cover
Contact Name
Fransiscus Asisi Ricky Bayu Styanto
Contact Email
ricky@urindo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ricky@urindo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : 16933572     EISSN : 26231700     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi Informasi (JTI) with e-ISSN : 2623-1700 and p-ISSN : 1693-3672 Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Teknologi is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi" : 6 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN INFORMASI PUSAT PERBELANJAAN MODERN DI WILAYAH JAKARTA MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS PLATFORM ANDROID Fauzi, Nanang; Nurhastuti, Tiwi
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.024 KB)

Abstract

Telepon seluler mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi, jika fungsi awal telepon seluler hanya untuk menelpon maka saat ini telepon seluler bertransformasi menjadi smartphone yaitu telepon seluler yang mempunyai kemampuan layaknya Personal Computer, sehingga fungsinya bukan alat komunikasi saja tetapi di dalamnya bisa ditanamkan program-program tambahan seperti layaknya personal Computer. Tujian penelitian ini untuk memberi informasi, penunjuk arah, dan memberi panduan mengenai lokasi pusat perbenlanjaan modern di wilayah Jakarta. Metode penelitian dengan metode analisis terdiri dari metode analisis yang meliputi pengumpulan data,metode perancangan yang terdiri sistem,analisis, perancangan,implementasi,pengujian. Hasil penelitian ini rancangan aplikasi mobile yang berbasis Android platform  yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi Pusat Perbenlanjaan Modern di Wilayah Jakarta menggunakan peta dan berbasis layanan Google map. Kata Kunci: Aplikasi, pencarian, lokasi, pusat perbelanjaan modern, android SDK.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK APLIKASI DICTIONARY by DEKSTOP UNTUK 5000 KATA Rohensih, Rohensih; suwarni, suwarni
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.946 KB)

Abstract

Tujuan dari pembuatan Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dictionary by dekstop adalah untuk membangun sebuah media pencarian bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tanpa harus terkoneksi ke internet. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam pengembangan sistem ini  menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil yang dicapai dalam pembuatan Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dictionary by dekstop ini adalah untuk memudahkan masyarakat/user dalam mencari kosa kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Simpulan dari penelitian  ini adalah bahwa Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dictionary by dekstop ini adalah membangun aplikasi dictionary by dekstop menggunakan java sebagai bahasa pemrograman, dan SQLyog untuk menyimpan kosa kata. Kata Kunci : Rekayasa Perangkat Lunak, dictionary, UML, Java dan SQL Yog
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI COLOCATION APPLICATION UNTUK PEMASANGAN PERALATAN BASE TRANSCEIVER STATION PADA PT. TOWER BERSAMA INFRASTRUKTUR TBK Ristian, Adi; Sutabri, Tata
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2357.526 KB)

Abstract

ABSTRAKSetelah menganalisa permasalahan proses pengisian colocation application form pada departemen asset assessment, penulis menemukan sering terjadinya perbedaan pada penggunaan istilah,sering hilangnya dokumen formulir cetak dan organisasi data yang tidak baik. Sebagai pemecahan masalah dilakukan perancangan system informasi colocation application untuk pemasangan peralatan base transceiverstation menggunakan metodologi System Development life cycle dengan metode pendekatan terstruktur. Sistem yang diusulkan dalam pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, yang disajikan dalam bentuk berbasis web. Dengan tujuan untuk menghasilkan efisiensidan organisasi data yang baik, sehingga masalah yang timbul dapat diminimalisir. Serta menjadikan efektifitas yang lebih baik dalam bekerja untuk para penggunanya.Kata Kunci: Sistem informasi, colocation application.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PENGIRIMAN FRUKTOSA BERBASIS WEB PADA PT. PUNCAK GUNUNG MAS Sari, Wulan; Suroso, Suroso; Susilo, Andi
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1552.841 KB)

Abstract

Setelah menganalisa permasalahan dalam proses penjadwalan pengiriman pada bagian logistik pada PT. Puncak Gunung Mas, ditemukan masih sering terjadinya keterlambatan pengiriman dan perbedaan dalam hal mendokumentasi surat pesanan dan surat jalan dan tidak selaras antara bagian yang satu dengan yang lainnya. Sebagai pemecahan masalahnya dilakukan perancangan sistem informasi penjadwalan untuk pengiriman fruktosa dengan menggunakan metodologi pendekatan terstruktur. Sistem yang diusulkan dalam pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, yang disajikan dalam bentuk berbasis web.Dengan demikian, implementasi sistem informasi penjadwalan untuk pengiriman fruktosa, jika dilakukan dengan tepat akan menghasilkan efisiensi waktu dan organisasi data yang baik, sehinggan masalah yang timbul akibat dari data yang kurang ataupun dokumen yang hilang, dapat teratasi. Serta menjadikan para pengguna yang terlibat didalamnya dimudahkan dalam hal mobilitas dan fleksibelitas dalam bekerja. Kata Kunci : Sistem informasi, penjadwalan pengiriman.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-RECIPE MASAKAN NUSANTARA Sutabri, Tata; Arif, Kasmin; Suwarni, Suwarni
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.535 KB)

Abstract

Tujuan dari perancangan e-recipe adalah membuatan aplikasi web untuk melestarikan resep masakan Indonesia. Sayangnya sebagian masyarakat masih kurang bangga akan wisata kuliner negeri sendiri. Metodologi yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall, sedangkan analisis dan perancangan perangkat lunak dilakukan dengan metode berorientasi obyek dengan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat bantu pemodelan. Hasil dari perancangan e-recipe adalah aplikasi berbasis web yang mendokumentasikan seluruh resep masakan Indonesia. Semoga aplikasi dapat berguna untuk masyarakat dalam pencarian maupun melestarikan resep masakan Indonesia. Kata Kunci: e–recipe, wisata kuliner, SDLC, UML.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA Angraini, Ria; Abadi2, Slamet
JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.846 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan bangun ruang yang berguna untuk mempermudah dalam memahami materi pengenalan bangun ruang dan pembelajaran bangun ruang dalam pelajaran matermatika. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur dan mengamati langsung pembelajaran anak sampai sejauh mana pemahaman tentang pembelajaran bangun ruang, sedangkan analisis dan perancangan aplikasi dilakukan dengan menguraikan sistem kemudian mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan untuk menghasilkan rancangan aplikasi bangun ruang yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil yang dicapai dari perancangan aplikasi bangun ruang ini yang pengoperasiannya mudah adalah dapat membantu dalam pembelajaran bangun ruang pada anak sehingga anak bisa memahami materi bangun ruang, disamping itu dengan aplikasi bangun ruang ini anak juga bisa memahami soal beserta pembahasan yang ada dalam aplikasi yang berguna untuk mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh pengajar ataupun yang terdapat didalam aplikasi ini. Suasana pembelajaan yang nyaman dan santai pemahaman anak tentang pembelajaran bangun ruang dalam kelas dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan matematika untuk indeks pembangunan pendidikan atau Education Development Index (EDI). Dalam aplikasi bangun ruang ini selain dapat membantu dalam pemahaman pembelajaran matematika khususnya bangun ruang tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan pada apliksi bangun ruang ini. Kata kunci: Bangun ruang,pengenalan, pembelajaran, aplikasi bangun ruang

Page 1 of 1 | Total Record : 6