Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 18, No 1: Februari 2016" : 6 Documents clear
Pelatihan Kepemimpinan Transformasional Pada Atasan Untuk Peningkatan Komitmen Organisasi Karyawan Di Hotel “X” Dewi, Ros Patriani; Astuti, Kamsih
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.303 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kepemimpinan transformasional pada atasan untuk peningkatan komitmen organisasi karyawan di hotel X Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 34 karyawan Hotel X Yogyakarta yang merupakan subordinat atau bawahan sedangkan yang diberikan intervensi berupa pelatihan kepemimpinan transformasional adalah para Head of Departement (HOD) yang berjumlah 8 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala komitmen organisasi yang mengacu pada organizational commitment questionnaire (OCQ) yang dikembangkan oleh Allen & Meyer (1990), yang terdiri dari tiga komponen yaitu: komponen afektif, komponen kontinuans dan komponen normatif. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dengan analisis data uji statistik parametrik, yaitu Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t = 7,325, (p<0,001) sehingga hipotesis penelitian diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara komitmen organisasi karyawan sebelum diberikan pelatihan kepemimpinan transformasional pada atasan dan setelah diberikan pelatihan kepemimpinan transformasional pada atasan.
Efektivitas Multiple Family Therapy Untuk Penurunan Beban Pendamping Orang Dengan Skizofrenia Avriyani, Andini; Astuti, Kamsih; Lailatusifah, Siti Noor Fatmah
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.596 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Multiple Family Therapy (MFT) untuk penurunan beban pada pendamping orang dengan skizofrenia (ODS). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan beban antara pendamping yang diberi MFT dengan pendamping yang tidak diberikan MFT. Subjek yang mendapatkan MFT mengalami penurunan beban pendamping daripada yang tidak mendapatkan MFT.Subjek penelitian sebanyak 6 orang pendamping yaitu 3 orang pada kelompok eksperimen dan 3 orang pada kelompok kontrol. Beban pendamping diukur dengan Zarit Burden Interview (ZBI) yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Hasil analisis dengan Independent Sample t Testdiperoleh nilai t : 3,343; p<0,05,dan hasil Paired Sample T Test diperoleh skor t hitung sebesar 37,000; p < 0,05. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pendamping ODS yang mendapatkan MFT memiliki beban pendamping yang lebih rendah daripada pendamping ODS yang tidak mendapatkan MFT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa MFT dapat menurunkan beban pada pendamping orang dengan skizofrenia. 
Apa Manfaat Dari Agama? (Studi Pada Masyarakat Beragama Islam Di Jakarta) Haryanto, Handrix Chris
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.344 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi individu terkait dengan manfaat dalam beragama khususnya yang beragama Islam. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat di Jakarta dengan total responden adalah 401 orang (159 perempuan dan 242 laki-laki). Sampling yang digunakan berupa convenience sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif analisis isi dengan menggunakan pertanyaan terbuka dan dianalisis dengan menggunakan analisis konten induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan agama menurut para responden akan membuat hidup menjadi terarah (41,85%), memberi ketenangan dalam hidup (25,32%), meningkatkan keyakinan dalam beragama (15,67%), menghindarkan dari perilaku yang buruk (11,16%) dan meningkatkan toleransi (0,43%). Berdasarkan pada hasil studi ini, mayoritas para responden menekankan pada manfaat agama yang berorientasi pada diri sendiri dibandingkan perannya dalam sosial/komunal. 
Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Relasi Dengan Rekan Kerja Pada Guru Muruf, Yudie Damar
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.191 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.351

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan relasi dengan rekan kerja pada guru. Penelitian eksperimen-kuasi ini melibatkan 30 orang guru (15 orang kelompok kontrol dan 15 orang kelompok eksperimen). Skala Kepuasan Relasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil analisis statistik uji-t terhadap gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan independent sample t-test, menunjukkan nilai thitung 6,961 > ttabel 2,048 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan relasi di antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan. Hasil mean gain score kelompok eksperimen juga lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol (8,47 > 0,20), sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang mendapat pelatihan komunikasi interpersonal menunjukkan peningkatan kepuasan relasi dibandingkan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pelatihan. 
Cognitive Behaviour Therapy Untuk Peningkatan Harga Diri Remaja Putra Di Panti Asuhan “M” Klaten Hapsari, Dian; Astuti, Kamsih; Sriningsih, Sriningsih
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.457 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.347

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk meningkatkan efikasi diri anak-anak muda di panti asuhan M Klaten. Pemberian program ini berdasarkan teori dari Driffin, dkk. (Matthys & Lochman, 2010) dalam bentuk perilaku manajemen, modeling, ketrampilan pemecahan masalah, restructuring dan relaksasi kognitif. Subjek berjumlah 10 anak muda laki-laki yang tinggal di panti asuhan dan memiliki self estem yang rendah berdasarkan pada skor dari Coopersmith Self Esteem Inventory (CSEI). Hasil dari hipotesis pertama dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan self esteem antara KE dan KK (Z=-0.329; p>0.05) dan hipotesis kedua pada penelitian ini terbukti bahwa hasil dari analisis menunjukkan perbedaan self esteem antara KE dan KK sebelum dan sesudah diberikanCBT (Z=-2.070; p>0.05). 
Cognitive Behavior Therapy Untuk Penurunan Depresi Pada Orang Dengan Kehilangan Penglihatan Radiani, Widiya Aris
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 18, No 1: Februari 2016
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.045 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v18i1.349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavior Therapy terhadap penurunan tingkat depresi. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat depresi antara sebelum dan sesudah diberikan Cognitive Behavior Therapy pada orang dengan kehilangan penglihatan. Subyek adalah 8 orang dengan kehilangan penglihatan. Terdiri dari 4 subyek kelompok eksperimen dan 4 subyek kelompok kontrol dengan menggunakan random assignment dalam menentukan subyek kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Semua subyek diukur dengan menggunakan skala BDI. Acuan skor dalam skala Beck Depression inventory (BDI) yang digunakan dalam penelitian ini adalah depresi sedang (16-23) dan depresi berat (24-63). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan menggunakan analisis uji Mann-Whitney dan Wilcoxon Test. Data dilihat dari melihat Gained score (skor selisih) yang diperoleh dari skor pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis pada terapi ini ialah Z sebesar -2,323; (p<0,05). Berdasarkan analisis tersebut meunjukkan bahwa ada perbedaaan penurunan tingkat depresi antara sebelum dan sesudah diberikan Cognitive Behavior Therapy pada orang dengan kehilangan penglihatan. Tingkat depresi pada kelompok eksperimen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6