Jurnal PAI Raden Fatah
ISSN : 26561549     EISSN : 26560712
This journal publishes articles in the form of learning and learning outcomes, and concepts in the context of Islamic education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics of Education; Educational Philosophy; and History of Islamic Education.
Articles 16 Documents
GURU YANG BERMORAL DALAM KONTEKS SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, HUKUM DAN AGAMA (Kajian Terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)

Syarnubi, Syarnubi

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.411 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya kompetensi kepribadian guru bahkan kompetensi ini melandasi atau menjadi landasan utama bagi kompetensi-kompetensi lainya. Dalam hal ini, guru tidak hanya dituntut untuk mampu memaknai pembelajaran, tetapi dan yang paling penting adalah bagaimana dia menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) yaitu penelitian yang bersumber dari bahan-bahan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Oleh karena itu, yang dilakukan adalah eksplorasi terhadap sejumlah data baik itu data primer maupun data sekunder dengan langkah konkret sebagai berikut: membaca serta menelaah secara mendalam data primer seperti buku, hasil penelitian skripsi, tesis maupun disertasi yang terkait dengan kompetensi kepribadian. Karena itu, sosok guru yang bermoral merupakan suatu keharusan. Ujian berat bagi guru dalam hal kepribadian ini adalah rangsangan yang sering memancing emosinya. Kestabilan emosi sangat diperlukan, namun tidak semua orang mampu menahan emosi terhadap rangsangan yang menyinggung perasaan, dan memang diakui bahwa tiap orang memiliki tempramen yang berbeda dengan orang lain. Untuk keperluan tersebut, upaya dalam bentuk latihan mental akan sangat berguna. Guru yang mudah marah akan membuat peserta didik takut, dan ketakutan mengakibatkan kurangnya minat untuk mengikuti pemebalajaran serta rendahnya konsentrasi, karena ketakutan menimbulkan kekuatiran untuk dimarahi dan hal ini membelokkan konsentrasi peserta didik.

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUASIN

Nurastanti, Zaqya, Ismail, Fajri, Sukirman, Sukirman

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.373 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat lingkungan belajar di sekolah dan mengetahui tingkat hasil belajar pada mata pelajaran fiqih serta mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI madrasah aliyah negeri 1 banyuasin. Adapun beberapa rumusan masalahnya adalah, sebagai berikut: pertama, Bagaimana lingkungan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Ketiga, Apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 268 siswa dari jumlah populasi tersebut diambil sampel menggunakan rumus Slovindengan jumlah 77 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik. Selanjutnya menggunakan rumus TSR dan menghitung presentase, kemudian menggunakanuji T pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah: pertama,lingkungan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 40,26% sebanyak 31 responden.Kedua, mengenai hasil belajar pada mata pelajaran fiqih, menunjukan hsail belajar siswa dalam kategori sedang yakni sebesar 59,74% sebanyak 46 responden.Ketiga, hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajr siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin, berdasarkan hasil analisis uji diperoleh thitung sebesar 7.241 dan ttabel sebesar 1.995,  pada taraf  signifikansi 5%. Sehingga Thitung lebih besar dari Ttabel(7,241>1,995), serta dari perhitungan SPSS diperoleh koefisien determinasi (RSquare) sebesar 41,1%, Maka diperoleh keputusan Hoditolak dan Ha diterima.Dengan demikian Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin.

PERAN PENDIDIKAN IN-FORMAL DALAM MENDIDIK ANAK PADA KELUARGA BROKEN HOME DI KELURAHAN BUKIT LAMA KOTA PALEMBANG

Septianita, Gamar, Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah, Fauzi, Muhammad

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.866 KB)

Abstract

Judul Penelitian ini “peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Palembang” Berdasarkan hasil observasi, Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak terlihat orang tua yang selalu sibuk dalam melaksanakan pekerjaannya, Kurangnya pengawasan orang tua dalam pergaulan anak, Tidak adanya tanggung jawab orang tua terhadap anak terlihat dari pendidikan orang tua yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) sehingga pemahamannya tentang cara mendidik anaknya kurang baik, Hilangnya kehangatan antara orang tua dan anak, kurangnya komunikasi diantara anggota keluarga menyebabkan hilangnya kehangatan didalam keluarga antara orang tua dan anak, Kebutuhan yang belum terpenuhi yang membuat orang tua sering terjadinya perbedaan pendapat dengan anak. Dengan masalah Bagaimana peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang?, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang ?, Bagaimana upaya untuk mengatasi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang ?. Maka tujuanya untuk mengetahui peran pendidikan In-formal dalam mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang, untuk mengetahui upaya mengatasi keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan fakta di lapangan, Sumber data sekunder yaitu data penunjang di dalam penelitian ini, seperti buku-buku, internet, serta bahan kepustakaan lain yang ada relevensinya dengan penelitian ini, maka peneliti menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data (informan) meliputi data primer dan data sekunder yaitu data  yang didapatkan langsung dari sumber data melalui informan yaitu orang tua (yang mengalami keluarga broken home) dan anak usia 6-12 tahun (yang menjadi korban keluarga broken home). Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan, yaitu mendidik anak pada keluarga broken home di Kelurahan Bukit Lama Palembang ialah orang tua menjadi suri tauladan yang baik, orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai pengawas, dan  orang tua sebagai motivasi

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 PALEMBANG

Noviati, Ratih, Misdar, Muh, Adib, Helen Sabera

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.941 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 149 siswa yang terdiri dari siswa kelas X.  Penentuan subyek penelitian ini ditentukan dengan mengambil sampel secara acak yang menggunakan teknik sampling purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Instrumen yang digunakan adalah skala Lingkungan belajar dan skala konsentrasi belajar. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lingkungan belajar siswa kelas X di MAN 2 Palembang sebanyak 29  (65,90%) siswa berada pada kategori tinggi, 1 (2,28%) siswa berada pada kategori sedang, dan 14 (31,81%) siswa berada pada kategori Rendah, Konsentrasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Paelembang sebanyak 29 (65,90%) siswa berada pada kategori Tinggi, 2 (4,54%) siswa berada pada kategori sedang, 13 (29,54%) siswa berada pada kategori Rendah. Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang “r” / rn =0,304 < 0,90 > 0,393. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat di terima dan hipotesis nihil ditolak (H0) artinya terdapat pengaruh yang signifikan Antara lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa di MAN 2 Palembang.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

Zulvawati, Aini, Isnaini, Muhammad, Imtihana, Aida

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.015 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana aktivitas siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Al-Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Palembang dan Untuk mengungkap seberapa besar perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang.Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dalam penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan  angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.       Hasil belajar siswa kelas VIII U1 di SMP Muhammadiyah 4 Palembang pada mata pelajaran Al-Islam sebelum digunakannya model pembelajaran inkuiri siswa yang tergolong nilai tinggi 71, yang tergolong nilai sedang 50-71, dan tergolong nilai rendah 50. Namun setelah digunakannya model pembelajaran inkuiri (post-test) dalam proses pembelajaran, dapat dilihat hasil belajar siswa yang meningkat. Hal ini terbukti dari nilai siswa yang meningkat, yaitu siswa yang tergolong nilai tinggi 89,8, yang tergolong nilai sedang 55,8-89,8 dan yang tergolong nilai rendah 55,8. Berdasarkan table diatas dapat diketahui bahwa nilai angket siswa kelas VIII U1 di SMP Muhammadiyah 4 Palembang mata pelajaran Akidah Akhlak materi perjudian,  minuman keras dan pertengkaran sesudah digunakannya model  pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa terdapat peningkatan dari awal (pre-test) dengan rata-rata nilai 60,2 meningkat menjadi 72,8.       Kesimpulan dari Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang ialah, terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam.Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kreativitas belajar siswa dengan peningkatan dari awal (pre-test) dengan rata-rata nilai 60,2 meningkat menjadi 72,8 (post-test).

HUBUNGAN AKHLAK MAHMUDAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII 1 SMP MUAMMADIYAH 6 PALEMBANG

Hidayat, Ahmad Wahyu, Idi, Abdullah, Soraya, Nyayu

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.972 KB)

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat dan bangsa. Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk membina dan membangun generasi yang cerdas, jujur, dan bertawakal kepada Allah, karena manusia sebagai kholifah memikul beban yang besar dihadapan Allah dalam memperbaiki Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana hubungan akhlak mahmudah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII 1 SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik prosentasi dan uji t. Adapun hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa akhlak mahmudah siswa tergolong sedang, yaitu 21 siswa dengan prosentase 69,93%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa ditemukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas VII 1 semester 1 tergolong sedang, yaitu 17 siswa dengan prosentase 56.61%. Dan dari analisis data dengan menggunakan perhitungan secara manual yaitu dengan Uji signifikan koefisien korelasi dengan uji t didapat α = 0,05 dan n = 30, Dk = n – 2 = 30–2 = 28 sehingga diperoleh thitung > ttabel 3,90 > 1,701, itu berarti mempunyai interpretasi yang tinggi. Artinya ada Hubungan yang signifikan Akhlak Mahmudah terhadap prestasi belajar. Dengan demikian berarti bahwa hipotesa yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima. Hipotesa “hubungan yang signifikan antara Akhlak Mahmudah dengan Prestasi Belajar Siswa”.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA DI LEBAK MULYO KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG

Andrianto, Andrianto, Alimron, Alimron

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.354 KB)

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kenakalan remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang di antaranya adalah kurangnya perhatian orang tua, lingkungan sosial yang kurang baik,  teman bergaul dan faktor ekonomi dan upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi kenakalan remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang adalah dengan cara mendidik anaknya dengan baik, menyekolahkan di sekolah Agama, memberikan pelajaran-pelajaran Agama, memasukkan anaknya di pesantren. Upaya yang dilakukan Pihak Kelurahan untuk mengatasi kenakalan remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang adalah remaja diberi pencerahan, pengarahan Agama, himbauan dari pak RT agar masyarakat tidak melakukan kejahatan khususya remaja, dibentuk karangtaruna, program olahraga futsal, diberi pelatihan-pelatihan, diberi siswa kalau yang kurang mampu, diberi pembinaan remaja, diberi pengarahan Agama, diberi pekerjaan yang menghasilkan penghasilan sendiri dan orang tua terus hijrah menjadi yang lebih baik, harus ada kajian pendidikan Agama, lebih  tingkatkan karangtaruna, pengajian dan majelis taklim.

PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SMK ETHIKA PALEMBANG

Sugiana, Aset, Sofyan, Sofyan

PAI RAFAH Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.204 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tentang penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif akan dianalisis atau disimpulkan. Data penelitian diperoleh dari hasil pencatatan dari guru dan kepala sekolah dalam penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengklasifikasikan, menggabungkan, menafsirkan, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai karakter siswa adalah sebagai: 1) Pengajar, 2) Pembimbing, dan 3) Mengarahkan, dan 4) Mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang karakter disiplin dan tanggung jawab, 5) Berpartisipasi mengerakkan siswanya untuk mematuhi peraturan sekolah, 6) Memberikan contoh kepada siswanya untuk disiplin baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat. Kedua, 1) karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sudah ada pada diri siswa dari awal siswa mendaftar di sekolah, 2) Mengadakan sosialisasi, 3) Diarahkan, 4) Direalisasikan. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab ialah: 1) Lingkungan siswa, 2) Teman sekolah, 3) Masih ada guru terlambat datang ke sekolah, dan 4) Guru tidak masuk kelas hanya memberi tugas kepada siswa.

REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Pratama, Irja Putra, Zulhijra, Zulhijra

PAI RAFAH Vol 1 No 2 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.105 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sistem pendidikan Islam yang sampai saat ini terus menjadi pembahasan yang menarik di kalangan praktisi pendidikan. Semua itu merupakan wujud perhatian dan keprihatinan masyarakat terhadap kondisi objektif lembaga pendidikan Islam saat ini khususnya di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) yakni penelitian yang bersumber dari bahan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini, peneliti melakukan eksplorasi terhadap sejumlah data baik itu data primer maupun data sekunder dengan langkah-langkah sebagai berikut: membaca serta menelaah secara mendalam data primer seperti  buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis maupun disertasi yang terkait dengan pembahasan reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Perjalanan panjang pendidikan Islam telah memberikan berbagai macam wujud model pendidikan Islam di Indonesia. Dalam hal ini pendidikan Islam juga turut serta dalam pembaharuan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Maka dapat dikatakan bahwa saat ini pendidikan Islam di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan dalam hal gejolak pembaharuan serta perubahan arah pendidikan di Indonesia baik dalam ranah ideologis maupun praktis.Maka dengan demikian proses perjalanan panjang pendidikan Islam di Indonesia merupakan wujud dari reformasi Pendidikan Islam serta menjadi penggerak dan penentu arah pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia.Sehingga dapat disimpulkan bahwa reformasi pendidikan Islam di Indonesia dapat memperlihatkan betapa dinamisnya perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya ragam model pendidikan Islam yang ada pada dunia pendidikan di Indonesia.

HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IX DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG

Aliyah, Amira, Hawi, Akmal, Mardeli, Mardeli

PAI RAFAH Vol 1 No 2 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.271 KB)

Abstract

Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa.lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian guru di SMP Islam Az-Zahrah 2 palembang, bagaimana pendidikan karakter tanggung jawab pada peserta didik kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang, Apakah ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan pendidikan karakter tanggung jawab pada peserta didik kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang sebanyak 45 siswa dan populasi tersebut diambil yaitu 20 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan Angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel frekuensi.Hasil penelitian, kompetensi kepribadian guru termasuk dalam kategori Rendah 50% (10 siswa). Sedangkan Pendidikan karakter tanggung jawab tergolong Tinggi sebanyak 50% (10 siswa). Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik product moment ternyata ada hubungan yang signifikan antara kemampuan diri dengan hasil belajar siswa, karena berdasarkan perbandingan nilai “r” yang terdapat pada nilai “rhitung” adalah lebih besar daripada “r tabel”, pada taraf signifikan 5% (0,44<0,98>0,0,37).

Page 1 of 2 | Total Record : 16