JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN
ISSN : 2502843X     EISSN : 24069671
Jurnal yang berhubungan dengan Teknik Mesin khususnya bidang ilmu : 1. Konversi Energi 2. Proses Manufaktur 3. Perencangan 4. Material Engineering
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin" : 6 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN GRAFIT TERHADAP KEKERASAN BANTALAN PERUNGGU susilowati, sri endah
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1056.311 KB)

Abstract

Bearing dengan material  tembaga banyak dibutuhkan  karena sifatnya yang memiliki ketahanan aus dan kekuatan yang relatif lebih baik dibandingkan dengan bahan dasar lainnya. Salah satu proses pembuatannya adalah melalui proses metalurgi serbuk. Keunggulan dari metode metalurgi serbuk adalah dapat dilakukannya pengontrolan jumlah pori dan kontrol dimensi yang baik. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan material bantalan perunggu Cu-Sn-Zn-C grafit (bronze bearing) dengan metode metalurgi serbuk mulai dari tahapan karakterisasi serbuk, pencampuran serbuk, kompaksi, sampai sintering (pemanasan). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh variabel penambahan fraksi berat grafit terhadap densitas dan kekerasan  material bearing. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan meningkatnya fraksi berat grafit mulai dari 0%, 0,5%, 1% densitas dan kekerasan semakin meningkat. Sedangkan pada peningkatan fraksi berat grafit diatas 1%, yaitu 1,5% dan 2,5% densitas dan  kekerasan mengalami penurunan.Hal ini berkaitan dengan peran grafit sebagai penguat dan pelumas, yang terbasahi dengan baik oleh Sn dan Zn,  sehingga pada penambahan fraksi berat grafit hingga 1% densitas dan kekerasan akan meningkat. Pada penambahan fraksi berat grafit diatas 1% , Sn dan Zn yang kadarnya tetap tidak mampu untuk membasahi Cu dan Grafit dengan sempurna sehingga densitas dan kekerasan akan menurun. Pada penambahan fraksi berat grafit 1% , densitas dan kekerasan  mencapai nilai optimal, berturut-turut sebesar 6,85 g/cm3, 58 BHN.   Kata Kunci: bearing,metalurgi serbuk, fraksi berat grafik
ANALISA KINERJA ALAT PENUKAR KALOR JENIS PIPA GANDA cappenberg, audri deacy
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.879 KB)

Abstract

Pengujian Alat Penukar Panas Jenis Pipa Ganda Dan Optimasi Kinerjanya. Pengujian dilaksanakan dalam beberapa tahap dimana ada parameter yang divariasikan (Gvc, Gvh, dan Th) dan ada parameter yang konstant (Tc). Dari hasil pengujian dan perhitungan diperoleh koefisien perpindahan panas menyeluruh (U) dengan menggunakan metode LMTD sebesar 3024 W/m2 °C dan yang menggunakan metode NTU sebesar 1814 W/m2 °C.   Kata kunci: Sistem pengoperasian, Optimasi, Perpindahan panas menyeluruh
PEMILIHAN VARIABEL PENENTU PERAWATAN PERMESINAN KAPAL UNTUK MENAIKKAN KEANDALAN KAPAL TNI AD resobowo, didiet sudiro
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.849 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memilih beberapa variabel yang berpengaruh terhadap perawatan permesinan kapal dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Dalam sistem manajemen perawatan terdiri dari 8 variabel yaitu :Cost, Availability, SDM, Reliability, Safety, Operasional, Jumlah dan Jenis Kapal dan Karakteristik kapal. Pemilihan kedelapan variabel tersebut dilaksanakan dengan menyebar kuisioner. Kuesioner disebarkan kepada 30 Anak buah Kapal baik perwira, bintara dan tamtama untuk dipilih variabel yang bisa digunakan dalam manajemen perawatan dalam perawatan kapal- kapal militer. Dari hasil kuesioner dihasilkan 7 variabel.  Langkah selanjutnya menggunakan Expert Choice yang menghasilkan 4 variabel yang berpengaruh yaitu SDM = 0.247, Cost = 0.222, Availability = 0.197 dan Reliability = 0.104.   Keywords: Perawatan Permesinan Kapal, Anak Buah Kapal, AHP, Expert Choice
POTENSI PASIR LOKAL TANJUNG BINTANG PADA ALUMINIUM SAND CASTING TERHADAP POROSITAS PRODUK HASIL COR ALUMINIUM Hendronursito, Yusup; Prayanda, Yogi
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.562 KB)

Abstract

Green sand is one of the most important components in the process of metal casting. The sand in Indonesia region is varied level of subtlety, size of sand, and shape of sand. Green sand used in the process of metal casting is possible can affect the quality of casting product. This aims to determine the potential of Tanjung Bintang sand as green sand and the quality of the product in terms of porosity defects. The research was conducted by varying sand river from Tanjung Bintang and sand from Maringgai. Composition made varying  is 100%,75%, 50%, and 25% Tanjung Bintang sand compared Maringgai sand with bentonit and water is 10% and 5% constantly .The Examine of the green sand by SNI 15-0312-1989 among other water content, clay content, Grain Finnest Number (GFN), Shape of grain. The result said aluminium casting product with  50% Tanjung Bintang sand has the lowest value of porosity, 5.08% and the higher value with 75% composition of Tanjung Bintang sand, 6.98%.
PENGARUH KEKUATAN BENDING DAN TARIK BAHAN KOMPOSIT BERPENGUAT SEKAM PADI DENGAN MATRIK UREA FORMALDEHIDE raharjo, harini
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.022 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kekuatan bending dan impact yang optimal dari komposit berpenguat sekam padi bermatrik urea formaldehyde pada fraksi volume 40%, 50%, 60%, 70% dengan variasi ketebalan-ketebalan 5mm, 10mm, 15mm, 20mm, dengan perlakuan alkali serta mengetahui jenis patahan dengan pengamatan makro pada specimen yang memiliki harga optimal dari pengujian bending dan impact.   Pembuatan dengan cara press mold, pengujian bending yang dilakukan dengan acuan standar  ASTM D 790-02 dan impak charpy dengan acuan standart ASTM D 256-00.   Hasil pengujian didapat pengaruh alkali 2, 4, 6, dan 8 jam pada fraksi volume 40%, 50%, 60%, 70% dengan variasi ketebalan ketebalan 5mm, 10mm, 15mm, 20mm pada pengujian bending paling optimal yaitu spesimen tebal 5mm pada Vf 50% sebesar 2,08 Mpa dan pada uji impak paling optimal komposit serat sekam padi acak yaitu spesimen dengan tebal 5mm Vf 50% yaitu sebesar 0,0906 J/mm2, selanjutnya engamatan struktur makro  didapatkan jenis  patahan broken fiber.   Kata Kunci: sekam padi, urea formadehyde, bending, impak
EFEK PENAMBAHAN ADITIF OKSIGENAT KEDALAM BAHAN BAKAR DIESEL PADA PRESTASI MESIN Nofendri, Yos
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.393 KB)

Abstract

Pada saat sekarang ini pencarian bahan bakar ramah lingkungan difokuskan dengan menggunakan aditif berbahan dasar alami. Masalah tersebut penting karena kekurangan bahan bakar fosil yang tidak bisa diperbaharui dan penegakan aturan yang ketat dalam pengendalian pencemaran pada emisi gas buang. Dengan demikian perlu diteliti penambahan aditif ditambahkan ke minyak solar, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja mesin serta mengurangi emisi gas buang. Sebuah mesin diesel satu silinder telah digunakan yang digabungkan dengan dinamometer dan terintegrasi sensor IMC. Oksigenat yang telah digunakan sebagai aditif dalam bahan bakar diesel dengan campuran 1% - 5% volume. Tes performa mesin dilakukan pada kecepatan antara 900 - 1.700 rpm dan kondisi beban penuh. Percobaan dilakukan untuk mendapatkan parameter performa mesin. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kehadiran aditif tersebut dalam bahan bakar diesel secara signifikan meningkatkan kinerja mesin. Semua persentase campuran yang telah diuji menunjukkan dapat memberikan efek yang bermanfaat pada peningkatan performa mesin jika dibandingkan dengan bahan bakar diesel biasa. Penambahan aditif yang terbaik adalah pada volume  1% yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 12% dan meningkatkan efisiensi thermal sebesar 16% dibandingkan dengan bahan bakar solar biasa. Torsi dan daya mesin yang dihasilkan juga sedikit terjadi peningkatan yaitu sekitar 5% dengan penambahan aditif. Studi ini menunjukkan bahwa aditif oksigenat dapat digunakan sebagai aditif dan campuran terbaik adalah pada volume 1% bahan bakar diesel yang dapat  menghasilkan efek yang optimal untuk kinerja mesin dibandingkan dengan persentase yang lainnya. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6