI ACEH

Dja'far, Abu Bakar

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1215.328 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini membuktikan bahwa dalam proses perspektif penegakan hukum, penerapan hukum jinᾱyᾱt adalah untuk mewujudkan ide-ide keadilan, kepastian hukum dan pemanfaatan sosial. Proses penegakan hukum dilakukannya supaya tegak dan berfungsinya norma-norma hukum secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menurut Soerjono Soekanto, dalam bukunya Hukum Tata Negara, proses penegakan hukum adalah kegiatan menyerasikan hubungan nilai-nilai yang terjabarkan di dalam kaidah-kaidah/pandangan nilai yang mantap dan mengejawantah dan sikap tindak sebagai rangkaian penjabaran nilai tahap akhir untuk menciptakan, memelihara dan mempertahankan kedamaian pergaulan hidup. Penerapan Qanun Nomor 12, 13, dan 14 Tahun 2003 tentang khamr, maisir dan khalwāt di Aceh telah berlangsung secara realistis sebagaimana yang diqanunkan. Frekwensi penerapannya dapat dilihat pada data statistik perkara Jinᾱyᾱt dan dokumen-dokumen eksekusi (‘uqūbᾱt) terhadap pelaku pelanggaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa materi qanun dan hukuman (ḥadd dan ta‘zīr) yang terkandung di dalamnya dilatarbelakangi qanun-qanun sebelumnya seperti: Qanun Prov. NAD No.1 Tahun 2002 tentang Peradilan Syariat Islam; Qanun Prov. NAD No.11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam. Keseluruhan hukum Jinᾱyᾱt belum terimplementasikan sebagaimana tuntutan Fikih Jinᾱyᾱh secara ideal.

ANALISIS ZIKIR DAN DOA BERSAMA

Nasution, Ahmad Yani

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1039.404 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.3

Abstract

Berzikir dan berdoa bersama setelah shalat fardhu adalah tradisi yang sudah biasa dilakukan di masjid masjid Indonesia khususnya di kalangan kaum Nahdiyin. Seorang imam memandu zikir dan diikuti oleh jamaah. Kemudian ditutup dengan doa yang juga dipandu oleh imam dan diaminkan oleh jamaah. Permasalahan muncul ketika sebagian menganggap tradisi tersebut tidak memiliki dasar (Bid’ah). Tradisi tersebut dianggap bid’ah karena dianggap tidak memiliki tuntunan dalam Al-qur’an dan hadits. Hal ini tentu saja menjadi polemik tersendiri di kalangan masyarakat yang selama ini menjalaninya. Dalam tulisan ini peneliti mencoba menyajikan pembahasan analisis zikir dan doa bersama setelah shalat fardhu dari perspektif empat mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali) . Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pustaka (library research) yaitu dengan mengambil refrensi utama dari imam mazhab dan ditambah dengan buku-buku yang berkaitan dengan zikir dan doa bersama. Dalam pembahasan peneliti memaparkan pendapat empat mazhab seperti Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah. Secara umum mereka sepakat dengan bolehnya zikir dan doa bersama setelah shalat fardhu, namun dengan berbagai catatan tertentu.

PENGARUH MEDIA HANDPHONE DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

liyah, Ama

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.98 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.4

Abstract

Karakter adalah pondasi dasar nilai-nilai baik yang tertanam sejak dini dalam pola pikir dan pola prilaku menjadi kepribadian. Dengan melihat akar masalah anak, sehingga pembinaannya dapat dilakukan secara mudah dan tepat. Handphone yang sudah menjadi kebudayaan mempunyai pengaruh besar terhadap perilaku dan kepribadian anak, terutama nilai-nilai budaya (Religius, Jujur, Disiplin, Komunikasi, Peduli social). Tujuan dari penelitian ini Pertama, Menguji pengaruh HP terhadap pendidikan karakter siswa/i SDI Al Hasaniah Pondok Labu Jakarta Selatan. Kedua, Melihat perbedaan antara siswa/i yang menggunakan HP dalam pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini berkesimpulan bahwa: Pertama, Hasil perhitungan menunjukkan ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara Handphone dengan Pendidikan Karakter siswa/i SDI Al Hasaniah dengan sumbangan efektif SE atau koefisien determinasi (KD) sebesar 68,3 persen hal ini menunjukkan bahwa variabel HP memiliki kontribusi sebesar 68,3 persen terhadap variabel Pendidikan Karakter dan 31,7 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel HP seperti lingkungan internal dan eksternal, bimbingan orang tua, dan aspek lainnya. Artinya adanya pengaruh handphone negative dalam pendidikan karakter di Sekolah. Kedua, bahwa Ada perbedaan yang signifikan antara siswa siswi yang menggunakan HP terhadap Pendidikan Karakter Siswa/i SDI Al Hasaniah. Berdasarkan analisis varians Ftabel < Fhitung (3.96 < 9,052) maka Ho ditolak. Jadi keputusan yang diambil mengunakan H1 , yaitu : Rata – rata siswa siswi yang menggunakan HP terhadap pendidikan karakter adalah tidak sama (ada perbedaan). Atau dengan kata lain siswa yang menggunakan HP memberi efek negatif jauh lebih besar dibanding siswi pada Pendidikan karakter.

PENGARUH DIKLAT (PENDIDIKAN DAN PELATIHAN) DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK BNI CABANG BSD

Husain, Bachtiar Arifudin

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.939 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.5

Abstract

Suatu Organisasi harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya sehingga memiliki kinerja yang baik yang mendukung aktivitas kantor secara profesional. Kinerja seorang pegawai dalam menjalankan tugas dan pekerjaanna tidak terlepas dari pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diikuti dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui fenomena, serta kesimpulan mengenai pengaruh diklat dan motivasi (variabel bebas) terhadap kinerja karyawan (variabel terikat) bank BNI cabang BSD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : uji kualitas data validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik normalitas, multikolinieritas, heterokendatisitas dan autokorelasi, analisis regresi yaitu regresi sederhana dan berganda, parsial t, simultan F dan koefesien determinasi. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat eror 0.05, responden dalam penelitian ini 140 karyawan bank BNI cabang BSD. Hasil penelitian sebagai berikut : hasil uji parsial t pertama menjawab H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh Diklat terhadap Kinerja. Hasil uji parsial t kedua menjawab H0 ditolak dan H2 diterima yaitu terdapat pengaruh Motivasi terhadap Kinerja. Hasil uji simultan F menjawab Ho ditolak dan H3 diterima yaitu terdapat pengaruh secara bersama-sama Diklat dan Motivasi terhadap kinerja karyawan bank BNI cabang BSD.

PERANAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN MASYARAKAT ECONOMI ASEAN (MEA)

Sofi’i, Imam

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (969.938 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.6

Abstract

Pendidikan Islam jika dihubungkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), menginformasikan bahwa tantangan persaingan ekonomi berpengaruh terhadap sistem pendidikan khususnya pendidikan Islam. Di era MEA ini, bangsa Indonesia harus sudah mulai mengembangkan sistem pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia yang unggul, yakni manusia yang memiliki daya saing level tinggi baik ditingkat regional maupun tingkat global. Sistem pendidikan Islam harus merespon perubahan zaman, dan siap menghadapi MEA dengan langkah-langkah strategis untuk mengaktualisasikan identitas Islam yang relevan dengan perkembangan zaman, sehingga masuknya arus perdagangan bebas tidak akan mempengaruhi sistem pendidikan Islam. Desain pendidikan Islam yang berbasis rahmatan lil alamin merupakan salah satu model pendidikan yang tepat dalam menghadapi masyarakat Asean (Asean Community), demikian begitu, selain pendidikan Islam dapat menjawab berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh masyarakat Asean dan merubahnya menjadi peluang, juga tidak akan kehilangan ciri khasnya sebagai pendidikan yang berbasis akidah, syariah dan akhlak.

ANALISIS MODEL VOLATILITAS INDEKS DAN NILAI MATA UANG DI ASIA TENGGARA

Lubis, Iman

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1127.248 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini menggunakan 6 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Masalah yang akan diuji adalah menganalisis model volatilitas indeks dan nilai mata uang yang disebabkan pergerakan kedua variabel tersebut memiliki volatilitas yang tinggi sehingga heteroskedastisitas hadir dalam model linier. Metode yang digunakan adalah ARCH, GARCH, TARCH, EGARCH, PARCH, dan COMPONENT ARCH. Evaluasi model in-sample menggunakan AIC, SC, dan HQC dan model out-sample menggunakan MAPE, MAE, dan RMSE. Range data adalah data harian dari tahun 2006 sampai 2018. Data in-sample dari 2006 ke 2017 sedangkan data out-sample dari 2017 ke 2018. Hasil penelitiannya adalah Kurs USD/VND memiliki resko terkecil dibandingkan kurs USD terhadap nilai mata uang di Asia Tenggara dan Indeks JKSE di Indonesia memilii risiko terkecil dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

TEORI KEADILAN : “PENGARUH PEMIKIRAN ETIKA ARISTOTELES KEPADA SISTEM ETIKA IBN MISKAWAIH”

Zulkarnain, Iskandar

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.644 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.8

Abstract

Pada prinsipnya setiap orang menghendaki tegaknya prinsip-prinsip keadilan. Prinsip-prinsip tersebut tentunya dibangun melalui keragaman nilai-nilai yang berlaku dalam situasi tertentu. Dari pelbagai kumpulan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat. memiliki titik persamaan untuk mencapai suatu masyarakat yang harmonis, makmur, dan juga selaras. Persamaan nilai-nilai tersebut dirumuskanlah suatu konsep yang rasional dan disepakati oleh sebagian pakar yaitu keadilan. Mengenai keadilan, Aristoteles mengemukakan jauh sebelumnya yaitu sebuah pilihan dan pertimbangan hasrat dan akal. Akal berperan penting, karena tanpa akal, maka kita tidak memiliki kapasitas apapun. Itu karena berbuat baik itu tidak terjadi secara alamiah. Perbuatan baik akan terjadi apabila kita menggerakkan potensi kita agar menjadi actual dengan mengetahui apa yang harus kita lakukan, mempertimbangkannya dengan hati-hati, kemudian memilihnya. Pemikiran keadilan Ibnu Miskawaih banyak mengutip dari pemikir pemikir sebelumnya terutama Aristoteles. Dalam karya Aristoteles, ”Nicomachean Ethics (Kitab Suci Etika),” buku ini membahas tentang konsep etika manusia. Ibnu Miskawaih banyak mengutip karyanya dari buku etika tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa adanya persamaan pemikiran keadilan Ibnu Miskawaih dengan pemikiran Aristoteles. Persamaannya adalah pada bagian prinsip-prinsip etika yang membawa manusia kepada jalan yang benar. Perbedaan pemikiran keadilan kedua filosof tersebut, yaitu upaya mencapai keutamaan moral tersebut. Aristoteles mencapainya dengan jalan akal, bahwa keutamaan moral dapat dicapai seseorang melalui riyadoh atau latihan untuk merubahnya sekalipun ia dilahirkan dengan ketentuan memiliki moral yang tidak baik. Menurut Ibnu Miskawaih upaya mencapai kebajikan dengan jalan syariat Islam, bersumber kepada Al-Qur’an dan hadits. Dengan cara ini, akhlaq seseorang akan didik menjadi manusia yang baik dan sempurna. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa pemikiran keadilan Ibnu Miskawaih banyak dipengaruhi oleh pemikiran Aristoteles.

ANALISIS HUBUNGAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK DAN INFLASI DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA TANGERANG TAHUN 2014

Safii, Mohamad

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.717 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pendapatan asli daerah dan inflasi dengan pendapatan asli daerah kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan Metode Survey non kausal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda dan sederhana yang menguraikan hubungan antar variabel yang diteliti yaitu hubungan antar variabel independen dan variabel dependen.Untuk variabel independen adalah harga bahan bakar minyak (X1) inflasi (X2), sedangkan variabel dependen (Y) adalah pendapatan asli daerah Kota Tangerang.Hasil penelitian diatas menunjukan bahwa (1). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga bahan bakar minyak dengan pendapatan asli daerah dilihat dari uji t pada variabel harga bahan bakar minyak 0,600 dan signifikan sebesar 0,551 T hitung 0,006 tabel yang nilainya 1.67591 dengam tingkat signifikan 0,000 kurang dari 0,05, (2). Dari hasil uji t pada inflasi adalah 0,891 dan signifikan sebesar 0,378 T hitung < t Tabel yang nilainya 1.67591 dengan tingkat signifikan 0,378 lebih dari 0,05, maka dapat diketahui bahwa harga terdapat hubungan yang signifikan dengan pendapatan asli daerah.(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara harga bahan bakar minyak (X1) dan inflasi (X2) dengan pendapatan pendapatan asli daerah (Y) adalah searah,hubungan antara ketiga variabel tersebut dapat digambarkan oleh persamaan regresi berganda Y = 12,546 (X1) + 0,146 (X2) + 0,224 artinya harga bahan bakar minyak dan inflasi secara bersama – sama mempunyai hubungan yang positif dengan pendapatan asli daerah(Y)

PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN GRAND MANHATTAN CLUB HOTEL BOROBUDUR JAKARTA

Khair, Oki Iqbal

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.784 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.10

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, komunikasi organisasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian mengambil Populasi pegawai Grand Manhattan Club Hotel Borobudur Jakarta berjumlah 345, sedangkan penentuan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh 78 responden. Variabel penelitian terdiri variabel independen (X), yaitu Kepemimpinan (X1), Komunikasi organisasi (X2), Motivasi (X3) sedangkan variabel dependen (Y) adalah kinerja. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 – 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil pengujian pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan secara statistik menunjukkan hasil signifikan. ditunjukkan nilai t hitung sebesar 3,273 pada df=75 dengan nilai t tabel 1,992. Besar nilai t hitung > t tabel mengindikasikan pengaruhnya signifikan. Hasil pengujian pengaruh Komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan secara statistik menunjukkan hasil yang signifikan. ditunjukkan nilai t hitung sebesar 5.505 pada df=75 dengan nilai t tabel 1,992. Besarnya nilai t hitung > t tabel mengindikasikan pengaruhnya signifikan. Hasil pengujian pengaruh Motivasi terhadap kinerja karyawan secara statistik menunjukkan hasil yang tidak signifikan. ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 0,389 pada df=75 dengan nilai t tabel 1,992. Besarnya nilai t hitung < t tabel mengindikasikan pengaruhnya tidak signifikan dan Hasil pengujian pengaruh Kepemimpinan, komunikasi organisasi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan secara statistik menunjukkan hasil signifikan. ditunjukkan nilai F hitung sebesar 14,777 dengan F tabel adalah 2,69. Besarnya nilai F hitung > F table mengindikasikan pengaruhnya signifikan.

PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS DAN MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

Sadewa, Prima

Jurnal Madani Vol 1 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1070.964 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan (1) masih terdapat lingkungan kampus di Universitas Pamulang yang kondisinya belum memadai; (2) masih terdapat mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang motivasinya masih rendah; (3) masih terdapat beberapa mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang prestasi belajarnya masih rendah; (4) upaya peningkatan prestasi belajar secara akademik belum optimal merata. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) pengaruh lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi; (2) pengaruh motivasi mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi; (3) pengaruh lingkungan kampus dan motivasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Populasi penelitian terdiri 630 mahasiswa dan sampel sebanyak 225. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel lingkungan sekolah dan motivasi mahasiswa berupa angket, sedangkan variabel prestasi belajar mahasiswa diperoleh dengan data sekunder dari dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh lingkungan kampus dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang dengan kontribusi sebesar 35,1%. (2) Terdapat pengaruh motivasi mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang dengan kontribusi sebesar 51,9%; (3) Terdapat pengaruh secara secara bersama-sama antara lingkungan kampus dan motivasi mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang dengan kontribusi sebesar 55,8%.

Page 1 of 4 | Total Record : 38