Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 19, No 1: Februari 2017" : 6 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA Apsari, Ayu Rahmaditha; Purnamasari, Santi Esterlita
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.657 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku seksual pranikah pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara konformitas dengan perilaku seksual pranikah pada remaja. Subjek penelitian ini adalah remaja tengah yang berada pada rentang usia 15-18 tahun sebanyak 60 subjek, 36 subjek laki-laki dan 24 subjek perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konformitas dan skala perilaku seksual pranikah. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku seksual pranikah pada remaja, yaitu rxy 0,748. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara konformitas dengan perilaku seksual pranikah pada remaja. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Semakin tinggi tingkat konformitas maka perilaku seksual pranikah pada remaja semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah tingkat konformitas maka perilaku seksual ppranikah pada remaja semakin rendah.
HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN KERJA DENGAN PERILAKU INOVATIF KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN Dewi, Lina Febriani Ayu Andon; Yuniasanti, Reny; Prahara, Sowanya Ardi
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.174 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.597

Abstract

Agar dapat bertahan di era disruptive setiap perusahaan menuntut karyawannya untuk bisa lebih inovatif dalam proses kerjanya. Masih rendahnya perilaku inovatif di PT. A terutama pada bagian penjualan menjadi permasalahan yang harus dicarikan bentuk intervensi yang tepat. Hipotesis penelitian yaitu terdapat hubungan antara persepsi karyawan terhadap lingkungan kerja dengan perilaku inovatif dalam pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 35 karyawan penjualan PT. A Yogyakarta yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah karyawan tetap dengan masa kerja minimal setahun. Pengumpulan data  menggunakan alat ukur skala persepsi lingkungan kerja dan skala perilaku inovatif.  Dari hasil analisis data menggunakan korelasi product moment Pearson, diketahui terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi lingkungan kerja dengan perilaku inovatif penjualan karyawan PT. A Yogyakarta (r = 0,439; p <0,050). Persepsi lingkungan kerja secara efektif berkontribusi sebesar 13,90% terhadap perilaku inovatif karyawan. Berdasarkan analisis regresi, diketahui bahwa persepsi lingkungan kerja fisik memberikan kontribusi efektif sebesar 11,70%, dan persepsi lingkungan kerja non fisik secara efektif berkontribusi sebesar 17,40% pada perilaku inovatif. Berdasarkan hasil penelitian ini memberikan informasi intervensi untuk lebih menyelaraskan dan mengharmoniskan hubungan di dalam organisasi untuk memunculkan perilaku inovatif karyawan
PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PERAWAT RUMAH SAKIT Sahrah, Alimatus
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.789 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.598

Abstract

Upaya terhadap menciptakan kepuasan terhadap pasien merupakan hal utama untuk diwujudkan di setiap Rumah Sakit. Penelitian ini ingin melihat adanya hubungan antara Perceived Organizational Support (POS) dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada para perawat di ruang inap Rumah Sakit DK di Yogyakarta, Indonesia. Subjek penelitian ini berjumlah 72 orang perawat. Karakteristik dari subjek penelitian adalah berumur 20 tahun sampai dengan 50 tahun, dan memiliki tingkat pendidikan minimal Diploma 3. Metode untuk pengumpulan data penelitian adalah menggunakan metode skala, yaitu menggunakan Skala POS dan skala OCB, dengan reliabilitas 0,950 dan 0,905 dan daya beda item total berkisar antara 0,31 s/d 0,80 dan 0,292 s/d 0,806. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara POS dengan OCB pada para perawat rawat inap RS. Aspek POS yang menyatakan bahwa perawat merasakan adanya dukungan organisasi terhadap ide-ide karyawannya dan adanya dukungan organisasi terhadap kesejahteraan karyawannya, adalah aspek POS yang signifikan berpengaruh terhadap timbulnya Organizational Citizenship Behavior pada para perawat Rumah Sakit.
PERKEMBANGAN LOYALITAS MEREK MAHASISWATERHADAP PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN MASA STUDI Safitri, Ranni Merli
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.829 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.599

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, termasuk perguruan tingi.  Loyalitas merek (brand loyalty) adalah suatu konsep yang sangat penting dalam mempertahankan konsumen. Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk mengetahui bagaimana perkembangan loyalitas merek mahasiswa terhadap perguruan tinggi berdasarkan masa studinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan loyalitas merek mahasiswa berdasarkan masa studi, mahasiswa yang masa studi yang lebih lama, seiring dengan bertambahnya usia, akan memiliki loyalitas merek yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang lebih baru. 96 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil one-way anova F=0,598, p>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan loyalitas merek berdasarkan masa studi. Hal ini berarti perkembangan loyalitas merek pada mahasiswa lebih dipengaruhi oleh faktor lain selain usia mahasiswa.
PERAN MAWADAH DAN RAHMAH DALAM KELUARGA TERHADAP IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA AKHIR Verasari, Metty
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.018 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan positif antara mawadah dan rahmah dengan identity achievement  pada remaja akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Lubuk Linggau sebanyak 125 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Mawadah dan Rahmah yang dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Shihab (2007) dan Skala Identity Achievement  Pada Remaja Akhir dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Marcia (dalam Sprinthall dan Collins, 1995), Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi parsial  dan uji regresi ganda dengan menggunakan fasilitas program SPSS versi 13,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara peran mawaddah dan rahmah dengan identity achievement  pada remaja akhir. Hasil uji hipotesis a) peran mawaddah identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r=  0,346 dengan p = 0,000 (p < 0,01)  yang artinya ada korelasi positif  antara mawadah dengan identity achievement  pada remaja akhir; b) peran rahmah dengan identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0,461 dengan p= 0,000 (p < 0,01) yang artinya ada korelasi positif antara rahmah dengan identity achievement ; c) sedangkan peran mawaddan dan rahmah identity achievement diperoleh koefisien korelasi r=0,692 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang artinya mawadah dan rahmah mempunyai korelasi yang sangat positif dengan identity achievement.
Cover Insight Vol 19 No 1 2017 -, -
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 19, No 1: Februari 2017
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3415.665 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v19i1.620

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6