Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1: Februari 2016" : 7 Documents clear
Prediksi Laba Di Masa Yang Akan Datang Dengan Rasio Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010–2014 Kurniawati, Winda
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.168 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.447

Abstract

Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan lebih bermanfaat bagi pemakai jika dilakukan analisis lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah apakah rasio keuangan secara individual dan simultan berpengaruh terhadap laba di masa yang akan datang pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010–2014.Guna mencapai tujuan tersebut, metode yang dilakukan adalah menguji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi berganda.Hasil yang diperoleh, Perputaran Aktiva Tetap (PAT), Interest Earned (TIE), dan Return On Asset (ROA) mempunyai pengaruh yang positif atau searah terhadap laba yang akan datang.
Strategi Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Etikawati, Ena; Udjang, Raswan
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.526 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.443

Abstract

Sumber daya manusia adalah aset yang sangat berharga bagi setiap organisasi dan memberikan kontribusi besar kepada organisasi karena pegawai bekerja dan bertindak untuk pencapaian tujuan organisasi. Tujuan organisasi dapat dicapai melalui tingginya komitmen organisasi yang dipengaruhi oleh karakteristik individu dan kepuasan kerja.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah proses rekrutmen dan seleksi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, diantara proses rekrutmen dan seleksi yang manakah yang paling berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh proses rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui manakah faktor yang berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka digunakan metode deskriptif, metode statistik deskriptif dengan bantuan sistem komputerisasi (Program Komputer PSPP versi 2016) dengan menggunakan rumus yaitu analisis regresi berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan hasil analisis mengenai pengaruh antara rekruitmen dan seleksi dengan kinerja karyawan khususnya pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, Pengaruh antara rekrutmen dengan kinerja karyawan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta didapatkan hasil bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rekrutmen terhadap kinerja karyawan. Pengaruh antara seleksi dengan kinerja karyawan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, didapatkan hasil bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara seleksi terhadap kinerja karyawan. Pengaruh antara rekrutmen dan seleksi dengan kinerja karyawan khususnya pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta didapatkan hasil bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan khususnya pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta adalah seleksi.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Sendratari Ramayana Prambanan Di Prambanan Ismiyati, Ismiyati
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.27 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.448

Abstract

Kekayaan alam serta keindahan Indonesia merupakan modal yang luar biasa. Keberadaan objek wisata yang tersebar, tidak lepas dari promosi untuk lebih dikenal oleh masyarakat / pengunjung. Dan dalam pemilihan objek wisata tentunya tidak lepas dari faktor yang mempengaruhi keputusan pengunjungnya.Sektor pariwisata merupakan salah satu prioritas pengembangannya yang keberadaannya diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kegiatan lainnya. Keberhasilan suatu kegiatan pariwisata sangat ditentukan oleh tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan dan faktor – faktor pendukungnya, hal ini akan berdampak kepada keputusan wisatawan berkunjung kepada tempat wisata tersebut. Bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruh dalam menentukan suatu keberhasilan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan untukmengunjungi Sendratari RamayanaPrambanan di Prambanan dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden pengunjung Sendratari Ramayana Prambanan dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji Kuesioner ( validitas dan reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas ),Uji Regresi Linier Berganda ,Uji Hipotesis (Uji t dan f) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi keputusan berkunjung adalah promosi dengan nilai koefisien regresi 0,515. dan berpengaruh positif dan signifikan. Tempat, produk menjadi faktor kedua dan ketiga sebesar 0,491 dan 0,346 yang mempengaruhi keputusan wisatawan Sedangkan Harga tidak memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien regresi -0,114. Secara simultan Produk,Harga,Promosi dan Tempat berpengaruh pada keputusan wisatawan dan dalam pengujian koefisien determinasi keempat variabel diatas dapat dapat menerangkan variabel Y sebesar 52,5 %.
Dampak Pra Dan Post Strategi Akuisisi Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Mukti, Ahmad Yasir; Rokhyadi, Asep
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.847 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk yang mengakuisisi PT. Sara Lee Body Care Indonesia pada tahun 2010.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji statistik dengan menggunakan paired sample t test. Data yang digunakan adalah data dari Indonesian Capital Market Derictory (ICMD) PT Unilever Indonesia, Tbk tahun 2006-2014. Untuk mendeteksi normalitas dilakukan dengan uji metode kolmogorov-smirnov test.Deskripsi variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas yang menggunakan Current ratio (CR), rasio laverage yang menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), rasio profitabilitas yang menggunakan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE), rasio aktivitas yang menggunakan Total Asstes Turn Over (TATO).
Pengaruh Biaya Corporate Social Responbility Terhadap Net Income PT. ANTAM Tarmizi, Kurniawan
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.073 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.449

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan yan diukur dengan Net Income baik secara parsial maupun secara simultan.Tema pengungkapan CSR sebagai variabel Independen dibagi menjadi tiga tema yaitu lingkungan, kesehatan, masyarakat.Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu perusahaan, dengan periode tiga tahun 2012,2013, 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan reglesi linear berganda yang dilakukan secara parsial maupun simultan dengan menggunakan software SPSS 20.0.Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variable lingkungan,kesehatan, masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan,pengujian secara simultan menyatakan bahwa lingkungan kesehatan masyarakat secara bersama-sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Pelayanan Jasa Atas Dimensi Empat Kepuasan Konsumen Indriaty, Lulu
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.635 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.445

Abstract

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya transportasi. Hal tersebut dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam dunia bisnis sepeda motor. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam barang dan jasa, maka tingkat kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen pada Bengkel Yamaha Merauke yang dilihat dari 4 dimensi penentu kualitas jasa yaitu dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), ressponsiveness (daya tanggap).Uji instrumen pengumpul data di lakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kuesioner valid atau tidak. Dan teknik analisis di lakukan dengan menggunakan mean arithmetic dan diagram kartesius, dengan dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data dan kemudian akan di peroleh rata-rata dari rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang selanjutnya akan di masukkan ke dalam diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen.
Deteksi Analisis Efisiensi Modal Kerja Dengan Pendekatan Teori Sinyal Karewur, Stefan Joy
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 4, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.93 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v4i1.446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektif penggunaan modal kerja dan efisiensi perusahaan. Penulis menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membantu deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki kemudian di analisis untuk diambil kesimpulannya dan menguji kebenaran teori yang ada tetapi bukan untuk menciptakan teori baru. Hasil penelitian ini yaitu Rasio likuiditas yang dimiliki PT.Sritex Tbk. yang meliputi current ratio dan quick ratio dari tahun ke tahunmengalami kenaikan, Rasio aktivitas yaitu working capital turnover, receivable turnover dan inventory turnover dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7