cover
Contact Name
Rafael Lisinus Ginting
Contact Email
rafaelginting@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rafaelginting@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
PSIKOLOGI KONSELING
ISSN : 20858086     EISSN : 25027190     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PSIKOLOGI KONSELING diterbitkan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. Jurnal PSIKOLOGI KONSELING merupakan wadah bagi peneliti, staf pengajar (dosen dan guru pembimbing/Konselor) dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengembangkan khasanah keilmuan dalam bidang Psikologi dan Konseling serta ilmu-ilmu yang berkaitan. Adapun artikel yang diterbitkan pada jurnal ini adalah hasil penelitian yang fokus pada masalah persepsi, sikap, kognisi, dan perilaku manusia terutama dalam dunia pendidikan. Hal lainnya adalah penelitan pengembangan baik instrumen, program BK, bahan atau materi bimbingan, strategi atau teknik BK, model BK, media BK dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kajian keilmuan bimbingan dan konseling.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MEMINIMALISIR KONSEP DIRI NEGATIF SISWA SMP NASRANI 5 MEDAN KELAS VII TAHUN AJARAN 2017/2018 Silaban, Tenty Laonma; Lubis, Zuraida
PSIKOLOGI KONSELING Vol 12, No 1 (2018): JURNAL PSIKOLOGI KONSELING VOL.12 NO 1 2018
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  layanan penguasaan konten dengan teknik modelling untuk meminimalisir konsep diri negatif siswa SMP Nasrani 5 Medan  Kelas VII Tahun Ajaran  2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu  dengan pre-test - post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-C. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang siswa kelas VII-C yang memiliki skor terendah yang telah dibagi angket konsep diri negatif dan akan diberi layanan penguasaan konten dengan teknik modelling. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap meminimalisir konsep diri negatif pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 98,8 , standar deviasi = 12,479 sedangkan skor (post-test) diperoleh - rata =159,4, standar deviasi = 532,259. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon  diperoleh J hitung = 15 sedangkan j tabel = 8.  Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung > J tanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 15> 8, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik modelling lebih signifikan (15>8). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap meminimalisir konsep diri negatif pada siswa kelas Kelas VII SMP Nasrani 5 MedanTahun Ajaran  2017/2018 dapat diterima.Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Modeling, Konsep Diri Negatif.
Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan Melalui Pelaksanaan Layanan Konten Six Thinking Hats (Enam Topi Berpikir) Pada Siswa SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 Mahtonami, Bahgie
PSIKOLOGI KONSELING Vol 9, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengambil keputusan pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.A 2013/2014 dapat ditingkatkan dengan penerapan penggunaan Enam topi berpikir yang dilaksanakan melalui layanan penguasaan konten. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan mengambil keputusan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan  T.A 2013/2014 melalui penerapan penggunaan Enam topi berpikir yang akan dilaksanakan melalui layanan penguasaan konten. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 34 orang.   Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh sebelum melakukan layanan adalah  mencapai 18,33% dan masih didalam kategori “kurang” dan masih dalam analisis yang belum baik, oleh karena itu perlu dilakukan penerapan penggunaan enam topi berpikir yang dilakukan melalui pelaksanaan layanan konten guna menyelesaikan masalah pengambilan keputusan. Setelah dilakukan penerapan penggunaan enam topi berpikir dalam mengambil keputusan yang dilakukan melalui pelaksanaan layanan konten dengan menggunakan 2 siklus diperoleh hasil analisis yang sudah mencapai 76,66% dan sudah dalam kategori “Baik”.  Maka hipotesa yang menyatakan bahwa “kemampuan mengambil keputusan pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.A 2013/2014 dapat ditingkatkan dengan penerapan penggunaan Enam topi berpikir yang dilaksanakan melalui layanan penguasaan konten” dapat diterima.
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PELAKU PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA KELAS VIII SMP N 2 TENGARAN 2017/2018 Wulandari, Retno; Dwikurnaningsih, Yari; Loekmono, Lobby
PSIKOLOGI KONSELING Vol 13, No 2 (2018): JURNAL PSIKOLOGI KONSELING VOL.13 NO 2 2018
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.008 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Tengaran, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 101 orang siswa sebagai pelaku perilaku perundungan dan merupakan sampel total. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara harga diri dengan pelaku perilaku perundungan siswa kelas VIII SMP N 2 Tengaran. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Self-Esteem Inventory For Student yang disusun Coopersmith (1967) dan Olweus Bullying Questionnaire yang disusun Olweus (2003). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kendall”s tau dengan program SPSS Version 21.0 for Windows. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan koefisien korelasi rxy = -0,177 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,011<0,05. Artinya semakin rendah skor harga diri maka semakin tinggi skor pelaku perilaku perundungan, dan jika semakin tinggi skor maka semakin rendah pelaku perilaku perundungan.Kata Kunci: Harga Diri, Pelaku Perilaku Perundungan
MENINGKATKAN SIKAP EMPATI TERHADAP TEMAN YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELAS XI DI SMA N 1 BALIGE T.A 2013/2014 Pangaribuan, Epi Sariaty; M.S. S.Psi, Prof. Dr. Sri Milfayetty
PSIKOLOGI KONSELING Vol 6, No 1 (2015): Juni 2015
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pemberian layanan bimbingan kelompok ini teknik diskusi dapat meningkatkan sikap empati terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam belajar kelas XI IPA-1 SMA N 1 Balige T.A 2013/2014. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi dan angket. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 3 kali pertemuan. Pada setiap siklus peneliti melakukan penilaian segera (Laiseg) dan penyebaran angket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap empati terhadap teman yang kesulitan dalam belajar melalui bimbingan kelompok pada kelas XI IPA-1 SMA N 1 Balige T.A 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diperoleh 6  orang siswa dengan 3 orang siswa yang memiliki sikap empati siswa yang kurang, 2 orang siswa memiliki sikap empati siswa yang sedang, 1 orang siswa yang cukup memiliki sikap empati terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga persentase awal dalam 1 kelompok adalah 16.6 %. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh 3 orang siswa yang mengalami peningkatan dalam sikap empati siswa terhadap teman sehingga persentase keberhasilan menjadi 50 %.  Hal ini dilihat dari hasil analisis angket, laiseg, laijapen. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada sikap empati siswa  terhadap teman yaitu 83.3 % karena diperoleh 5 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 1 orang siswa (16.7 %) yang dikategorikan ‘cukup’, namun tingkat keberhasilan layanan sudah memenuhi target yakni 75%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap empati terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam belajar. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusi sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan sikap empati terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam belajar pada siswa kelas XI IPA-1 SMA N 1 Balige T.A 2013/2014.
PERBEDAAN HARGA DIRI REMAJA DITINJAU DARI STATUS KELUARGA PADA SMA AL - ULUM MEDAN Istiana, Istiana
PSIKOLOGI KONSELING Vol 10, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.01 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan harga diri remaja yang memiliki status keluarga broken home dan tidak broken home. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subjek penelitian adalah remaja pada siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan, usia 15 – 18 tahun, status keluarga broken home dan tidak broken home. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang siswa, sebanyak 35 orang sampel yang dari keluarga  broken home dan 35 orang sampel yang dari keluarga tidak broken home. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan purposive sampling. Dengan melihat nilai rata-rata diketahui bahwa remaja yang memiliki status keluarga yang tidak broken home memiliki harga diri yang tinggi dengan nilai rata-rata 94,200 dibandingkan remaja yang memiliki status keluarga yang broken home memiliki harga diri yang rendah dengan nilai rata-rata 80,400. Hasil penelitian ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan dari anava satu jalur dengan koefisien F = 19426 dengan p = 0.000, < 0,010. Berdasarkan hasil ini maka hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan harga diri remaja ditinjau dari status keluarga pada SMA Swasta Al-Ulum Medan, dinyatakan diterima.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ASAL MALAYSIA DI JURUSAN BK FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2017 / 2018 Usnan, Ali; Rahmulyani, Rahmulyani
PSIKOLOGI KONSELING Vol 11, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.834 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Asal Malaysia Di Jurusan BK FIP Unimed Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa asal Malaysia di Jurusan BK FIP UNIMED yang ditentukan dari hasil screening (penyaringan). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan di analisis dengan menggunkan uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji wilcoxon ini adalah nilai Jhitung= 0  dengan α = 0,05 dan n = 7, Jtabel= 2 dengan demikian Jhitung<Jtabel(0 <2 ). Artinya hipotesis ditolak. Hasil data pre-test di peroleh rata-rata  66 dan data post-test diperoleh rata-rata 96,1 artinya skor rata-rata mahasiswa asal Malaysia di Jurusan BK FIP UNIMED Tahun Ajaran 2017/2018 setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi. Perubahan peningkatan interval komunikasi interpersonal mahasiswa asal Malaysia di Jurusan BK FIP UNIMED Tahun Ajaran 2017/2018 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skorse besar 30.1 (45%). Hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kumunikasi interpersonal mahasiswa asal Malaysia di Jurusan BK FIP UNIMED Tahun Ajaran 2017/2018 
Dampak Kecemasan pada Atlet Bola Basket Sebelum Memulai Pertandingan Sitepu, Indra Darma
PSIKOLOGI KONSELING Vol 8, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  dampak  kecemasan  pada atlet bola basket sebelum memulai pertandingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan  pendekatan  studi  kasus.  Penentuan  subjek  dilakukan  dengan  cara  menggunakan teknik extreme sampling. Subjek terdiri dari tiga atlet bola basket yang memiliki kecemasan tinggi dari lima belas atlet bola basket di klub bola basket Angsapura Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan, dan dokumentasi.  Hasil  penelitian  ini  adalah  dampak  dari  kecemasan  pada  atlet  bola  basket sebelum bertanding disebabkan oleh gangguan perhatian dan konsentrasi kemudian mempengaruhi  gejala-gejala  psikis lainnya.  Gejala fisik timbul dikarenakan  pengaruh  dari gejala psikis kemudian menimbulkan dampak kecemasan pada atlet bola basket sebelum bertanding.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN BUDAYA DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PELITA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Simanjuntak, Ingrid Abdillah; Lubis, Zuraida
PSIKOLOGI KONSELING Vol 12, No 1 (2018): JURNAL PSIKOLOGI KONSELING VOL.12 NO 1 2018
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.856 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap sikap toleransi dalam keberagaman budaya dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui sikap toleransi dalam keberagaman budaya. Teknik analisis data dengan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan skor test awal (Pre-Test) diperoleh rata-rata 59,8 termasuk kategori rendah sedangkan (Post-Test) atau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata 90,3 termasuk kategori tinggi. Artinya rata-rata skor sikap toleransi dalam keberagaman budaya lebih tinggi sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Perubahan peningkatan sikap toleransi dalam keberagaman budaya dengan teman sebaya setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebesar 51,00% . Dengan nilai 19,  = 0,05 dan N = 10 maka berdasarkan daftar,  = 8. Didapatkan>  dengan penjelasan (19 > 8). Hal ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Sikap Toleransi Dalam Keberagaman Budaya Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan T.A 2018/2019 dapat diterima.Kata Kunci: Bimbingan Kelompok; Diskusi; Toleransi; Keberagaman Budaya 
MENINGKATKAN BERFIKIR POSITIF DALAM MENGIKUTI PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEG 1 TEBING TINGGI Rahmawati, Intan; MS, Dr. Nuraini
PSIKOLOGI KONSELING Vol 9, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan berfikir positif siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas XI di SMK Neg 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berfikir positif siswa  terhadap dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 06 orang siswa yang mempunyai berfikir positif dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris yang rendah. Instrument yang digunakan adalah wawancara untuk mengetahui tingkat berfikir positif dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris siswa.Wawancara dilakukan dengan cara memanggil siswa kedalam ruangan BK . Teknik analisis data menggunakan observasi.Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling Individual dapat meningkatkanberfikir positif siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris pada kelas XISMK Neg 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016. Hal ini tergambar dari sikap positif yang ditunjukan oleh siswa seperti tidak cabut saat mata pelajaran berlangsung, aktif bertanya dan mengerjakan latihan latihan yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Maka hipotesis ditolak artinya ada peningkatan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, berfikir positif dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMK Neg 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016, dapat diterima.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEBIASAAN MENONTON FILM SINETRON DI SMP NEGERI I BATANG KUIS Batubara, Muhammad Khuzairi; Nasrun, Nasrun
PSIKOLOGI KONSELING Vol 13, No 2 (2018): JURNAL PSIKOLOGI KONSELING VOL.13 NO 2 2018
Publisher : BK FIP Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.762 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap mengurangi kebiasaan menonton film sinetron khususnya yang bertema percintaan remaja dan bertendensi negatif di kelas VIII SMP Negeri I Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 9 orang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan menonton film sinetron khususnya tentang tema percintaan remaja dan bertendensi negatif pada siswa. Angket diuji cobakan dan dianalisis untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap mengurangi kebiasaan menonton film sinetron pada siswa di SMP Negeri I Batang Kuis. Hal ini tergambar dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 15,53 untuk responden sebanyak 9 orang diperoleh ttabel 2,306, tampak bahwa thitung > ttabel. Maka hipotesa alternatif yang diajukan diterima pada signifikan taraf 0,05%. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan bimbingan kelompok teknik Diskusi terhadap mengurangi kebiasaan menonton film sinetron khususnya tentang tema percintaan remaja dan bertendensi negatif di kelas VIII SMP Negeri I Batang KuisKata Kunci: Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Kebiasaan Menonton Film Sinetron