cover
Filter by Year

Analysis
Articles
78
Articles
HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN PROBLEMATIC INTERNET USEPADA MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI UNIVERSITAS ANDALAS

Rahmadina, Puteri, Afriyeni, Nelia, Sarry, Septi Mayang

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dengan problematic internet use pada mahasiswa pengguna media sosial di Universitas Andalas. Alat ukur pada penelitian ini adalah ERQ (Emotion Regulation Questionnaire) oleh Gross dan John (2003) dan GPIUS2 (General Problematic Internet Use Scale 2) oleh Caplan (2010). Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 378 mahasiswa pengguna media sosial di Universitas Andalas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai korelasi (r) sebesar -0,009 dengan nilai p sebesar 0,858. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) pada penelitian ini diterima dengan nilai p>0,05, berarti tidak adanya hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dengan problematic internet use pada mahasiswa pengguna media sosial di Universitas Andalas.

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA

Bana, Bayati Ikko, Hartati, Niken, Ningsih, Yuninda Tria

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah pada remaja ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Desain penelitian ini yaitu korelasional komparatif. Teknik sampel yang digunakan adalah snowball sampling dengan jumlah subjek penelitian 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konformitas kelompok teman sebaya dan skala perilaku seksual pranikah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rank spearman, uji t-test dan mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan positif antara konformitas kelompok teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah ditinjau berdasarkan jenis kelamin.

HUBUNGAN SELF DISCLOSURE DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA DEWASA AWAL DI KOTA BUKITTINGGI

Sari, Nella, Rinaldi, Rinaldi, Ningsih, Yuninda Tria

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada dewasa awal. Populasi penelitiannya adalah dewasa awal yang berada di kota Bukittinggi sebanyak 76 orang dewasa awal yang sesuai dengan karakteristik penelitian yang diperoleh melalui cluster random sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan adaptasi dari MSDQ oleh Waring, Holden & Wesley dan skala kepuasan pernikahan. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik korelasi product moment. Hasil penelitian r=0,498 dan p=0,000 (p<0,01) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self disclosure dengan kepuasan pernikahan pada dewasa awal di kota Bukittinggi.

INTENSITAS MELAKUKAN PUASA SENIN KAMIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL

Alhamdu, Alhamdu, Sari, Diana

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas melakukan puasa Senin Kamis dengan kecerdasan emosional pada anggota dakwah kampus (LDK). Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena peneliti menggunakan seluruh anggota LDK UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2013 dan 2014 yang berjumlah 90 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan skala kecerdasan emosional. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara intensitas melakukan puasa Senin Kamis dengan kecerdasan emosional pada anggota organisasi dakwah kampus (LDK) UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2013 dan 2014 dengan nilai r = 0.372; dan p = 0.000.

GAMBARAN HARGA DIRI REMAJA SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI AKADEMIK REMAJA PANTI ASUHAN X

Hilmy, Lutfi, Takwin, Bagus

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pola perkembangan yang sehat masa remaja adalah ketika orang tua mampu memenuhi kebutuhan anak serta memberikan cinta dan berkomunikasi. Namun tidak semua remaja dapat tinggal bersama orang tuanya hingga memasukannya ke panti asuhan sebagai solusi. Peneliti menemukan fenomena ini pada panti asuhan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Ada hubungan positif antara harga diri rendah dan prestasi akademik rendah remaja panti asuhan X”. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah state self esteem serta observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri dimensi sosial mereka rendah dengan skor 3.4 serta hasil observasi dan wawancara mengungkapkan bahwa mereka mengalami penurunan harga diri yang mempengaruhi prestasi akademik menurun juga dikarenakan rasa minder dari interaksi dengan teman-teman sekolahnya yang non-panti asuhan.

PERBEDAAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DITINJAU DARI KARAKTER KEPRIBADIAN BIG-FIVE DAN TIPE KOMITMEN ORGANISASI

Nio, Suci Rahma, Mariatin, Emmy, Novliadi, Ferry

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) ditinjau dari kepribadian big-five. dan tipe komitmen organisasi. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan PT Pertamina UPMS I Medan, sejumlah 115 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala OCB, skala kepribadian big-five dan skala komitmen organisasi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan OCB ditinjau dari jenis kepribadian big-five (F = 1.138, p > 0.05), akan tetapi terdapat perbedaan OCB ditinjau dari tipe komitmen organisasi (F = 13.724, p < 0.05), dimana karyawan yang memiliki komitmen affective memiliki OCB lebih tinggi dari pada karyawan yang memiliki tipe komitmen continuance dan normative.

DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA

Hanapi, Imam, Agung, Ivan Muhammad

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi mahasiswa adalah menyelesaikan skripsi tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguhi hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy. Subjek pada penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 122 mahasiswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Skala Self Efficacy. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Korelasi dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy dengan nilai Korelasi sebesar = 0,538 dan niai signifikansi = 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu semakin besar dukungan sosial yang diterima mahasiswa, maka semakin tinggi Self Efficacy dalam menyelesaikan skripsi.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA PENERBANGAN LION AIR KOTA PADANG

Arima, Sesria Iidh, Rahmi, Fitria, Sari, Septi Mayang

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan jasa penerbangan Lion Air di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 orang pengguna jasa penerbangan Lion Air dengan metode purposive sampling dan data ini dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini dianalisa dengan regresi linear sederhana menunjukan nilai F = 34.328 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa penerbangan Lion Air di Kota Padang. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,259 menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 25,9%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian diterima.

KONTRIBUSI PENERIMAAN DIRI DAN TIPE KEPRIBADIAN NARSISTIK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOEDITOR

Hartawi, Ester, Yusra, Zulmi

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penerimaan diri dan tipe kepribadian narsistik terhadap penggunaan aplikasi photo editor. Populasi dari penelitian ini adalah 66 orang siswa SMA yang ditentukan dengan teknik accidental sampling.Pengumpulan data menggunakan skala penerimaan diri, tipe kepribadian narsistik yang diadaptasi dari NPI 40, dan skala penggunaan aplikasi photo editor.Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Analisis Regresi Berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penerimaan diri terhadap penggunaan aplikasi photo editor dan terdapat hubungan antara tipe kepribadian narsistik dengan penggunaan aplikasi photo editor.

GAMBARAN PERAN KELOMPOK ACUAN PADA PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE SHOPPING

Kurniawan, Sila, Rahmi, Tuti

Jurnal RAP Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peran kelompok acuan, terdiri dari kelompok persahabatan, belanja, kerja, masyarakat maya, dan pegiat konsumen pada pembelian produk fashion secara online shopping. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan jumlah subyek 205 wanita dewasa di daerah Bukittinggi, di ambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan kelima kelompok acuan memiliki tingkat peran yang berbeda-beda, namun peran yang paling dominan yang di persepsikan subyek yaitu kelompok persahabatan, selanjutnya yaitu kelompok masyarakat maya, pegiat konsumen, kerja dan terakhir belanja. Kemudian dari hasil uji chi-square menunjukkan diantaradata demografi hanya kategori tempat tinggal yang memiliki perbedaan pada kelompok acuan.