Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : 16933572     EISSN : 26231700
Jurnal Teknologi Informasi (JTI) with e-ISSN : 2623-1700 and p-ISSN : 1693-3672 Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Teknologi is published twice every year, in June and December.
Articles 59 Documents
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL MENGGUNAKAN APLIKASI GEOSERVER

Pramdhana, Dery Satya

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL MENGGUNAKAN APLIKASI GEOSERVER. Informasi Geografis mempunyai peran yang vital bagi para pengambil keputusan baik di tingkat lokal, regional, maupun global. Pemanfaatan informasi geografis haruslah di dukung oleh ketersediaan informasi data spasial yang dapat di akses dengan mudah dan cepat oleh para penggunanya. Penggunaan data geospasial dirasakan semakin diperlukan untuk berbagi keperluan seperti penelitian, pengembangan dan perencanaan wilayah, serta manajeman sumber daya alam. Salah satu cara untuk memberikan informasi secara efektif dan efisien, maka diperlukan sebuah apilkasi yang dapat mengulas mengulas mengenai sistem informasi geografi dan penginderaan jauh agar memudahkan dalam proses pencarian data geospasial yang terpadu. Sebuah aplikasi open source (AOS) yang dapat mengulas di bidang sistem informasi geografi (SIG) dan penginderaan jauh (remote sensing) serta mengulas cukup dalam aplikasi pemetaan online adalah aplikasi  Geoserver/Mapserver, sebuah aplikasi yang dapat di gunakan dalam sistem informasi geospasial dan dapat memudahkan dalam prosess pencarian data geospasial. Melalui sistem informasi geospasial berbasis opensource diharapkan dapat memudahkan pencarian data geospasial secara cepat dan mudah.Kata kunci: geospasial, geografis, geoserver, pemetaan, opensource  

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MONUMEN PANCASILA SAKTI BERBASIS ANDROID

Yasmiati, Yasmiati, Aisyah, Inda Sarah Aisyah Sarah

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.209 KB)

Abstract

Monumen Pancasila Sakti adalah Monumen yang dibuat untuk mengenang tragedi pada masa terjadinya Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia(G30S PKI). Permasalahannya adalah masyarakat kurang mengetahui detail peristiwa tersebut. Oleh karena itu, dibuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan gambaran mengenai tragedi G30S PKI yang terdapat dalam Monumen Pancasila Sakti. Bahasa pemodelan yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) versi 2. Aplikasi ini dibuat untuk masyarakat umum yang memakai telepon pintar dengan platform Android. Kata kunci: Aplikasi, UML, Android

Rancang Bangun Aplikasi Peminjaman Ruangan Berbasis Web dan SMS Gateway (Landing Room System Development Using Web and SMS Gateway Approach)

Setiawan, Rudi, Soraya, Indirana

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1178.724 KB)

Abstract

                                                                AbstrakProses pencatatan peminjaman ruangan merupakan aktivitas yang penting sebagai sarana dokumentasi peminjaman di Universitas Trilogi. Proses peminjaman ruang di Universitas Trilogi terbagi menjadi 2, yaitu peminjaman internal dan peminjaman eksternal yang mana kedua proses tersebut masih dilakukan secara manual dengan cara pihak peminjam datang ke bagian administrasi akademik untuk menanyakan ketersediaan ruang kelas, kemudian peminjam membuat surat permohonan peminjaman ruangan yang ditujukan kepada bagian sarana prasarana dengan mengetahui kepala bagian kemahasiwaan dan alumni. Sedangkan untuk proses peminjaman eksternal peminjam dapat langsung menghubungi bagian sarana prasarana untuk menanyakan ketersediaan ruangan yang dapat dipinjam.Melihat permasalahan yang ada, maka dibuat sebuah aplikasi peminjaman ruangan di Universitas Trilogi berbasis Web dan SMS gateway. Aplikasi ini dibuat untuk memperbaiki sistem manual yang telah ada menjadi terkomputerisasi.  Dengan aplikasi ini, peminjam akan mendapatkan informasi peminjaman secara lengkap serta proses verifikasi peminjaman dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga membuat proses peminjaman ruangan di Universitas Trilogi menjadi lebih efektif dan efisien, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai databasenya dan terintergrasi dengan SMS Gateway, metode perancangan sistem menggunakan Unifed Modelling Language (UML). Hasil akhir penelitian ini berupa sebuah aplikasi khusus peminjaman ruangan berbasis Web dan SMS gateway untuk memudahkan peminjam dalam melakukan proses peminjaman. Kata-kata kunci— peminjaman ruangan, rancang bangun, SMS gateway, UML, waterfall, web                                                              AbstractThe recording process of room lending is an important activity as a lending documentation facility at Trilogi University. The process of room lending at Trilogi University is divided into 2, namely internal and external lending which both processes are still done manually by the borrower comes to the academic administration department to inquire about the availability of the room. Based on those problems, then the application for room lending web-based and sms gateway-based in Trilogi University was created. This application was made to improve the existing manual system to be computerized. With this application, the borrower will get the lending information compeletly and the lending verification process can be done anytime and anywhere. Thus it makes the process of room lending at Trilogi University more effective and efficient. This application is developed by using PHP as programming language, MySQL as the database and integrated with SMS Gateway. The method that is used in order to improve this application is using Waterfall method, while for system design method is using Unified Modelling Language (UML). The output of this research is a specific application for room lending which is web-based and sms gateway-based to facilitate the borrower in the process of lending.  Keywords— architecture, room lending, SMS gateway, UML, waterfall, web

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH LUAR BIASA ABDI PRATAMA

Supriyatna, Tatang, Suwarni, Suwarni

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.944 KB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Dalam memantau perkembangan anak, seorang guru harus mempunyai catatan-catatan yang menjadi referensi baginya untuk memberi laporan tentang perkembangan anak didiknya, baik dari segi nilai akademik maupun kompetensinya. Untuk mengakomodir hal tersebut, dibutuhkan suatu aplikasi yang sistematis sehingga perkembangan anak dapat terpantau setiap hari baik oleh guru maupun orang tuanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah  metode prototype.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Metode kualitatif terdiri dari wawancara, pengamatan, studi pustaka. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan memberikan informasi tentang perkembangan anak berkebutuhan khusus agar memberi manfaat bagi guru, orang tua dan sekolah. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai perkembangan anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB Abdi Pratama tanpa harus menunggu sampai akhir semester. Kata Kunci:Perancangan, anak berkebutuhan khusus (ABK), SLB Abdi Pratama, PHP, MySQL, prototype, kualitatif.

APLIKASI HELPDESK MENDUKUNG SISTEM TICKETING

Syofian, Suzuki, Winandar, Arif

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.323 KB)

Abstract

AbstrakPengelolaan bisnis perusahaan menggunakan teknologi informasi sebagai alat bantu kadang kala mengalami permasalahan. Dalam mengalami masalah dengan teknologi informasi pengguna dapat meminta bantuan kepada helpdesk. Ada perusahaan yang menyediakan helpdesk dan dapat menghubunginya langsung melalui telepon, tetapi kurang terorganisir dengan baik dalam mengatur masalah yang berdatangan. Pada umumnya, helpdesk perusahaan besar terdiri dari beberapa orang yang ahli akan masalah tersebut dengan menggunakan bantuan aplikasi untuk membantu melacak status masalah (ticket). Helpdesk merupakan sistem manajemen untuk membantu menangani kebutuhan user terkait dengan pertanyaan, pelayanan, support teknis, atau komplain terhadap layanan suatu organisasi dengan memanfaatkan sistem penomoran (request ticket) untuk memudahkan penelusuran terhadap tindakan penyelesaian yang dikoordinasi oleh suatu tim. Aplikasi helpdesk ini mempermudah staf helpdesk dalam menangani masalah dan laporan yang disampaikan oleh user, selain itu juga dapat membantu top management dalam memonitoring kinerja dari staf helpdesk dan memberikan solusi pemecahan masalah (troubleshooting) terhadap berbagai permasalahan yang dialami oleh user. Tujuan penelitian membuat aplikasi helpdesk  mendukung  sistem ticketing . Metode Helpdesk,UML,Perangkat Lunak, Analisis, Implementasi System. Hasil aplikasi  Helpdesk  mampu mempersingkat waktu pengolahan data, mengurangi masalah human error dalam proses pencatatan data, menghasilkan laporan-laporan helpdesk dengan cepat dan akurat, serta diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan perusahaan.  Kata kunci : helpdesk, troubleshooting, ticket                                                       AbstracEnterprise business management using information technology as a tool sometimes experience problems. In experiencing problems with information technology users can ask helpdesk for help. There are companies that provide helpdesk and can contact them directly by phone, but are poorly organized in managing problems that arrive. In general, large enterprise helpdesk consists of several people who are experts on the problem by using the help of an application to help track the status of the problem (ticket). Helpdesk is a management system to help address user needs with questions, services, technical support, or complaints about an organization's services by utilizing a request ticket system to facilitate tracking of coordinated action by a team. This helpdesk app facilitates helpdesk staff in handling problems and reports submitted by users, while also helping top management in monitoring the performance of helpdesk staff and providing troubleshooting solutions to various problems experienced by users. The purpose of this research was to helpdesk application support ticketing system.  Methods used Helpdesk, UML, To build Software, Analysis, System Implementation. The results of the Helpdesk application can shorten the processing time of the data, reduce the human error in the process of recording data, generate helpdesk reports quickly and accurately, and is expected to help the company's decision-making process.Keywords : helpdesk, troubleshooting, ticket

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WEB SISTEM PENJUALAN SUKU CADANG GONDOLA PADA CV YOGA PERKASA MANDIRI

Ismiatun, Ismiatun, Syamsiyah, Nur

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1628.466 KB)

Abstract

CV. Yoga Perkasa Mandiri adalah perusahaan yang bergerak pada bidang perawatan gedung yaitu penyedia sparepart gondola yang masih menggunakan dokumen-dokumen kertas dalam proses penjualan sparepart gondola atau belum terkomputerisasi. Supaya perusahaan dapat berkembang meningkat maka diperlukan sistem penyediaan layanan yang lebih efektif dan efisien dalam proses penjualannya. Tujuan penelitian dibangun sebuah aplikasi berbasis web yang bisa memroses penjualan sparepart gondola dengan cara lebih praktis, cepat, akurat dan handal. Perancangan aplikasi sistem penjualan berbasis web ini dibangun menggunakan konsep data model yaitu ERD (Entity Relationship Diagram), bahasa pemrograman PHP dan MySql untuk database peyimpanan serta dijalankan pada sistem operasi Windows 7 atau versi Windows yang lebih tinggi. Hasil akhir dari perancangan yaitu aplikasi penjualan sparepart gondola dengan pemodelan terstruktur agar data masukan akan diolah dengan sistem manajemen database yang lebih baik sehingga memberikan kemudahan, ketepatan perhitungan, ketelitian, kecepatan proses pelaporan serta memperkecil kesalahan yang dapat terjadi karena sistem yang baru sudah terstruktur dan rapi.Kata Kunci :Suku cadang, Gondola, aplikasi web 

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI UJI COBA UJIAN NASIONAL BERBASIS WEB PADA SMPK 5 BPK PENABUR JAKARTA

Pamungkas, Dwi Yoni, Jenih, Jenih

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.703 KB)

Abstract

Pada  saat  ini,  program  aplikasi  berbasis  web  sangat  diminati  oleh  berbagai  kalangan.  Termasuk  di  dunia pendidikan,  khususnya  di  lembaga  yang belum  menggunakan  teknologi  terutama  pada  teknologi  informasi  dan telekomunikasi. Untuk  memenuhi  kebutuhan  tersebut,  penulis  merancang  sebuah  aplikasi Uji Coba Ujian  Nasional (ucun) dengan menggunakan pemograman PHP, dan MySQL sebagai  databasenya,  yang dapat dimanfaatkan di institusi pendidikan untuk mengubah ujian konvensional yang sedang berjalan saat ini. Aplikasi  Uji Coba Ujian Nasioanl (ucun) ini diharapkan dapat mengurangi kendala dalam kegiatan ujian. Seperti misalnya, ketidak efektifan dari kertas pada soal ujian,  koreksi  jawaban yang kadang kala terjadi kesalahan atau dapat membebani tugas  sang  pengajar  karena  ada  kesibukan di luar jam kerja ataupun karena sakit dan sebagainya. Aplikasi  Uji Coba Ujian Nasioanl (ucun) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan ujian dalam bidang pendidikan. Berdasarkan kebutuhan untuk menjadi suatu alternatif lain yang dapat digunakan sebagai sarana pelaksanaan ujian di lembaga pendidikan khususnya di lingkungan SMPK 5 BPK Penabur Jakarta. Aplikasi  Uji Coba Ujian Nasioanl (ucun) ini  dibuat  dengan  menggunakan  bahasa  pemograman  PHP, dan MySQL sebagai aplikasi pengolaan databasenya. Kata Kunci : Perancangan, alternatif, konvensional, database.

PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN INFORMASI PUSAT PERBELANJAAN MODERN DI WILAYAH JAKARTA MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS PLATFORM ANDROID

Fauzi, Nanang, Nurhastuti, Tiwi

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.024 KB)

Abstract

Telepon seluler mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi, jika fungsi awal telepon seluler hanya untuk menelpon maka saat ini telepon seluler bertransformasi menjadi smartphone yaitu telepon seluler yang mempunyai kemampuan layaknya Personal Computer, sehingga fungsinya bukan alat komunikasi saja tetapi di dalamnya bisa ditanamkan program-program tambahan seperti layaknya personal Computer. Tujian penelitian ini untuk memberi informasi, penunjuk arah, dan memberi panduan mengenai lokasi pusat perbenlanjaan modern di wilayah Jakarta. Metode penelitian dengan metode analisis terdiri dari metode analisis yang meliputi pengumpulan data,metode perancangan yang terdiri sistem,analisis, perancangan,implementasi,pengujian. Hasil penelitian ini rancangan aplikasi mobile yang berbasis Android platform  yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi Pusat Perbenlanjaan Modern di Wilayah Jakarta menggunakan peta dan berbasis layanan Google map. Kata Kunci: Aplikasi, pencarian, lokasi, pusat perbelanjaan modern, android SDK.

Pengembangan Augmented Reality pada Alat Musik Daerah Berbasis Mobile

Nurdin, Iksan, Sesunan, Mira Febriana

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.433 KB)

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pada alat musik daerah bertujuan untuk menarik minat belajar serta untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam menerima materi pembelajaran tersebut. Aplikasi pembelajaran pada alat musik daerah berbasis augmented reality menampilkan objek 3D alat-alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android. Metode pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality ini meningkatkan pengetahuan tentang alat musik tradisional, Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil penelitian antara tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 2D dengan tingkat pengetahuan menggunakan metode pembelajaran 3D. Kata kunci: Augmented, Reality, Android, Pembelajaran

MONITORING DAN ANALISA TRAFFIK JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTEROS

Wahyudi, Wahyudi, Supini, Supini

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.928 KB)

Abstract

Seiring dengan terus berkembangnya jaringan intranet perusahaan, maka semakin penting bagi seorang administrator jaringan untuk mengetahui dan menangani berbagai jenis lalu lintas data yang melintasi jaringan. Pemantauan dan analisis lalu lintas data sangat penting diketahui agar penanganan masalah yang terjadi dapat lebih efektif, sehingga tidak mengganggu layanan publik dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu diperlukan perangkat/tool yang dapat berfungsi untuk mengamati atau memantau jaringan sistem  komputer yang sedang berjalan.  Sistem pemantau jaringan dapat diimplementasikan secara nyata dalam sebuah jaringan komputer yang diharapkan dapat membantu administrator dalam memantau dan menganalisa lalulintas jaringan. Dalam teknik pemantauan trafik dapat berbasis router dan non-router (pasif versus aktif). Teknik pemantauan ini memberikan gambaran umum dari dua alat pemantauan jaringan berbasis router yang paling banyak digunakan (SNMP dan RMON) dan memberikan informasi tentang dua metode pemantauan yang lebih baru dengan menggunakan kombinasi teknik pemantauan pasif dan aktif (WREN dan SCNM). Kata kunci: pemantauan jaringan, analisis jaringan, konfigurasi  pemantauan  jaringan, pemantauan aktif, pemantauan pasif