Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 20, No 1: Februari 2018" : 6 Documents clear
HARGA DIRI DAN KEMATANGAN KARIER PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR Purnasari, Kristiana Dwi; Abdullah, Sri Muliati
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.806 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa S1 tingkat akhir di Yogyakarta, dengan usia 21-24 tahun dengan jumlah 101 orang. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode skala yakni skala Harga Diri dan skala Kematangan Karier. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan nilai r = 0,628 (p<0.05). Berdasarkan hasil korelasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di  Yogyakarta, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa variabel harga diri memberikan sumbangan sebesar  R2 = 0,394 atau 39,4% terhadap kematangan karier dan 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA ANAK DOWN SYINDORME PADA ORANGTUA Prahara, Sowanya Ardi; Budiyani, Kondang
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.121 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah pelatihan efikasi diri mampu meningkatkan efikasi terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome pada diri orangtua. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan efikasi diri orangtua terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome sebelum dan sesudah pelatihan pada kelompok eksperimen. Subjek penelitian sebanyak 6 orangtua yang memiliki anak down syndrome yang mendapatkan skor rendah dari Skala Efikasi Diri terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome. Design eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis data Wilcoxon matched pairs sigend-ranks test menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -2.207 dengan p = 0.0135 (p = <0.05). Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan tingkat efikasi diri terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome pada orangtua yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan efikasi diri.
Cover Insight Vol 20 No 1 2018 -, -
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3716.981 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.634

Abstract

KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH DAN DISIPLIN PADA SANTRI ASRAMA PONDOK PESANTREN Afiati, Nikmah Sofia
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.686 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren. Subjek penelitian yaitu santri asrama di Pondok Pesantren Pabelan yang berjumlah 140 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala disiplin (α=0,915) dan skala kualitas kehidupan sekolah (α=0,903) yang telah diujicobakan pada 78 santri asrama. Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,508 dan p=0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan yang positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sumbangan efektif kualitas kehidupan sekolah terhadap disiplin sebesar 25,8%, sedangkan 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
STRATEGI COPING DAN DISTORSI KOGNITIF PADA IBU TUNGGAL DI YOGYAKARTA Fatimah, Malida
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.606 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi coping dan distorsi kognitif pada ibu tunggal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Seratus responden dipilih dari komunitas ibu tunggal yang ada di Yogyakarta. Satu set kuesioner yang terdiri dari dua inventori digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Nilai reliabiitas Cronbach Alpha pada kedua inventori berada pada rentang 0,84 sampai 0,98. Analisis data penelitian ini menggunakan independent t-test, ANOVA, dan korelasi Pearson. Penelitian ini menemukan bahwa strategi coping yang digunakan ibu tunggal adalah menstruktur ulang secara kognitif yang menjadi bagian dari fungsi adaptif dan maladaptif, dan berada pada level menengah; distorsi kognitif pada penelitian ini menunjukkan kecenderungan pada preoccupation with danger (PWD) yang berada pada level kurang mengalami distorsi kognitif. Lebih jauh ditemukan bahwa terdapat hubungan antara distorsi kognitif dan strategi coping. Berdasarkan hasil temuan tersebut, beberapa implikasi dan rekomendasi menjadi bahan diskusi.
UJI VALIDASI ISI MODUL PSIKOEDUKASI TUTORIAL MEMBACA PERMULAAN UNTUK GURU SEKOLAH DASAR Wulandari, Nanda Yunika
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 20, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.694 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v20i1.632

Abstract

Salah satu cara yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa adalah tutorial membaca menggunakan Reading Recovery. Untuk memiliki kemampuan yang mencukupi dalam memberikan tutorial membaca, maka guru membutuhkan rangkaian program pelatihan yang spesifik dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan melakukan proses validasi isi modul “Psikoedukasi Tutorial Membaca Permulaan” dengan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pemberian tutorial membaca menggunakan reading recovery oleh guru Sekolah Dasar. Pada penelitian ini akan dipaparkan mengenai uji validasi isi modul tersebut. Validasi isi dilakukan dengan menggunakan professional Judgement oleh 7 orang profesional yang terdiri dari praktisi, yaitu; psikolog sekolah, kepala sekolah dan guru senior serta akademisi, yaitu; dosen psikologi dan dosen PGSD. Hasil analisa Aiken’s V terhadap masing-masing aspek menunjukan skor V antara 0,75 – 0,91. Adapun validitas isi keseluruhan modul menggunakan prosentase menunjukan hasil sebesar 87,32 % artinya modul memiliki validitas isi yang baik dan dapat digunakan untuk tahap selanjutnya, yaitu uji empiris.

Page 1 of 1 | Total Record : 6