cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 25482297     DOI : -
Core Subject : Education,
Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education is a journal published by the mathematics education program Unpas FKIP. The contents of this journal is a publication of the results of the practitioner's thoughts and expert learning and mathematics education both substantially and / or the results of international mathematics education research either in school or in college.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education" : 3 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN GENDER Nugraha, Tonnie Hari; Nindiasari, Hepsi; Syamsuri, Syamsuri
Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Vol 4 No 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/symmetry.v4i1.1631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara keseluruhan maupun berdasarkan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Cikulur. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis. Dari data pretes dan postes diperoleh data n-gain kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua-jalur untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori ditinjau dari keseluruhan siswa, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran ekspositori, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih tinggi daripada siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran ekspositori, tetapi tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa perempuan dan siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT.
GENDER DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC BERBANTUAN VBA EXEL Nurfauziah, Puji; Fitriani, Nelly
Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Vol 4 No 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/symmetry.v4i1.1633

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah resiliensi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran scientific berbantuan VBA EXEL di Kabupaten Bandung Barat yang dilihat berdasarkan gender. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IX yang berjumlah 31 siswa, yaitu 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket resiliensi dengan  20 pernyataan dari enam indicator yaitu 1) Sikap tekun,yakin/ percaya diri, bekerja keras, tidak mudah menyerah menghadapi masalah, kegagalan dan ketidakpastian, 2) Berkeinginan bersosialisasi, mudah memberi bantuan, berdiskusi dengan sebayanya, dan beradaptasi dengan lingkungan, 3) Memudahkan ide/cara baru dan mencari solusi kreatif terhadap tangtangan, 4) Menggunakan pengalaman kegagalan untuk membangun motivasi diri, 5) Menunjukan rasa ingin tahu, merefleksi, meneliti, mamanfaatkan beragam sumber, dan 6) Memiliki kemampuan berbahasa, mengontrol diri dan sadar akan perasaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode perbedaan dua rerata. Data angket ditransformasi dari data ordinal menjadi data interval dengan menggunakan method of successive interval (MSI). Setelah data ditransformasi, kemudian data angket resiliensi matematis diuji statistik dengan menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan resiliensi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran scientific berbantuan VBA Exel. Siswa perempuan mendominasi seluruh indicator resiliensi matematis, dan terlihat signifikan pada indicator ke-2 yaitu Berkeinginan bersosialisasi, mudah memberi bantuan, berdiskusi dengan sebayanya, dan beradaptasi dengan lingkungan.
PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA Mirlanda, Ela Priastuti; Nindiasari, Hepsi; Syamsuri, Syamsuri
Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Vol 4 No 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/symmetry.v4i1.1637

Abstract

Kemandirian belajar adalah kesiapan individu untuk belajar dengan inisiatif sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain dalam hal penentuan tujuan, metode dan evaluasi hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah flipped classroom. Disamping itu, dalam penerapan pembelajaran ini perlu diperhatikan gaya kognitif siswa, yaitu  cara khas siswa dalam memperoleh, menyusun dan menggunakan informasi untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan. Salah satu kategori gaya kognitif siswa adalah gaya kognitif siswa adalah field dependent dan field independent. Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitif siswa tersebut. Pada penelitian ini kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa pada kelas flipped classroom lebih tinggi daripada kelas saintifik, 2) peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa field independent pada kelas flipped classroom lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan 3)  peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa field dependent pada kelas flipped classroom lebih tinggi daripada kelas kontrol.   Kata Kunci : flipped classroom, kemandirian belajar siswa, gaya kognitif siswa, field dependent, field independent

Page 1 of 1 | Total Record : 3