cover
Contact Name
Arita Witanti
Contact Email
jmai@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmai@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence)
ISSN : 22014155     EISSN : 25802593     DOI : -
Core Subject : Science,
The journal scopes include (but not limited to) the followings: Computer Science : Artificial Intelligence, Data Mining, Database, Data Warehouse, Big Data, Machine Learning, Operating System, Algorithm Computer Engineering : Computer Architecture, Computer Network, Computer Security, Embedded system, Coud Computing, Internet of Thing, Robotics, Computer Hardware Information Technology : Information System, Internet & Mobile Computing, Geographical Information System Visualization : Virtual Reality, Augmented Reality, Multimedia, Computer Vision, Computer Graphics, Pattern & Speech Recognition, image processing Social Informatics: ICT interaction with society, ICT application in social science, ICT as a social research tool, ICT education.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Analisa Feature Citra Darah Menggunakan Metode Histogram Supatman, Supatman
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.694 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i1.46

Abstract

Darah manusia adalah cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Sistem A-B-O mengolongkan darah menjadi 4 golongan yaitu A, AB, B dan O. Identifikasi golongan darah dilakukan dengan tes antigen pada sampel darah yang akan diujinya. Teknologi pengolahan image memungkinkan identifikasi dilakukan dengan analisa citra darah dengan pendekatan warna. Dengan ciri/feature histogram yaitu rata-rata, standar deviasi, varian, entropy, skewness dan kurtosisi dapat dilakukan analisa terhadap warna darah yang dapat mengidentifikasi golongan darah sesuai dengan sistem A-B-O. Hasil analisa feature : rata-rata, standar deviasi, varian, entropy, skewness dan kurtosisi memberikan hasil : Ciri rata-rata dari histogram tidak dapat memberikan nilai gap antara golongan darah A, AB, B dan O; Semakin tinggi/besar size dari resolusi citra maka nilai ciri ciri rata-rata, standar deviasi, varian, entropy semakin besar kecuali skewness dan kurtosis berbanding terbalik dengan resolusinya ; Ciri standar deviasi, varian, entropy, skewness dan kurtosis memberikan nilai gap antara golongan darah A, AB, B dan O sehingga dapat dipergunakan sebagai ciri maupun vektor ciri dalam identifikasi citra golongan darah; uji beda rerata dari vektor ciri yang terdiri dari standar deviasi, varian, entropy, skewness dan kurtosis antara Golongan Darah A, AB, B dan O memiliki beda rata-rata yang signifikan lebih kecil dari 0.05.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah Wonosari Darmawan, Moh Iwan; Sholeh, Muhammad
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.94 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i1.48

Abstract

Di era perkembangan teknologi informasi (TIK) yang sangat pesat, proses belajar mengajar di sekolah tidak hanya bisa mengandalkan proses pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan TIK baik guru maupun siswa dapat melakukan pembelajaran lebih interaktif dan dapat dilengkapi dengan fasilitas multimedia. Dengan mengembangkan bahan ajar berbasis TIK, materi pembelajaran yang disampaikan dapat dilengkapi dengan suara, animasi dan contoh- contoh materi dalam bentuk simulasi. Pengembangan materi Pengetahuan Dasar Pemetaan dalam indikator Pencapaian Kompetensi Pengindraan Jauh pada mata pelajaran geografi Kelas X IPS Kurikulum 2013  dengan memanfaatkan TIK dapat disajikan   lebih interaktif dan menarik serta dapat disajikan dalam bentuk animasi.  Bahan ajar yang dikembangkan dibuat dengan menggunakan aplikasi video scribe.   Penggunaan aplikasi ini, dalam pembuatan bahan ajar dapat dilakukan dengan mudah dan menghasilkan tampilan bahan ajar yang lebih interaktif dan siswa lebih tertarik untuk melihat dan mempelajari materi yang dibuat dengan memanfaatkan TIK.
Sistem Penilaian Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP) Septian, M. Ridwan Nur; Purnomo, Agus Sidiq
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1034.697 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i1.49

Abstract

Pegawai telah mengambil peranan penting dalam proses kinerja dan kemajuan suatu instansi. Apabila pegawai tidak dapat memenuhi peraturan yang berlaku yang sesuai kriteria dan kebutuhan instansi, maka proses kinerja dalam instansi akan terhambat. Mengingat pegawai mempunyai peranan penting dalam proses kinerja dalam sebuah instansi, maka tujuan dari penelitian ini adalah menentukan penilaian terhadap pegawai, sehingga sebuah instansi dapat mempertimbangkan apakah akan menegur atau memberhentikan kerja pegawai tersebut atau tidak. Penelitian ini menggunakan 4 kriteria sebagai parameter penilaian, agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam penelitian ini maka digunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP) dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Penilaian pegawai terbaik dilakukan menggunakan empat kriteria yaitu, kehadiran, kecepatan kerja, tanggung jawab, dan kerja sama. Dan dapat di simpulkan bahwa perhitungan menghasilkan perhitungan tertinggi menggunakan sistem yaitu 0.0782.
Seleksi Penerima Beasiswa Dengan Metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making Dengan Pengembangan Monemnasi, Markus; Rozi, Anief Fauzan
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.69 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i1.51

Abstract

Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan. Bantuan ini dapat diberikan oleh lembaga pemerintahan, perusahaan atau yayasan. Sekolah Menengah Atas Tiga Maret (SMA GAMA) Yogyakarta memiliki program pemberian beasiswa kepada siswa miskin atau kurang mampu di sekolah tersebut. Akan tetapi dalam melakukan seleksi beasiswa tersebut mengalami banyak kesulitan karena proses seleksinya masih manual serta banyaknya siswa yang mengajukan dan banyaknya kriteria yang digunakan sehingga dalam proses penentuannya menyita waktu yang banyak.Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang membantu, mempercepat dan mempermudah pihak yang bersangkutan dalam proses seleksinya. Proses pengambil keputusan dibangun menggunakan metode fuzzy multi-attribute decision making. Metode ini akan membantu pengambil keputusan pada situasi dimana terdapat banyak alternatif keputusan dengan beberapa kriteria. Dipilihnya fuzzy multi-attribute decision making karena karakternya sangat tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang semi-terstruktur seperti masalah beasiswa ini, juga merupakan metode yang akan cukup akurat memberikan hasil yang diharapkan serta akan mampu juga mengurangi kesalahan-kesalahan proses seleksi dan mempercepat proses pengambilan keputusannya.Hasil akhir dari sistem yang dibuat berupa rekomendasi penerima beasiswa dengan nilai total tertinggi dimana sebelumnya sistem akan melakukan perhitungan dan seleksi dari data yang telah dimasukan yang selanjutnya akan diurutkan dari nilai total integral tertinggi hingga nilai total integral terendah sehingga pengguna dapat dengan mudah menentukan siapa yang berhak dan layak untuk menerima beasiswa dan yang paling sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Optimasi Query Pada Human Resource Information System (HRIS) di Universitas XYZ Siswanto, Hery; Andi, Tri; Kusrini, Kusrini
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.034 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v2i1.53

Abstract

Optimasi merupakan suatu langkah untuk mengoptimalkan waktu menjadi lebih efisien. Ketika sebuah query diberikan pada sistem database, optimasi penting dilakukan untuk memilih strategi yang efisien untuk mengevaluasi ekspresi relasi yang ditentukan. Query optimization adalah suatu proses untuk menganalisis query, menentukan sumber-sumber apa saja yang digunakan oleh query tersebut dan apakah penggunaan dari sumber tersebut dapat dikurangi tanpa merubah output. Kegiatan Pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang baik sangat tergantung pada kualitas informasi untuk pengambilan keputusan dibidang sumber daya manusia. Kemampuan organisasi dalam memperoleh, menyimpan, memelihara dan menggunakan informasi sumber daya manusia merupakan faktor penting yang menunjang keberlangsungan hidup perusahaan. Perusahaan harus menyadari pentingnya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia secara berkualitas dan tepat sehingga perlu  untuk dikembangkan sistem informasi sumber daya manusia untuk menunjang pemenuhan sumber daya manusia yang berkualitas, Sistem ini yang namanya biasa disebut SISDM atau HRIS (Human Resources Information System). Hasil yang diperoleh dari pengujian sebelum optimasi dan sesudah dioptimasi menunjukan bahwa query yang sudah di optimasi waktu yang di butuhkan dalam melakukan pencarian data lebih cepat. Hasil percobaan pertama dengan 1000 data waktu yang dibutuhkan sebelum optimasi 0.023 dan sesudah di optimasi waktu yang didapatkan 0.015.
Sistem Pakar Pemilihan Obat Secara Swamedikasi Menggunakan Teorema Bayes Septiaji, Raphael Yanarto; Suria, Ozzi
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.754 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i2.64

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita mengalami gejala penyakit ringan seperti pusing, nyeri, demam, batuk, pilek, diare, maag, dan lain lain. Untuk menangani gejala tersebut, biasanya kita membeli obat secara mandiri sebelum memeriksakan diri ke dokter. Istilah ini dikenal sebagai swamedikasi. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem pakar untuk pemilihan obat secara swamedikasi menggunakan teorema bayes. Sistem ini akan memberikan informasi mengenai obat-obatan dalam kategori pengobatan mandiri atau swamedikasi. Berdasarkan 20 data kasus yang telah divalidasi oleh pakar dan diujikan terhadap sistem, diperoleh tingkat kesesuaian sistem menggunakan teorema bayes pada pemilihan obat secara swamedikasi yang telah diuji adalah sebesar 90%. Hasil keluaran pada sistem hanya dapat menampilkan informasi 1 jenis obat saja.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Menggunakan Metode Teorema Bayes Riyanto, Nur Budi; Suria, Ozzi
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.867 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v2i1.65

Abstract

Sistem pencernaan adalah suatu sistem kerja organ untuk mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh, mulai dari mulut hingga anus. Penyakit pada saluran pencernaan kebanyakan ada di negara berkembang dan sebagian besar bayi dan anak-anak terserang penyakit ini. Berdasarkan permasalahan yang ada didalam lingkungan masyarakat,peneliti berupaya membantu masyarakat untuk dapat mengenali penyakit pencernaan perutyang diderita. Perancangan sistem pakar akan dilakukan untuk membatu mendiagnosa penyakit pencernaan pada perut manusia. Dalam penelitian ini, sistem pakar dibuat dengan menggunakan metode teorema Bayes untuk mengenali penyakit pencernaan perut yaitu diare, disentri, gastritis, dispepsia, dan typoid fever. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering dijumpai di kalangan masyarakat umum. Sistem menerima inputan berupa gejala-gejala penyakit yang diderita oleh pasien dan menghasilkan diagnosa yang sesuai dengan inputan tersebut. Berdasarkan 20 data pasien yang telah diujikan pada sistem, dapat diketahui bahwa sistem memiliki nilai akurasi sebesar 75% dalam melakukan diagnosa penyakit sesuai dengan gejala-gejala yang dimasukkan. Uji coba sistem yang dilakukan sesuai dengan data rekam medik pasien. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa lebih dini terhadap penyakit pencernaan tersebut. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam melakukan diagnosa penyakit pencernaan pada perut manusia.
Identifikasi Personal Berdasarkan Geometri Citra Punggung Tangan Kiri Menggunakan Metode Learning Vector Quantization Nurdiansyah, Muhammad Fandi; Susilawati, Indah
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.057 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v2i1.66

Abstract

Geometri Tangan (Hand Geometry), merupakan biometrika yang relatif baru, yang memiliki karakteristik unik seperti lebar telapak tangan, luas tangan, dan panjang jari. Ukuran geometri tangan seseorang cenderung berbeda dengan tangan milik orang lain. Keunikan inilah yang merupakan ciri setiap tangan. Sistem identifikasi merupakan proses pencocokan citra punggung tangan kiri yang diuji dengan suatu citra punggung tangan kiri yang diklaim. Hasilnya adalah suatu keputusan apakah citra punggung tangan kiri yang diuji milik personal yang sah (genuine user) atau tidak sah (imposter user). Proses perhitungan ukuran panjang jari, lebar tangan, dan luas tangan memegang peranan penting terhadap keberhasilan identifikasi. Tujuan utama penelitian adalah pengembangan program identifikasi personal berdasarkan geometri citra punggung tangan kiri dengan menghitung luas tangan, lebar tangan, dan panjang jari. Panjang jari diperoleh dengan metode pencarian titik puncak jari. Untuk identifikasi geometri citra punggung tangan kiri dalam penelitian ini menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan metode Learning Vector Quantization (LVQ). Metode ini akan menghitung jarak antara bobot awal dengan data pelatihan, sehingga pada akhir iterasi akan ditemukan bobot akhir untuk setiap kelas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keberhasilan identifikasi personal mencapai kinerja setinggi 85,71%.
Sistem Penilaian Guru Teladan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP) Arifianti, Nurul; Rozi, Anief Fauzan
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.294 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i2.67

Abstract

Guru teladan adalah orang yang bisa memberikan contoh baik kepada siswanya. Guru merupakan salah satu bagian paling penting yang dimiliki oleh sekolah, tidak ada satu sekolah yang mampu bertahan jika sekolah tersebut tidak memiliki guru yang dapat bekerja baik dan maksimal. Berhasil atau tidaknya suatu sekolah dalam menjalankan kegiatannya tidak terlepas dari kapasitas guru yang melakukan pekerjaan di sekolah tersebut. Teknik penelitian di SMK Bumantara Muntilan dilakukan bersama guru BK dengan memberikan sebuah masukan atau pertanyaan yang bermaksud bertentangan dengan guru teladan yang nantinya akan dijawab oleh para guru itu sendiri dengan membagikan kuisoner ke para guru. Dalam penelitian ini data guru beserta jawaban dari kuisoner akan dilakukan Penilaian guru teladan dengan sistem yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan guru teladan dengan menggunakan metode weighted product, dimana pada setiap kriteria memiliki bobot tersendiri dan nilai kemudian difuzifikasikan. Setelah nilai yang telah ada dimasukan ke dalam rumus weighted product akan menghasilkan output nilai tertinggi pada semua guru. Penilaian guru teladan dilakukan dengan menggunakan 10 kriteria sebagai paramater penilaian dan dapat disimpulkan bahwa perhitunganya menghasilkan nilai vektor V tertinggi yaitu 0,05055 dan nilai vektor V terendah yaitu 0,00000.
Sistem Pakar Untuk Menentukan Poin Pelanggaran Dan Prestasi Menggunakan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto) Mayasari, Widatin; Purnomo, Agus Sidiq
JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence) Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Multimedia dan Artificial intelligence
Publisher : LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1041.03 KB) | DOI: 10.26486/jmai.v1i2.68

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemui dalam bidang pendidikan adalah bimbingan konseling. Untuk melakukan bimbingan konseling diperlukan layanan ahli oleh konselor (guru bimbingan dan konseling). Bimbingan konseling pada siswa menggunakan jumlah poin pelanggaran siswa yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Penentuan poin pelanggaran siswa memerlukan beberapa kategori meliputi pelanggaran siswa, prestasi siswa dan sanksi pelanggaran. Dalam penentuan poin pelanggaran siswa maka dilakukan penelitian dengan mengimplementasi metode fuzzy Tsukamoto untuk menentukan poin pelanggaran siswa dengan beberapa kategori yang dijadikan dasar penentuan. Berdasarkan hasil pengujian dengan sistem dan perhitungan manual guru bimbingan konseling memiliki hasil 73,17% sesuai.

Page 1 of 3 | Total Record : 25