cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
yulianisetyo85@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yulianisetyo85@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
ISSN : 2528083X     EISSN : 25408801     DOI : -
Core Subject : Education,
Seling: Jurnal Prodi PGRA (ISSN 2528-083X dan e-ISSN 2540-8801) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto Indonesia. Terbit setiap Januari dan Juli setiap tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019" : 8 Documents clear
Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Ekspresi Emosi Anak di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang Resika, Nadia; Yeni, Indra
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode yang dapat mengembangkan ekspresi emosi anak adalah dengan menggunakan metode bernyanyi, berdasarkan latar belakang masalah  yang peneliti temukan,  penelitian  ini  ingin mengetahui sejauh  mana pengaruh metode bernyanyi terhadap ekspresi emosi anak. Pendekatan penelitian menggunakan quasy eksperiment dengan  subjeknya yaitu kelompok B1terdiri dari  10 anak dimana 6 anak laki-laki dan 4 perempuan, dan kelompok B2 terdiri dari10 anak dimana 7 anak laki-laki dan 3 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  tes perbuatan, dengan alat pengumpulan  data menggunakan lembaran pernyataan, berikutnya dikelola menggunakan uji perbedaan (t-test) data. Hasil penelitian  menunjukkan  kelas ekspreimen dengan  metode bernyanyi  mendapatkan  nilai rata-rata lebih tinggi 88,75 dibandingkan dengan  yang berada di kelas kontrol 78,12   menggunakan  metode bermain peran. Terlihat  thitung > ttabel yaitu 2,41590 > 2.10092. Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bernyanyi mempengaruhi ekspresi emosi anak di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang tahun ajaran 2018/2019
Hubungan Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Kota Padang Rambe, Sahriana Desi; Muryanti, Elise
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana hubungan komunikasi verbal orang tua terhadap kesantunan berbahasa anak di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Kota Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolerasional dengan menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan tindakan pengumpulan data yang berupa angket. Dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien determinasi komunikasi verbal orang tua terhadap kesantunan berbahasa anak sebesar 0,294, koefisien kolerasi antara hubungan komunikasi verbal orang tua terhadap kesantunan berbahasa anak sebesar 0,241. Hal ini berarti komunikasi verbal orang tua sebesar sebesar 49,1% terhadap kesantunan berbahasa anak signifikan pada taraf 5% . dapat disimpulkan bahwa komunikasi verbal orang tua memiliki hubungan yang signifikan terhadap kesantunan berbahasa anak di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Kota Padang sebesar 49,1%.
Peningkatan Pengenalan Sains Pada Anak Melalui Kegiatan Menanam Sayuran Kelompok B4 Semester Ganjil di TK Pertiwi Metro Tahun Pelajaran 2017-2018 Muchsonny, Muchsonny; Hidayatullah, Rizky; Anwar, Muhammad Saidun
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak di kelompok B4  TK Pertiwi Metro. Masalah yang  dibahas dalam penelitian ini adalah manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak di kelompok B4. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus ada 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Obyek penelitian dilaksanakan pada TK Pertiwi Metro Tahun Pelajaran 2017-2018.Alat pengumpul data yang digunakan dalam peneltian ini adalah dengan observasi langsung dengan langkah-langkah pengumpulan data, analisis data, dan mengambil kesimpulan untuk mengetahui sejauh mana manfaat manfaat menanam sayuran untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak dan dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian               ini diharapkan berdampak menjadikan  anak-anak lebih mampu, lebih teliti, lebih senang dan lebih percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran.khususnya pada pengenalan sains
Peranan Kedisiplinan Guru Terhadap Perkembangan Karakter Baik Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro Tahun Ajaran 2018/2019 Fertiliana, Leli; Amalia, Dian Risky; Laili, Nur
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedisiplinan merupakan hal yang penting yang harus ditanamkan pada anak. Disiplin merupakan suatu ketaatan dan kepatuhan terhadap sesuatu yang telah disepakati. Peran guru sangatlah penting dalam terbentukan karakter disiplin anak usia dini. identifikasi masalah tersebut diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Peranan Kedisiplinan Guru Terhadap Perkembangan Karakter Baik Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, Teknik Triangulasi dalam penelitian ini merupakan suatu teknik mencari data dalam sumber data yang sama dengan menggunakan teknik yang berbeda yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penerapan kedisiplinan guru dalam mengembangkan karakter baik anak usia dini telah dilaksanakan secara optimal. Kegiatan yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan pencapaian perkembangan, yang dijadikan sebagai indikator pelaksanaan pada aspek karakter baik. Sedangkan karakter baik yang dikembangkan dengan perapan kedisiplinan guru di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro adalah mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku baik/sopan dan buruk, membiasakan diri berperilaku baik dan mengucapkan salam dan membalas salam.
Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini Ulfah, Maulidya; Durtam, Durtam; Maesaroh, Imas
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Language development is very important in early childhood, because it can provide a stimulus to the children so there are no obstacles in the learning process. This study aimed to improve their language skills, especially in the introduction of the Arabic language mufrodat through the game of snakes and ladders in class B RA An-Nawaa I Cirebon. The subjects of this study were class B2 16 children. collection techniques are observation, interviews, and documentation. The results showed that the introduction of the language component mainly mufrodat Arabic can be introduced through the game of snakes and ladders. component of the introduction of the Arabic language can be seen before action gained 18.75% or 3 children on criteria developing with hope, in the first cycle was obtained 50% or 8 children on criteria developing very well, and criteria developing with hope 9 children, and the second cycle was obtained 81.25% or the criteria developing very well 5 children, and on developing with hope criteria 11 children.
Pengembangan Kemandirian Anak di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Kecamatan Dadok Raya Padang Lestary, Puji; Marlina, Serli; Eliza, Delfi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe the development of children’s indeoendence in Kindergarten Fadhilah Amal 3, Dadok Raya District, Padang. This type of research is qualitative research with descriptive methods. Researchers use principals and teachers as research informants. Research collects data by observation, interviews, and documentation. The research data analysis technique is done by data trianguulation technique. Children’s independence in Kindergarten Fadhilah Amal 3 Dadok Raya Subdistrict Padang can be seen in all activities carried out daily by children, such as when the first child arrives at school, when the child leard in the classroom and the child plays outside the classroom. The results showed that various forms of children’s independence such as choosing work to be done first, choosing their own favorite game, playing alone without being accompanied by a teacher, doing their own daily activities without the help of others. Suggestions from researchs to parents and teachers to be able to teach children to get used to being independent in doing everything
Efektivitas Kegiatan Outbound Fun Estafet untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak–Kanak Al-Jannah Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Yeni, Rolla Afriza; Aulia, Prima; Eliza, Delfi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was determine the effectiveness of relay outbound fun activities on improving social development of children in aljannah tarusan kindergarten kabupaten pesisir selatan. In this study quantitative research in the form of quasy experiments was used. The result showed that according ti the analysis of indpendent data from the sample t-test using SPSS for windows 23, previously the normality and hmogenity test were carried out, and also with the N-Gain score test. The result obtained sig (2-tailed) 0,012 <0,05 means that there is a significant (significant) difference in effectiveness between the treatment given by the teacher and the treatmeant of relay outbound fun activities to improve children’s social development. Based on the analysis of the result of the hypothesis test and the effect test, it was concluded that the effective relay outbound activity was effective to enhance the social development of children at al-jannah Tarusan Kindergarten, Kabupaten Pesisir Selatan.
Urgensi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik Pada Peningkatan Kompetensi Guru Raudlatul Athfal Bekerjasama dengan IGRA dan Himpaudi Kabupaten Pasuruan Rochanah, Luluk
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 5 No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan a). Mengetahui pentingnya   diklat berjenjang tingkat dasar pada kompetesi pendidik Raudlatul Athfal  Kabupaten Pasuruan b). Mengetahui mengetahui bagaimana pengaplikasian diklat berjenjang tingkat Dasar Pendidik RA Kabupaten Pasuruan c). Mengetahui  kualitas pendidik dalam menyelaraskan sikap perilaku setelah mengikuti diklat berjenjang tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan pendekatan berdasarkan perspektif fenomenologis. Analisis dilakukan dengan pendekatan fenomenologis, observasi dan selfreport. Data yang terkumpul diidentifikasi berdasarkan ketiga komponen Developmental Appropriateness Practices (DAP). Penelitian ini menghasilkan simpulan Kualitas guru tidak dapat dikalahkan oleh sitem pendidikan   dalam mempengaruhi kualitas pendidikan dengan kata lain sebaik apapun sistem pendidikan jika tidak di ikuti dengan kualitas guru yang baik maka kualitas tidak dapat meningkat dengan maksimal, diklat berjenjang tingkat dasar merupakan salah satu  pembinaan atau peningkatan kompetensi pendidik, terlihat pada hasil dari kegiatan Diklat Berjenjang yaitu (1) banyak guru Raudlatul Athfal  yang belum memahami metode pembelajaran untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar  anak usia dini setelah mengikuti diklat berjenjang, guru Raudlatul Athal lebih memahami metode untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran anak usia dini (2) kegiatan diklat berjenjang tingkat dasar dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang anak usia dini (3) Guru Raudlatul Athfal dapat menyusun   manajemen  dan perangkat pembelajaran dengan sempurna  mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan , pengamatan hingga evaluasi guru dapat menyusun dengan baik (4) materi yang telah di berikan pada diklat berjenjang tingkat dasar sangat sesuai dengan permasalahan  dan kebutuhan yang di alamai oleh guru Raudlatul Athfal

Page 1 of 1 | Total Record : 8