JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)
ISSN : 25410288     EISSN : 25280708
Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) is a periodical scientific journal containing the work of researchers, lecturers, and practitioners on the study of thepower system in electrical engineering, electronics and control engineering, mechanical engineering and automotive. The journal is published by the engineering department of State Polytechnic of Madiun (PNM) with the aim of collecting the innovative works from authors, publish new ideas and innovation. The discussion on JEECAE focuses on analysis, implementation, and development of engineering science that benefit the society.
Articles 44 Documents
Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Volume Suara Angklung Digital Teknologi Laser cahyono, wahyu eko; Prasetya, Dwi Arman; Sari, Anggraini Puspita
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 1 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem musik digital telah dirancang dan diterapkan untuk menciptakan cara baru bermain musik . Sistem ini menggantikan sistem bermain musik secara tradisional (Analog) kecara bermain musik secara modern (digital) yang lebih mudah. Sistem ini terdiri dari laser pointer motor stepper, sensor cahaya, sensor jarak sebagai perangkat keras (hardware) dasar perangkat ini. Mikrokontroller Arduino Uno digunakan sebagai antarmuka (komunikasi) antara perangkat keras keperangkat lunak. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) digunakan untuk membangun komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak.
Desain dan Pengujian Alat Penghancur Sampah Organik Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno islamiyah, mufidatul; Kala’lembang, Adriani
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 2 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.996 KB)

Abstract

Abstrak— Sampah organik merupakan jenis sampah yang seabgaian bersal berasal dari sisa tanaman, sayur mayur maupun buah- buahan, hewan atau kotoran hewan. Sampah ini mudah di uaraikan oleh jasad hidup khususnya mikroorganisme, secara umum  komponen yang paling banyak terdapat pada sampah adalah sisa tumbuhan hingga mencapai 80 - 90 % bahkan lebih. Untuk mengurangai sampah tersebut maka di desain alat pengancur sampah otomatis, perancangan alat ini menggunakan mikrokontroler, karena bahasa mikrokontroler sangat mudah dioperasikan dan sesuai dengan logika. Desain alat penhancur sampah otomatis ini di lengkapi dengan timer yang terdiri atas 10 detik, 20 detik dan 30 detik, selain timer juga terdapat speed minimum, medium dan maximum. Hasil pengujian menunjukan bahwa untuk sampah organik yang agak keras seperti kulit nanas menggunakan kombinasi medium – high dengan waktu rata- rata 29,5 detik, sedangkan untuk sampah organic yang lunak seperti sayur mayor menguunakan low medium dengan waktu rata- rata 18,6 detik.Kata kunci— sampah organik; mikrokontoler Arduino; timer; speed motor.
Pengendalian Kecepatan Motor Induksi Menggunakan Kontroller Logika Fuzzy Sukamto, Sukamto
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 4, No 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.758 KB)

Abstract

Motor induksi dengan kelebihannya seperti konstruksi yang sederhana, kokoh, murah serta perawatan mudah, banyak digunakan dalam dunia industri. Namun ada kelemahannya yaitu motor induksi tidak dapat mempertahankan kecepatan secara konstan apabila ada perubahan beban. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, dalam penelitian ini dibuat suatu rangkaian kontroller Logika Fuzzy, yang berbasis pada metode Field Oriented Control (FOC). Dengan metode ini arusmedan dan arus torka dapat di kontrol secara terpisah. Dalam penelitian ini yang dikontrol arus torka, sedangkan arus medan dibuat konstan  Untuk mengetahui keterandalan dari rangkaian kontroller ini dilakukan pengujian terhadap setpoint 2000 - 3000 rpm dan diperoleh error steady state rata-rata (ess) = 0,228 %. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan kontroller Logika Fuzzy yang dirancang dapat mengendalikan kecepatan motor induksi. Kata kunci : Motor Induksi, FOC, Logika Fuzzy
Rancang Bangun Kendali Perangkat Elektronika Menggunakan Komunikasi Bluetooth Berbasis Arduino Dengan Interface Android Hakim, Aulia El
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 2, No 1 (2017): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.496 KB)

Abstract

Kendali perangkat elektronika secara jarak jauh pada umumnya menggunakan remote infra merah ataupun menggunakan kendali sms gateway. Permasalahan terjadi Jika menggunakan Ired Pada saat pengiriman data,  maka antara infra merah sebagai transmiter dan receiver  harus berhadapan satu sama lain tanpa ada penghalang. Hal ini dapat menyulitkan dalam proses pengendalian perangkat elektronika secara jarak jauh. Sedangkan bila menggunakan sms gateway maka dibutuhkan pulsa “sms” untuk komunikasi data, sehingga pengendalian tidak effisien dan tidak praktis. Penelitian ini Bertujuan sebagai alternatif lain dalam pengendalian perangkat elektronika secara nirkabel yang ekonomis dan praktis. Board mikrokontroller yang digunakan pada penelitian ini bersifat open-source yaitu menggunakan board arduino uno. Untuk pembuatan aplikasi Android AndroBlue pada smartphone, dengan memanfaatkan pemrograman berbasis online dari ai2.appinventor.mit.edu.Cara penggunaan alat ini adalah dengan mengaktifkan Bluetooth pada Smartphone Android dan memberikan daya pada prototipe kendali perangkat elektronika, kemudian dilakukan pairing antara bluetooth pada smartphone dengan bluetooth yang ada pada prototipe kendali. Setelah terhubung, maka perangkat elektronika tersebut dapat dikendalikan dengan menggunakan aplikasi AndroBlue yang sudah terinstall pada smartphone. Dari hasil pengujian terhadap kendali perangkat elektronika secara jarak jauh dapat diketahui dari 10 kali uji coba dengan perbedaan jarak yang sudah ditentukan, tingkat keberhasilan  mencapai 80 %.
Sistem Peredam Osilasi Daya Menggunakan Power System Stabilizers (PSS) pada Dual Machine Sukamto, Sukamto; Haryo, Jasa Kusumo
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 1 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas daya listrik yang disalurkan kepada konsumen sangat dipengaruhi oleh sistem pembangkit yang berkualitas. Guna memperoleh daya listrik yang baik dibutuhkan pengaturan sistem pada sisi pembangkit yang efektif dan efisien.  Peredaman osilasi daya merupakan hal yang sangat penting dalam pengoperasian sistem tenaga listrik karena osilasi yang tidak teredam akan mengganggu proses penyaluran daya pada sistem pembangkit.  Power System Stabilizers (PSS) digunakan pada sistem pembangkit yang akan meredam osilasi daya pada sistem pembangkit sehingga tidak dijumpai lagi adanya osilasi daya yang tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja pembangkit.
Penerapan Sistem Desmodromic Pada Silinder Head Sepeda Motor Honda GL Max 2008 faizin, kholis nur
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 2, No 2 (2017): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.863 KB)

Abstract

Abstrak—Sistem kerja motor bakar 4 langkah atau biasa disebut motor berbasis 4 Tak memiliki siklus kerja empat kali, yaitu proses hisap, langkah kompresi, pembakaran , langkah usaha berakhir pada langkah buang. Cylinder head mempunyai banyak jenis mekanisme kerja katup diantaranya OHV, SOHC atau OHC, DOHC dan SV. Keempat mekanisme katup ini termasuk sistem katup konvensional karena waktu menutupnya katup masih menggunakan pegas. Pada sistem konvensional mempunyai kelemahan katup mengambang / floating telat menutup pada Rpm tinggi yang mengakibatkan katup membengkok dan kerusakan yang fatal pada komponen mesin.Selain sistem katup konvensional ada juga sistem katup Desmodromic yang berbeda dengan katup konvensional, jadi sistem katup ini tidak menggunakan pegas utuk menutup katup melainkan menggunakan rocker arm. Gerakan camshaft yang dimediatori kerja mekanisme cam chain ini mengakibatkan rocker arm ganda bekerja sempurna dan sinkron.Dari hasil penelitian maka sistem konvensional katup SOHC dari spesifikasi pabrikan Honda GL Series diubah menjadi sistem katup Desmodromic. Pembuatan sistem katup Desmodromic dikerjakan di bengkel Venusa Motor Works, Ds.Demangan, Jl.Kendalisodo Madiun. Perubahan melalui modofikasi dilakukan pada bagian cylinder head yang meliputi perubahan modifikasi camshaft, rocker arm, valve, cotter, dan retainer. Perubahan ini dilakukan karena mengikuti siklus kerja mekanisme katup. Setelah proses modifikasi dilakukan proses pengujian dengan menghidupkan mesin sepeda motor. 
Soil Moisture Controlling Using Wireless Sensor Network System in Smart Agriculture Hakim, Aulia El; Atmaja, Ardian Prima; Karyawati, Diana
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 4, No 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.039 KB)

Abstract

Saat ini industri Pertanian sangat drastis perkembangannya, salah satunya adalah kebutuhan sistem otomatis yang digunakan untuk controlling kondisi kelembaban tanah serta pertumbuhan tanamannya. Dalam sistem pertanian smart agriculture, sangat penting untuk memantau kondisi tanaman ataupun kondisi lingkungan seperti kondisi kelembapan tanah dalam waktu lama serta terus menerus. Akan tetapi monitoring serta kontrolling tersebut sangat Susah untuk dilakukan serta membutuhkan usaha yang besar. Agar permasalahan tersebut dapat diatasi, maka peneliti berinovasi membuat suatu perangkat teknologi bernama “Soil Moisture Controlling Using Wireless Sensor Network in Smart Agriculture”, sistem yang digunakan untuk mengatur kondisi kelembaban tanah secara otomatis dan manual. Di simulasi yang dibuat pada penelitian ini terdapat pompa air motor dc yang digunakan untuk proses mengairi lahan pertanian dan 2 Little box yang berisi sensor kelembaban tanah dan sensor suhu yang nantinya akan disebar di area lahan pertanian. Diharapkan dari penelitian ini, Sistem kendali kelembaban tanah yang dibuat dapat diakses melalui intranet baik menggunakan website ataupun “AgriApps.apk” yang merupakan aplikasi khusus untuk melakukan monitoring dan controling pada lahan pertanian khususnya pada kondisi kelembaban tanah secara real time dan otomatis, sehingga kondisi kelembaban tanah dapat terjaga sesuai dengan kebutuhan pertanian.
Pengaruh Variasi Diameter Pulley Alternator dan Daya Motor Terhadap Arus dan Kecepatan Proses Pengisian Baterai 12 Volt Faizin, Kholis Nur
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.226 KB)

Abstract

Otomotif merupakan sebuah aset yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, yang merupakan kebutuhan primer sebagai bagian dari transportasi. Beberapa  sistem dan subsistem  yang terdapat  pada mobil saling berkaitan  satu sama lain salah satu diantaranya  adalah sistem kelistrikan.  Gangguan-gangguan yang paling sering muncul antara lain sistem pengisian tidak bekerja dengan baik, tegangan pengisian tidak stabil dan berubah rubah, dan tegangan pengisian terlalu tinggi. Salah satu solusi mendapatkan sistem pengisian yang baik adalah sistem pengendalian tegangan pengisian harus bekerja dengan baik, terukur dan akurat. Dari pertimbangan tersebut maka diajukan sebuah usulan penelitian tentang pengaruh  variasi  diameter  pulley  alternator  dan daya  motor  terhadap  arus  dan kecepatan proses pengisian baterai 12 volt. Hubungan antara pulley motor terhadap alternator cenderung linear, hal ini berbanding   dengan   semakin   besar   putaran   pulley   motor   maka   torsi   yang dihasilkan akan semakin kecil, Arus yang terbaik adalah arus terkecil keluar dari alternator  adalah  sebesar  16A  yaitu  pada  pengujian  pulley  alternator  7cm  dan pulley  motor  7cm,  menggunakan   variasi  ini  waktu  yang  didapatkan   untuk melakukan pengisian adalah sebesar 2,625 jam (2 jam 37 menit 30 detik). Arus yang terbesar  adalah  159A  yaitu  pada  variasi  pulley  motor  7cm dan diameter pulley 10cm dan 12cm, pada arus 159A diharapkan untuk tidak digunakan karena akan mempercepat memory deffect pada baterai. Kata kunci— Sistem Kelistrikan; Sistem pengisian; Arus pengisian.
Studi Eksperimen Rekayasa Ecu Pada Sepeda Motor untuk Pemakaian Bahan Bakar Etanol 95 Persen arifin, agus choirul; yuwono, indarto
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 2 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.013 KB)

Abstract

Etanol merupakan  bahan bakar yang dihasilkan oleh biomassa dengan karakteritik bilangan oktan yang tinggi, antiknock yang baik dan potensial penipisan lapisan yang lebih sedikit dibandingkan dengan gasoline. Eksperimen dilakukan untuk penggunaan bahan bakar pertalite dan E95 pada mesin kendaraan dan untuk  mengetahui performa mesin(daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar) pada mesin sepeda motor yang telah diubah/dimodifikasi. Pengujian dilakukan pada mesin motor bakar satu silinder 4 langkah 113 cc dengan pengkondisian RPM antara 2000 hingga 7000. Parameter pengujian ditentukan yakni kondisi mesin langsam, akselerasi halus dan mencapai rpm maksimal. Hasil data pengujian diperoleh daya puncak Pertalite terhadap etanol mengalami penurunan sebesar 14,1%, Torsi puncak standar kendaraan untuk pertalite terhadap etanol  mengalami penurunan 5,8% dan Konsumsi bahan bakar untuk standar etanol mengalami kenaikan sebesar 15,38% pada rpm 3000 terhadap pertalite.
Implementasi Metode Master Slave untuk Sistem Pengaman Sepeda Motor dan Helm Suryangga, Nova; Nachrowie, Nachrowie; Sari, Anggraini Puspita
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 1 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak— Pencurian sepeda motor kerap terjadi karena banyak faktor selain pencurian sepeda motor kini marak terjadi pencurian helm, pada penelitian ini penulis memfokuskan pengamanan kedua hal tersebut dengan menggunakan sistem komunikasi master slave pada sepeda motor dan helm sehingga dapat memicu suatu alarm ketika helm atau sepeda motor dicuri dan untuk pengamanan tambahan ditambahkan fitur pelacakan menggunakan modul GPS dan GPS tracker bravo sehingga memberi pengamanan ekstra pada sepeda motor dan helm.