Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1: Februari 2018" : 8 Documents clear
Cover JPSB Vol 6 No 1 2018 -, -
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1874.376 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.627

Abstract

Reaksi saham perbankan terhadap penurunan BI rate April 2016 dan implikasinya terhadap strategi investasi: pengujian terhadap hipotesis pasar efisien N, Triyaryati; NMW, Kusumadewi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.993 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.417

Abstract

Stagnation of BI Rate during year 2015 on 7.5% level, causing a profit growth deceleration and stock price compulsion in banking sector. BI rate and BI 7-Day Repo Rate policy announcement on April 21st 2016 is a new relevant information for banking sector in Indonesia. Because both are as an interest rate reference for determining deposit and landing interest rate, which directly related to banking sector profit and expenses. This study verify an abnormal return existence during the announcement, in order to observe the market ability to directly absorb the relevant information and reflected in the stock price of the banking sector. The procedures which run in this study is also to test the market efficiency theory in the semi strong form.This study indicate that during the observation period there is no existence of abnormal return, which is show that the market are directly absorb the new relevant information and reflected it in the stock prices. Thus the market indicate as semi strong efficient.Investor decision making implication refer to this study result is there will not be an optimal return for them if they applied an active investment strategy during this period.So, in this semi strong market efficiency situation, it is better for the investor not to apply the active investment strategy.
Peran pendamping serta dampak anggaran di bidang kelautan dan perikanan terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Ende Djata, Baltasar Taruma
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.271 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.422

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Mengetahui peran pendamping dalam memberdayakan kelompok nelayan perikanan tangkap, yang merupakan kelompok sasaran bantuan anggaran pendampingan; 2). Mengetahui pendekatan serta strategi pendampingan terhadap  kelompok nelayan perikanan tangkap, sebagai sasaran bantuan anggaran pendampingan; 3). Mengetahui pengaruh anggaran di bidang kelautan dan perikanan terhadap kondisi kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Kabupaten Ende; 4). Mengetahui efektifitas anggaran di bidang kelautan dan perikanan terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Ende.Adapun hasil analisisnya adalah Kelompok nelayan menunjukkan respon baik kalau aktivitasnya sebagai nelayan selalu dalam pendampingan, pembinaan, penyuluhan dan pengawasan oleh pemerintah atau juga tenaga pendamping khusus. Hal ini karena pendamping memiliki peran yang strategis dalam proses pemberdayaan, termasuk di dalamnya adalah pemberdayaan terhadap kelompok nelayan. Dalam kegiatan pendampingan menggunakan pendekatan Sosio Ekonomis, yakni pendekatan yang melihat masyarakat yang lemah dan miskin tersebut akan mampu mengatasi persoalan mereka bila kemampuan ekonomisnya ditingkatkan. Strategi pendampingan dilakukan melalui tahapan pendampingan mulai dari tahap pertemuan awal, kunjungan dan observasi lapangan, pembahasan hasil observasi, perbaikan berdasarkan hasil observasi, penyusunan laporan, dan tahap distribusi laporan kegiatan pendampingan kepada instansi terkait.Anggaran pendampingan berpengaruh signifikan terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat nelayan dan mempunyai kontribusi terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat nelayan.
Analisis pengaruh promosi jabatan dan disiplin kerja pada produktivitas kerja karyawan pada PT. POS Indonesia (Persero) di Kabupaten Situbondo Pramitasari, Triska Dewi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.962 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.418

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi jabatan dan disiplin kerja berpengaruh nyata secara simultan maupun secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus, dimana sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasinya yaitu seluruh karyawan tetap PT. Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Situbondo yang berjumlah 24 orang. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan adalah Analisa Regresi Berganda, uji t, uji F, dan uji Dominan (Nilai Koefisien Standardized Beta) (dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows dengan tingkat signifikan 0,05). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel promosi jabatan dan disiplin kerja berpengaruh nyata secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan. Variabel promosi jabatan tidak berpengaruh nyata secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan sedangkan untuk variabel disiplin kerja berpengaruh nyata secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan. Dan disiplin kerja berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan.
Pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada layanan SAMSAT keliling Balaraja Kabupaten Tangerang Banten Ratnah, Ratnah; Muljadi, Muljadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.454 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.419

Abstract

Penelitain ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh wajib pajak kendaraan bermotor dalam melakukan kewajiban membayar pajak. Sehingga UPT BAPENDA Balaraja kabupaten Tangerang Banten harus mencari cara agar wajib pajak merasa puas dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak adalah dengan menggunakan pelayanan yang berkualitas, pengalaman yang positif dan berkesan sehingga wajib pajak merasa senang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Balaraja dengan berjumlah 700 unit. Dari jumlah tersebut ditentukan sampel dengan menggunakan tehnik Simple Random Sampling maka diperoleh jumlah sample sebanyak 88 responden. Hasil dari penelitian ini adalah Tangible dan Responsiveness secara simultan berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Tangible berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Responsiveness  berpengaruh  signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja.
Dampak ketidakpuasan konsumen pada sikap konsumen berdasarkan dimensi kualitas jasa dan perbedaan karakteristik demografi Hidayah, Anis; Sumiyarsih, Sumiyarsih
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.963 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.420

Abstract

The purpose of this paper is to test the effect of dissatisfaction consumers that influence on negative customer behavior, base on demography and service quality. Design/methodology/approach, An  integrated model is proposed, following recent developments in the service recovery literature. This model is tested using data from a survey with 216 customers. The paper reports results from structural aquation model. Findings, the results show significant influence service quality, demography and dissatisfaction customer have significant effect to negative customer behavior.
Peran mediator kepuasan untuk mengaloborasi kualitas pelayanan, citra dan penanganan komplain terhada loyalitas (studi pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen) Haryanto, Aris Tri; Dewi, Septiana Novita
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.369 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.416

Abstract

Penelitian Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan sekaligus sebagai entitas yang memiliki tanggung jawab kepada shareholder dan stakeholder harus jeli dalam melihat perubahan-perubahan yang dikarenakan kemajuan teknologi, pengaruh globalisasi, tingkat persaingan yang semakin tinggi dan perilaku pasien BPJS yang semakin kritis dalam memilih pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah melihat peran peran mediator kepuasan untuk mengaloborasi kualitas pelayanan, citra dan penanganan komplain terhada loyalitas pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen.teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan jumlah sampel sebesar 80 pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS. Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien BPJS. Penangganan Komplain berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS. Kualitas Pelayanan, Citra rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pasien BPJS. Kepuasan pasien BPJS dan penanggan komplain berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pasien BPJS. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien BPJS dan Citra terhadap loyalitas pasien BPJS lebih efektif dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan loyalitas pasien BPJS lebih efektif melalui jalur langsung.
Pendekatan Hierarki Abraham Maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta Sari, Elisa; Dwiarti, Rina
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.604 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berdasarkan hierarki kebutuhan Maslow yang meliputi kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 174 orang yang merupakan karyawan tetap PT.  Madubaru  (PG Madukismo)  Yogyakarta  dengan menggunakan  teknik  proportionate stratified random sampling.  Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), serta uji adjusted R2 dan determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berdasarkan hierarki kebutuhan Maslow yang meliputi kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan tetap. Sedangkan secara parsial hanya kebutuhan fisiologis dan aktualisasi diri yang signifikan, sedangkan kebutuhan rasa aman, sosial, dan penghargaan secara parsial tidak signifikan. Kebutuhan fisiologis merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi kerja karyawan tetap PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 8