cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 25499777     EISSN : 25499777     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MODEL COOPERATIVE TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 10 MEDAN Siburian, Rotua Elifrida
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Keolahragaan
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.353 KB) | DOI: 10.24114/jik.v12i1.9246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauhmana peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe jigsaw pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan.Metode penelitian yang digunakan adala metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Medan tahun pelajaran 2010/2011 pada siswa kelas VIII-A yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja lompat jauh dan observasi.Hasil penelitian terbukti signifikan (1) melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw terbukti secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan. Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Medan. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 79,52 % dan ketuntasan belajar secara kiasikal mencapai 91,67 %, dan (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dan siklus I hingga siklus, II dimana rata-rata waktu efektif siswa sebesar 8 1,67%, hal ini berarti bahwa siswa belajar penuh antusias sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 18,33 % atau peningkatan keaktifan siswa dan siklus I dan II sebesar 63,34%. Secara umum motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan berbagai hal yang menarik dan menantang siswa untuk melakukan aktivitas gerak. Kata kunci. Hasil belajar, Lompat Jauh, Tipe Jigsaw
HUBUNGAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI WASIT CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET DI FIK UNIMED Sitepu, Indra Darma
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 15, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.695 KB) | DOI: 10.24114/jik.v15i1.6124

Abstract

Bidang perwasitan saat ini merupakan sektor yang berpeluang besar untuk ditekuni secara optimal oleh mahasiswa PKO FIK UNIMED. Bidang perwasitan ini termasuk layanan atau lahan yang cukup prospektif untuk dijadikan profesi kerja. Salah satunya yaitu wasit cabang olahraga bola basket. Secara keilmuan atau pengetahuan, keterampilan dan minat, pada umunya mahasiswa PKO FIK UNIMED sudah cukup menunjang. Oleh karena itu masalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan antara keterampilan teknik dasar bola basket dan motivasi berprestasi terhadap minat mahasiswa PKO FIK UNIMED menjadi wasit cabang olahraga bola basket?” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Jurusan PKO FIK UNIMED angkatan 2011-2012 sebanyak 120 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 60  orang yang diperoleh dengan cara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tentang motivasi berprestasi dan minat menjadi wasit cabang olahraga bola basket serta tes keterampilan bola basket. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan keterampilan teknik dasar bola basket dan minat menjadi wasit bola basket dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan keterampilan teknik dasar bola basket dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap minat menjadi wasit bola basket.
PENANGANAN PROKRASTINASI DALAM MENULIS SKRIPSI Ritonga, Doris Apriani
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 12, No 2 (2013): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.339 KB) | DOI: 10.24114/jik.v12i2.9712

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah mengungkapkan penanganan yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka keterlambatan dalam menyelesaikan studi yang disebabkan perilaku prokrastinasi dalam menulis skripsi. Penanganan yang tepat diharapkan dapat dilakukan jika pemahaman juga tepat dalam menelaah prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa dalam menulis skripsi. Pentingnya pemahaman terhadap prokrastinasi dalam menulis skripsi mendorong dilakukannya eksplorasi yang meliputi pengertian prokrastinasi, faktor penyebab dan penghubung prokrastinasi, teori-teori prokrastinasi, dan penanganan prokrastinasi.
PRAMUKA EKSTRAKURIKULER WAJIB DI SEKOLAH Ambri, Saipul
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.663 KB) | DOI: 10.24114/jik.v13i2.6090

Abstract

Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Ekstrakulikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar. Kepramukaan adalah gerakan pendidikan non formal, bersifat sukarela, non politik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku bangsa dan agama. Pramuka adalah warga Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan satya dan darma pramuka.  Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib di sekolah untuk menjadikan pemuda yang suka berkarya. Ekstrakulikuler pramuka disekolah ada tiga model; (1)  Model Blok, (2) Model Aktualisasi, (3) Model Reguler.
MANFAAT SENAM OTAK Zulaini, Zulaini
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.588 KB) | DOI: 10.24114/jik.v15i2.6140

Abstract

Selama ini orang lebih memelihara kebugaran fisik daripada otak. Padahal otak merupakan pusat dari kontrol segala aktivitas manusia. Senam otak atau brain gym dalah serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Gerakan itu dibuat untuk merangsang otak kiri dan otak kanan (dimensi lateralitas); meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan); merangsang sistem yang terkait dengan perasaan/emosional, yakni otak tengah (limbik) serta otak besar (dimensi pemusatan). Manfaat dari senam otak adalah : meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dapat berfikir lebih cepat, bagi pelajar dapat menangkap pelajaran dengan baik, dapat meningkatkan percaya diri, melawan penuaan dan meningkatkan rasa bahagia. Senam otak sebaiknya dilakukan ketika anak mulai berusia 6 tahun. Sebab, pada usia ini biasanya ia sudah dapat memberi respons terhadap apa yang dinginkan oleh orang lain. Kalau pun tidak mampu merespon, ia tetap dapat melakukan senam secara pasif. Artinya, dalam posisi berbaring, si anak tetap dapat dituntun untuk melakukan berbagai gerakan.
TIGA PILAR PENDIDIKAN KARAKTER (PENDIDIKAN JASMANI, KEPRAMUKAAN DAN OUTBOUND TRAINING) Damanik, Suryadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.233 KB) | DOI: 10.24114/jik.v13i2.6096

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil.  Pengembangan dan implementasi pendidikan karakter perlu dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Berdasarkan karakteristik dan tujuan pembelajarannya maka pendidikan jasmani, pendidikan kepramukan dan Outbound training adalah tiga wadah pendidikan yang sangat tepat dalam membangun karakter generasi muda. Ketiga pendidikan ini dapat lansung menyentuh pendidikan karakter yang dikembangkan melalui aktivitas jasmani dengan pendekatan bermain serta dalam bentuk simulasi kehidupan nyata. 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KAYANG DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI BANTUAN TEMAN PADA SISWA KELAS X SMK PAB DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012-2013 Tuhadi, Tuhadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Keolahragaan
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.502 KB) | DOI: 10.24114/jik.v12i1.9241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya meningkatkan hasil belajar kayang dalam pembelajaran senam lantai melalui bantuan teman pada siswa. SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14-21 November 2012 selama 2 minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMK PAB Deli Serdang dengan jumlah siswa 90 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu kelas X-1 SMK PAB Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan menggunakan purposive sampling berjumlah 45 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui bantuan teman dapat meningkatkan hasil belajar siswa, nilai rata-rata awal siswa yaitu 63,77 (Tidak Tuntas). Pada tes siklus I nilai rata-rata siswa jadi meningkat yaitu 65,92 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 81,48 (Tuntas). Kata Kunci : Gerakan Kayang, Bantuan Teman, Portofolio
Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Skipper Arung Jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat Ratno, Puji; Siahaan, Josephin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 17, No 1 (2018): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.542 KB) | DOI: 10.24114/jik.v17i1.9962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan tes dan pengukuran.  Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera sebanyak 8 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling.Dari komponen kebugaran jasmani,   ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh skipper arung jeram Explore Sumatera. Meliputi daya tahan jantung paru, kekuatan otot peras tangan kanan, kekuatan otot peras tangan kiri, kekuatan otot extensor punggung, kekuatan otot extensor tungkai, kekuatan otot bahu menarik, kekuatan otot bahu mendorong, daya ledak otot lengan, kelentukan, kecepatan gerak, kelincahan dan keseimbangan. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata Daya tahan jantung paru 4,25, kekuatan otot peras tangan kanan 5,75,kekuatan otot peras tangan kiri 6,0, kekuatan otot extensor punggung 6,25, kekuatan otot extensor tungkai 7,5, kekuatan otot bahu menarik 6,50 dan kekuatan otot bahu mendorong 5,75, daya ledak otot lengan 6,0, kelentukan 6,50, kecepatan gerak 5,0, kelincahan 5,75 dan keseimbangan 10. Dari  seluruh  komponen  yang  diatas,  data  yang  diperoleh  kemudian dikonversikan  semua  nilai  ke  dalam  tabel  konversi  nilai  kebugaran  jasmani, kemudian dicari  nilai  rata-rata  setiap  komponen kebugaran jasmani  skipper arung jeram yang dimiliki oleh Explore Sumatera. Sehingga, dalam penelitian ini diperoleh tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dengan nilai rata-rata sebesar: 6,27 dengan jumlah persentase 100% dan kategori sedang. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani skipper arung jeram Explore Sumatera dikategorikan sedang.
PENGARUH METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS Va DAN Vb SEKOLAH DASAR NEGERI 112321 KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA Saputra, Iwan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 14, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.557 KB) | DOI: 10.24114/jik.v14i1.6103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode circuit training terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa putra kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 112321 Kampung Pajak Kabupaten Labuhan batu Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan sampel 25 orang siswa yang berbadan sehat. Data tingkat kebugaran jasmani siswa dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) maka diperoleh data awal (Pre-Test) klasifikasi sedang sebanyak 11 siswa, 12 siswa dengan klasifikasi baik dan 2 siswa dengan klasifikasi sangat baik dan pada tes akhir (Post-Test) klasifikasi sedang 5 siswa, 16 siswa dengan klasifikasi baik dan 4 siswa dengan klasifikasi sangat baik. Dengan demikian adanya perubahan tingkat kebugaran jasmani setelah diberikan perlakuan.
PERBEDAAN PENGARUH MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL KETEPATAN FLICK ATLET PUTERA SEKOLAH HOKI INDONESIA BANGKIT Nasution, Muhammad Faisal Anshari
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Keolahragaan
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.468 KB) | DOI: 10.24114/jik.v16i1.6450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh dari media gambar terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki;  (2)  Pengaruh dari media video terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki; (3) Perbedaan Pengaruh antara media gambar dengan media video terhadap hasil ketepatan flick atlet hoki. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen dengan jumlah populasi yaitu 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 orang. Instrumen tes menggunakan tes ketepatan flick hoki. Hasil dan simpulan penelitian adalah : (1) Media gambar kurang berpengaruh terhadap hasil ketepatan flick, thitung < ttabel (-1,47 < 2,57).  2). Media video kurang berpengaruh terhadap hasil ketepatan flick, thitung < ttabel (2,22 < 2,57).  3). Media video tidak lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan media gambar terhadap hasil  ketepatan  flick, thitung < ttabel  (-0,25 < 2,23).

Page 1 of 10 | Total Record : 91