JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara
ISSN : -     EISSN : 26544369
Jurnal Akuntansi Dewantara (JAD) merupakan terbitan berkala ilmiah sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang Akuntansi yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Karya Ilmiah (LP2KI) STIE PGRI Dewantara Jombang, secara berkala 2 (dua) kali setahun setiap bulan Juni dan Desember dengan tujuan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang Akuntansi.
Articles 10 Documents
Analisis Tingkat Pertumbuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Penerimaan Pajak Penghasilan Setelah Ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK.010/2016 Tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (Study Pada KPP Pratama Sidoarjo Barat)

Purbowati, Rachyu Purbowati1, Rizki Fitriana Lestar, Lestari, Rizki Fitriana

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.383 KB)

Abstract

Dalam UU No. 7 tahun 1983 yang terakhir kali diubah menjadi UU No.36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, disebutkan bahwa kepada orang pribadi atau perseorangan sebagai Wajib Pajak dalam negeri diberikan pengurangan berupa PTKP. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan Wajib Pajak orang pribadi dan penerimaan pajak penghasilan pada KPP Pratama Sidoarjo Barat setelah ditetapkannya PMK No. 101/PMK.010/2016 tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Pemeriksaan dan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi 3 KPP Pratama Sidoarjo Barat. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat pertumbuhan Wajib Pajak setelah ditetapkannya PMK No. 101/PMK.010/2016 Tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak terus mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir. Begitu pula realisasi penyampaian SPT yang juga terus mengalami kenaikan selama dua tahun terakhir. Namun, pertumbuhan jumlah Wajib Pajak ini bukanlah berasal dari perubahan PTKP. Ada beberapa faktor lain yang mampu meningkatkan jumlah Wajib Pajak seperti munculnya Wajib Pajak baru. Penerimaan Pajak Penghasilan pada KPP Pratama Sidoarjo Barat juga terus meningkat setelah ditetapkannya PMK No. 101/PMK.010/2016 Tentang Penyesuaian Besarnya PTKP. Peningkatan penerimaan PPh Pasal 21 pada KPP Pratama Sidoarjo Barat mengalami kenaikan hingga lebih dari 20%. 

Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penerapan Sistem E-Filling Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang

Hendrawan, Suluh Agus, Suprapto, Sugeng

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 1 (2018): Juni - November
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.156 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui Pemahaman Internet dapat memoderasi hubungan antara Penerapan Sistem E-Filling dengan Kepatuhan Wajib Pajak di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Sistem E-Filling berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang dan Pemahaman Internet memoderasi pengaruh Penerapan Sistem E-Filling terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang, dalam penelitian ini direktorat Jenderal Pajak diharapkan mensosialisasikan tata cara penggunaan e-filing lewat iklan di kantor pajak terutama untuk pemula dan Direktorat Jenderal Pajak sebaiknya lebih menyederhanakan sistem e-filing karena banyak Wajib Pajak yang merasa kesuliatan dalam menggunakan e-filing

Pengaruh Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender, Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan

Saputra, Agung Joni

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.723 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa akuntansi akan minat, motivasi, pelatihan professional, gender, dan lingkungan pekerjaan terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada para mahasiswa akuntansi yang berada di universitassBuddhi Dharma dan universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan bahwa minat, motivasi, pelatihan professional, gender, dan lingkungan pekerjaan terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik. Sedangkan secara parsial hanya variabel gender dan variabel lingkungan pekerjaan yang berpengaruh terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik, sedangkan variabel minat, motivasi, dan pelatihan profesional tidak berpengaruh terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik.  

Analisis Pengaruh Biaya Pengolahan Produk Sampingan Terhadap Laba Perusahaan

Pramiana, Omi, Hasbi, Khoirul Umam

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 1 (2018): Juni - November
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.891 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui biaya pengolahan produk sampingan berpengaruh terhadap laba pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier dengan pengujian hipotesis dengan uji t.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa biaya produk sampingan mempengaruhi laba/rugi pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang, dan ini dapat terlihat dari nilai t-hitung sebesar 5,632 yang memiliki nilai lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 3,182, yang menyatakan bahwa ada pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang. Pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang sebesar 91,4%.

Faktor Penentu Penyaluran Kredit Perbankan Studi Kasus Pada Bank Konvensional Di Indonesia

Panuntun, Bagus, Sutrisno, Sutrisno

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.358 KB)

Abstract

Pendapatan utama bank berasal dari penghasilan bunga dan penghasilan bunga tergantung pada jumlah kredit yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang menentukan besarnya penyaluran kredit bank. Variabel yang diduga berpengaruh terhadap penyaluran kredit bank adalah kecukupan permodalan bank yang diukur dengan capital adequacy ratio, risiko kredit periode sebelumnya yang diukur dengan non performing loan (NPLt-1), risiko likuiditas yang diukur dengan loan to deposit ratio, tingkat efisiensi bank yang diukur dengan rasio biaya operasi terhadap pendapatan operasi, dan suku bunga pinjaman. Sementara penyaluran kredit bank diukur dengan logaritma natural dari jumlah kredit yang diberikan. Populasi dalam penelitian ini adalah bank konvensional yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan sampel 40 bank menggunakan metode purposive sampling, dan periode pengamatan selama dua tahun (2015-2016). Uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan CAR berpengaruh signifikan tetapi negatif terhadap penyaluran kredit, sedangkan NPL tidak berpengaruh signifikan. LDR berpengaruh signifikan dan negatif, demikian pula dengan BOPO juga berpengaruh signifikan tetapi negatif terhadap penyaluran kredit perbankan. Suku bunga pinjaman (INT) pengaruhnya tidak signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan.

Tinjauan PSAK 102 Penerapan Akuntansi Murabahah Dalam Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah

Hidayat, Agus Taufik, Nurhayati, Nurhayati

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 1 (2018): Juni - November
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.775 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi pembiayaan murabahah pada Bank BRI Syariah, terhadap Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 102 tentang Akuntansi Murabahah. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) pada Bank BRI Syariah tidak sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor (PSAK) 102 tentang Akuntansi Murabahah. Dalam unsur pengakuan dan pengukuran ada beberapa item yang tidak sesuai dengan PSAK 102 yaitu, dalam angsuran penerimaan denda Bank BRI Syariah mengakui denda sebagai pendapatan hal itu tidak sesuai dengan PSAK 102. Di dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah, Bank BRISyariah Cabang Jombang bertindak sebagai penjual dan nasabah sebagai pembeli. Selain itu, terdapat perbedaan antara bunga bank konvensional dan bank syariah yaitu bank konvensional menetukan bunga dibuat pada waktu akad dengan asumsi harus selalu untung, sedangkan bank syariah penentuan besarnya rasio/bagi hasil dibuat waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung rugi.

Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Audit Manajemen Dan Balance Scorecard

Hartanti, Benih, Susilo, Agus

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.358 KB)

Abstract

Fenomena terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi, khususnya institusi pendidikan yang menjadi obyek dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi dalam mendukung good corporate governance dan dapat meningkatkan kompetensi SDM sebagai asset terpenting dalam organisasi. Beberapa faktor dalam proses pengelolaan sumber daya manusia yang menjadi dasar penentu variable dalam penelitian ini antara lain adalah perencanaan tenaga kerja dan rekrutmen, fungsi orientasi dan penempatan dan fungsi pelatihan dan pengembangan. Penelitian yang dilakukan di STIE PGRI Dewantara Jombang ini berjenis kuantitatif dengan melibatkan 63 responden yang terdiri dari karyawan,dan dosen. Teknik analisa menggunakan Balance Score Card dan dilengkapi dengan analisa regresi linear berganda, F-Test dan T-Test. Hasil analisa menunjukkan bahwa kegiatan orientasi dan penempatan serta pelatihan dan pengembangan yang berpengaruh terhadap kinerja Dosen dan Karyawan. Sedangkan, posisi strategis STIE PGRI Dewantara terkait dengan pengelolaan karyawan berada pada titik yang menunjukkan bahwa, sttrategi paling tepat untuk dilaksanakan dalam jangka pendek.

Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

Pujiati, Lilik

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 1 (2018): Juni - November
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.53 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pengelolaan Alokasi Dana Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan Mojokerto dan Apakah Desa ini sudah melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan yang sesuai dengan peraturan. Sebagai informan terpilihnya adalah Perangkat Desa, Tim Pelaksana Desa serta masyarakat yang dianggap dapat mewakili unit penelitian dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa. Penelitian dilakukan dengan wawancara secara mendalam dan dengan cara pengamatan langsung pada pelaksanaan Alokasi Dana Desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Alokasi Dana Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan Mojokerto sudah akuntabel mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Namun ada satu kegiatan yang kurang sesuai yaitu kegiatan belanja barang dan jasa. Desa Watesumpak Kecamatan Mojokerto sudah melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan yang sesuai dengan peraturan Bupati Mojokerto Nomor 7Tahun 2015. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama mulai kepala desa, perangkat desa, BPD dan semua elemen di Desa Watesumpak.

Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan dan Kepemilikan Saham Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan

Suaidah, Yuniep Mujiati

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.406 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan dan kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sub sektor kemasan dan plastik. Sampel berjumlah 9 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berasal dari data sekunder yakni data yang terdapat di bursa efek indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan dan kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Kinerja keuangan juga mampu memoderasi pengungkapan akuntansi  lingkungan  terhadap  nilai  perusahaan,  dan  juga  kinerja  keuangan mampu memoderasi kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan. Karena itu, pengungkapan akuntansi lingkungan perlu dicantumkan ke dalam laporan keuangan agar nilai perusahaan semakin baik, selain itu komposisi kepemilikan saham perusahaan juga di jadikan faktor agar nilai perusahaan semakin baik

Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah Untuk Menunjang Kinerja

Anisah, Nur, Pujiati, Lilik

JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara Vol 1, No 2 (2018): Desember-Mei
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.963 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan UMKM dalam penerapan Laporan Keuangan UMKM di Jombang dan kendala-kendala yang dihadapi serta perannya dalam menunjang kinerja UMKM. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara serta pengamatan langsung terhadap obyek penelitian pada 16 UMKM Unggulan di Jombang. Hasil penelitian menunjukkan ketidaksiapan pelaku UMKM dalam menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Kendala yang dialami oleh pelaku UMKM dalam pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan adalah tidak memiliki sumberdaya khusus yang menangani pencatatan akuntansi dan laporan keuangan, sedangkan pengelolaan usahanya dilakukan oleh pemilik yang tidak memahami tentang akuntansi dan laporan keuangan. Sebagian diantara pelaku UMKM juga menganggap bahwa laporan keuangan tidak terlalu dibutuhkan karena dana yang dikelola adalah dana pribadi yang tidak dipertanggungjawabkan pada pihak lain. Beberapa pelaku UMKM mengakui bahwa sebenarnya pencatatan akuntansi maupun laporan keuangan bermanfaat untuk menunjang kinerja usahanya, namun karena kendala yang ada, mereka belum siap menerapkan SAK EMKM pada usaha mereka meskipun beberapa diantaranya pernah memperoleh pelatihan akuntansi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10