Gentala Pendidikan Dasar
Published by Universitas Jambi
ISSN : 26147092     EISSN : 26219611
Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All submitted texts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. The Gentala Journal of Basic Education is a medium of information and scientific knowledge that mainly publishes articles from research and theoretical studies in the field of primary education and receives manuscripts from the following fields with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: 1)Learning and Learning 2)Curriculum 3)Evaluation 4)Pedagogics of elementary school teachers 5)Learning Innovation 6)Developmental psychology 7)Inclusive Education 8)Management of education 9)Guidance and counseling for primary school teachers 10)ICT in elementary schools
Articles 70 Documents
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

Chan, Faizal, Sofwan, Muhammad, Putri, Nike Dwi

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.22437/gentala.v3i1.6755

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada  pembelajaran IPS  Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Kolaboratif subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57,30% (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 78,265% (kriteria baik). Artinya ada peningkatan sebesar 24%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap gambar dengan memberi kesan yang menarik, memperbanyak gambar teknologi masa lalu dan masa kini. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu dari penggunaan media gambar pada saat proses pembelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 109 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017

KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 55/I SRIDADI

Salam, M, Anggraini, Ike

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.22437/gentala.v3i1.6777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek yaitu siswa kelas V SDN 55/I Sridadi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar SDN 55/I Sridadi sudah baik. Hal ini terlihat dari kedisiplinan siswa selama mengikuti peraturan yang diberikan guru maupun sekolah, yaitu; (1) tidak membuat suara gaduh, (2) tidak mengganggu siswa lain dan berjalan-jalan saat pelajaran berlangsung, (3) keluar masuk kelas tanpa ijin dan membaca materi yang sesuai dengan pelajaran yang sedang berlangsung, (4) menggunakan sepatu saat pelajaran berlangsung. Selain itu guru melakukan beberapa upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa, antara lain; (1) memberi keteladanan kepada siswa, (2) melaksanakan peraturan kelas, (3) memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan (4) memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar. Kata kunci : Kedisiplinan, Siswa, Sekolah Dasar

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI SEKOLAH DASAR

Hariandi, Ahmad, Cahyani, Ayu

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.054 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6751

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VD SDN 13/I Muara Bulian. Peningkatan itu keaktifan terjadi  setelah dilakukan tindakan yang dilakukan pada siklus I pada pertemuan I terdapat 5 orang dan pada pertemuan II terdapat 9 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus I ini terdapat 62%. Kemudian, pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 15 siswa dan pada pertemuan II terdapat 21 siswa yang memiliki keaktifan belajar yang baik. Sehingga dapat disimpulkan siklus II ini terdapat 81% siswa yang memiliki keaktifan belajar. Pengukuran pada keaktifan belajar siswa juga bisa dilkukan dengan menggunakan beberapa indikator keaktifan belajar berupa melaksanakan diskusi sesuai kelompok, serius mengerjakan tugas yang diberikan guru, bertanya kepada guru tentang materi yang dipelajari, mengeluarkan pendapat, dan memperhatikan terhadap penjelasan guru. Indikator tersebut dapat digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi keaktifan belajar yang dimiliki siswa. Dari hasil penelitian tersebut, maka terbukti dengan menerapkan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar di kelas V D SDN 13/I Muara Bulian

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTERISTIK SAINTIFIK

Suhandi, Andi

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.635 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6752

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sains di kelas V SD Negeri 187/I Teratai, serta untuk mengetahui peningkatan Karakteristik saintifik siswa kelas V SD Negeri 187/I Teratai.  Jenis penelitian yaitu peneltitan tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi. Siklus pertama dengan menggunakan model problem based learning rata-rata hanya mencapai 29% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan hanya mencapai 30% dengan hasil tersebut masih dinyatakan rendah. Pada siklus II dengan menggunakan model problem based learning rata-rata mencapai 57% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan mencapai 50% dengan hasil ini peningkatan pada siklus II sudah nampak perubahan dari hasil siklus I. Pada siklus III dengan menggunakan model problem based learning rata-rata telah mencapai 94% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan telah mencapai 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan karakteristik saintifik kelas V SD Negeri 187/I Teratai telah berhasil.

PENGEMBANGAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Destrinelli, D, Hayati, Dwi Kurnia, Sawinty, Endang

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.667 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6754

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membuat bahan ajar tematik pada pembelajaran tema lingkungan kelas III Sekolah dasar yang valid dan menarik. Prosedur pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalutation. Teknik  pengumpulan data yaitu angket. Bahan ajar yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh validator. Meliputi validasi ahli media, dan validasi pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 71% maka produk ini termasuk dalam kategori “baik” dan layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 84.3% maka produk ini termasuk dalam kategori “ sangat baik” dan layak untuk diujicobakan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar dalam  proses pembelajaran digunakan sebagai instrumen penunjang pembelajaran dan memiliki kemenarikkan dalam pembelajaran.

PELAKSANAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Idrus, Ali, Novia, Yozi

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.648 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6757

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian, pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri berupa kegiatan rutin adalah piket kelas dan piket bersama. Berupa kegiatan spontan adalah menanam pohon bersama dan memilah-memilah tabungan sampah untuk dijadikan barang kerajinan. Berupa keteladanan adalah kepala sekolah dan guru dengan tidak membuang sampah sembarangan dilingkungan sekolah. Kepala sekolah dan guru menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memungut sampah yang ditemukan. Berupa pengkondisian adalah sekolah menyediakan sarana berupa tempat sampah organik dan anorganik dilokasi lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi adalah kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.

HUBUNGAN PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Suwardi, Imam, Farnisa, Ririn

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.031 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6758

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan peran guru dalam proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 34/I Teratai, yang berlokasi di jalan gajah mada  Kel. Teratai  Muara Bulian berjumlah 27 orang siswa dengan total sampel 27 orang siswa. Adapun waktu penelitian dilaksanakan selama 2 minggu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan peran guru dalam proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 34/1 Teratai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

PENERAPAN PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DINIYAH AL-AZHAR KOTA JAMBI

Kuntarto, Eko, Sugandi, S

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.087 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6759

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami penerapan program pengembangan profesi guru di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan program pengembangan profesi guru di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Jenis Penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini dengan menggunakan metode observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengumpulan data terkait dan analisis data yang dilakukan. Maka program pengembangan profesi guru yang ada di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi terbilang cukup bagus untuk di terapkan dan dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang ada baik di lingkungan Al-Azhar maupun bagi sekolah lain yang mau menerapkanya.

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR

Rusnah, R, Mulya, Oneng Tri

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.589 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6760

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, Video Pembelajaran dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 55/1 Sridadi yang berjumlah 21 orang, dimana 9  siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori cukup kritis yaitu sebanyak 7 orang siswa telah berpikir kritis dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan katgori baik yaitu sebanyak 15 orang siswa telah berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah  pendekatan saintifik diantaranya siswa diminta untuk mengamati media (mengamati), guru mendorong siswa untuk bertanya (menanya),  mendorong siswa untuk menggali informasi(menalar), membimbing siswa untuk mencobakan media, mengerjakan latihan berdiskusi (mencobakan), menyampaikan  hasil diskusi (mengkomunikasikan) terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.   Kata kunci : keterampilan  berpikir kritis, dan pendekatan saintifik.

PENGEMBANGAN MEDIA MELALUI APLIKASI ADOBE FLASH DAN PHOTOSHOP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

Sofnidar, S, Yuliana, Riski

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.585 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v3i2.6761

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran tematik menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi materi, media, pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) hasil angket ahli materi 80% (baik), hasil angket ahli media 81,3% (sangat baik), hasil angket tanggapan perorangan yang teridiri dari siswa dan guru 86,22% (sangat baik), dan hasil angket tanggapan untuk kelompok besar yang terdiri dari siswa 86,3% (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop adalah 84,84% nilai siswa mencapai nilai KKM 70, serta (3) respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi adobe flash dan fhotoshop yang digunakan mencapai 89,86% “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran yang dikembangkan melalui aplikasi adobe flash dan fhotoshop di kelas IV SDN 55/1 Sridadi sangat efektif dan  layak digunakan sebagai bahan ajar guna memenuhi kebutuhan kurikulum 2013 untuk kemajuan pendidikan bangsa.   Kata kunci : Pengembangan, Media, Adobe Flash, Fhotoshop