Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1: Februari 2019" : 8 Documents clear
Penerimaan Teknologi Informasi Employee System Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Tatipatta, Rizka Vidya Fauzi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.25 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.673

Abstract

Orientasi Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor - faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi informasi Gamatechno Employee Sistem (GES) dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang di kembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Sampel dipilih dengan Teknik non random sampling adalah teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Purposive sampling Arikunto (2006) teknik mengambil sampel dengan tidak berdasarkan random, daerah atau strata, melainkan berdasarkan atas adanya pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap perceived of usefulness karyawan pada PT. Gamatechno Indonesia. (2) Ada pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap Acceptance Of GES pada PT. Gamatechno Indonesia. (3) Ada pengaruh positif signifikan perceived of usefulness terhadap acceptance of GES pada PT. Gamatechno Indonesia.
Pengaruh Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang Di Kota Tangerang Supriatna, Agus; Muljadi, Muljadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.35 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.671

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang”. Hal ini dikarenakan program tersebut masih belum efektif dalam operasionalnya. Terlihat dari kemacetan yang masih dijumpai di jalan raya, terutama pada jam sibuk di Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Tangerang berdasarkan hasil kajian di Bus Trans Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang digunakan peneliti menurut tujuannya bersifat deksriptif. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian melalui uji secara parsial (uji t) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 4,575 > nilai ttabel 1,987. Terdapat pengaruh yang signifikan Assurance terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 13,918 > nilai ttabel 1,987. Hasil melalui uji secara simultan (uji F) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness dan Assurance secara simultan terdapat Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai Fhitung 101,745 > nilai Ftabel 3,09.
Pengaruh Insentif Kerja Dan Asuransi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing PT Persona Prima Utama Perwakilan Yogyakarta As Syafiq, Muhammad Hasan Zulmi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.531 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Insentif Kerja terhadap Kinerja karyawan dan Asuransi Kerja terhadap Kinerja Karyawan.  Penelitian ini berlokasi di PT. Persona Prima Utama Perwakilan Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Ringroad Timur, Ruko Tandan No. C- 4 Banguntapan, Bantul, Yogyakara. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 66 orang Karyawan manajemen dan Outsoutcing di PT. Persona Prima Utama Perwakilan Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Dalam pengolahan data, peenelitian ini menggunakan analisis uji Validitas dan Realibilitas, Uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, Uji Regresi linier Berganda, Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa insentif kerja dan asuransi kerja memiliki pengaruh yang positis dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Persona Prima Utama Perwakilan Yogyakarta. Dengan demikian perusahaan peril meningkatkan insentif kerja dan asuransi kerja unuk menghasilkan kinerja karyawan yang tinggi.
Cover JPSB Vol 7 No 1 2019 -, -
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3358.231 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.677

Abstract

Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta Udjang, Raswan; Subarjo, Subarjo
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.846 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.675

Abstract

Perguruan tinggi sebagai sektor strategis diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan mampu bersaing dalam dunia kerja baik dalam maupun luar negeri. Keadaan persaingan yang kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan harus memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Strategi yang digunakan untuk tetap eksis adalah bukan hanya sekedar brand yang kuat tapi bagaimana jasa / pelayanan dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Keunggulan yang dimiliki oleh UMBY antara lain adalah dosen yang berkompeten dibidangnya, lokasi kampus yang nyaman, fasilitas proses belajar mengajar yang lengkap, adanya beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen UMBY yang menempuh kuliah di  Kampus 1. Pemilihan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Metode pengolahan data yang digunakan untuk mengolah hasil kuesioner yaitu dengan metode analisis deskriptif karena penelitian ini bersifat ekploratif. Hasil kesimpulan ini menemukan bahwa mahasiswa sudah mempunyai kepuasan yang tinggi pada Program Studi Manajemen UMBY. Pada aspek kepuasan yang terdiri dari Aspek Tangibles, Aspek Reliability, Aspek Responsiveness, Aspek Assurance, Aspek Empathy, memiliki kepuasan yang tinggi, kecuali pada aspek Information System mahasiswa memiliki tingkat kepuasan yang cukup.
Analisis Kinerja Keuangan Pada KPRI KOKELGAM Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan Tahun 2013 – 2017 Suratiningsih, Suratiningsih
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.005 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.676

Abstract

Koperasi sebagai badan usaha memerlukan pengukuran kinerja yang tepat sebagai dasar untuk menentukan efektivitas kegiatan usahanya terutama efektivitas operasional, bagian organisasi dan karyawannya berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesehatan KPRI Kokelgam dengan cara mengukur kinerja keuangan berdasarkan analisis rasio keuangan.  Kesimpulan yang diperoleh adalah NPM pada kondisi sehat sekali.  Rasio Rentabilitas cukup sehat.  CR, THA, dan ROA pada kondisi kurang sehat. THM dan Rasio Aktivitas tidak sehat.
Penerapan Orientasi Pasar Dan Inovasi Pada Usaha Skala Kecil Yang Dikelola Wirausahawan Perempuan Setiyati, Etsa Astridya; Taneo, Stefanus Yufra Manahen; Triwijayati, Anna
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.335 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.672

Abstract

Orientasi pasar sangat berharga bagi perusahaan karena membantu organisasi untuk terus fokus dalam mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan pelanggan dan kemampuan pesaing, dalam upaya menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Inovasi juga merupakan fungsi penting dalam manajemen untuk memenangkan persaingan. Studi tentang orientasi pasar dan inovasi dalam usaha kecil yang dikelola oleh pengusaha perempuan dianggap penting dalam mengidentifikasi dimensi yang perlu ditangani dalam strategi mengembangkan usaha kecil dan memberdayakan perempuan untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan yang signifikan dalam penerapan orientasi pasar dan inovasi antara industri kerajinan kecil dan non-kerajinan tangan di Malang; dan untuk menganalisis sejauh mana penerapan orientasi dan inovasi pasar telah digunakan. Survei ini didistribusikan kepada 113 responden secara proporsional (antara usaha kecil di bidang kerajinan dan non-kerajinan), menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t sampel independen menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara industri kerajinan skala kecil dan industri non-kerajinan dalam hal menerapkan orientasi pasar dan inovasi. Nilai rata-rata menunjukkan bahwa pengusaha perempuan telah menerapkan orientasi pasar (terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi fungsional) dan inovasi (baik teknis dan administratif) dengan baik.
Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Perception Of Product Quality Serta Dampaknya Pada Purchase Intention Bakpia Pathok Di Yogyakarta Rohman, Isnanda Zainur
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.796 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth dan brand image terhadap perception of product quality serta dampaknya pada purchase intention bakpia pathok di Yogyakarta. Implikasi dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan tambahan bukti empiris untuk memperkuat konsep dan teori mengenai word of mouth, brand image, perception of product quality, dan purchase intention. Lebih jauh, penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada pelaku bisnis bakpia pathok sehingga dapat meningkatkan penjualannya.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, dengan data bersifat cross-sectional. Responden pada penelitian ini adalah konsumen bakpia pathok di toko oleh-oleh di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan self-administered survey. Pengolahan data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi.Hasil riset menunjukkan pengaruh positif dan signifikan variabel word of mouth dan brand image terhadap variabel perception of product quality. Begitu juga dengan variabel perception of product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.

Page 1 of 1 | Total Record : 8