JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering)
ISSN : 25035304     EISSN : 25273116
JURNAL JOISIE (Journal of Information System And Informatics Engineering) adalah sebuah jurnal publikasi hasil penelitian dalam bidang sistem informasi dan informatika. Jurnal JOISIE terbit secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Juni, dan November.
Articles 39 Documents
Pemanfaatan Teknologi Barcode Pada Sistem Informasi Perpustakaan Di Smk Muhammadiyah 3 Pekanbaru

Sukrianto, Darmanta, Oktarina, Dwi

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.627 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i2.216

Abstract

Perpustakaan adalah tempat untuk mengembangkan informasi dan pengetahuan yang dikelola oleh satu lembaga pendidikan atau lembaga lainnya. Perkembangan perpustakaan saat ini sangat erat kaitannya dengan pelayanan, yang mana dalam sistem pelayanan harus baik dalam mengolah informasi data harus cepat dan akurat sehingga melancarkan proses dari pelayanan perpustakaan tersebut. Barcode merupakan kode yang dapat dibaca oleh komputer dengan mengunakan teknologi barcode membantu proses pencarian dan pemeriksaan data secara otomatis. Sistem untuk peminjaman dan pengolahan data buku belum memanfaatkan teknologi komputerisasi dalam arti masih konvensional menggunakan media buku sehingga sering terjadi kesalahan pada pendataan anggota, pencarian buku, transakasi peminjama, pengembalian dan informasi baik secara visual maupun dalam bentuk laporan yang di berikan tidak sesuai dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya sistem menggunakan komputerisasi memanfaatkan teknologi barcode sehingga memudahkan pengolahan data buku dan informasi sehingga menjadi lebih epektif dan efisien.

Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas Dengan Metode Analytical Network Process (Anp)

Jeprimansyah, Jeprimansyah, Husna, Meryatul

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1328.506 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i1.390

Abstract

Dalam teknologi informasi, sistempengambilan keputusan merupakan cabang ilmu yang letaknya diantara sisteminformasi dan sistem cerdas.Kemampuan di dalam proses pengambilan keputusan secara cepat, tepatsasaran, dan dapat dipertanggung jawabkan menjadi kunci keberhasilan dalampersaingan global di waktu mendatang. Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan menggunakan ANP untuk membantu siswa dalam menentukan pilihan terhadap perguruan tinggi yang akan dimasuki nantinya? Bagaimana membuat dan menyusun model pengambilan keputusan dalam mengklasifikasikan, menilai dan memilih perguruan tinggi dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP)? Model Dalam Pengambilan Keputusan Dengan Metode Analytical Network. Metode penelitian ini Wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan cara bertanya langsung kepada Siswa dan Guru secara tatap muka dengan tujuan memperoleh data yang lebih obyektif dan dapat memperoleh jawaban yang lebih mendalam. Variabel dalam penelitian ini adalah : mengukur sejauh mana kemampuan komputer dan aplikasi yang digunakan secara bersama untuk kualifikasi perguruan tinggi.

Perancangan Sistem Informasi Keuangan Pada Toko Ayam Potong Zarmi Beroriantasi Objek

Arman, Arman, Sophian, Sophan, Sahputri, Anisa

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.808 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i2.210

Abstract

Ayam Potong Toko Zarmi adalah perusahaan yang bergerak di bidang ayam pice. Toko ini melakukan penjualan dan pembelian data pemrosesan masih secara manual, ada file pilling yang tidak mengatur dengan jelas belum memiliki data pemrosesan media. Melihat masalah maka diusulkan untuk membangun aplikasi laporan keuangan di toko zarmi sepotong ayam dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic C # dan dengan menyimpan data ke database. dapat dengan mudah pemilik melakukan penjualan dan pembelian data pemrosesan dengan cepat dan akurat. Kelebihan aplikasi ini adalah masalah akan menyelesaikan dengan baik dan itu akan meningkatkan layanan kepada orang-orang begitu cepat, efektif, efisien. Sehingga data duplikat tidak akan mengetahui kapan pemilik ingin merekam data dan data tetap tersimpan dengan baik.

Analisis Tingkat Kompetensi Dosen Stmik Dharmasraya Dengan Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (Promethee)

Prima, Wahyu, Putra, Beni

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.883 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i1.385

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kompetensi dosen STMIK Dharmasraya (Sekarang Menjadi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmasraya) yang selama ini dilakukan secara manual, yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen, ketua program studi, dan ketua. Data dikumpulkan melalui studi lapangan/wawancara dan studi pustaka yang kemudian dirancang menjadi bentuk kuisioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee). Melalui metode Promethee, tingkat kompetensi dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia dapat dilihat. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode ini diharapkan menghasilkan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis melalui metode Promethee diperoleh hasil bahwa alternatif A4 memperoleh peringkat pertama dengan net flow sebesar 0,8750; A3 memperoleh peringkat kedua dengan net flow sebesar 0,1259; A2 memperoleh peringkat ketiga dengan net flow sebesar 0,0625; A5 memperoleh peringkat keempat dengan net flow sebesar -0,0625; A1 memperoleh peringkat kelima dengan net flow sebesar -1,0000.

Perancangan Sistem Pakar untuk Menentukan Kelas pada Anak Berkebutuhan Khusus dengan Metode Fordward Chaining

Marlim, Yulvia Nora, Kurniawan, Wahyu Joni

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.147 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v2i2.13

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memerlukan perhatian kusus dari anak-anak normal. Yang termasuk dalam anak berkebutuhan khusus antara lain : tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, kesulitan belajar,gangguan prilaku, anak berbakat dan anak mengalami gangguan kesehatan. Tenaga pengajar pada SLB (Sekolah Luar Biasa) Negri Pembina Pekanbaru mengalami keterbatasan dalam menentukan kelas pada anak berkebutuhan. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem untuk tenaga pengajar guna menempatkan anak anak berkebutuhan khusus kekelas yang tepat berdasarkan gejala gejala yang tampak dengan teknik penelusuran menggunakan metode forward chaining. Forward Chaining adalah metode pencarian pelacakan dimulai dengan informasi yang ada penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan yang kemudian akan dipilih oleh user sampai menemukan jawaban dari sistem. Diharapkan dengan diterapkan sistem pakar ini membantu tenaga pengajar untuk menentukan jenis gangguan perkembangan anak berkebutuhan khusus guna menempatkan mereka pada kelas yang tepat, tanpa adanya perbedaan pendapat.

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Atlet Poomsae Taekwondo Dengan Metode Analityc Hierachy Process

Kurniawan, Wahyu Joni, Gusrianty, Gusrianty

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.099 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v2i1.244

Abstract

Beladiri taekwondo memeliki dua jenis pertandingan, salah satunya poomsae. Untuk bisa menjadi atlet maka dibutuhkan banyak kriteria yang harus dipenuhi, dikarenakan menjadi atlet itu tidaklah mudah. Dengan banyaknya kriteria yang menjadi indikator seorang menjadi atlet, maka digunakanlah metode analityc hierarchy process (AHP). Yang merupakan sebuah teori pengukuran melalui perbandingan berpasangan dan bergantung pada penilaian dari para ahli untuk menentukan prioritas. Ada beberpa kriteria yang menjadi acuan bagi anggota yang ingin menjadi atlet poomsae, seperti kedisiplinan, sikap, kerajinan, teknik, daya tahan, keindahan, sabuk dan tim. Juga beberapa sub kriteria dari sabuk, yakni hijau, biru, merah, dan hitam. Secara keseluruhan, pemerolehan data keputusan dari setiap alternatif didapatlah hasil akhirnya adalah jika dimabil 4 alternatif yang memungkinakan, maka yanng terpilih sesuai pembobotan adalah E (042), A (0,23), D (0,16), dan B(0,11). Dengan menggunakan metode ini, maka akan membantu pelatih dalam memilih anggota manakah yang lebih tepat untuk bisa mengikuti pertandingan poomsae.

Momen Inersia Sebagai Indikator untuk Mendeteksi Kegagalan Sistem Transfer Cake Breaker Conveyor

masnur, Alkadri, Anam, M.Khairul

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.54 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v2i2.7

Abstract

Pabrik Kelapa Sawit memiliki beberapa stasiun pengolahan salah satunya adalah stasiun kempa/press, pada stasiun kempa terdapat satu unit mesin Cake Breaker Conveyor (CBC) yang berfungsi memecah gumpalan ampas dari mesin kempa/press, pada CBC terjadi juga pemisahan ampas dan nuts (inti biji kelapa sawit). Untuk 1 unit Cake Breaker Conveyor (CBC) dengan panjang 30 meter, melayani 4 mesin press. Gumpalan ampas dari mesin kempa/press memiliki suhu 98oC, dengan beban yang berat dan suhu yang tinggi maka Cake Breaker Conveyor (CBC) sering mengalami kegagalan transfer akibat putusnya As-screw. Jika terjadi kegagalan transfer maka ampas kelapa sawit akan menumpuk pada titik pembuangan mesin press, selain itu umpan bahan bakar boiler tergangu karena ampas kelapa sawit tidak terkirim ke tungku bahan bakar. Pada saat terjadinya kegagalan transfer pada CBC terjadilah hukum kelembaman atau momen inersia pada benda yang berotasi pada porosnya, momen inersia yang terjadi pada CBC dapat dideteksi oleh Rotary Encoder. Logika Fuzzy Tsukamoto dapat memperhitungkan titik putus nya As-screw pada Cake Breaker Conveyor (CBC) dengan memanfaatkan momen inersia dan kecepatan putaran motor CBC sebagai input sedangkan output adalah titik putusnya As-Screw pada CBC sepajang 30 Meter.a

Prototipe Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mendeteksi Banjir Menggunakan Metode Backpropagation

Putri, Ramalia Noratama, Setiawan, Debi

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.691 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i2.217

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merealisasikan alat pendeteksi banjir berupa model prototipe yang akan digunakan untuk mendeteksi banjir. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Intensitas hujan, koefesien buangan air, luas area terbangun, luas genangan di permukaan air. Metode yang digunakan backpropagation karena metode ini cocok digunakan untuk melakukan proses deteksi banjir berdasarkan variable yang digunakan. Penelitian ini menghasilkan prototipe pendeteksi banjir berupa alat simulasi banjir yang dapat dikembangkan menajadi alat tepat guna. Hasil uji prototipe sistem ini memiliki keakurasian yang terletak pada chip microprocessor dan system sensor ultrasonik yang menghasilkan tingkat MSE 0.9% dan tingkat keakurasian 99.8%, terhadap perubahan ketinggian air perdetik.

Aplikasi Sistem Penyidikan Berbasis Client Server Pada Ditreskrimsus Polda Riau

Sunarti, Sunarti, Fitriandini, Ira

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.031 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i1.391

Abstract

Ditreskimsus Polda Riau merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada dibawah Kapolda Riau yang menangani jenis tindak kejahatan khusus yang terbagi dalam 4 (empat) subbidang kejahatan. Aktivitas pelayanan masyarakat dalam hal penyidikan tindak pidana hingga pembuatan laporan dilakukan secara semi komputerisasi dan proses disposisi laporan yang masih dilakukan secara manual menjadi permasalah tersendiri sehingga perlu dirancang sebuah sistem berbasis client server yang dapat diakses oleh pimpinan dan personil secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem penyidikan berbasis client server yang dapat membantu Kantor Ditreskrimsus Polda Riau dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan sistematis. Metodologi penelitian yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC). SDLC merupakan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara, dan mengganti sistem informasi. Melalui penelitian dan pengembangan sistem informasi pada Ditreskrimsus Polda Riau diperoleh hasil bahwa pemanfaatan penerapan sistem informasi penyidikan ini dapat memberikan solusi dalam proses penyidikan.

Sistem Informasi Tenaga Kerja Pada Kantor Departemen Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Agustin, Wirta, lusiana, lusiana

JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering) Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu (STIKOM) Pelita Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.623 KB) | DOI: 10.35145/joisie.v1i2.211

Abstract

Java adalah bahasa pemrograman yang populer di kalangan akademisi dan praktisi komputer. Java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan bahasa komputer yang ditulis sekali dan dapat berjalan pada banyak sistem komputer yang berbeda tanpa perubahan kode yang berarti. Adapun yang perlu dikembangkan adalah pengolahan data pada pendataan tenaga kerja, dimana pengolahan data tidak optimal dalam data tenaga kerja, ini karena tidak ada sistem. Secara umum, pakar pemrograman berpendapat bahwa bahasa Jawa memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman digunakan. Dengan menggunakan Bahasa Jawa Pemrogaraman dapat memberikan kemudahan yang dibutuhkan oleh pencari kerja yang akan membuat kartu pencari kerja. Dimana Kantor Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman dapat melayani pembuatan kartu pencari kerja dengan cepat, dimana untuk Kantor Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan membantu dalam pemrosesan informasi tentang data tenaga kerja sehingga data yang lebih efisien dan akurat dapat dijamin sehingga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pimpinan dalam mengambil keputusan.

Page 1 of 4 | Total Record : 39