Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : 16933572     EISSN : 26231700
Jurnal Teknologi Informasi (JTI) with e-ISSN : 2623-1700 and p-ISSN : 1693-3672 Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Teknologi is published twice every year, in June and December.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi" : 10 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi Peminjaman Ruangan Berbasis Web dan SMS Gateway (Landing Room System Development Using Web and SMS Gateway Approach)

Setiawan, Rudi, Soraya, Indirana

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1178.724 KB)

Abstract

                                                                AbstrakProses pencatatan peminjaman ruangan merupakan aktivitas yang penting sebagai sarana dokumentasi peminjaman di Universitas Trilogi. Proses peminjaman ruang di Universitas Trilogi terbagi menjadi 2, yaitu peminjaman internal dan peminjaman eksternal yang mana kedua proses tersebut masih dilakukan secara manual dengan cara pihak peminjam datang ke bagian administrasi akademik untuk menanyakan ketersediaan ruang kelas, kemudian peminjam membuat surat permohonan peminjaman ruangan yang ditujukan kepada bagian sarana prasarana dengan mengetahui kepala bagian kemahasiwaan dan alumni. Sedangkan untuk proses peminjaman eksternal peminjam dapat langsung menghubungi bagian sarana prasarana untuk menanyakan ketersediaan ruangan yang dapat dipinjam.Melihat permasalahan yang ada, maka dibuat sebuah aplikasi peminjaman ruangan di Universitas Trilogi berbasis Web dan SMS gateway. Aplikasi ini dibuat untuk memperbaiki sistem manual yang telah ada menjadi terkomputerisasi.  Dengan aplikasi ini, peminjam akan mendapatkan informasi peminjaman secara lengkap serta proses verifikasi peminjaman dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga membuat proses peminjaman ruangan di Universitas Trilogi menjadi lebih efektif dan efisien, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai databasenya dan terintergrasi dengan SMS Gateway, metode perancangan sistem menggunakan Unifed Modelling Language (UML). Hasil akhir penelitian ini berupa sebuah aplikasi khusus peminjaman ruangan berbasis Web dan SMS gateway untuk memudahkan peminjam dalam melakukan proses peminjaman. Kata-kata kunci— peminjaman ruangan, rancang bangun, SMS gateway, UML, waterfall, web                                                              AbstractThe recording process of room lending is an important activity as a lending documentation facility at Trilogi University. The process of room lending at Trilogi University is divided into 2, namely internal and external lending which both processes are still done manually by the borrower comes to the academic administration department to inquire about the availability of the room. Based on those problems, then the application for room lending web-based and sms gateway-based in Trilogi University was created. This application was made to improve the existing manual system to be computerized. With this application, the borrower will get the lending information compeletly and the lending verification process can be done anytime and anywhere. Thus it makes the process of room lending at Trilogi University more effective and efficient. This application is developed by using PHP as programming language, MySQL as the database and integrated with SMS Gateway. The method that is used in order to improve this application is using Waterfall method, while for system design method is using Unified Modelling Language (UML). The output of this research is a specific application for room lending which is web-based and sms gateway-based to facilitate the borrower in the process of lending.  Keywords— architecture, room lending, SMS gateway, UML, waterfall, web

Pengembangan Augmented Reality pada Alat Musik Daerah Berbasis Mobile

Nurdin, Iksan, Sesunan, Mira Febriana

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.433 KB)

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pada alat musik daerah bertujuan untuk menarik minat belajar serta untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam menerima materi pembelajaran tersebut. Aplikasi pembelajaran pada alat musik daerah berbasis augmented reality menampilkan objek 3D alat-alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android. Metode pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality ini meningkatkan pengetahuan tentang alat musik tradisional, Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil penelitian antara tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 2D dengan tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 3D. Kata kunci: Augmented, Reality, Android, Pembelajaran

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Managemen Masjid Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Masjid Darul Maarif Daaima Jakarta)

Mahardika, Bagus Tri

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.408 KB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan terknologi informasi saat ini banyak digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan. Salah satunya adalah pada tempat ibadah atau masjid. Para jamaah masjid sering kali kesulitan mendapatkan informasi kegiatan atau agenda kajian, pengurus masjid juga terkendala ketika menyampaikan pengumuman atau pemberitahuan kepada jamaah masjid, selain itu pengurus juga terkendala dalam mengatur atau pendataan sumber daya masjid, mengelola keuangan masjid yang transparan, membuat laporan dan rekapitulasi anggaran kegiatan. Oleh karena itu untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi kepada para jamaah, Masjid Darul Maarif menerapkan teknologi informasi berbasis online dengan membangun Sistem Informasi Managemen masjid. Pada awal penelitian ini akan dilakukan suatu proses analisis dan perancangan desain sistem informasi managemen masjid dengan melakukan pendekatan melalui metode kerangka pengembangan sistem FAST (Framework for the Application of system Technique) dan didukung dengan analisa kebutuhan PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, Service) dalam menemukan pokok masalah. Hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe atau desain sistem informasi managemen masjid sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan penerapan metode yang digunakan. Dari hasil penelitian ini kemudian dapat menjadi sebuah acuan untuk pembuatan aplikasi atau pengembangan sistem informasi managemen masjid. Kata Kunci : Masjid, Online, Sistem Informasi, Metode Fast, Kerangka Pieces   ABSTRACT Information technology developments are currently widely used to improve services and provide convenience.One of them is at a place of worship or mosque.Mosque worshipers often have difficulty getting information on activities or study agendas, mosque administrators are also constrained when delivering announcements or notifications to mosque worshipers, besides that administrators are also constrained in arranging or collecting mosque resources, managing transparent mosque finance, making reports and budget recapitulation activities. Therefore, to provide convenience in conveying information to worshipers, the Darul Maarif Mosque applies online-based information technology by building a Mosque Management Information System. At the beginning of this study a process of analysis and design of the mosque management information system will be carried out by approaching the Framework for Application of System Technique and supported by the PIECES framework (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, Service). in finding the core of the problem. The results of this study are a prototype or design of information systems for mosque management that are in accordance with the needs and based on the application of the methods used.From the results of this study can be used as a reference for making applications or developing information systems for mosque management. Keywords : Mosque, Online, Information Ssystem, Fast Method, Pieces Framework

Menentukan Rekomendasi Pembelian Video Game Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Ramadhan, Wahyu, Setiawan, Rudi, Zumaryan, Rifandra, Adriansyah, M Daniel, Paluthfi, Agam

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.829 KB)

Abstract

AbstrakIndustri Video Game sudah berkembang pesat dan banyak developer-developer video game berlomba-lomba menjual video game yang mereka buat, mulai dari perusahaan startup sampai perusahan besar. Tetapi sebagai konsumen yang siap membeli video game dari sekian banyak video game apakah uang yang dikeluarkan untuk membeli video game tersebut bernilai sama dengan video game yang didapatkan?.meskipun sudah banyak review demi review yang menyatakan rekomendasinya masing-masing terkadang konsumen masih tidak yakin dengan pilihannya. Oleh karena itu penelitian ini dibuat agar konsumen dapat memilih pilihan mereka berdasarkan rekomendasi pembelian. Rekomendasi pembelian ini menggunakan salah satu metode sistem penunjang keputusan yaitu metode System Additive Weighting (SAW) dimana vide game tersebut dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan sehingga mendapatkan nilai hasil akhir. Nilai hasil akhir inilah yang menjang penentu salah satu rekomendasi pembelian yaitu: Beli, Beli saat harga turun/diskon, meminjam ke orang lain, atau tidak beli sama sekali Kata kunci: Video Game, System Additive Weighting, Rekomendasi Pembelian

IMPLEMENTASI APLIKASI DARING PENDUKUNG BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMK PANGUDI RAHAYU II

Lina, Ester, Nurhastuti, Tiwi

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.706 KB)

Abstract

AbstrakPermasalahan yang tengah dihadapi oleh SMK Pangudi Rahayu II adalah pemenuhan jumlah guru Bahasa Indonesia. Keterbatasan guru bahasa Indonesia yang menangani 2 kelas untuk 1 orang guru, sehingga apabila guru sedang berhalangan hadir, maka capaian kompetensi siswa bisa tidak terpenuhi. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi pendukung belajar bahasa Indonesia, yang akan membantu menangani kasus yang terjadi di sekolah. Metodologi yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan metode waterfall dan perancangan perangkat lunak dilakukan dengan metode berorientasi obyek yaitu Unified Modelling language (UML) sebagai alat bantu pemodelan. Hasil dari implementasi aplikasi pendukung belajar bahasa Indonesia di SMK Pangudi Rahayu II, dapat mendukung siswa/i kelas XII dalam memahami materi bahasa Indonesia, dan juga dapat membantu guru mengevaluasi ketercapaian kompetensi pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: SDLC, Waterfall, UML, Kompetensi Bahasa Indonesia. AbstractThe problem that is being faced by Pangudi Rahayu II Vocational School is the fulfillment of the number of Indonesian Language teachers. The limitations of Indonesian teachers who handle 2 classes for 1 teacher, so that if the teacher is unable to attend, then the achievement of student competencies cannot be fulfilled. This can be overcome by using an application to support Indonesian learning, which will help deal with cases that occur at school. The methodology used is the System Development Life Cycle (SDLC) using the waterfall method and software design is done by object-oriented methods namely the Unified Modeling language (UML) as a modeling tool. The results of implementing the application to support Indonesian learning at Pangudi Rahayu II Vocational School, can support class XII students in understanding Indonesian language material, and can also help teachers evaluate the achievement of Indonesian language learning competencies. Keywords: SDLC, Waterfall, UML, Indonesian Competency

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN STOK SUKU CADANG BERBASIS WEB PADA BENGKEL C2 MINEL MOTOR HONDA

., Hendra, ., Suroso

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.283 KB)

Abstract

ABSTRAKPerancangan Sistem Informasi Persediaan Stok Suku Cadang adalah salah satu pengaplikasian sistem yang terkomputerisasi di suatu bidang penjualan barang suku cadang dan sistem yang saling berinteraksi untuk mengolah stok suku cadang, mulai dari masuknya barang suku cadang ke bagaian gudang sampai keluarnya  suku cadang sehingga menghasilkan laporan yang berguna bagi perusahaan. Namun sistem yang berjalan di perusahaan tersebut masih menggunakan cara manual untuk pengelolahan data stok suku cadang, sehingga menimbulkan banyak kelemahan-kelemahan, antara lain: permasalahan pokok  terdapat pada kegiatan pengontrolan persediaan suku cadang serta mengolah data stok suku cadang yang masih dikerjakan dengan cara manual sehingga tidak dapat dilihat secara terperinci sisa stok suku cadang yang ada di gudang. Laporan persediaan barang kurang terperinci sehingga menyulitkan bagian gudang dalam mengambil keputusan tentang persediaan suku cadang. Dari kesulitan pengontrolan dan pengelolahan stok suku cadang  tersebut akan muncul permasalahan dalam penyajian suatu laporan yang seharusnya tepat waktu menjadi tertunda dan akan menghambat perkembangan suatu perusahaan. Melihat dari permasalahan yang ada, maka untuk pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall. Instrumen penelitian yang digunakan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Metode pendekatan sistem untuk penggambaran atau pemodelan menggunakan notasi Flow Of Documents (FOD) dan Data Flow Diagram (DFD). Dan untuk penggambaran perancangan basis datanya akan digambarkan dalam bentuk Normalisasi dan Entity-Relationship Diagram (ERD). Perancangan sistem informasi persediaan stok suku cadang ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Hasil dari penelitian ini akan memperoleh kemudahan  dari  sistem tersebut antara lain meminimumkan dalam pengendalian stok suku cadang dan transaksi penjualan dan pembelian pada perusahaan.Kata kunci : Perancangan, persediaan barang, stok, suku cadang, PHP, web.ABSTRACTInventory Design Information System Stock Spare Parts is one of the applications of a computerized system in the field of selling spare parts and systems that interact with each other to process spare parts stock, from the entry of spare parts to warehouse parts until the release of spare parts so as to produce useful reports for the company. However, the system running in the company still uses manual methods for managing spare parts stock data, thus giving rise to many weaknesses, among others: the main problems are in controlling spare parts inventory and processing spare parts stock data which is still done manually so that cannot be seen in detail the remaining stock of spare parts in the warehouse. Reports of item inventory are not detailed, making it difficult for the warehouse to make decisions about the supply of spare parts. From the difficulty of controlling and managing the spare parts stock, problems will arise in the presentation of a report which should be delayed on time and will hinder the development of a company. Looking at the problems that exist, the application development uses the waterfall method. The research instrument used for data collection techniques was carried out by interview and observation. System approach method for drawing or modeling using Flow of Documents (FOD) notation and Data Flow Diagrams (DFD). And for the depiction of the database design, it will be described in the form of Normalization and Entity-Relationship Diagram (ERD). The design of an inventory information system for spare parts stock uses the PHP programming language and uses a MySQL database. The results of this study will get the ease of the system, among others, minimizing the control of spare parts and sales and purchase transactions at the company.Keywords: Designing, inventory, stock, parts, PHP, web.

Aplikasi Program Intel My Tip Pada PT. Digitas Solution

Prasetyo, Yuda, Suwarni, Suwarni

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.285 KB)

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang ada pada Perusahaan Digitas Solution adalah banyaknya data yang diterima sehingga membuat sulitnya admin untuk malakukan penginputan data. Perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi pemasaran (marketing communication services) dan pengembangan merek dagang (brand development) ini sedang membuat strategi pemasaran program Intel My Tip. Program Intel My Tip adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk Intel dengan cara memberikan insentif kepada reseller atau partner yang telah menjual produk Intel yaitu Pentium dan Celeron di 6 kota besar di Indonesia. Dalam menjalankan program ini Digitas Solution mempunyai tim khusus Intel yang biasa disebut dengan Merchandiser, Merchandiser sangat berperan aktif dengan turun langsung ke lapangan, mensosialisasikan program Intel My Tip dan mengumpulkan data yang dibutuhkan, data yang dikumpulkan berupa bukti penjualan yaitu invoice dari setiap produk Intel yang terjual. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang Aplikasi program Intel My Tip untuk membantu mengolah data penjualan partner dan bagian marketing dalam melihat poin yang sudah diraihnya serta dapat melakukan penukaran poin dengan reward secara online. Metodologi penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall.  Kata kunci: Intel, Program My Tip, UML, reseller, partner ABSTRACT The problem that is in the Digitas Solution Company is the amount of data received, making it difficult for admin to input data. Companies that are engaged in marketing communication services and brand development are currently developing marketing strategies for the Intel My Tip program. The Intel My Tip program is a program that aims to increase sales of Intel products by providing incentives to resellers or partners who have sold Intel products namely Pentium and Celeron in 6 major cities in Indonesia. In carrying out this program Digitas Solution has a special Intel team commonly called the Merchandiser, Merchandisers play an active role by going directly to the field, socializing the Intel My Tip program and collecting the required data, data collected inthe form of sales receipts are invoices from each Intel product sold. The purpose of this study is to design the Intel My Tip program application to help process sales partner data and marketing departments in seeing the points that have been achieved and can exchangepoints with rewards online. The methodology of this research uses the System Development Life Cycle (SDLC) method with the Waterfall model. Keywords: Intel, Program My Tip,UML, reseller, partnerABSTRACT The problem that is in the Digitas Solution Company is the amount of data received, making it difficult for admin to input data. Companies that are engaged in marketing communication services and brand development are currently developing marketing strategies for the Intel My Tip program. The Intel My Tip program is a program that aims to increase sales of Intel products by providing incentives to resellers or partners who have sold Intel products namely Pentium and Celeron in 6 major cities in Indonesia. In carrying out this program Digitas Solution has a special Intel team commonly called the Merchandiser, Merchandisers play an active role by going directly to the field, socializing the Intel My Tip program and collecting the required data, data collected in the form of sales receipts are invoices from each Intel product sold. The purpose of this study is to design the Intel My Tip program application to help process sales partner data and marketing departments in seeing the points that have been achieved and can exchange points with rewards online. The methodology of this research uses the System Development Life Cycle (SDLC) method with the Waterfall model. Keywords: Intel, Program My Tip,UML, reseller, partner

IMPLEMENTASI APLIKASI BAYTIQ BERBASIS ANDROID PADA BAYT AL-QUR'AN DAN MUSEUM ISTIQLAL JAKARTA

Bramanto, Bramanto, Jenih, Jenih, Sugiarso, Toni

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.17 KB)

Abstract

ABSTRAKTempat yang digunakan untuk menyimpan koleksi peninggalan karya seni Islam dan mushaf Al-Qur’an. Salah satunnya adalah Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI).  Pencarian informasi terhadap koleksi peninggalan karya seni Islam serta mushaf Al-Qur’an pada BQMI masih terbatas, sehingga diperlukan media untuk penyebaran informasi yang lebih luas. Aplikasi BAYTIQ dikembangkan untuk menyediakan kebutuhan informasi pengunjung, mengenai koleksi peninggalan karya seni Islam, mushaf Al-Qur’an serta informasi umum terkait BQMI yang disajikan dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Dalam pengembangan aplikasi ini metode yang digunakan adalah metode RAD (Rapid Application Development). Standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010 adalah yang digunakan dalam analisis kualitas aplikasi yang meliputi beberapa aspek diantaranya yaitu functional suitability, compatibility, performance efficiency dan usability. Hasil dari perancangan dan implementasi menghasilkan aplikasi BAYTIQ berbasis mobile smartphone Android yang dapat digunakan sebagai sarana pencarian informasi mengenai koleksi peninggalan karya seni Islam dan mushaf-mushaf Al-Qur’an yang terdapat pada Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI). Selain itu pada aplikasi BAYTIQ dilengkapi dengan fitur pendaftaran pengunjung bagi rombongan dan petunjuk lokasi ke BQMI dengan peta yang terintegrasi dengan Google Maps. Kata kunci: Android, BQMI, museum, RAD, UML ABSTRACTA place that is used to store collections of relics of Islamic art and Qur'anic manuscripts. One of them is the Bayt Al-Qur'an and the Istiqlal Museum (BQMI). The search for information on collections of Islamic art works as well as the Qur'anic manuscripts on BQMI is still limited, so the media is needed for wider dissemination of information. The BAYTIQ application was developed to provide information on visitors' needs, regarding collections of relics of Islamic art, Al-Quran manuscripts and general information related to BQMI presented in the form of Android-based applications. In developing this application the method used is the Rapid Application Development (RAD) method. The software quality standard ISO / IEC 25010 is used in application quality analysis which includes several aspects including functional suitability, compatibility, performance efficiency and usability. The results of the design and implementation resulted in an Android-based BAYTIQ mobile smartphone application that can be used as a means of searching information about collections of Islamic art works and Qur'anic manuscripts found in the Bayt Al-Qur'an and Istiqlal Museum (BQMI). In addition, the BAYTIQ application is equipped with a visitor registration feature for groups and location instructions to BQMI with maps integrated with Google Maps. Keywords: Android, BQMI, museum, RAD, UML

Analisis Perancangan Sistem keamanan Mobil Jarak Jauh Menggunakan Telepon dan SMS (Short Message Service)

Dewi, Ita Rusmala, Ulansari, Ramadhani

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.187 KB)

Abstract

ABSTRAK Keamanan Mobil Jarak Jauh Menggunakan Telepon Dan SMS (Short Message Service)  merupakan sebuah alat pengaman mobil menggunakan alarm yang memiliki jarak jangkauan yang jauh, serta menggunakan sistem keamanan bertingkat yang dapat melakukan fungsi-fungsi pengamanan pada mobil yang ditinggal pemiliknya di tempat parkir. Pada perancangan sistem ini menggunakan mikroswitch, mikrokontroler Arduino Uno R3, GSM / GPRS Shield, Telepon genggam, Relay, LED, dan Buzzer. Dimana pada saat pemilik mobil mengaktifkan sistem dengan mengirim kode melalui SMS (Short Message Service), maka sistem pengamanan akan aktif. Apabila terjadi tindakan pencurian dengan cara membuka pintu mobil, maka sistem akan mengaktifkan alarm yang dapat terdengar jarak dekat yaitu Buzzer, dan alarm jarak jauh melalui Telepon dan SMS (Short Message Service)  yang berisi pemberitahuan bahwa ada tindakan pencurian ke pemilik kendaraan, me-nonaktifkan starter dan pengapian secara bersamaan, serta pemilik mobil juga dapat me-nonaktifkan dan mengaktifkan kembali sistem tersebut melalui SMS (Short Message Service). Berdasarkan hasil pengujian dari 5 provider yang telah dilakukan, sistem ini dapat merespon upaya tindakan pencurian terhadap mobil dengan baik, serta waktu respon terhadap bunyi buzzer memiliki waktu respon tercepat 01.97 detik dan waktu respon terlama 05.03 detik, sedangkan waktu respon tercepat terhadap Telepon 04.67 detik dan SMS (Short Message Service) 07.66 detik dan waktu respon terlama terhadap Telepon 07.20 detik dan SMS 16.18 detik. Dengan demikian, maka pemilik mobil dapat mengetahui secepatnya apabila ada upaya tindakan pencurian terhadap mobil, meskipun berada jauh dari mobilnya. Kata Kunci : SMS (Short Message Service), Telepon, Arduino, GSM/GPRS Shield, Microswitch  ABSTRACT Remote Car Security Using Telephone and SMS (Short Message Service), is a car safety device using an alarm that has a long range, and uses a multilevel security system that can perform security functions on the car that the owner leaves in the parking lot. In designing this system uses microswitch, Arduino Uno R3 microcontroller, GSM / GPRS Shield, Mobile Phone, Relay, LED, and Buzzer. Where when the car owner activates the system by sending code via SMS (Short Message Service), the security system will be active. If there is an act of theft with someone opening the car door, then the system will activate an alarm that can be heard at close range (Buzzer), a remote alarm via Phone and SMS (Short Message Service) which contains a notification that there is theft to the owner, deactivate starter and ignition simultaneously, and car owners can also deactivate and reactivate the system via SMS (Short Message Service). Based on the results of the testing of the 5 providers that have been carried out, this system can respond to attempts to steal the car properly, and the response time to the buzzer sound has the fastest response time of 01.97 seconds and the longest response time of 05.03 seconds, while the fastest response time to Phone is 04.67 seconds and SMS (Short Message Service) 07.66 seconds and the longest response time to Phone 07.20 seconds and SMS (Short Message Service) 16.18 seconds. Thus, the car owner can find out as soon as possible if there is an attempt to steal the car, even if it is far from the car. Keywords: SMS (Short Message Service), Telephone, Arduino, GSM / GPRS Shield, Microswitch

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ROBOT PEMADAM API BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA 2560

Putra, Agung Rachmat, Susilo, Andi

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKRobot adalah merupakan sebuah alat mekanik yang dapat memperoleh informasi dari lingkungan melalui sensor, dapat diprogram, dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda dan bekerja secara otomatis. Penelitian ini membahas tentang perancangan dan implementasi robot yang berfungsi sebagai pencari titik sumber api dan kemudian memadamkannya dengan menggunakan kipas. Proses pencarian titik sumber api dilakukan dengan mendeteksi pancaran sinar ultraviolet yang dipancarakan oleh api menggunakan IR Infrared Flame Sensor dan Sensor Ultrasonic HC-SR04 untuk memandu navigasi robot dalam penentuan jarak terhadap halangan, misalnya dinding dan jarak titik sumber api terhadap robot. Sedangkan sebagai pusat kendali dari robot ini menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560, yang diprogram menggunakan bahasa C. Robot   ini dapat melakukan manufer penghindaran jika mendeteksi penghalang kurang dari 20 cm.Kata kunci : Arduino Mega 2560, Motor DC, IR Infrared Flame Sensor,Sensor UltrasonikHC-SR04 ABSTRACTRobot is a mechanical device that can obtain information from the environment through sensors, can be programmed, can carry out several different tasks and work automatically.  This study discusses the  design  and  implementation  of a  robot that functions as a search point for the source of fire and then extinguishes it using a fan. The process of finding a fire source is done by detecting ultraviolet light emitted by fire using the IR Infrared Flame Sensor and HC-SR04 Ultrasonic Sensor to guide robot navigation in determining the distance to obstacles, such as walls and distance of fire source points to robots. Whereas as the control center of this robot uses the Arduino Mega 2560 microcontroller, which is programmed using C language. This robot can do avoidance maneuvers if it detects a barrier less than 20 cm.Keywords:  Arduino  Mega  2560,  DC  Motor,  IR  Infrared  Flame  Sensor,  HC-SR04Ultrasonic Sensort

Page 1 of 1 | Total Record : 10