Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2: Agustus 2014" : 6 Documents clear
Dampak Kinerja Perusahaan Dengan Strategi Hijau Pada Budaya Organisasi: Fenomena Indonesia Soebarjo, Soebarjo; Permana, Asep Rokhyadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.236 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.338

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memberikan sumbangsih teori dan praktis atas pentingnya strategi hijau (green strategy) yang dapat diadopsi kedalam budaya organisasi untuk meningkatkan performa perusahaan. Target khusus yang hendak dicapai adalah mengajak para usahawan untuk memperhatikan permasalahan lingkungan hijau dengan strategi yang dapat dikolaborasikan pada budaya organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan dua (2) metode yaitu analisa regresi (regression analysis) dan analisis regresi moderasi (Moderated regression analysis). Hasil yang diperoleh, menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara budaya organisasi (budaya hierarkhi, budaya kelompok, budaya pengembangan, dan budaya rasional) pada kinerja perusahaan, dan strategi hijau memperkuat budaya organisasi pada kinerja perusahaan.
Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Di Stmik “Aub” Surakarta, Jawa Tengah) Wardhana, Galih Wisnu; Chaerudin, Achmad
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.621 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.343

Abstract

The purpose of the research were to examine the influence of leadership, and discipline to performance  of Lecturer of STMIK "AUB" Surakarta with a motivation as intervening variable.  The hypothesis which have been formulated in this research show that the leadership, and discipline have influenced the performance of the Lecturers of STMIK "AUB" Surakarta with motivation as intervening variable. The research is a survey to Lecturers of STMIK "AUB" Surakarta. Sample in this researh are 42 respondents. Data have been collected with quesionare  processed with, validity and reliability test,  the path analysis, t test, F test and test of  R2 . The t test result show that leadership, and discipline have positive and significant influence to performance  of Lecturer STMIK "AUB" Surakarta partial, motivation has negative and  significant influence to performance partially. The F test shows that the leadership, discipline and motivation significant influence toward performance  of lecturers STMIK "AUB" Surakarta as simultanoursly. From test of R2  show the independent variable (leadership, discipline, and motivation)  explain the dependent variable (performance) and the remaining 99% of 1% is explained by other variables not included in the regression model. The results of path analysis shows that the motivation did not intervern the leadership, discipline, to performance because the value of the coefficient of the indirect effect was smaller than the direct effect.
Peran Produk Hijau Dalam Hubungan Strategi Generik Porter Dengan Kinerja Perusahaan Permana, Asep Rokhyadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.54 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara empiris pengaruh setiap karakteristik Strategi Generik Porter (Diferensiasi dan Kepemimpinan Biaya) pada kinerja perusahaan, dan menjelaskan secara empiris dampak pemoderasi produk hijau terhadap pengaruh setiap karakteristik Strategi Generik Porter pada kinerja perusahaan. Adapun  metode penelitian yang diterapkan adalah dengan teknik Multiple Regression Analysis (MRA) dengan moderasi. Sebelum uji tersebut, terlebih dahulu melakukan uji validitas dan reliabilitas (Sekaran, 2010) dan uji asumsi klasik (Ghozali, 2009) guna menghindari terjadinya bias hasil penelitian, dengan besaran sample sebanyak 166 dari 258 perusahaan besar dan menengah di proponsi D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah diperoleh respond rate sebesar 64,34 %. Sebagai objek penelitiannya yang diperoleh dari direktori Perusahaan Menengah dan Besar di propinsi D.I.Yogyakarta  dan Jawa Tengah yang dikeluarkan oleh BPS (Biro Pusat Statistik).Hasil Penelitian Strategi diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan, dan Strategi kepemimpinan biaya berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Sementara hasil pemoderasian menunjukkan Produk Hijau (PH) memperkuat pengaruh strategi Diferensiasi (D) pada Kinerja Perusahaan (KP), dan Produk Hijau (PH) memperkuat Pengaruh strategi Kepemimpinan Biaya (CL) pada kinerja perusahaan (KP).
Dampak Tangible Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Dengan Knowledge Management Sebagai Variabel Moderasi Rochyawati, Fety; Sadari, Sadari
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.193 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.340

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memberikan sumbangsih teori dan praktis atas persepsi konsumen pada tangible pada kepuasan jonsumen, dan bagaimana knowledge management mampu meningkatkan dampak tangible pada kepusan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang telah menggunakan jasa perbankan.Dengan penggunakan teknik pengembilan sample yaitu purposive random sampling sebesar kurang lebih 200 responden mampu memberikan jawaban atas pertanyaan penelitian. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan dua (2) metode yaitu analisa regresi (regression analysis) dan analisis regresi moderasi (Moderated regression analysis).Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Eksterior Bank berpengaruh signifikan dan positif pada Kepuasan Konsumen, Interior Bank tidak berpengaruh signifikan dan positif pada Kepuasan Konsumen, Ketersediaan Sarana berpengaruh signifikan dan positif pada Kepuasan Konsumen, Knowledge Management tidak memperkuat pengaruh dan positif Eksterior Bank pada Kepuasan Konsumen, Knowledge Management memperkuat pengaruh dan positif Interior Bank pada Kepuasan Konsumen. Knowledge Management tidak memperkuat pengaruh dan positif Ketersediaan Sarana pada Kepuasan Konsumen.
Operasionalisasi Pemasaran Syari’ah Pada Produk Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Di Provinsi Banten Muljadi, Muljadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.778 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.341

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penyimpangan dalam operasionalisasi  pemasaran syariah pada produk BMT di Provinsi Banten, Mengapa dan bagaimana pemasaran syariah terjadi  penyimpangan pada produk di BMT. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologis. Studi fenomenologis mencoba untuk menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena yang didasarkan pada pengalaman kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Sampel yang akan di teliti berjumlah 6 BMT dari setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten. Dengan subyek peneliti atau informan  adalah pengurus (Ketua, Sekretaris, Bendahara) atau pengelola (Manajer, staf) BMT  dan mitra BMT pada sejumlah BMT yang tersebar di Provinsi Banten. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan model interaktif. Dalam model analisis ini terdapat 3 (tiga) komponen analisis, yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulanKesimpulannya BMT dalam operasionalisasi  pemasaran syari’ah BMT di Banten dalam hal ini produk seperti bentuk simpanan di BMT tidak ada yang menyimpang dari prinsip-prinsip syari’ah. Sedangkan pada produk pembiayaaan terjadi   penyimpangan dari ketentuan syari’ah.Sebab-sebab  penyimpangan yang terjadi pada pembiayaan produk, terlihat bahwa ternyata banyak produk-produk BMT yang belum dipahami oleh pengurus, pengelola dan nasabah, bagaimana seharusnya yang sesuai dengan konsep syari’ah.
Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Perusahaan Dan Kepuasan Konsumen Berdampak Pada Loyalitas Perusahaan Sari Jati Kabupaten Sragen Dewi, Septiana Novita
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.797 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.342

Abstract

This study aims to determine the empirical analysis of the quality of the product and the price of the company's image and customer satisfaction impact on the company's loyalty Sari Jati Sragen. The analytical method used is by using validity and reliability test, path analysis, t test, F test, and test the coefficient of determination. The population in this study is that consumers in the company Sari Jati in the regency number of 900 consumers 2014. The sample in this study is 10% of the population is equal to 90 consumers. The results of t-test on the first equation can be concluded that the variable quality of the product and a significant positive effect on consumer satisfaction. Variable rates and no significant positive effect on satisfaction. The results of t-test on the second equation can be concluded that the variable quality of the product and price positive and significant impact on the image of the company. The results of t-test on the third equation can be concluded that the quality of the product, price, customer satisfaction and corporate image and a significant positive effect on loyalty. F test results can be concluded jointly independent variable affects loyalty. R2 value of 0.994 means the total variation in the Company's customer loyalty Sari Jati Sragen explained by the variable quality of the product, price, customer satisfaction, corporate image and amounted to 99.4% and the remaining 0.6% is explained by other variables outside the model study.

Page 1 of 1 | Total Record : 6