cover
Contact Name
Al-Ma'rifah
Contact Email
almakrifah.unj@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
almakrifah.unj@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
ISSN : 16935764     EISSN : 25778551     DOI : -
Almakrifah: Indonesian Journal of Education of Arabic Study Program, culture, language and Arabic linguistic published two times a year since 2003, goes online by OJS UNJ since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed, and specializes in Arabic Education studies. The aim is to provide the readers with a better understanding of Arabic Education history and present developments through the publication of articles and research reports.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR Khambali, Khambali
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar qiro’ah mahasiswa semester II tahun akademik 2016/2017. Prodi. Pendidikan Agama Islam, STAI Indonesia Jakarta.   Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0,05 dan 0,01. Data dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu tes membaca bahasa Arab dan angket gaya berpikir.   Temuan penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar qiro’ah pada penerapan pembelajaran koopeartif MM lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif NHT, peserta didik dengan gaya berpikir divergen  lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya berpikir konvergen, dan terjadi interkasi antara metode metode pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar qiro’ah.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA (STUDI ETNOGRAFI) Siddiq, Mohammad
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai proses pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Fokus pengamatan dilakukan terhadap tiga komponen utama yaitu, space, actor dan activity yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab. Para pendidik di Pondok Pesantren Darunnajah memandang bahasa Arab sebagai bahasa agama Islam dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah memiliki dua pendekatan, yaitu pembelajaran yang bersifat formal dan non formal. Melalui rangkaian aktivitas pembelajaran bahasa Arab dengan kedua pendekatan tersebut telah menghasilkan suatu kondisi lingkungan kebahasaan yang dapat mendorong para santri untuk terus mengadakan kontak bahasa dengan bahasa Arab sehingga mengasah kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis serta dapat memunculkan rasa kebahasaan (dzauq) santri terhadap bahasa Arab.
القياس اللغوي تطوّر معناه في الدراسة العربية Rachman, Fazlur
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.03

Abstract

Qiyas (Analogy) is considered as one of the important methods in which Arabic is developed in the early centuries. It serves as the base or source of the new words or structures which are not found earlier in Arabs daily speeches. The scholars utilized it as a tool to separate the authentic ones of Arab words from many of those had been witnessed only by few. Qiyas across the ages has evolved in stages. The practice of Qiyas by early scholars does not mean the same by the late ones. This research attempts to reveal the nature of Qiyas; its definitions, stages of its development and its importance in the development of the Arabic language. This research is descriptive analytical research which the researcher tries to describe the definition of qiyas among Arabic scholars across the ages and the evolution of its meaning and the way scholars use it in their linguistic explanations in developing of linguistic subjects.
ISTIQAQ AKBAR PADA MADAH “ HA SIN BA” KATA BENTUKAN DAN MAKNANYA DALAM AL-QURANUL KARIM Khumaeroh, Siti
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.04

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang makna-makna dari lafadz Ha Sin Ba dan derivatnya dalam Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis . Istiqaq Akbar Pada Madah “ Ha Sin Ba” Kata Bentukan dan Maknanya dalam Al-Quranul Karim.  Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa ditemukan 212 ayat dalam 69 surat Al-Quran yang terdapat lafadz Ha Sin Ba serta derivatnya . Terkelompok dalam 18  makna sebagai berikut: Pada Madah “ Ha Ba sin” terdapat 1 makna yaitu :  (1) menghentikan  ditemukan dalam fi’il mudhari. Pada Madah “ Ha sin Ba” terdapat 8 makna yaitu : (1) mengira ditemukan dalam pola fi’il madhi, dan fi’il mudhari (2) Kejahatan yang dirahasiakan akan dibuka dihari kiamat ditemukan dalam pola fi’il madhari (3) kecukupan  ditemukan dalam pola sifat mushabahah dan masdar (4) balasan bagi perbuatannya ditemukan dalam pola masdar (5) pengawas ditemukan dalam pola sifat Musabahah (6) yang menghitung ditemukan dalam pola isim fail (7)balasan atas perilaku di dunia ditemukan pada pola masdar (8) berotasi ditemukan pada pola masdar. Pada Madah “Sin Ba Ha” terdapat 6 makna yaitu: (1) memuliakan atau pujian ditemukan dalam pola fi’il madhi dan fi’il mudhari,  (2) berotasi atau berkeliling ditemukan dalam pola fi’il Mudhari (3)berdoa ditemukan dalam pola fi’il Mudhari dan Amr (4) takjub ditemukan dalam pola masdar (5) penuh kesibukan ditemukan dalam pola masdar. (6) Orang yang mengingat Allah ditemukan dalam pola isim fail. Pada Madah “ Sin Ha Ba”  terdapat 3 makna yaitu :(1) menarik atau berotasi ditemukan dalam pola fi’il Mudhari (2) awan ditemukan dalam pola masdar (3) Hujan ditemukan dalam pola Masdar.
أوزان جمع التكسير وأصل مفردها وصيغها في الموسوعة العربية العالمية Samsiyah, Winda
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai Pola Jamak Taksir dan Pola Aslinya Serta Bentung-Bentuknya Dalam Ensiklopedi Dunia Berbahasa Arab sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam memahami ilmu sharf khususnya dalam memahami pola jamak taksir. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis Pola jamak taksir dalam Ensiklopedia Dunia berbahasa Arab.  Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat 22 pola jamak taksir dalam 136 temuan didalam ensiklopedi dunia berbahasa arab, diantaranya adalah: pola jamak taksir  Af’ilaa, Af’aal, Fawaa’il, Fu’uul, Fa’alah, Fi’aal, Fu’laa, Af’ilah, Fawaa’iil, Fa’laa, Fu’alaa, Afaa’il,  Fa’aail, Af’ul, Tafaa’iil, Fil’laan, Mafaa’ilah, Afaa’il, Fu’aal, Fu’ulun, Fa’aalil, Fu’laan.
MODEL MATERI AJAR KITABAH ARABIYAH BERBASIS PENDEKATAN PROSES GENRE DI PERGURUAN TINGGI SETIADI, SAMSI; RAFLI, ZAINAL
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.06

Abstract

This study aims to obtain a model of teaching materials of Arabic writing (kitabah Arabiyah) based on the genre process approach at the State University of Jakarta. The method used is the development research to obtain the model of Arabic writing materials based on the genre process approach. The results showed that students still had difficulties at a fairly high level, such as finding key ideas, developing paragraphs, applying appropriate Arabic rules, finding and selecting the vocabularies that fit the context of the sentence. Students make some mistakes when writing Arabic script, including incorrect writing of letters, selection of verb (fi’il) and noun (isim), mistakes of intended meaning, incomplete sentences, and incomplete paragraphs. The need of students to the learning of Arabic writing shown by the scores of students' needs on the study is 3.90 which means that Arabic writing teaching is needed. The development of Arabic-based teaching material model based on the genre approach is needed as an alternative to problem solving.  
HYPATIA DALAM NOVEL AZAZIL DAN FILM AGORA (Kajian Sastra Bandingan) Sholihah, Almatoroh; Kaulin, Faulina
AL-MA'RIFAH Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hypatia adalah ilmuan perempuan dalam bidang filsafat, astronomi, dan matematika keturunan Yunani dari Askandariyah Mesir yang terbunuh mengenaskan akibat tindakan represi agama. Kisah hidupnya yang begitu mengenaskan menarik para penggiat karya untuk mengangkat kisahnya dalam karya-karya mereka seperti yang terdapat dalam novel Azazil karya Youssef Ziedan dan juga dalam film Agora karya sutradara Alejandro Amenabar. Novel Azazil dan film Agora mengangkat kisah Hypatia dengan versi dan jalan cerita yang berbeda. Hypatia yang diangkat dalam kedua karya mereka terinspirasi dari sejarahnya, akan tetapi dari kedua karya tersebut tidak akan terpisah jauh dari kreativitas pengarang. Oleh karena itu untuk mengkaji kedua karya tersebut dari sisi persamaan dengan sejarah yang dijadikan sebgai hipogram dan perbedaanya, maka dibutuhkan cabang ilmu sastra yaitu kajian sastra bandingan. Pengkajian perbandingan novel Azazil dengan film Agora ini menggunakan metode deskriptif.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7