Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 20, No 2: Agustus 2018" : 6 Documents clear
DINAMIKA PSIKOLOGIS ANAK DENGAN TARAF INTELEKTUAL BORDERLINE YANG MENGALAMI KECEMASAN DI SEKOLAH Setyaningtyas, Angelina Diyah Arum
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.752

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mengetahui dinamika psikologis anak dengan taraf intelektual borderline yang mengalami kecemasan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian psikologi yang pengambilan datanya dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 orang, dimana anak tersebut dipilih berdasarkan kriteria anak-anak usia 6-12 tahun, memiliki IQ Borderline yang dibuktikan dengan hasil test IQ, dan menunjukan tingkat kecemasan yang tinggi dengan pada skala Children Test Anxiety Scale (CTAS). Hasil menunjukkan bahwa kecemasan akademik yang berlebihan yang dialami oleh anak dengan intelektual borderline merupakan hasil dinamika dari kapasitas intelektual yang kurang dan kerentanan kepribadian yang juga menjadi akibat dari kapasitas intelektual yang terbatas. Hal ini sesuai dengan pendapat Kephart (1996) dimana orang yang kemampuan mentalnya rendah, kepribadiannya menjadi tidak matang, dan tidak rasional Pada kedua subjek, Di sekolah, subjek mendapatkan tekanan beban tugas yang padat, juga tuntutan lingkungan mengenai prestasi, hal ini merupakan situasi yang menekan bagi subjek, yang kemudian diproses secara kognitif oleh subjek menggunakan pengalaman dan nilai yang dimiliki anak. Karena problem solving yang dimiliki anak terbatas, maka mekanisme pertahanan diri dari kecemannya pun menjadi tidak efektif untuk mereduksi kecemasannya, sehingga kecemasannya semakin kuat.
KONTRIBUSI KEMATANGAN EMOSI PADA INTENSI BERWIRAUSAHA KULINER MAHASISWA TINGKAT AKHIR Rengganis, Domnina Rani P
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.754

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memahami kontribusi kematangan emosi pada intensi berwirausaha kuliner mahasiswa. Yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini mahasiswa di perguruan tinggi x di Yogyakarta. Studi ini dirancang dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan Skala Intensi Berwirausaha dan Skala Kematangan Emosi. Penelitian ini dimaksudkan sebagai penelitian pendahuluan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut, serta dasar pelatihan secara psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah 53 orang mahasiswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kematangan emosi dan intensi berwirausaha kuliner mahasiswa tingkat akhir. Dari hasil perhitungan, yang diperoleh tingkat signifikansi p = 0.000 <0.01 dengan koefisien korelasi R = 0.597. Hal ini berarti bahwa pengujian hipotesis diterima, dan model regresi dapat digunakan untuk memperkirakan intensi berwirausaha kuliner pada mahasiswa
Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa Musabiq, Sugiarti; Karimah, Isqi
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.240

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum stress dan dampaknya pada mahasiswa yang dilihat dari kejadian sehari-hari. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Sebanyak 67 mahasiswa psikologi berpartisipasi dengan cara mengisi survey berbentuk pertanyaan terbuka tentang kejadian-kejadian yang menimbulkan stress serta dampak yang dirasakan dalam rentang waktu lima hari terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki lebih dari satu jenis stressor dan merasakan dampak dari stress di lebih dari satu aspek. Jenis stressor terbanyak yang dimiliki mahasiswa berasal dari intrapersonal (29.3%), yaitu berupa kondisi keuangan (23%) dan tanggung jawab di organisasi kampus (20%). Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa stress memiliki dampak terbesar terhadap aspek fisik (32%). Hal yang sangat sering dirasakan adalah kelelahan dan lemas (21.1%).
Cover Insight Vol 20 No 2 2018 -, -
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.771

Abstract

PERILAKU MAKAN DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF MAHASISWA Fitriana, Nina
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.663

Abstract

Mahasiswa memiliki beragam tanggung jawab baik secara akademis maupun non akademis yang harus dijalani. Kesuksesan menjalankan berbagai peran tersebut sangat dipengaruhi oleh bagaimana ia dapat menikmati dan merasa bahagia dengan proses yang dijalani. Kebahagiaan atau sering diistilahkan dengan subjective well being menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan mahasiswa dalam menjalani kehidupannya. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi subjective well being, diantaranya adalah perilaku makan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan perilaku makan dengan subjective well being. Sehingga hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara perilaku makan dan subjective well being. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 65 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala Subjective Well Being dan Eating Habit Questionnaire. Skala Subjective Well Being terdiri dari 3 sub skala, yaitu Satisfaction With Life Scale dengan 5 aitem, Positive Affect dengan 9 aitem, dan Negative Affect dengan 9 aitem. Sedangkan skala Eating Habit Questionnaire terdiri dari 21 aitem. Teknik analisis korelasi product moment digunakan untuk mengetahui hubungan tersebut . Hasil penelitian dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara perilaku makan dengan subjective well being.
PELATIHAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI MAHASISWA Utami, Narastri Insan
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v20i2.751

Abstract

Harga diri merupakan aspek yang penting dimiliki oleh mahasiswa untuk berani menghadapi tantangan. Harga diri juga dikatakan sebagai faktor penentu kesuksesan seorang mahasiswa di bidang akademiknya. Sayangnya, berdasarkan studi pendahuluan telah diketahui banyak mahasiswa cenderung membangun harga diri sebagai individu yang inferior. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan harga diri mahasiswa dengan pelatihan rational emotive behavior therapy. Desain eksperimen yang digunakan adalah Untreated Control Group Design with Dependent Pre-test and Post-test Samples. Hasil analisis menggunakan anava campuran menunjukkan ada peningkatan skor pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Pelatihan rational emotive behavior therapy memberikan 68,3% pada peningkatan harga diri mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6