cover
Contact Name
Al-Ma'rifah
Contact Email
almakrifah.unj@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
almakrifah.unj@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
ISSN : 16935764     EISSN : 25778551     DOI : -
Almakrifah: Indonesian Journal of Education of Arabic Study Program, culture, language and Arabic linguistic published two times a year since 2003, goes online by OJS UNJ since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed, and specializes in Arabic Education studies. The aim is to provide the readers with a better understanding of Arabic Education history and present developments through the publication of articles and research reports.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab" : 7 Documents clear
PERMAINAN BAHASA “DOMINO ARAB” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SINTAKSIS BAHASA ARAB (Nahwu) CH, Hendrawanto
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.353 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media permainan bahasa "domino" terhadap kemampuan sintaksis bahasa Arab pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2015 A UNJ. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kesulitan mahasiswa dalam penguasaan sintaksis bahasa Arab (Nahwu) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, pemanfaatan permainan bahasa "domino" sangat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan sintaksis bahasa arab mahasiswa. Pada pra tindakan, rerata hasil belajar 57 % namun setelah peneliti melakuakan treatment atau tindakan dengan menggunakan permainan bahasa domino maka terdapat perubahan yang sangat signifikan dengan hasil 81.   Kata Kunci: Permainan Bahasa, Domino, Sintaksis Bahasa Arab.
PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE PENUGASAN MODEL CONTOH, LATIHAN, KERJA MANDIRI (CLK) UNJ, Syamsi Setiadi
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.06

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan penguasaan kosakata mahasiswa melalui metode pembelajaran Contoh, Latihan, dan Kerja Mandiri (CLK) pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada bulan Juli – Desember 2013. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UNJ sejumlah 24 mahasiswa. Berdasarkan hasil hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) Pembelajaran Morfologi Arab dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat dijadikan sebagai salah satu strategi atau cara untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab, (2) Dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri para mahasiswa dapat menambah perbendaharaan kosa kata Bahasa arab mereka, serta menggunakan bentukan-bentukan kata dalam kalimat, serta dapat menganalisis teks bahasa arab yang tidak berharakat, (3) Pembelajaran dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat meningkatkan penguasaan kosakatamahasiswa, (4) Pembelajaran Morfologi arab dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat menambah wacana mahasiswa dan dosen untuk selalu mengeksplore kosakata atau istilah berbahasa Arab yang sesuai dengan perubahan dan bentukan kata berserta  konteksnya. Kosakata, metode penugasan dengan contoh, metode penugasan latihan, metode penugasan dengan kerja mandiri.  
Grammatical Errors in the Arabic Essay (Content Analysis Research on the Student of Arabic Language Education Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta) Marzuq, Ahmad
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.444 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.03

Abstract

This research is aimed to describing the gramatical errors on the text that committed by the students of Arabic Language and Literature Department, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. Grammatical errors in this case covering morphological errors and syntactic errors. Data obtained through an Arabic essay writing activities performed by 25 students and then the data were analyzed using the method of error analysis.   The results showed that 25 students essays founded 68 grammatical errors. These grammatical errors consist of 38 syntax errors and 30 morphological errors.   Grammatical errors made ​​by students can be caused by several factors such as the influence of the mother tongue / first, the influence of the second language being studied, as well as the influence of developmental errors.   Keywords:gramatical errors, morphological errors, syntactic errors, arabic essay
PEMBENTUKAN KATA DAN ISTILAHDALAM BIDANG HUBUNGAN INTERNASIONALPADA BAHASA ARAB TINJAUAN SEMANTISDAN MORFOLOGIS Miftahuddin, Ahmad
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.061 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.02

Abstract

ABSTRAK Istilah adalah kata atau rumus bahasa yang digunakan pada ilmu, bidang, maupun situasi tertentu. Istilah dibentuk dari kata yang dipandang cocok mewadahi konsep tertentu maupun kata yang diserap dari bahasa Asing karena tidak terdapat kata yang dipandang cocok dapat mewadahi konsep tertentu. Kata atau gabungan kata yang telah dibentuk menjadi istilah maknanya bersifat tetap, tepat, pasti, jelas, dan mantap sesuai bidang kegiatan atau keilmuan tertentu. Berbeda dengan kata yang pada umumnya dibentuk melalui berbagai proses morfologis, seperti konversi, afiksasi, reduplikasi, komposisi, abreviasi dan sebagainya, istilah dibentuk melalui proses penerjemahan, regenerasi, dan penyerapan. Namun karena istilah secara gramatikal berstatus kata atau gabungan kata, maka pembentukannya pun tidak dapat lepas dari proses morfologis maupun sintaksis. Penelitian ini selain mengkaji cara pembentukan istilah hubungan internasional pada buku yang berjudul Bahasa Arab Internasional karya Ibnu Burdah juga mengkaji aspek gramatikal istilah-istilah hubungan internasional dalam buku tersebut. Dari penelitian ini ditemukan sejumlah 408 istilah dibentuk dengan cara terjemah, 1154 istilah dibentuk dengan cara regenerasi, dan 116 istilah dibentuk dengan penyerapan. Istilah-istilah hubungan internasional tersebut dibentuk mengikuti bermacam-macam struktur/ pola (wazn) dan forma (shighah/ slot) tertentu. Terdapat Dari data yang tersedia terdapat 879 istilah dibentuk mengikuti forma mashdar, 215 istilah dibentuk mengikuti forma ism fa’il, 72 istilah dibentuk mengikuti forma ism maf’ul, 16 istilah dibentuk mengikuti forma ism tafdhil, 1 istilah dibentuk mengikuti forma fi’l madhin, 30 istilah dibentuk mengikuti forma ism makan, 7 istilah dibentuk mengikuti forma ism alah. Selain itu beberapa gabungan satuan istilah disatukan oleh beberapa konstruksi, yaitu 453 istilah dibentuk dalam konstruksi na’tiy, 233 istilah dibentuk dalam konstruksi idhafiy, 27 istilah dibentuk dalam konstruksi jariy, 4 istilah dibentuk dalam konstruksi ‘athfiy, 2 istilah dibentuk dalam konstruksi mazjiy, dan 1 istilah dibentuk dalam konstruksi isnadiy. Sisanya 124 istilah merupakan bentuk konstruksi kata mandiri atau disebut dalam bahasa Arab bunyah basithah.   Kata kunci     : istilah, pembentukan istilah hubungan internasional, analisis morfologis dan sintaksis
Model Pembelajaran Bahasa Arab Materi al-Qawa>’id al-Nah{wiyyah Ridlo, Ubaid
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.013 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.05

Abstract

Artikel ini membahas tentang model pembelajaran bahasa Arab, yang difokuskan pada materi al-Qawa’id al-Nahwiyyah. Sebagian besar pembelajar berasumsi belajar bahasa Arab itu dipandang sulit dan rumit, oleh karena itu artikel ini menawarkan model pembelajaran al-Qawa’id al-Nahwiyyah yang mudah dan sederhana untuk dipahami para pembelajar. Pembaca bisa memperoleh informasi tentang berbagai macam metode dan langkah-langkah pembelajaran berbagai macam metode tersebut. Tentu dalam pelaksanaan di lapangan tidak boleh kaku, tetapi harus fleksibel dan menyesuaikan dengan situasi, kondisi, konteks, dan setting pembelajaran.    Kata kunci:model, metode, strategi, pembelajaran, qawa’id, nahwu
مشكلة الأصوات العربية للناطقين باللغة الاندونيسيةوطريقة تدريسها ????, ????
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.697 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.04

Abstract

يبدو نطق اللغة هو النهج الصحيح، وأفضل طريقة لتعلم لغة أجنبية وإتقانها. مهما كان الطالب قد وجد المفردات والقواعد والهياكل ومعرفة السياقات اللغوية، فإنه لا يزال محدودافي أداء اللغة الثانية، إلا أنه يحسن أصواتهم يصدرها. وبالتالي، لم يتوفر العديد من الطرق القديمة في المتكلمين لغة التعليم لا يخرج فيه (على الرغم من أنها قراءتها وكتابتها أيضا، مثل طريقة القواعد والترجمة).                إهمال النطق الاهتمام المناسب لأصوات اللغة العربية في طريقة القواعد والترجمة؛ وأصبح اللحن الذي،  يأخذون في وقت لاحق أن تتكون من المعلمين، بعدهم، بما في ذلك أولئك الذين تمريرها عن طريق الخطأ، واتضح فقط لأولئك الذين يعرفون لغة، وأجاد أصواتهم يصدرون. عندما نطق المتعلم من الصوت، والرافضة ماهر عن مخارج من الصفات خفية، أن صوت نطق نطق السمعية أو حيث عوج وعطل. الكلمات المفتاحية: مشكلة، الأصوات، النطق
الوسائط المتعددةلجدول الإعلال والإبدال والإدغام في دراسة الصرف في شعبة تعليم اللغة العربية جامعة جاكرتا الحكومية ??????, ????? ????
AL-MA'RIFAH Vol 12 No 02 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.459 KB) | DOI: 10.21009/ALMAKRIFAH.12.02.01

Abstract

يهدفهذا البحثإلى تطويرالوسائط المتعددةلجدول الإعلال والإبدال والإدغام لكفايةاحتياجاتالطلاب لتعلم الإعلال والإبدال والإدغام يبدأ منفهمكلمةاللغة العربيةوتطويرالوسائط المتعددةلجدولالمتعددةفي فهم الإعلال والإبدال والإدغام. ويقيم هذا لبحث بسبب صعوبة الطلاب في تعلم الإعلال والإبدال والإدغام. منها صعوبة الطلاب في فهم المواد الإعلال والإبدال والإدغام . لأن هناك تغييرات كثيرة في  الإعلال والإبدال والإدغام. هذامنهج البحثهوResearsch and Development(R&D) ومعلومات البحث باستعمال استطلاعا الذي يملئ 40 طالبالشعبة تعليم اللغة العربية فيجامعةجاكرتا الحكومية. ويقيم تطوير البحث باستخدام التقريرات (1) تحليلالاحتياجات (2) التخطيط لتطويرالمنتجات (3) تطوير المنتجاتفي وقت سابق (4) اختبار المنتجاتابتدائية (5) الانتهاء من المنتجاتابتدائية (6) اختبار محاولةالمنتجات التيالمكررة (7) اختبار المنتجاتإتمامالمنتج (8) التقييممن قبل خبراءمنالموادووسائل الإعلامالتعليم. نفذت فىشعبة تعليم اللغة العربية وآدابها كلية اللغات والفنون بجامعة جاكرتا الحكومية الفصل الدراسيالأولمنيوليو-يناير 2015-2016 العام الدراسي 2015-2016. من تقييم خبير المادة أنه يتفق على كل البنود التي توجد في الاستبيان. ودلت البيانات على 4 بنود النتيجة مقبولة و13 تدلّ على بنود النتيجة على جيد ومعجم على معدل 23% تدل على بندل مقبول و 77% تدل على النتيجة جيد. من تقييم خبير الوسيلة أن المدرس (خبير الوسيلة) يتفق على كل الطبقات التي توجد في تقييم خبير الوسيلة. ودلت البيانات على  19 وتدلّعلى بنود النتيجة على النتيجة جيد جدا ومعدل4،00 )100 %) وتدل على بنود النتيجة جيد جداذلكحصلت على الامتيازومقبول لا ئقا ومستحقا لاستخدامها كالوسيلة التعليمية الجدول ليفهم تعلم اللغة العربية لدى الجميع خاص في دراسة الصرف. الكلمات المفتاحية: جدول، الإعلال، الإبدال، الإدغام،الوسائط المتعددة، الصرف

Page 1 of 1 | Total Record : 7