cover
Contact Name
Asep Rokhyadi Permana
Contact Email
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
Model Motivasi Peningkatkan Kinerja Karyawan Pradana, Nandaristta Eri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 1: Februari 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.004 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i1.460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Penguatan Model Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian pramusaji dan produksi di wilayah kerja CV. Laras Catering Yogyakarta yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode seluruh populasi (total sampling) yaitu seluruh karyawan bagian pramusaji dan produksi di wilayah kerja CV. Laras Catering Yogyakarta yang berjumlah 35 orang. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari analisis regresi linear berganda model 1 dan model 2, pengujian signifikan simultan (Uji F) model 1 dan model 2, pengujian parsial (Uji t) model 1 dan model 2 serta pengujian koefisien determinasi (R2) model 1 dan model 2.Hasil penelitian pada pengujian secara parsial (Uji t) model 1 menujukkan bahwa variabel komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Karyawan pada pekerja pada CV. Laras Catering Yogyakarta sedangkan Uji t model 2 menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada pekerja pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Pada pengujan secara serempak (Uji F) model 1 diketahui bahwa Komitmen, Tanggung Jawab dan Kemampun Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dan Uji F model 2 diketahui bahwa Motivasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Melalui pengujian koefisien determinasi (Adjusted R Square) diperoleh nilai model 1 sebesar 0,664, berarti 64,4% faktor-faktor Motivasi Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel Komitmen, Tanggung Jawab dan Kemampun Kerja sedangkan sisanya 33,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) model 2 diperoleh nilai sebesar 0,772, berarti 77,2% faktor Kinerja Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Pengaruh Non Perforning Loan, Loan To Deposit Ratio Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 Dini Purwanto, Ines Setya
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.125 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i2.561

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan untuk mendapatkan laba  (keuntungan) dalam suatu periode tertentu. Semakin tinggi rasio profitabilitas, semakin baik kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2016.Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Terdapat 13 perusahaan yang digunakan selama penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 23. Sampel diuji dengan menggunakan analisis deskriptif seperti data rata-rata, nilai maksimal, nilai minimum dan standar deviasi. Analisis Regresi berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Analisis regresi linier digunakan sebagai alat analisa dan menguji hubungan antara variabel digunakan Uji-t, Uji-f dan Uji Koefisien Determinasi.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan dengan signifikansi 0,000. Dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas . Nilai R Square sebesar 0,401 atau 40,1% dai pofitabilitas sedangkan sisanya 59,9% dijelaskan variabel lain atau sebab - sebab lainya.
Analisis minat beli konsumen terhadap produk pelembab rambut (conditioner) pantene, sunsilk dan rejoice ditinjau dari norma subyektif dan sikap setelah melihat iklan Novitasari, Dwi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 1, No 1: Februari 2013
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.533 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v1i1.303

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasikan ada tidaknya pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen pelembab rambut (conditioner) merek Pantene, Sunsilk, Rejoice setelah adanya iklan produk tersebut. Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah ada perbedaan keyakinan dan keyakinan normatif konsumen dalam membeli pelembab rambut merek Pantene, Sunsilk, Rejoice. Kedua, atribut-atribut manfaat dan faktor referen mana yang paling dominan dalam mempengaruhi sikap dan norma subyektif. Ketiga, bagaimana pengaruh antara keyakinan dan evaluasi konsumen terhadap sikap, pengaruh keyakinan normatif dan motivasi terhadap norma subyektif, dan pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis indeks sikap Fishbein, uji beda Friedman, uji rata-rata hitung, analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji Friedman, ada perbedaan baik keyakinan maupun keyakinan normatif dari masing-masing atribut yang diujikan. Rata-rata hitung menunjukkan adanya atribut dan referen yang mendominasi pada setiap merek pelembab rambut. Sedangkan pada uji regresi linier berganda, sikap mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut, pada norma subyektif, referen merek Sunsilk, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan pengaruh referen merek Pantene, dan Rejoice tidak mempengaruhi minat untuk membeli pelembab rambut. Referen merek Pantene, Sunsilk, dan Rejoice pada variabel norma subyektif dan atribut manfaat pada sikap apabila diuji secara bersama akan mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut.
Cover JPSB Vol 6 No 1 2018 -, -
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 6, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1874.376 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v6i1.627

Abstract

Pengaruh budaya organisasi terhadap kesuksesan implementasi enterprise resources planning dengan pendekatan updated delone and mclean information system success model Wijayanto, Heri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 1, No 1: Februari 2013
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.097 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v1i1.308

Abstract

Enterprise Resource Planning (ERP) mempunyai fungsi utama mengotomasi dan mengintregrasikan seluruh aktivitas perusahaan kedalam satu system dengan basis data tunggal. Sistem ERP menggabungkan proses bisnis antara perusahaan dan pelanggan, perusahaan dengan supplier, dan proses perhitungan keuangan perusahaan. Critical Factor Success (CFS) implementasi ERP dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya budaya organisasi, dukungan top management, alih teknologi, pelatihan dan training, pengukuran kesuksesan implementasi ERP dengan menggunakan updated DeLone & McLean Information System Success model (updated D & M IS Success  Model) merupakan salah satu model yang banyak dikembangkan dalam penelitian sehingga dalam penelitian ini digunakan model tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada faktor budaya organisasi sebagai faktor dominan yang mempengaruhi kesuksesan implementasi ERP, dan pengujian model yang dikembangkan oleh DeLone and McLean (2003) pada implementasi ERP di Indonesia. Alat analisis dengan menggunakan Struktural Equation Model (SEM) pada program Amos versi 18. Hasil analisis menyimpulkan, bahwa budaya organisasi mempengaruhi kesuksesan implementasi ERP dengan p value = 0.048, dan hasil pengujian model (updated D & M IS Success  Model), diperoleh hasil pengujian yang mempunyai nilai p value lebih besar dari 0.05 (tidak signifikan berpengaruh pada a = 5%) yaitu: US ß IQ dengan p value = 0.224 (information quality tidak berpengaruh secara signifikan terhadap user satisfaction), dan NB ß US dengan p value = 0.101 (user satisfaction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap net benefit).
Penerimaan Teknologi Informasi Employee System Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Tatipatta, Rizka Vidya Fauzi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.922 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.673

Abstract

Orientasi Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor - faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi informasi Gamatechno Employee Sistem (GES) dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang di kembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Sampel dipilih dengan Teknik non random sampling adalah teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Purposive sampling Arikunto (2006) teknik mengambil sampel dengan tidak berdasarkan random, daerah atau strata, melainkan berdasarkan atas adanya pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap perceived of usefulness karyawan pada PT. Gamatechno Indonesia. (2) Ada pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap Acceptance Of GES pada PT. Gamatechno Indonesia. (3) Ada pengaruh positif signifikan perceived of usefulness terhadap acceptance of GES pada PT. Gamatechno Indonesia.
Pengaruh Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang Di Kota Tangerang Supriatna, Agus; Muljadi, Muljadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 7, No 1: Februari 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.922 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v7i1.671

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang”. Hal ini dikarenakan program tersebut masih belum efektif dalam operasionalnya. Terlihat dari kemacetan yang masih dijumpai di jalan raya, terutama pada jam sibuk di Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Tangerang berdasarkan hasil kajian di Bus Trans Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang digunakan peneliti menurut tujuannya bersifat deksriptif. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian melalui uji secara parsial (uji t) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 4,575 > nilai ttabel 1,987. Terdapat pengaruh yang signifikan Assurance terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 13,918 > nilai ttabel 1,987. Hasil melalui uji secara simultan (uji F) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness dan Assurance secara simultan terdapat Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai Fhitung 101,745 > nilai Ftabel 3,09.
Dampak kepercayaan dan partisipasi karyawan Pada kinerja tidak berwujud: study ukm di merauke papua Rochyawati, Fety
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 1, No 2: Agustus 2013
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.517 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v1i2.313

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan bagaimana dampak kepercayaan dan partisipasi karyawan pada kinerja tidak berwujud. Teknik pengambilan sample dengan judgement sampling diperoleh responden penelitian yang dilakukan pada karyawan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Merauke Papua sebanyak 117 yang berasal dari 39 UKM. Metode analisa yang digunakan adalah multiple regression. Variable penelitian mengadopsi dari Mouler (2009) skala likert 5 poin. Hasil menunjukkan bahwa variable kepercayaan dan partisipasi berpengaruh kuat dan positif terhadap kinerja tidak berwujud.
Eksplorasi Evaluasi Kepuasan Pelayanan Pada Kualitas Jasa Pada Pertamina Cabang Yogyakarta NUVRIASARI, AUDITA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 5, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.297 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v5i1.326

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa SPBU seluruh cabang yogyakarta dan mengenai strategi pelayanan yang perlu diterapkan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen disini dimensi kualitas yang diteliti meliputu (Fasilitas, Intanjibel dan tanjibel) yang dapat seluruh SPBU seluruh cabang yogyakarta.  Peneliti mengunakan penedekatan analisis deskeriftif, metode penelitian yang dipakai adalah metode survey, data perimer dikumpulkan melakukan dengan penyebaran kuesioner. Tehnik penghitungan yang dilakukan adalah mean arithmatic dan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diberikan oleh karyawan SPBU adalah sangat penting untuk ditingkatkan. Telah di hitung dan diketahui hasil pengumpulan kuesioner menyatakan bahwa tingkat fasilitas dan tingkat layanan yang diberikan oleh karyawan SPBU itu kurang baik bagi konsumen. Setelah ada uji validitas dan regresi tingkat fasilitas lah yang kurang baik. Dan harus ditingkatkan oleh karyawan SPBU maka dari itu karyawan harus melakukan perubahan peningkatan kinerja yang lebih baik pada SPBU seluruh cabang yogyakarta, baik meningkatkan SDM, misalnya menambahkan pelatihan karyawan yang bekerjaagar kepuasan konsumen yang melakukan pelayanan jasa tersebut merasa puas. Selain itu komponen yang dianggap tidak perlu, sebaiknya tidak dijadikan fokus utama meningkatkan pelayanan diSPBU seluruh cabang yogyakarta.
Dampak Kinerja Perusahaan Dengan Strategi Hijau Pada Budaya Organisasi: Fenomena Indonesia Soebarjo, Soebarjo; Permana, Asep Rokhyadi
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 2, No 2: Agustus 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.236 KB) | DOI: 10.26486/jpsb.v2i2.338

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memberikan sumbangsih teori dan praktis atas pentingnya strategi hijau (green strategy) yang dapat diadopsi kedalam budaya organisasi untuk meningkatkan performa perusahaan. Target khusus yang hendak dicapai adalah mengajak para usahawan untuk memperhatikan permasalahan lingkungan hijau dengan strategi yang dapat dikolaborasikan pada budaya organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan dua (2) metode yaitu analisa regresi (regression analysis) dan analisis regresi moderasi (Moderated regression analysis). Hasil yang diperoleh, menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara budaya organisasi (budaya hierarkhi, budaya kelompok, budaya pengembangan, dan budaya rasional) pada kinerja perusahaan, dan strategi hijau memperkuat budaya organisasi pada kinerja perusahaan.