DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26205246     EISSN : 26206307
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang pendidikn dasar, model-model pembelajaran, strategi pembelajar.
Articles 31 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS IV SD

Kustiarini, Kustiarini -, Prasetyo, Pedi -

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.064 KB)

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD materi lambang bilangan romawi bagi siswa kelas IV semester 2 SDN Sumur 03 tahun 2016/2017 melalui model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus.  Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan, (3) Observasi  (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu Februari  sampai dengan Mei 2017 yang bertempat di SDN Sumur 03, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Subyek penelitian ini  adalah siswa kelas IV semester 2 tahun  2016/2017 yang terdiri dari 13 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar matematika pra siklus dengan hasil belajar matematika setelah siklus. Kesimpulah hasil penelitian ialah setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Role Playing, hasil belajar mata pelajaran Matematika materi lambang bilangan romawi bagi siswa kelas IV semester 2 SDN Sumur 03 mengalami peningkatan baik secara teoritik maupun empirik. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bilangan Romawi, Role Playing  Abstract. The purpose of this research is to improve the mathematics learning outcomes of the fourth grade elementary school students the material of the Roman numerals for the fourth grade students of semester 2 of SDN Sumur 03 of 2016/2017 through the Role Playing learning model. This research is a classroom action research (CAR) which consists of 3 cycles. Each cycle consists of four stages, namely (1) Planning (2) Action, (3) Observation (4) Reflection. This research was conducted for 4 months, from February to May 2017 which was held at Sumur 03 Elementary School, Cluwak District, Pati Regency. The subjects of this study were fourth grade students in semester 2 of 2016/2017 consisting of 13 students. Data collection method through observation, documentation and test methods. The data analysis technique used was descriptive comparative by comparing the results of pre-cycle mathematics learning with the results of mathematics learning after the cycle. Conclusion the results of the study are after conducting classroom action research through the Role Playing learning model, the learning outcomes of Mathematics subject matter Roman numerals for fourth grade students in semester 2 of SDN Sumur 03 experienced an increase both theoretically and empirically. Keywords: Learning Outcomes of Mathematics, Roman Numbers, Role Playing   

PENGGUNAAN GAMBAR LUAS DAERAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS VI SD NEGERI 60 PONGKA KABUPATEN BONE

arsyad, arsyad

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.731 KB)

Abstract

Ide awal peneltian ini karena kurangnya pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan khususnya siswa tidak mampu menjumlahkan pecahan dengan daerah luasan arsiran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran penjumlahan pecahan dan strategi pembelajaran pada pecahan. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaiman peningkkatan pemahaman siswa dengan menggunakan gambar luas daerah di SD Negeri 60 Pongka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam menjumlahkan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka Manfaat penelitian ini yaitu (1) memberikan pengalaman  kemampuan secara langsung penerapan penggunaan gambar luas daerah dalam upaya meningkatkan kemampuan kemampuan menjumlahakn pecahan (2) sebagai perbaikan mengajar pada pokok bahasan  penjumlahan pecahan .Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktifitas dan hasil belajar siswa dalam penjumlahan pecahan. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I (1) penajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah belum maksimal (2) siswa mengalami kesulitan dalam menjumlahkan pecahan (3) kerja kelompok belum maksimal, sedangakan pada siklus II telah menunjuhkan peningkatan yang signifikan yaitu (1) penyajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah telah maksimal berjalan sesuai dengan rencana (2) siswa merasa senang mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah (3) siswa dapat menenyikan langka-langka penjulahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah Peningkatan itu dapat dilihat pada siklus I kualifikasi kurang (K), siklus II kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan gambar luas daerah dalam pembelajaran pecahan dapat meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka. Saran penelitian ini adalah kepada guru sekolah dasar agar menggunakan gambar luas daerah dalam meningkatakan pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan dan sebagai salasatu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran pecahan.

Tata Kelola Inovasi Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Atas

dewi, erni ratna

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.55 KB)

Abstract

Abstrak.Sekolah Menengah Atas (SMA) berinovasi menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien dan berkualitas. Unsur tata kelola pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan sekolah dan sumber daya manusia yang dimilikinya untuk dapat melakukan perencanaan, pengarahan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan untuk menjalankan prinsip tata kelola. Prinsip tata kelola yang lazim dikembangkan dalam suatu organisasi yaitu transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan koordinasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder secara representatif dengan menetapkan tiga SMA unggulan dan tiga SMA binaan. Penentuan informan dilakukan dengan metode representatif melalui wawancara dengan jumlah informan 12 orang. Data penelitian disajikan berdasarkan data sekunder yang telah diolah oleh masing-masing sekolah kemudian dikonfromotir kepada informan kunci dan inti yang mampu menjelaskan tata kelola inovasi pembelajaran untuk SMA. Tahapan dalam analisis data ditempuh langkah-langkah: (1) reduksi data, yaitu membuat abstraksi atau rangkuman; (2) penyajian data yaitu dengan mengambil yang pokok-pokok namun dapat dijamin kesahihannya; dan (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) manajemen sekolah berperan penting dalam mewujudkan tata kelola yang baik dalam meningkatkan inovasi pembelajaran; 2) penerapan fungsi manajemen yang terencana, terarah, terlaksana, terkoordinasi dan terawasi menentukan pelaksanaan tata kelola yang transparan, partisipasi, akuntabel dan terkoordinasi; dan 3) penerapan manajemen sekolah yang berbasis tata kelola menghasilkan inovasi pembelajaran sesuai kebutuhan, integrasi, aplikasi, aktivasi dan demonstrasi.

HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MURID SD INPRES 12/79 BIRU I KEC. TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Muliadi, Muliadi

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.832 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak tungkai dengan kemampuan lompat jauh, hubungan antara kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh, hubungan antara daya ledak tungkai dan kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional, sebagai variabel bebas yaitu daya ledak tungkai dan kelentukan togok, sebagai variabel terikat yaitu kemampuan lompat jauh. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SD Inpres 12/79 Biru 1 Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Sampel yang digunakan sebanyak 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Ada hubungan antara daya ledak tungkai dengan kemampuan lompat jauh (r X1 Y = 0,65 > rt 0,05 = 0,195). (2) Ada hubungan antara kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh (r X1 Y = 0,64 > rt 0,05 = 0,195). (3) Ada hubungan antara daya ledak tungkai dan kelentukan togok dengan kemampuan lompat jauh (RX1,2 Y = 0,72 > Rt 0,05= 0,195).

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SAINS MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN RETRIEVAL REMEDIAL MURID SD DI KOTA MAKASSAR

Tayibu, Khaerun Nisa’a

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.99 KB)

Abstract

Motivasi belajar siswa sangat menentukan ketuntasan belajar Sains siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Sains Melalui Pelaksanaan Pembelajaran Retrieval Remedial Murid di SD Negeri Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial di 7 SD Negeri Kota Makassar yaitu sebanyak 87 siswa. Sampel penelitian sebanyak 14 siswa yang diambil dengan menggunakan multistage random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket motivasi belajar dan angket program pembelajaran retrieval remedial. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) motivasi belajar siswa SD Negeri di kota Makassar berada pada kategori Baik. (ii) Program Pembelajaran Retrieval Remedial siswa SD Negeri di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iii) Ketuntasan Belajar Sains siswa SD di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iv) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (v) Program Pembelajaran Retrieval Remedial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (vi) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains melalui program pembelajaran Retrieval Remedial.

PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD INPRES MINASAUPA 1 MAKASSAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MACAM-MACAM USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA

Hastati, Sri

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.097 KB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari rendahnya hasil belajar murid tentang kemampuan murid dalam memecahkan masalah sosial berdasarkan tes awal yang dilakukan sebelumnya. Menurut hemat peneliti hal tersebut disebabkan kurangnya penerapan strategi maupun metode atau yang sejenisnya yang dapat meningkatkan kemampuan murid dalam memecahkan masalah. Atas dasar ini peneliti menawarkan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut yakni dengan menggunakan metode bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Selanjutnya masalah dalam penelitian ini adalah : apakah hasil belajar murid akan meningkat bila menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.   Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui dengan penerapan metode bermain perang dapat meningkatkan hasil belajar murid.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus selama dua siklus, dengan  alur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini untuk dianalisis dalam upaya mengetahui tingkat keberhasilan penelitian adalah data hasil yaitu berupa hasil tes dan data proses  yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan temuan penelitian pada siklus I baik pada data hasil maupun data proses peneliti belum menuai keberhasilan  dimana tingkat pencapaian hasil tes pada siklus I tidak mencapai standar minimal keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti sehingga ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melanjutkan kesiklus II. Di siklus II hasil tes yang didapat telah memenuhi standar keberhasilan penelitian bahkan melebihinya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil dan aktifitas belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Minasaupa 1 Makassar.

PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI

Alannasir, wahyullah, Selvi, Nurhayati

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.456 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode komidi putar diskusi, gambaran motivasi belajar IPS sebelum dan sesudah diberikan metode komidi putar diskusi dan pengaruh penerapan metode komidi putar diskusi terhadap motivasi belajar IPS di SDN Mannuruki. Jenis penelitianquasi eksperiment designdengan desain penelitian Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Fokus penelitianfator guru, siswa dan hasil belajar. Populasinya adalah seluruh kelas SDN Mannuruki 2017-2018 sebanyak 66 orang dengan teknik penarikan sampel purposive samplingsebanyak 40 orang siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis datayaitu deskriptif dan infrensial.Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode komidi putar diskusi secara keseluruhan terlaksana dengan baik mulai daripengelompokan siswa, membentuk 2 lingkaran konsentris, percakapan dua kelompok, hingga membuat kesimpulan. Motivasi belajar IPS siswa di SDN Mannuruki Kota Makassar sebelum penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori kurang, setelah penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori tinggi.Penerapan metode komidi putar diskusi berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswadi SDN Mannuruki Kota Makassar. 

STUDI MINAT BEKERJA DAN MINAT MELANJUTKAN KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI MAHASISWA IST-PI MAKASSAR

Mahdiansah, Dian

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.791 KB)

Abstract

The purpose of the research was to know the difference between students who have interest to work and students who have interest to continue the higher education level of Makassar IS-PI students. This research was a comparative one and the population were taken from the students of civil engineering and electrical engineering of IST-PI of Makassar. The amount of sample is 25 students from civil engineering and 25 students from electrical engineering which was chosen randomly. Thus, the amount of this research sample was 50 students. The data was collected by questionnaire. The analysis of research that were used were descriptive statistics and inferential. The result after counting showed th 4.5 and tt 2.1, in significant level it was 0.05 or 5% and dk 98 because th was higher than tt. Thus ha was accepted and ho was denied. It means that there are differences between students of civil and electrical engineering of  IST-PI  who have interest in working and students who have interest in continuing the study to a higher level.

PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD INPRES SUDIANG

Alannasir, wahyullah

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.85 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui motivasi belajarsiswa kelas IV pada pelajaran IPA SD Inpres Sudiang denganPenerapan media animasi, (2) Mengetahui Apakah ada pengaruh Penerapan media animasi terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. Jenis Penelitian yang digunakan yaitutrue eksperiment design dengan desain Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar observasi dan wawancara. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 70 orang di SD Inpres SudiangTahun Ajaran 2017. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling, setelah dilakukan perhitungan besaran sampel menggunakan rumus diperoleh 59,57 namun untuk menyeimbangkan sampel setiap kelompok maka dibulatkan menjadi 60 orang siswa. Selanjutnya ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Sudiang sebelum Penerapan media animasi berada pada kategori rendah, setelah Penerapan media animasi berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang.Penerapan media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Sudiang

PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI KELAS 27 MAHASISWA PGSD FIP UNM

Amran, Muhammad

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.942 KB)

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) mengdeskripsikan pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. fokus masalah adalah apakah pendekatan pembelajaran aktif cocok untuk diterapkan pada mata kuliah konsep dasar IPA 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis peneltitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif murni. Dari hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 di kelas 27 di Prodi PGSD  FIP UNM berada pada kategori baik.

Page 1 of 4 | Total Record : 31