cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 72 Documents
Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Industri Makanan Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur Nurhartani, Yulita; Rosmiati, Eros; Sova, Maya
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.019 KB)

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia berperan penting dalam perekonomian Nasional. Khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terbukti telah memberi peluang kerja bagi masyarakat di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun Perkembangan ini belum dibarengi kinerja maksimal UMKM, karena kendala: orientasi pasar yang konvensional, dan kurangnya orientasi kewirausahaan, karenanya dibuat penelitian berjudul Pengaruh  orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM, pada industri makanan di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur?. Dengan tujuan Untuk Mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan terhadap kinerja UMKM, menggunakan rancangan penelitian survey, observasi, teknik purposive sampling, data primer, data sekunder,  skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda, program SPSS, kuesioner dan sampel 100 responden. Hasilnya:  Orientasi Pasar berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM, (nilai sig. 0,019 < 0,05 dan nilai thitung2,387 > 1,988) dimana Ho ditolak dan H1 diterima, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM. dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung5,244 > 1,988, Ho ditolak dan H2 diterima. Maka Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. dari nilai Fhitung > Ftabel (51,612 > 3,09). Dimana Ho ditolak dan H3 diterima. Diharapkan penelitian ini, dapat sebagai rekomendasi strategi peningkatan kinerja di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. disarankan:  pelaku UMKM agar menerapkan SOP yang jelas, berorientasi pasar, serta menguasai pasar melalui survey, riset,  dengan gagasan baru dalam : produk, iklan, pameran. Sehingga pemasaran produk dapat menjangkau  wilayah didalam maupun diluar kecamatan Cipayung Kata kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan , kinerja
ANALISIS ISO 9001:2008 PADA PROSES PENGEPAKAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT. PACIFIC REMOVINDO ALLIED PICKFORDS INDONESIA Nurminingsih, Nurminingsih; Damayanti, Efita
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.94 KB)

Abstract

Salah satu pilihan yang paling strategis dalam sebuah organisasi agar mampu bertahan di tengah situasi lingkungan ekonomi yang memperlihatkan kecenderungan perubahan demi perubahan, persaingan yang sangat tinggi serta semakin cangihnya kualitas hidup. Peningkatan kualitas mencakup pelayanan secara umum yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya dalam hal ini manajemen sumber daya manusia, kualitas pelayanan menjadi bagian yang penting dalam upaya peningkatan sistem manajemen kualitas secara keseluruhan. Pelanggan menjadi fokus utama ketika kita menggungkap tentang kepuasan dan kualitas pelayanan jasa.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi ISO 9001:2008 Pada Proses Pengepakan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT. Pacific Removindo (Allied Pickfords Indonesia).  v Sistem manajemen mutu yang sudah berjalan sejak tahun 2003  sangat membantu proses bisnis perusahaan. ISO 9001:2008 telah memberikan kontribusi besar pada usaha perusahaan dalam pemenuhan indeks kepuasan pelanggan.Metoden penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan analisis SWOT yang mencakup lingkungan internal dan eksternal perusahaan dimana analisis ini menetukan kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunies) dan ancaman (threath). cara analisis data yang menggunakan perhitungan angka-angka atau untuk menunjang proses analisis data tersebut dengan menggunakan bobot, skala dam rating.  Berdasarkan semua analisis tersebut diatas, alat yang dipakai untuk menyusun faktor –faktor strategis perusahaan adalah dengan menggunakan matrik SWOT. Matrik ini menggambarkan secara jelas peluang dan acaman eksternal yang dihadapi perusahaan yang dapat diatasi dengan kekuatan serta meminimalkan kelemahan yang berasal dari internal perusahaan. Matrik SWOT menghasilkan empat set kemungkinan alternative strategi yaitu ST, WT, SO dan WO.  Kata Kunci : ISO 9001:2008, Pengepakan, Kepuasan Pelanggan
PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANOMALI COFFEE KEMANG PADA 2016 Febriandini, Indah; Piguno, Amrih
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.473 KB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan yang terjadi di dunia bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme di semua bidang usaha, begitu pula bisnis perkopian di Indonesia, seperti kedai kopi. Anomali coffee agar bisa tetap bersaing, salah satunya dengan melakukan diferensiasi produk (keunggulan produk untuk memenangkan pasar sasaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Anomali Coffe Jakarta. Penelitian kuantitatif, desain crosectional, populasi penelitian adalah konsumen Anomali Coffee Kemang, teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan rumus Rao Purba yang menghasilkan 96 responden pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah nilai korelasi r = 0,705,  yang artinya ada hubungan antara  diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil koefisien determinasi adalah bahwa ada hubungan antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,7%, sisanya 50,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, adapun  hasil regresinya  adalah : Y= 6.378 + 0.366X, berarti ada pengaruh positif diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan Terdapat hubungan kuat dan positif antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen,  dan diferensiasi produk perlu dilakukan ditengah maraknya persaingan kedai-kedai kopi yang sedang menjamur, khususnya untuk Anomali Coffee. Saran untuk Anomali coffe hendaknya tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan diferensiasi produk yang dimiliki serta melakukan inovasi, pengembangan dan memperhatikan keamanan maupun kenyamanan konsumen. Kata kunci : diferensiasi produk, kepuasan konsumen                                                        ABSTRACT                    Competition in the business world demands the company to improve service and professionalism in all areas of business, as well as coffee business in Indonesia, such as coffee shops. Anomaly coffee to remain competitive had several methods, one of them by doing product differentiation (product superiority to win the target market).  This study purpose is to determine and analyze the influence of product differentiation on Consumer Satisfaction at PT. Anomali Coffee Jakarta. The population of the study was the consumers of Anomaly Coffee in Kemang, South Jakarta. Sampling technique that used in this research was random sampling with Rao Purba formula with 96 respondents in 2016. This study used correlation analysis method, coefficient of determination and simple linear regression. The result of research is correlation value r = 0,705, which means there is relationship between product differentiation to consumer satisfaction. The result of coefficient of determination is that there is correlation between product differentiation to consumer satisfaction equal to 49,7%, the rest 50,3% is determined by other variable not examined in this research, as result regression was: Y = 6.378 + 0.366X, it means there is positive effect of product differentiation customer satisfaction. Conclusion There was a strong and positive relationship between product differentiation to consumer satisfaction, and product differentiation needs to be done amidst the rampant competition of coffee shops that are mushrooming, especially for Anomali Coffee.Suggestions for Anomaly Coffee should maintain and further enhance product differentiation and innovation, development and safety and consumer comfort. Keywords: product differentiation, consumer satisfaction 
PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA TOKO AIRA PHONE SHOPJAKARTA Gelu, Gelu; Budy, Doddy Astya
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.046 KB)

Abstract

      Telepon seluler atau handphone merupakan salah satu alat teknologi yang perlahan merubah cara dan media sosialisasi masyarakat di Indonesia.   handphone seolah-olah telah bermetamorfosis dari sekedar alat komunikasi tanpa kabel menjadi alat penyedia informasi yang mudah dijangkau dan digunakan oleh masyarakat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung berbasis android pada toko Aira Phoneshop Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 80 responden dengan teknik Simple Random Sampling. menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi sederhana, uji F, Uji t dengan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji koefisien determinasi iklan dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,286 atau 28,6%. Hasi uji regresi sederhana menunjukan bahwa iklan memberikan pengaruh 0,110 (11,0%) sedangkan citra merek sebesar 0,617 (61,7%). Berdasarkan hasil uji F secara bersamaan iklan dan Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil Uji t (hipotesis) diketahui iklan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai p 0,344, namun citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian nilai p 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa iklan yang ditawarkan perusahaan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, maka perusahaan harus mampu mempertahankannya jika perlu lebih ditingkatkan kualitasnya dan dalam hal citra merek sebaiknya meningkatkan aspek-aspek citra merek yang masih kurang. Kata kunci : Iklan, Citra Merek, Keputusan Pembelian
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FIRM SIZE & FINANCIAL LEVERAGE PADA INCOME SMOOTHING Sasmita, Bella Wira; Nuraini, Ani
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.36 KB)

Abstract

ABSTRAKLaporan keuangan menjadi alat untuk mengevaluasi kegiatan akuntansi termasuk laporan Rugi/ Laba komprehensif yang terintegrasi, wajar, sesuai prinsip akuntansi untuk mempertanggung jawabkan kegiatan manajemen dan untuk mengambil keputusan pada suatu instansi berdasarkan penilaian kinerja keuangan dan peramalan keuangan untuk memperkirakan  risiko  penanaman modal (investasi), serta membuat manipulasi laba bagi kinerja keuangan yang stabil dan dikenal dengan income smoothing  yaitu merupakan kreatif akunting untuk menaikkan laba.Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh dari ukuran perusahaan pada tingkat kreatif akunting, pengaruh signifikan keuangan pada income smoothing sebagai suatu variable mediasi. Penelitian ini adalah penelitian yang menjelaskan penggunaan data panel. Target populasi adalah perusahaan yang masuk di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan sampel ditarik dari 10 perusahaan yang diseleksi dari bidang pertambangan menggunakan teknik sampling non probability dengan metode purposive sampling.Hasil penelitian didapatkan ukuran perusahaan (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada income smoothing (Y) dengan nilai sig. (0,330 < 0,05), artinya bahwa Ho adalah diterima sebab berpengaruh positif pada income smoothing variable (Y) demikian juga variable financial  leverage (X2) berpengaruh positif  dan signifikan yang diperkuat  dengan (0,0001 <0,05) Ho diterima, berarti financial leverage (X2) berpengaruh signifikan pada income smoothing (Y). Kata kunci : ukuran perusahaan, leverage keuangan, perataan laba
PENINGKATAN KETERAMPILAN STAF UNIT KERJA BERDASARKAN PENILAIAN ATASAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN ORGANISASI DI PERGURUAN TINGGI “X” Desmiwati, Desmiwati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.315 KB)

Abstract

AbstrakDalam rangka memenuhi tuntutan Pemerintah untuk meningkatkan daya saing global, di Perguruan Tinggi (PT) “X” telah dilakukan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Disadari sepenuhnya bahwa tenaga staf di setiap unit kerja juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilannya di PT “X”. Tujuan penelitian ini   mengetahui dan menjelaskan kinerja staf dengan menilai pengetahuan, sikap dan keterampilan staf  dalam melakukan tugas dan tanggung di Unit Kerja  Biro Administrasi dan Kemahasiswaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekretariat Rektorat, dan Badan Penjaminan  Mutu di PT X dari Tahun 2014 sampai dengan Tahun 2017.    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain potong lintang, populasi seluruh staf di empat Unit Kerja tersebut di atas sebanyak 10 staf.  Alat pengambilan data menggunakan  kuesioner  pengetahuan sebanyak 6 pertanyaan, sikap sebanyak 7 pertanyaan, dan keterampilan sebanyak 7 pertanyaan, hasil uji validitas dan realibilitas sangat baik. Analisisnya deskriptif dan analitik uji uji F (uji anova).  Hasil penilaian atasan langsung  terhadap staf menunjukkan bahwa sejak tahun 2014 hingga Tahun 2017 terdapat peningkatan nilai pengetahuan meningkat 2%, sikap  meningkat 5% dan keterampilan meningkat 1,7%. Hasil uji F menunjukkan keempat kelompok tersebut peningkatan nilai pengetahuan (F=0,21), sikap (F=0,05) dan keterampilan (0,04) yang di nilai oleh atasan tidak ada perbedaan bermakna dengan nilai p>0,05. Kesimpulan ada peningkatan pengetahuan,sikap dan keterampilan staf  dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya pada masing-masing unit kerja di PT “X” namun peningkatan nilai tersebut tidak bermakna secara statistik. Saran sumber daya manusia yang handal harus ditingkatkan mutu pengetahuannya, sikap dan keterampilannya. Kata kunci: pengetahuan, sikap, keterampilan staf, tugas dan tanggung jawab  Abstract                To fulfill government requirement and improve global standing, University “X” had done several competency development activity to lecturer and staff. Staffs in each work unit also play an important role in improving their skills in University "X". The purpose of this study is to know and explain the performance of staff by assessing the knowledge, attitude and skills of staff in performing duties and responsibilities in the Work Unit of the Bureau of Administration and Student Affairs, Institute of Research and Community Service, Rectorate Secretariat and Quality Assurance Agency in University “X” from 2014 to with the Year 2017. This study uses quantitative approach, cross sectional design, the population of all staff in the four Work Units above as many as 10 staff. Tool for data retrieval using questionnaire with knowledge variable with 6 questions, attitude variable with 7 questions, and skills variable with 7 questions, test results validity and reliability is very good. This research is descriptive and analytical analysis of F test. The results of the direct supervisor's assessment of the staff showed that from year 2014 to 2017 there was a 2% increase in the value of knowledge, 5% increase in attitude and skills increased  1.7%. The result of F test shows that the four groups have an increase of knowledge value (F = 0,21), attitude (F = 0,05) and skill (F= 0,04) which in value by boss no significant difference with p> 0,05. Conclusion for this research was increase of staff knowledge, attitudes and skills in carrying out their duties and responsibilities in each work unit in university "X" but the increase in value was not statistically significant. Reliable human resources advice should be improved the quality of knowledge, attitude and skills. Keywords: knowledge, attitude, skills, staff duties and responsibilities
ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT UNTUK MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN (PERSERO) TBK PERIODE TAHUN 2009-2013 Sampoerna, Djaja; Azizah, Intan Nurul
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.115 KB)

Abstract

Dengan adanya anggaran kas perusahaan dapat mengetahui keadaan keuangan surplus atau deficit sehingga perusahaan dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan aktiva lancer dan dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan dengan modal sendiri maupun modal pinjaman. Peranan anggaran kas sebagai alat untuk menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas pada PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sangat penting. Dapat dilihat dari hubungan anggaran kas dengan likuiditas bersifat positif. Analisa menggunakan analisis rasio keuangan dengan factor hasil analisis rasio likuiditas yang dicapai, Quick Ratio,Cash Ratio, Net working Capital. Hubungan anggaran kas dan rentabilitas terdapat hubungan negative dan pengaruhnya kecil. Tapi perusahaan dapat menunjukkan kemampuan meningkatkan laba sangat baik. Dilihat dari hasil rentabilitas ekonomi untuk mengasilkan laba dan dinyatakan dalam persentase paling tinggi pada tahun 2011 yaitu 35,64%, sedangkan rentabilitas modal sendiri menunjukkan peningkatan laba meskipun pada tahun 2010 mengalami penurunan 15,98% tapi di tahun berikutnya dari tahun 2011 sampai 2013 terus mengalami kenaikan menjadi sebesar 21,19%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran kas tahun 2014 yaitu anggaran penerimaan kas sebesar Rp 45.021.045.711.414,4 dan pengeluaran kas sebesar Rp 17.200.018.414.339,4 dengan demikian anggaran kas surplus dapat memanfaatkan dana semaksimal mungkin. Setelah penyusunan anggaran kas rasio likuiditas dalam kategori likuid dan rasio rentabilitas dalam kategori rentabel. Peranan anggaran kas sebagai alat untuk menjaga likuiditas dan rentabilitas sangat tepat untuk menentukan kelancaran dan kelangsungan hidup perusahaan. Baik rasio likuiditas yang telah dicapai harus mampu menempatkan aktiva dan pasivanya tidak  berlebihan, meningkatkan rasio rentabilitas dengan meningkatkan profit margin,menekan biaya operasi yang tidak efektif serta mempertinggi asset turn over. Kata Kunci :  Anggaran Kas, Likuiditas, Rentabilitas
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN SUSU FRISIAN FLAG UHT 115 ML PADA PT. CATUR SENTOSA ADIPARNA JAKARTA TIMUR Wulandari, Anisa Restu; Sularto, Sularto
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.902 KB)

Abstract

Persaingan antar Perusahaan distributor susu menjadi sangat ketat, sehingga setiap perusahaan Distribtor susu perlu memiliki strategi khusus untuk menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan Susu Frisian Flag UHT 115 ML pada PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Metode penelitian ini jenisnya kuantitatif. Populasi pelanggan Staff Marketing PT. Catur Sentosa Adiparna dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik sampling yang digunakan sampel jenuh. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji regresi berganda, uji F, dan Uji t dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji F (ANOVA) diketahui bahwa diketahui bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan Fhitung>Ftabel yaitu 1,272<3,19 dengan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,290>0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga secara bersama-sama (simultan) Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan. Berdasarkan basil uji t bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3,970>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,446< 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima, variabel promosi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung<ttabel yaitu 1,430>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas  0,159<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan harga dan promosi berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. SaranKami menyarankan agar perusahaan perlu membuat strategi yang lebih baik lagi dari distributor dengan meningkatkan diskon potongan harga yang lebih lagi. Sebaiknya ditingkatkan lagi tenaga penjual yang lebih aktif dan memperluas pemasaran produk hingga terjangkau ke semua area toko.Kata Kunci          :     Harga, Promosi, dan Peningkatan Penjualan Kepuasan Pelanggan                                                                                        ABSTRACTCompetition among milk distributor companies was very strict; every company of Milk distributor needs to have a special strategy to competition of sale. Study aims to determine the Influence of Price and Promotion to Increase Sales Frisian Flag Milk UHT 115 ML at PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Research method was quantitative. The customer population of PT. Catur Sentosa Adiparna with a sample of 50 people. Sampling technique used saturated samples. The analysis technique uses validity test, reliability test, multiple correlation coefficient test, determination test, multiple regression test, F test, and t test with SPSS 17. Result known that the price variable significant Fcount> Ftable was 1.272 <3.19 with smaller significance value than probability value 0.290> 0.05 Ho was rejected and Ha accepted. So together (simultaneously) The Influence of Price And Promotion to Increased Sales. t test result that price variable have significant relation to sales increase with t count> t table that was 3,970> 2,01063 and significant value less than probability 0,446 <0,05 Ho rejected and Ha accepted, promotion variable have significant relation to the increase of sales with the t count <t table was 1.430> 2.01063 and significant value smaller than probability value 0,159 <0,05 that H0 rejected and Ha accepted. Conclusion price and promotion conclusions have an effect on sales increase. Suggestions we recommend that companies need to make better strategies from distributors by increasing discounts more. Better to be upgraded more active sales people and expand product marketing to reach all areas of the store. Keywords: Price, Promotion, Increased Sales .
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. MUSLIM PARABOLA CILEUNGSI BOGOR Uran, Sirilus Sirilus P G Ola; Sugiarso, Tony
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.688 KB)

Abstract

   Persaingan dunia bisnis saat ini sangat ketat dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi sehingga konsumen memiliki informasi yang lengkap mengenai alternatif pilihan produk yang tersedia di pasar, salah satunya CV Muslim Parabola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Muslim Parabola  di Cileungsi, Bogor. Metode penelitian disini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi dan sampel penelitian berjumlah 50 responden, dengan 2 (dua) variabel bebas harga dan kualitas pelayanan dan vriabel terikat  kepuasan pelanggan.Analisis data uji validitas, reabilitas, uji t dan uji f, dengan analisis koefisien korelasi, analisa determinasi, analisa regresi berganda koefisien. Hasil penelitian adalah Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel harga  dengan nilap p 0.031 dan kualitas pelayanan dengan nilai 0,000 terhadap kepuasan konsumen CV Muslim Parabola. Variabel harga dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap variabel kepuasan konsumen dengan nilai kontribusi sebesar 85,2%. Kesimpulan hal ini berarti semakin tinggi nilai kulitas pelayanan dan penetapan harga jual sesuai dengan pasar akan semakin tinggi kepuasan konsumen. Saran untuk menghasilkan kepuasan konsumen yang optimal CV muslim prabola harus lebih menilai harga pasar sehingga dengan demikian akan timbul kemauan konsumen membeli dan menghargai produk yang di pasarkan. Selain itu CV muslim parabola juga harus terus menciptakan nilai dan cara meningkatkan  kualitas pelayanan dengan cara ini perusahan dapat memikat atau mendapat kepercayaan dari kosumen yang sudah ada maupun calon konsumen.                                                                                                                                   Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan konsumen
PENGARUH DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (PADA CV. MEDIA PRESSINDO, JAKARTA) Juniati, Vivi; Sudaryanto, Sudaryanto
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.5 KB)

Abstract

Salah satu aspek yang cukup penting dalam manajemen pemasaran adalah mengenai saluran distribusi, maka salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan adalah mengefektifkan saluran distribusi dan periklanan yang ada sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. dapat diketahui bahwa perusahaan bukan semata-mata untuk memproduksi saja, akan tetapi juga mempertimbangkan penyaluran hasil produksi ke pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh distribusi dengan volume penjualan  dan juga untuk mengetahui besaran nilai distribusi terhadap peningkatan volume penjualan.  Metode penelitian kuantitati dengan desain survei, sampel jenuh sebanyak 50 responden, data primer dengan kuesioner. Analisis dengan  uji validitas dan reliabilitas untuk menguji persyaratan data. Analisis data menggunakan Uji Korelasi, Uji Regresi dan Uji t.  Hasil perhitungan keseluruhan dari distribusi dan volume penjualan adalah valid. Hal ini diketahui dari perolehan nilai probabilitas masing-masing pernyataan < 0.05.  Uji Korelasi diperoleh variabel distribusi memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan volume penjualan dengan nilai korelasi  0.701 atau 70.1%  artinya volume penjualan dipengaruhi oleh distribusi. Hal ini didukung hasil uji t  hitung sebesar 6.819 > t tabel sebesar 2.021, Ho ditolak  artinya terdapat pengaruh kuat antara distribusi dengan volume penjualan pada CV. Media Pressindo. Pengaruh yang kuat artinya jika faktor distribusi mengalami peningkatan maka akan diikuti dengan peningkatan volume penjualan. Kesimpulan Distribusi  dan Peningkatan Volume Penjualan yang telah dilakukan CV. Media Pressindo Jakarta pada pendistribusian LKS sangat baik, dan terdapat hubungan yang kuat yang kuat antara distribusi dengan volume penjualan. Saran sebaiknya CV. Media Pressindo Jakarta terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam proses Distribusi guna meningkatkan Volume Penjualan dan kenyamanan para konsumen.Kata Kunci             : Distribusi dan Volume Penjualan